PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Daftar Lengkap Penduduk Pribumi di Dunia (orang asli atau penduduk asli)

9 min read

Daftar lengkap penduduk pribumi di dunia

Daftar Lengkap Penduduk Pribumi di Dunia / Masyarakat Adat atau Masyarakat Pribumi di Dunia

Masyarakat adat adalah mereka yang telah mempertahankan karakteristik budaya, sosial, ekonomi, dan politik mereka yang berbeda, terlepas dari pengaruh kolonialisme, modernisasi, dan globalisasi. Mereka seringkali terpinggirkan dan rentan, menghadapi masalah seperti hak atas tanah, diskriminasi, dan pengucilan ekonomi. Di artikel ini, kami akan membahas dan memberi contoh daftar lengkap penduduk pribumi di dunia.

Masyarakat adat (dari bahasa Latin indigenus “pribumi”), seperti yang didefinisikan oleh Kelompok Kerja PBB tentang Masyarakat Adat tahun 1982, adalah populasi yang menganggap diri mereka keturunan dari penduduk suatu wilayah geografis tertentu yang tinggal di sana sebelum penaklukan asing, penjajahan atau pendirian negara yang memiliki hubungan yang erat (emosional, ekonomi, dan/atau spiritual) dengan ruang hidupnya dan yang memiliki identitas etnis-budaya yang kuat sebagai komunitas dengan tradisi sosial-politik dan budayanya sendiri.

Berikut adalah daftar lengkap masyarakat adat di seluruh dunia.

Afrika

Ada lebih dari 3.000 masyarakat adat di Afrika, termasuk San, Maasai, dan Pigmi. Mereka ditemukan di negara-negara seperti Kenya, Tanzania, Botswana, Namibia, dan Kamerun.

Berikut gambaran singkat tentang masyarakat adat di Afrika:

Ada banyak masyarakat adat di Afrika, masing-masing dengan tradisi budaya, bahasa, dan cara hidup yang unik. Berikut adalah beberapa masyarakat adat paling terkenal di Afrika, beserta penjelasan singkat tentang sejarah mereka dan di mana mereka tinggal:

Maasai:

Orang Maasai adalah orang semi nomaden yang tinggal di Kenya dan Tanzania. Mereka dikenal dengan pakaian khas mereka, yang meliputi jubah berwarna cerah dan manik-manik yang rumit. Suku Maasai memiliki hubungan yang dalam dengan tanah dan sering terlihat menggembalakan ternak melintasi sabana.

San:

Orang San, juga dikenal sebagai Bushmen, adalah penduduk asli Afrika bagian selatan, termasuk Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Mereka adalah salah satu budaya tertua di dunia, dengan sejarah berburu dan meramu yang kaya. San terkenal dengan seni cadas mereka, yang memberikan gambaran sekilas tentang cara hidup kuno mereka.

Pigmi:

Pigmi adalah sekelompok masyarakat adat yang tinggal di Afrika tengah, termasuk Republik Demokratik Kongo, Kamerun, dan Gabon. Mereka dikenal karena perawakannya yang pendek, biasanya tingginya kurang dari 5 kaki (152 cm). Suku Pigmi memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk musik dan tarian tradisional.

Berber:

Berber adalah masyarakat adat yang tinggal di Afrika Utara, termasuk Maroko, Aljazair, dan Tunisia. Mereka memiliki sejarah panjang dan kompleks, dengan campuran pengaruh Arab, Eropa, dan Afrika. Orang Berber terkenal dengan pakaian dan perhiasan tradisionalnya, serta musik dan tariannya yang semarak.

Tuareg:

Tuareg adalah orang semi-nomaden yang tinggal di gurun Sahara, termasuk sebagian Mali, Niger, dan Aljazair. Mereka dikenal dengan jubah biru dan kerudung mereka yang khas, yang melindungi mereka dari terik matahari gurun. Tuareg memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk musik tradisional dan puisi. Mereka dikenal karena pakaian dan perhiasan biru mereka yang khas, dan karena pengetahuan mereka yang rumit tentang lanskap gurun.

Homme toureg
Tuareg in Algiers, Algeria. Amine loua, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Orang Nubia:

Orang Nubia adalah kelompok penduduk asli yang tinggal di Sudan utara dan Mesir selatan. Mereka memiliki sejarah peradaban kuno yang kaya dan dikenal karena bahasa, arsitektur, dan seni mereka yang unik.

