PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Cara Menghadapi Patah Hati: 7 Tips Penting untuk Pulih dari Putus Cinta Romantis

8 min read

Cara menghadapi patah hati

Cara Menghadapi Patah Hati: 7 Tips Penting untuk Pulih dari Putus Cinta Romantis

Bagaimana cara melewati patah hati? Bagaimana cara menghadapi patah hati yang sangat menyakitkan? Pemisahan atau putus cinta yang romantis merupakan bagian dari salah satu kesedihan yang sering kita alami selama hidup. Ini adalah bagian dari duka sentimental.

Menghadapi akhir hubungan romantis bisa menantang, mirip dengan berduka akibat kehilangan. Perjalanan emosional melalui proses ini bersifat unik bagi setiap orang, tetapi ada tips universal untuk membantu mengatasi dan akhirnya pulih.

Berikut adalah 7 tips tentang Bagaimana cara melewati patah hati?

Pulih dari putus cinta membutuhkan waktu. Ini adalah proses pribadi yang berbeda untuk setiap orang. Ingin melupakan mantan adalah refleks alami untuk meredakan rasa sakit hati. Untuk berhasil melanjutkan, Anda harus belajar hidup dengan perpisahan. Waktu memainkan peran kunci dalam penyembuhan, memberi Anda kesempatan untuk beradaptasi dan mengatasi emosi. Ini bukanlah proses instan, tetapi dengan waktu dan perawatan diri, rasa sakit perlahan-lahan berkurang, membantu Anda melangkah maju. Berikut adalah 7 tips cara menghadapi patah hati:

Tip #1: Pelajari mengelola rollercoaster emosional

Putus cinta sering memicu emosi yang intens. Pahami bahwa rollercoaster emosional ini adalah bagian normal dari proses berduka. Untuk mengelola kemarahan atau frustrasi, pertimbangkan untuk terlibat dalam aktivitas seperti olahraga atau menghubungi orang-orang terdekat. Berbicara tentang perasaan Anda sangat penting, baik dengan teman, keluarga, atau melalui forum online.

Jika Anda merasa marah

Anda mungkin juga merasa frustrasi. Dalam hal ini, ada sesuatu yang bisa dicoba, yaitu mencoba berfungsi dengan cara yang berbeda. Memang, merasa frustrasi umumnya terkait dengan perasaan terhambat, perasaan terjebak. Oleh karena itu, Anda perlu membayangkan solusi lain. Ini bisa melibatkan, misalnya, melanjutkan kegiatan olahraga yang pernah Anda tinggalkan selama hubungan atau menghubungi orang-orang terdekat yang telah lama tidak Anda hubungi.

Jika Anda mengalami rasa takut

Maka itu mengekspresikan kebutuhan akan jaminan, dan untuk meresponsnya, Anda harus menangani kekhawatiran yang sesuai. Untuk ini, solusi efektif pertama adalah berbicara, membuka diri, mengakui tentang putus cinta. Dekatilah dengan orang-orang terpercaya di sekitar Anda, jangan menyimpan perasaan Anda sendiri, terutama dalam kasus rasa malu dan bersalah.

Sekarang, jika sepertinya tidak mungkin bagi Anda untuk berbicara tentang putus cinta yang menyakitkan dengan keluarga, misalnya, ada cara lain. Anda akan menemukan forum atau kelompok online pribadi yang menangani topik duka emosional. Anda dapat melakukannya dengan bebas dan anonim.

Keuntungan dari ruang-ruang ini adalah berbagi pengalaman, pengalaman, dan memperbanyak sumber daya selain yang sudah Anda miliki dalam diri Anda. Kadang-kadang, menghadapi kisah hidup memungkinkan Anda untuk melihat lebih jauh dari perjalanan Anda sendiri, sehingga memudahkan pekerjaan berduka hubungan. Terakhir, jika Anda yang ditinggalkan, putus cinta bisa sangat sulit dihadapi, dan penarikan diri dari cinta bisa rumit.

Untuk membantu Anda, jangan ragu untuk menghilangkan segala sesuatu yang mengingatkan Anda pada mantan: foto, barang pribadi, dll. Jika Anda merasa itu perlu untuk penyembuhan Anda, Anda juga memiliki opsi memutus semua kontak, khususnya di media sosial.

Bagus untuk diketahui:

Tiga keadaan selalu muncul setelah putus cinta:

  1. Kesedihan.
  2. Kemarahan.
  3. Ketakutan.

Pengaruh mereka benar-benar normal, mereka merupakan bagian dari proses berduka hubungan dan Anda dapat bertindak atasnya dengan menerapkan tindakan yang terkait dengan emosi.

Perasaan | Macam-Macam Perasaan Hati

Tip #2: Hadapi kesedihan dengan merawat diri

Kesedihan yang merayap setelah pemisahan romantis Anda seringkali sangat intens dan menyakitkan. Duka, nostalgia, depresi… semua ini normal dan merupakan salah satu fase berduka terkait dengan pemisahan.

Kesedihan setelah putus cinta bisa sangat mendalam. Untuk mengatasinya, utamakan perawatan diri. Ikuti kegiatan yang Anda nikmati, seperti olahraga atau berkumpul dengan orang lain. Merawat kesejahteraan fisik dan emosional Anda sangat penting selama fase ini. Pertimbangkan akupunktur, teknik relaksasi, atau ekspresi kreatif seperti menulis atau seni untuk mengekspresikan dan memproses emosi Anda.

Kesedihan menimbulkan kebutuhan perbaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat diri Anda untuk menanggapi mereka dan pulih dari putus cinta Anda.

Mungkin terasa tidak mungkin bagi Anda

Jadi ya, mungkin terasa tidak mungkin bagi Anda, bahkan menimbulkan rasa bersalah, tetapi penting untuk memberikan waktu: perlahan-lahan, terutama selama hari-hari ketika semuanya terasa lebih mudah, ketika Anda merasa sedang melakukan lebih baik. Bagaimana merawat diri Anda?

Ini tentang memikirkan apa yang Anda suka dan apa yang ingin Anda investasikan:
  • Olahraga: itu adalah ide yang sangat baik untuk mencoba mengalihkan pikiran dari mantan dan berhenti memikirkan mantan, karena selain membantu Anda melepaskan diri secara emosional, menciptakan kembali ikatan dengan tubuh Anda dan menjaga kesehatan Anda, Anda akan melepaskan hormon yang akan memberikan kedamaian dan kesejahteraan.
  • Lingkungan: perbarui kontak, temui orang baru, keluar, dapatkan udara segar bersama-sama, minum di bawah sinar matahari di teras, pergi ke bioskop bersama… ada banyak solusi untuk mengalihkan perhatian dan tidak lagi bersedih tentang putus cinta Anda.
  • Pada awalnya, Anda mungkin harus memaksakan diri, sebelum itu menjadi kebiasaan yang menyenangkan lagi. Tetapi sedikit demi sedikit, Anda akan mendapatkan kembali selera untuk mempertahankan hubungan Anda untuk berkomunikasi, mengungkapkan diri, dan tertawa pada hidup: itu akan memberi Anda kebaikan.
  • Aktivitas: bepergian, menjadi relawan, mempelajari bahasa, menemukan instrumen, mencoba kegiatan baru, memasak, memulai proyek yang sudah lama tertunda, membaca buku di taman… luangkan waktu untuk diri Anda sendiri, nikmati menemukan ruang ini hanya untuk Anda, yang milik Anda, untuk mengisinya dengan cara yang akan menenangkan Anda paling.

Tujuannya di sini adalah mengalihkan perhatian sebanyak mungkin untuk menghindari merenungkan putus cinta Anda.

Merawat diri tidak datang secara alami untuk semua orang, karena beberapa orang dapat menempatkan keinginan mereka di samping keinginan pasangan atau hubungan romantis mereka.

Jika proposal ini terasa terlalu konkret dan terlalu cepat bagi Anda saat ini, atau bahkan sulit untuk diimplementasikan, jangan lupa bahwa merawat diri juga melibatkan memenuhi kebutuhan dasar Anda: makan dengan baik, tidur cukup, dikelilingi dengan baik.

Coba jawab semuanya sebanyak mungkin dan, jika perlu, cari bantuan dari dokter Anda untuk beberapa poin, seperti tidur, misalnya dalam kasus insomnia akibat putus cinta. Anda juga dapat mencoba hipnosis diri atau menerapkan ritual yang menenangkan.

Terakhir, mengapa tidak mencoba merawat diri Anda dengan cara yang berbeda untuk mengatasi kesedihan yang terkait dengan putus cinta? Akupunktur membantu membuka dan mengarahkan energi tubuh. Dalam kasus berduka, paru-paru yang terpengaruh. Akupunktur akan menjelajahi titik-titik tekan di lokasi ini.

Demikian pula, relaksasi, dalam bentuk meditasi terpandu, atau bahkan pijatan tubuh dapat menenangkan Anda, sambil memberikan kesejahteraan dan kestabilan, menyambungkan kembali dengan diri Anda untuk berada dalam momen sekarang, untuk istirahat antara kenangan masa lalu dan gambaran masa depan yang tidak akan pernah terjadi.

Bagus untuk diketahui:
  • Menahan pemisahan, memutuskan dengan masa lalu Anda, dan mencoba menerima putus cinta menyebabkan banyak rasa sakit.
  • Hati-hati jangan tenggelam dalam kesedihan dengan zat seperti alkohol atau obat-obatan. Atau, mereka dapat memberikan Anda bantuan sementara tetapi sama sekali tidak akan menyelesaikan berduka Anda lebih cepat atau efektif. Sebaliknya, Anda bahkan bisa menyebabkan kecanduan.

Perasaan Remaja | Apa yang Anda rasakan?

Tip #3: Ekspresikan penderitaan Anda melalui kegiatan seni

Seni bisa menjadi medium yang kuat untuk mengekspresikan dan memproses rasa sakit. Baik melalui menulis, melukis, atau usaha kreatif lainnya, kegiatan seni menawarkan pelepasan katarsis. Menjaga jurnal, mencatat pikiran Anda, atau menciptakan seni visual dapat membantu menjauhkan diri dari gejolak emosional.

Untuk melewati putus cinta, kegiatan seni dapat membantu Anda mengekspresikan rasa sakit Anda. Untuk pulih dari putus cinta dan meratapi hubungan Anda dengan mantan, Anda juga dapat membiarkan penderitaan Anda diekspresikan dengan metode artistik: menulis, melukis, kegiatan budaya, dll.

Memang, katarsis melalui seni bisa sangat penyelamat, terutama jika Anda tidak dapat membuka diri kepada orang-orang terdekat Anda.

Menyusul dari saran pertama, mulai menulis akan memberikan dukungan untuk mengekspresikan penderitaan Anda:

Kata-kata tidak menghakimi: satu-satunya batasan yang ada adalah yang Anda berlakukan pada diri sendiri. Dengan menuliskan apa yang Anda rasakan, Anda meletakkan jarak antara perasaan Anda dan diri Anda sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk mundur dari pemisahan romantis Anda.

Jika menulis bukan kekuatan Anda, Anda bebas menggunakan media lain untuk membuat jurnal emosi Anda: Anda dapat merekam diri sendiri atau bahkan merekam perasaan Anda dalam format audio.

Putus cinta tiba-tiba akan menimbulkan sejumlah gejala yang terkait dengan trauma psikologis yang dialami oleh pemisahan, yang memerlukan, seperti duka, beberapa tahap berduka romantis untuk mengatasinya. Kreativitas adalah alat untuk mensublimasi pemisahan Anda. Ini akan membantu Anda mengatasi trauma.

Nafas kreatif” yang akan muncul dalam diri Anda setelah bekerja pada berduka hubungan emosional akan membantu Anda mengejar kerugian cinta Anda: melukis, teater, lagu, patung, musik, fotografi, atau tarian, semuanya mungkin. Saatnya untuk mencoba dan menguji aktivitas yang berbicara kepada Anda. Mereka akan membentuk tempat penyimpanan katarsis sentimental Anda. Di atas semua, ini adalah tentang tidak menginternalisasi tanpa batas apa yang Anda rasakan: dalam kasus duka romantis yang tidak mungkin, risikonya adalah melihat diri Anda terjebak dalam salah satu fase dan tidak lagi dapat keluar dari situ.

Erotomania | Delusi cinta bertepuk sebelah tangan (penyakit kejiwaan)

Tip #4: Beri Waktu pada Diri Sendiri dari Kehidupan Cinta Anda

Tahan keinginan untuk segera terlibat dalam hubungan baru. Memberi waktu untuk menyembuhkan diri dan menemukan kembali diri Anda sangat penting sebelum mempertimbangkan keterlibatan romantis baru. Hindari keputusan yang bersifat reaktif dan fokuslah pada pertumbuhan pribadi dan kesejahteraan.

Setelah putus cinta, mungkin terasa menggoda untuk segera ingin kembali bersama seseorang atau ingin memenangkan kembali mantan Anda. Namun, lebih baik untuk melangkah mundur dari situasi tersebut, pulih dari pemisahan Anda, dan merasa benar-benar siap sebelum mempertimbangkan kembali ke dalam hubungan romantis.

Keputusan reaktif

Memang, emosi yang melanda Anda selama putus cinta terkadang sulit untuk dikelola. Kekhawatiran kehilangan segalanya, ketakutan tidak lagi dicintai, ketakutan tidak dapat memulai hidup baru, rasa sakit hati yang sepertinya tidak ingin reda… Anda kemudian berisiko membuat keputusan buruk mengenai diri Anda sendiri. Memang, ini adalah keputusan reaktif, diambil berdasarkan apa yang Anda rasakan. Jadi, dalam hal ini, hindarilah melibatkan diri sepenuhnya dalam usaha untuk memenangkan kembali cinta masa lalu Anda. Anda tidak mencari cara untuk mengatasi kebutuhan mendalam terkait, misalnya, dengan kekhawatiran Anda, tetapi Anda mencoba untuk menghindarinya atau menundanya. Kesalahan umum lain dalam kasus putus cinta tiba-tiba adalah terjatuh ke dalam pelukan seseorang baru dengan cepat.

Bukan salah Anda, hidup harus berlanjut!

Anda tidak benar-benar memilihnya, Anda hanya menemukan solusi ini sebagai obat sementara untuk masalah Anda. Namun, meratapi kehilangan hubungan Anda dan pemisahan yang menyakitkan melibatkan banyak pekerjaan pribadi dan individu yang memerlukan waktu. Selama berduka, waktu bersifat tak terkompromi: tidak mungkin mempercepat proses, ingin bergerak lebih cepat, atau bahkan melompati langkah-langkah. Membandingkan diri dengan orang lain juga tidak relevan: apa yang membutuhkan enam bulan untuk seseorang mungkin membutuhkan setahun bagi Anda. Jadi, baik untuk kesejahteraan Anda – agar tidak mengganggu pekerjaan berduka – tetapi juga untuk menghormati orang lain yang mungkin ingin melanjutkan cerita hidup mereka dengan cara yang berbeda, cobalah untuk menunda semua ini.

Setelah pekerjaan berduka Anda selesai Anda akan tahu apakah Anda masih merasakan keinginan, keinginan, dan jika ya, pada saat itu terserah Anda untuk menghubungi orang tersebut lagi atau tidak.

Tip #5: Jadikan Diri Anda Prioritas

Menempatkan diri Anda sendiri sebagai prioritas adalah kunci untuk mengatasi putus cinta. Membangun kembali rasa percaya diri dan harga diri mungkin memerlukan introspeksi. Refleksikan nilai-nilai, keinginan, dan proyek hidup Anda. Ini adalah kesempatan untuk menemukan kembali identitas Anda dan memberikan prioritas pada kebutuhan pribadi Anda sendiri.

Dengan menempatkan diri Anda sendiri sebagai prioritas, Anda akan belajar untuk menemukan tempat Anda lagi, dan itulah cara Anda akan bisa melewati putus cinta. Penting untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu dan membawa diri Anda kembali ke pusat. Pemisahan romantis melambangkan keruntuhan pasangan, yaitu dari “kami” dan bukan dari “aku”. Jika Anda adalah orang yang ditinggalkan, itu tidak menggugat diri Anda sebagai individu: orang lain yang memutuskan untuk melanjutkan cerita hidup mereka dengan cara yang berbeda. Ini juga sesuatu yang harus kita terima.

Kepercayaan diri dan harga diri akan melemah karena pemisahan

Pemisahan menyebabkan luka narcistik yang penting untuk disembuhkan. Mendapatkan kembali kepercayaan dan harga diri yang Anda miliki untuk diri sendiri diperlukan khususnya melalui afirmasi diri. Memikirkan diri Anda bukanlah tindakan egois, melainkan tentang menghormati diri Anda, merawat diri Anda, mendengarkan diri Anda, dan menempatkan diri Anda terlebih dahulu lagi.

Anda mungkin telah melupakan siapa sebenarnya Anda di dalam hati

Selain itu, Anda mungkin telah melupakan siapa sebenarnya Anda di dalam hati, terutama jika Anda keluar dari hubungan beracun, dengan pemisahan yang sulit untuk diatasi sebagai hasilnya. Bekerja pada cinta diri juga akan menjadi tujuan dalam hal ini, terutama jika Anda menderita kekurangan atau ketergantungan emosional dalam hubungan: Anda mungkin telah mengalirkan semua energi Anda untuk melayani orang lain, eksis hanya karena orang ini ada di sini. Jadi, ini tentang menyadari apa yang penting bagi Anda, tentang apa yang Anda inginkan sekarang untuk diri Anda sendiri: merenungkan nilai-nilai Anda, fondasi-fondasi Anda, proyek-proyek hidup Anda, tetapi juga tentang apa yang Anda inginkan dan apa yang tidak Anda inginkan lagi.

Bagus untuk diketahui Anda berada di jalur yang benar dalam kehilangan cinta Anda jika: Kepercayaan diri Anda dibangun kembali; Anda menikmati waktu bersama diri sendiri; Pikiran Anda semakin tidak fokus pada mantan Anda; Anda hampir tidak lagi membicarakan putus cinta Anda.

Cara Menghindari Putus Cinta dengan Pasangan, Pacar atau Perceraian

Tip #6: Bersikaplah lembut pada diri sendiri

Meratapi hubungan adalah proses yang memerlukan waktu. Bersabarlah dengan diri sendiri dan izinkan perjalanan emosional untuk berkembang secara alami. Terimalah dan peluklah tahapan berduka, dan carilah bantuan profesional jika kesedihan yang berkepanjangan atau gejala depresi terus berlanjut.

Bersikaplah lembut pada diri sendiri. Bersikap baik dan berikan waktu pada waktu. Anda harus menerima bahwa Anda tidak baik-baik saja dan bahwa tubuh, pikiran, dan hati Anda terasa mati rasa.

Anda sedang menjalani seluruh proses psikis

Jangan menyalahkan diri sendiri atas hal ini dan sambutlah semua keadaan yang melalui Anda tanpa mencoba membahasnya. Semakin Anda mengakui emosi Anda, terutama kesedihan Anda, semakin Anda akan maju dalam pekerjaan berduka untuk cinta.

Sadari bahwa Anda sedang menjalani seluruh proses psikis pemulihan emosional, dengan tahapan yang akan lebih sulit dilalui daripada yang lain dan mungkin membutuhkan waktu beberapa saat. Anda akan berkembang sedikit demi sedikit, dan tentu saja, Anda akan keluar dari berduka emosional ini tanpa ragu; menjadi lebih dewasa dan bahkan lebih selaras dengan diri sendiri.

Tip #7: Waspadai depresi percintaan

Meskipun merasakan kesedihan adalah hal yang normal, gejala depresi yang persisten memerlukan perhatian. Waspadai tanda-tanda seperti gangguan tidur, hilangnya nafsu makan, dan kesedihan kronis. Cari bantuan profesional jika gejala ini menjadi terlalu berat, karena ini mungkin menunjukkan perjuangan emosional yang lebih dalam.

Anda berpikir tentang apa yang tidak Anda lakukan, tentang apa yang mungkin Anda capai dalam beberapa bulan, Anda menangis, Anda ingin sendirian… Fase depresif adalah tahap normal dan sehat, konstitutif dari setiap proses berduka. romantis, tetapi seharusnya tidak berlangsung lama.

Baca juga: Ciri Orang Depresi dan Faktor Penyebabnya

Ketika ini berlangsung terlalu lama dan gejalanya semakin kuat, disertai dengan pikiran berulang yang tertanam dalam diri Anda, penting untuk mencari bantuan. Memang, depresi adalah penyakit dan Anda tidak dapat menyembuhkannya sendiri.

Kesimpulan cara menghadapi patah hati

Menavigasi putus cinta adalah perjalanan pribadi menuju rekonstruksi diri. Dengan fokus pada kesejahteraan emosional, perawatan diri, dan mencari dukungan ketika diperlukan, individu dapat melalui proses berduka dan muncul lebih kuat di sisi lain.

Sumber foto: DtheDelinquent via Pixabay

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *