Site icon PINTERpandai

Argyll Robertson | Lemahnya respon pupil mata terhadap cahaya

Masalah Pupil Mata Argyll Robertson

Hilangnya atau melemahnya refleks pupil terhadap stimulasi terhadap cahaya langsung dan konservasi konstriksi (mengkerut) pupil yang menyertai konvergensi bola mata dan akomodasi lensa. Secara khusus, pupil Argyll Robertson tidak mengerut sebagai respons terhadap cahaya, tetapi menyempit untuk fokus pada objek terdekat.

Masalah pupil mata dengan Argyll Robertson tampak kecil, tidak rata, dan bentuknya tidak beraturan. Sementara mata dapat fokus pada objek baik dekat maupun jauh, respons langsung dan kontralateral (sisi tubuh yang berlawanan) terhadap cahaya berkurang atau tidak ada. Biasanya, kedua mata individu yang terkena memiliki pupil AR, tetapi kondisinya mungkin hanya ada pada satu pupil mata pada kesempatan yang jarang.

Argyll Robertson biasanya mempengaruhi kedua mata dan bermanifestasi sebagai pupil yang lebih kecil dari normal yang tidak merespons cahaya. Masalah kesehatan ini jarang terjadi dan penyebabnya biasanya tidak diketahui, tetapi berhubungan dengan sifilis, neuropati diabetik, dan multiple sclerosis.

Apa yang menyebabkan masalah pupil Argyll Robertson?

Penyebab umum masalah pupil mata dengan Argyll Robertson:

1. Neurosifilis

Tanda Argyll Robertson telah lama dianggap oleh Babinski sebagai patognomonik untuk sifilis nervosa (+ penghapusan ROT + limfositosis CSF).
Meskipun diamati hampir secara eksklusif pada sifilis saraf, etiologi lain kemudian telah dijelaskan, khususnya dalam konteks bentuk atipikal, unilateral atau tidak lengkap. Etiologi lain ini tetap sepenuhnya bergantung pada marginal:

2. Diabetes

lebih jarang pada neuropati degeneratif herediter (penyakit Déjerine-Sottas, Thévenard)

3. Sklerosis ganda (multiple sclerosis)

Lesi menonjol (tumor, kerusakan pembuluh darah) di daerah peri-akuaduktal sangat terlibat.

Perbedaan diagnosa

1. Pemeriksaan mata:

Pemeriksaan arefleksia (kondisi di mana otot-otot Anda tidak menanggapi rangsangan) komplit dengan serangan serabut parasimpatis,
reaktivitas iris
pemberian tetes mata miotik.

2. Tergantung pada penyebab yang dicurigai, berbagai tes atau pencitraan.

3. Setelah pemeriksaan mata, pengujian serologi cairan tulang belakang serebral (CSF), cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, sering dilakukan untuk menentukan adanya sifilis tersier.

Tes serologi memerlukan pungsi lumbal atau spinal tap, prosedur yang menghilangkan sampel CSF dengan memasukkan jarum panjang ke punggung bawah dekat sumsum tulang belakang.

Diagnosis diabetes dapat dikonfirmasi atau disingkirkan dengan melakukan tes darah yang disebut Hemoglobin A1c. Akhirnya, multiple sclerosis dapat didiagnosis dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) otak.

Perawatan dan Pengobatan

Perawatan untuk pupil Argyll Robertson tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Penisilin G, antibiotik, adalah pengobatan untuk sifilis tersier, dan dapat diberikan baik ke dalam pembuluh darah (yaitu, intravena) atau ke dalam otot (yaitu, intramuskular). Biasanya, pengobatan sifilis tersier juga termasuk probenesid oral, yang meningkatkan kadar penisilin dalam tubuh individu.

Jika kerusakan saraf akibat diabetes adalah penyebabnya, obat-obatan, seperti antidepresan (misalnya, duloxetine) atau obat anti kejang (misalnya, pregabalin), umumnya diresepkan.

Multiple sclerosis dapat diobati dengan steroid pada awalnya, mungkin diikuti dengan obat lain, seperti glatiramer acetate, untuk mencegah kekambuhan gejala.


Penyakit Mata dan Masalah Mata Pada Umumnya


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.


Sumber bacaan: Cleverly Smart, National Center for Biotechnology Information (NCBI), Science Direct, North American Neuro-Ophthalmology Society

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version