Oromo:

Oromo adalah kelompok penduduk asli yang tinggal di Ethiopia dan sebagian Kenya. Mereka adalah kelompok etnis terbesar di Ethiopia dan memiliki sejarah budaya dan tradisi yang kaya.

Orang Khoikhoi:

Orang Khoikhoi adalah kelompok pribumi yang ditemukan di Afrika bagian selatan, termasuk Afrika Selatan dan Namibia. Mereka dikenal karena praktik menggembala dan bertani, serta praktik bahasa dan budaya mereka yang khas.

Orang Nama:

Orang Nama adalah kelompok penggembala yang tinggal di Namibia dan Afrika Selatan. Mereka dikenal dengan bahasanya yang khas, Nama/Damara, dan sejarah mereka melawan kolonialisme dan apartheid.

Orang Himba:

Orang Himba adalah kelompok penggembala semi-nomaden yang tinggal di Namibia utara. Mereka dikenal dengan cat tubuh oker merah yang khas dan gaya rambut yang rumit, serta hubungan kuat mereka dengan tanah dan ternak mereka.

Orang Amazigh:

Orang Amazigh, juga dikenal sebagai Berber, adalah kelompok beragam masyarakat adat yang tinggal di Afrika Utara, terutama di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya. Mereka memiliki warisan budaya yang kaya dan dikenal dengan bahasa, musik, dan kerajinan mereka yang khas.

Orang Dogon:

Orang Dogon adalah kelompok etnis yang tinggal di Mali, terutama di Tebing Bandiagara. Mereka dikenal karena pengetahuan astronomi mereka yang rumit dan tarian topeng mereka yang rumit.

Orang Hadza:

Orang Hadza adalah kelompok pemburu dan pengumpul yang tinggal di Tanzania, terutama di wilayah Danau Eyasi. Mereka dikenal karena pengetahuannya yang mendalam tentang alam dan bahasa serta budayanya yang unik.

Amerika

Terapat lebih dari 500 masyarakat adat di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan, termasuk Navajo, Inuit, Maya, Quechua, dan Mapuche. Mereka ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, dan Chili.

Benua Amerika adalah rumah bagi sejumlah besar masyarakat adat, masing-masing dengan budaya dan sejarahnya yang unik. Berikut adalah daftar beberapa kelompok pribumi utama di Amerika, beserta penjelasan singkat dan di mana mereka tinggal:

Berikut gambaran singkat tentang masyarakat adat di Amerika:

Aymara:

Suku Aymara adalah penduduk asli Amerika Selatan, yang sebagian besar tinggal di Bolivia, Peru, dan Chili. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan pertanian dan penggembalaan untuk mata pencaharian mereka.

Suku Aztek:

Suku Aztec adalah penduduk asli Meksiko, yang dikenal dengan peradaban maju dan sistem sosial dan agama yang kompleks. Mereka ditaklukkan oleh Spanyol pada abad ke-16, tetapi budaya dan tradisi mereka terus mempengaruhi masyarakat Meksiko hingga saat ini.

Inca:

Suku Inca adalah penduduk asli Amerika Selatan, yang dikenal karena kerajaannya yang luas yang membentang di sebagian besar Andes. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan warisan mereka masih dapat dilihat di reruntuhan kota mereka dan tradisi masyarakat Andes.

Maya:

Maya adalah penduduk asli Amerika Tengah dan Meksiko, yang dikenal karena pengetahuan matematika, astronomi, dan tulisan mereka yang maju. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan keturunan mereka terus tinggal di wilayah tersebut hingga saat ini.

Navajo:

Suku Navajo adalah penduduk asli Amerika Serikat bagian barat daya, yang sebagian besar tinggal di Arizona, New Mexico, dan Utah. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan bertani, menggembala, dan berdagang untuk mata pencaharian mereka.

Quechua:

Quechua adalah penduduk asli Amerika Selatan, yang sebagian besar tinggal di Peru, Bolivia, dan Ekuador. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan pertanian dan penggembalaan untuk mata pencaharian mereka.

Inuit:

Mereka adalah penduduk asli dari wilayah Kutub Utara Alaska, Kanada, dan Greenland. Mereka dikenal karena budayanya yang unik, yang meliputi tradisi berburu dan memancing, serta pakaian dan bahasa yang khas.

Orang Tupi:

Tupi adalah masyarakat adat Brasil, yang tinggal di sepanjang pantai dan di hutan hujan Amazon. Mereka memiliki bahasa, budaya, dan agama mereka sendiri, dan terampil dalam pertanian, perikanan, dan berburu.

Orang Mapuche:

Orang Mapuche adalah penduduk asli Chile dan Argentina. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan pertanian dan kehutanan untuk mata pencaharian mereka.

Orang Cherokee:

Orang Cherokee adalah penduduk asli Amerika Serikat bagian tenggara, terutama tinggal di North Carolina, Tennessee, dan Oklahoma. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan pertanian dan berburu untuk mata pencaharian mereka.

Orang Guaraní:

Guaraní adalah masyarakat adat Brasil, Paraguay, dan Argentina. Mereka memiliki bahasa, budaya, dan agama mereka sendiri, dan terampil dalam bidang pertanian, tembikar, dan menenun.

Asia

Ada lebih dari 2.000 masyarakat adat di Asia, termasuk Ainu, Hmong, Karen, dan Rohingya. Mereka ditemukan di negara-negara seperti Jepang, Cina, Thailand, dan Myanmar.

Masyarakat adat atau pribumi Asia:

Asia adalah benua terbesar di dunia dan memiliki keanekaragaman masyarakat adat yang kaya, masing-masing dengan budaya dan sejarahnya yang unik. Berikut adalah beberapa kelompok adat utama dan di mana mereka tinggal:

Orang Ainu:

Ainu adalah penduduk asli Jepang, yang sebagian besar tinggal di pulau Hokkaido. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan telah menghadapi diskriminasi dan marginalisasi yang signifikan di masa lalu.

Orang Buryat:

Buryat adalah penduduk asli Rusia, yang sebagian besar tinggal di Republik Buryatia dan bagian lain Siberia. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan penggembalaan nomaden untuk mata pencaharian mereka.

Orang Hmong:

Hmong adalah penduduk asli Cina, Vietnam, Laos, dan Thailand, dengan populasi yang lebih kecil di Myanmar dan Kamboja. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan telah menghadapi diskriminasi dan penganiayaan yang signifikan di masa lalu.

Orang Karen:

Suku Karen adalah penduduk asli Myanmar, dengan populasi yang lebih kecil di Thailand dan negara tetangga lainnya. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan telah menghadapi penganiayaan dan pemindahan yang signifikan akibat konflik dengan pemerintah Myanmar.

Orang Kazakh:

Kazakh adalah penduduk asli Kazakhstan, sebuah negara di Asia Tengah. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan penggembalaan nomaden untuk mata pencaharian mereka.

Orang Rohingnya:

Rohingya adalah penduduk asli Myanmar, yang sebagian besar tinggal di Negara Bagian Rakhine. Mereka adalah Muslim dan telah menghadapi diskriminasi dan penganiayaan yang signifikan oleh pemerintah Myanmar, yang menyebabkan krisis pengungsi di negara-negara tetangga.

Orang Sami:

Saami adalah penduduk asli Eropa utara, dengan populasi di Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan berburu, memancing, dan menggembala rusa untuk mata pencaharian mereka.

Orang Tibet:

Orang Tibet adalah penduduk asli Tibet, sebuah wilayah di Tiongkok. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan telah menghadapi represi politik dan budaya yang signifikan oleh pemerintah China.

Orang Uighur:

Uyghur adalah penduduk asli Tiongkok, yang sebagian besar tinggal di Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan telah menghadapi represi dan penganiayaan yang signifikan oleh pemerintah Tiongkok.

Orang Yakut:

Suku Yakut adalah penduduk asli Rusia, yang sebagian besar tinggal di Republik Sakha di Siberia. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan secara tradisional mengandalkan penggembalaan nomaden untuk mata pencaharian mereka.

Ini hanya beberapa dari sekian banyak masyarakat adat di Asia. Penting untuk mengenali dan merayakan keragaman mereka dan bekerja untuk melestarikan budaya mereka dan melindungi hak-hak mereka.

Oseania

Ada lebih dari 1.000 masyarakat adat di Oseania, termasuk suku Maori, Aborigin, dan Kanak. Mereka ditemukan di negara-negara seperti Selandia Baru, Australia, dan Kaledonia Baru.

Masing-masing masyarakat adat ini memiliki budaya, bahasa, dan sejarah yang unik. Mereka sering menghadapi tantangan seperti hilangnya tanah dan sumber daya alam, marjinalisasi politik, dan asimilasi budaya. Namun, mereka terus memperjuangkan hak dan pengakuan mereka sebagai bangsa yang berbeda dengan identitas dan cara hidup mereka sendiri.

Berikut adalah daftar dari beberapa masyarakat adat Oseania:

Orang Aborigin Australia

Orang Aborigin Australia adalah penduduk asli Australia daratan, dan mereka memiliki budaya dan sejarah yang kaya sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Saat ini, banyak orang Aborigin Australia tinggal di daerah perkotaan, tetapi beberapa masih mempertahankan hubungan dengan tanah tradisional mereka. sementara yang lain tinggal di pedesaan dan komunitas terpencil.

Penduduk Pribumi Selat Torres

Penduduk Pribumi Selat Torres adalah penduduk asli Kepulauan Selat Torres, yang terletak di antara Australia dan Papua Nugini. Mereka memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dari suku Aborigin Australia. Saat ini, banyak penduduk Kepulauan Selat Torres tinggal di pulau-pulau tersebut, sementara yang lain pindah ke daratan Australia.

Orang Papua

Orang Papua adalah penduduk asli pulau New Guinea, yang terbagi antara negara Indonesia dan Papua Nugini. Mereka memiliki beragam budaya dan bahasa, dan banyak yang masih tinggal di pedesaan dan daerah terpencil di pulau itu.

Melanesia

Melanesia adalah penduduk asli pulau Melanesia, yang meliputi Fiji, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Kaledonia Baru. Mereka memiliki budaya yang kaya yang meliputi musik, tarian, dan seni. Melanesia dapat ditemukan di seluruh kepulauan Melanesia, dengan populasi terbesar di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Mikronesia

Mikronesia adalah penduduk asli pulau Mikronesia, yang meliputi Guam, Kiribati, Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, dan Palau. Mereka memiliki sejarah dan budaya yang kaya yang terkait erat dengan lautan. Saat ini, banyak orang Mikronesia yang masih tinggal di pulau tersebut, meskipun beberapa telah bermigrasi ke negara lain, seperti Amerika Serikat.

Polinesia

Polinesia adalah penduduk asli pulau Polinesia, yang meliputi Samoa, Tonga, Kepulauan Cook, Polinesia Prancis, Niue, Tokelau, Tuvalu, dan Hawaii. Mereka memiliki budaya yang kaya yang meliputi tarian, musik, dan mendongeng. Polinesia dapat ditemukan di seluruh pulau Polinesia, dengan populasi terbesar di Samoa dan Tonga.

Kanaks

Kanaks adalah penduduk asli Kaledonia Baru, wilayah Prancis di Pasifik. Mereka memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dari masyarakat adat Oseania lainnya. Kanak dapat ditemukan di seluruh Kaledonia Baru, meskipun mayoritas tinggal di daratan.

Rapa Nui

Rapa Nui adalah penduduk asli Pulau Paskah, wilayah Chili. Mereka memiliki budaya dan bahasa unik yang berbeda dari budaya Polinesia lainnya.

Rotumans

Rotumans adalah penduduk asli Rotuma, ketergantungan Fiji. Mereka memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dari masyarakat adat Fiji lainnya.

Ni-Vanuatu

Ni-Vanuatu adalah penduduk asli Vanuatu, sebuah negara Melanesia di Pasifik. Mereka memiliki budaya yang kaya yang mencakup musik tradisional, tarian, dan mendongeng.

Eropa

Ada lebih dari 100 masyarakat adat di Eropa, termasuk Sami, Basque, dan Roma. Mereka ditemukan di negara-negara seperti Norwegia, Spanyol, dan Rumania.

Masyarakat adat Eropa:

Eropa memiliki beragam masyarakat adat dengan sejarah, budaya, dan bahasa yang unik. Berikut adalah beberapa kelompok utama dan di mana mereka tinggal:

Orang sami:

Sami adalah penduduk asli Skandinavia utara, termasuk sebagian Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia. Mereka diakui sebagai kelompok minoritas di keempat negara dan memiliki parlemen sendiri di Norwegia.

Orang Basque:

Basque adalah penduduk asli Pyrenees barat, yang membentang di perbatasan antara Prancis dan Spanyol. Mereka memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, dan sejarah panjang perlawanan terhadap kekuatan luar.
Orang Roma: Orang Gipsi adalah kelompok nomaden yang berasal dari India utara dan bermigrasi ke Eropa pada Abad Pertengahan. Mereka sekarang ditemukan di seluruh Eropa, dengan populasi terbesar di Rumania, Bulgaria, dan Spanyol.

Orang Sámi:

Sámi adalah penduduk asli Eropa utara, yang tinggal di beberapa bagian Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia. Mereka memiliki bahasa dan budaya yang berbeda, dan telah menghadapi diskriminasi yang signifikan dan asimilasi paksa di masa lalu.

Orang Karelia:

Orang Karelia adalah orang Finno-Ugric yang secara tradisional tinggal di Tanah Genting Karelia dan bagian lain Rusia barat laut. Saat ini, banyak orang Karelia tinggal di Finlandia, di mana mereka diakui sebagai kelompok minoritas.
Orang Welsh: Orang Welsh adalah orang Celtic yang tinggal di Wales, sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan sejarah panjang perlawanan terhadap dominasi Inggris.

Orang Breton:

Bretons adalah orang Celtic yang tinggal di Brittany, sebuah wilayah di Prancis barat laut. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan sejarah perjuangan melawan sentralisasi Perancis.

Orang Irlandia:

Orang Irlandia adalah orang Celtic yang tinggal di Irlandia, sebuah negara kepulauan di lepas pantai Eropa. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, serta sejarah perlawanan terhadap penjajahan Inggris.

Orang Skotlandia:

Orang Skotlandia adalah orang Celtic yang tinggal di Skotlandia, negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Mereka memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan sejarah panjang perlawanan terhadap dominasi Inggris.

Orang Samogit:

Orang Samogit adalah orang Baltik yang tinggal di wilayah Samogitia di Lituania barat. Mereka memiliki dialek bahasa Lituania dan budaya yang berbeda.

Orang nenet:

Suku Nenets adalah penduduk asli Rusia utara, yang tinggal di Okrug Otonomi Yamalo-Nenets dan Okrug Otonomi Nenets. Mereka secara tradisional mengandalkan penggembalaan rusa untuk mata pencaharian mereka.

Orang Veps:

Veps adalah orang Finno-Ugric yang secara tradisional tinggal di Tanah Genting Karelia dan bagian lain Rusia barat laut. Saat ini, banyak Veps tinggal di Republik Karelia dan Oblast Leningrad.

Ini hanya beberapa dari banyak masyarakat adat Eropa. Penting untuk mengenali keragaman dan kompleksitas kelompok-kelompok ini, dan bekerja untuk melestarikan budaya mereka dan melindungi hak-hak mereka.

====

Contoh: Orang Maori di Selandia Baru memiliki budaya dan tradisi yang kaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, mereka juga menghadapi tantangan yang signifikan, seperti hilangnya tanah dan sumber daya alam bagi para pemukim Eropa, dan memaksa asimilasi ke dalam cara hidup orang Eropa. Saat ini, suku Maori terus memperjuangkan hak mereka, termasuk hak untuk menentukan nasib sendiri dan pengakuan atas warisan budaya mereka.

Lokasi: Masyarakat adat dapat ditemukan di seluruh dunia, dari Lingkar Arktik hingga hutan hujan tropis Amerika Selatan, dari gurun Afrika hingga kepulauan Pasifik. Mereka adalah bagian penting dari keragaman budaya dan warisan dunia dan harus dihormati, dilindungi, dan didukung dalam perjuangan mereka untuk kesetaraan dan keadilan.

Masyarakat Pribumi Menurut Benua | Sebagian besar dilupakan oleh globalisasi

Sumber bacaan: CleverlySmart, Wikipedia (English), United Nations, World Bank, UNESCO(United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)

Sumber foto: Activedia via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *