PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Gyrus cingulate, Bagian otak yang mengatur emosi dan perilaku

4 min read

Gyrus cingulate atau korteks cingulate

Fungsi gyrus cingulate terlibat dalam pemrosesan emosi dan pengaturan perilaku. Ini juga membantu mengatur fungsi motorik otonom.

Saat kita khawatir atau cemas, gyrus cingulate kita yang bertindak. Ini membantu kita untuk mengekspresikan keadaan emosi kita melalui gerakan, postur, dan gerakan.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, cingulate gyrus semakin penting dalam studi neurokognitif dan kognitif. Selain itu, bagian anatomi otak ini telah dikaitkan dengan berbagai fungsi otak, tetapi juga dengan gangguan tertentu.

Penyakit Alzheimer atau depresi adalah contoh yang baik. Namun, ada juga gangguan lain seperti skizofrenia, gangguan bipolar, beberapa gangguan kecemasan dan lainnya yang berkaitan dengan penyalahgunaan zat.

Gyrus cingulate adalah gyrus lobus limbik dari korteks serebral. Itu terletak di aspek medial belahan, di atas corpus callosum. Di atas, dipisahkan dari girus frontal superior oleh sulkus cingulate dan dari precuneus oleh sulkus subparietal. Di bawah, batasnya adalah alur corpus callosum. Pada tingkat splenium corpus callosum, cingulate gyrus menyempit ke tanah genting yang berlanjut melalui gyrus parahippocampal.

Baca juga: Gyrus Otak (Cerebral cortex) dan Sulcus (Neuroanatomy) | Fitur penting dari sistem saraf pusat

Seluruh cingulate gyrus, gyrus parahippocampal dan berbagai formasi penciuman membentuk cincin yang hampir tertutup yang disebut gyrus fornicatus (dalam bahasa Latin, fornicatus berarti “melengkung, melengkung”).

Gyrus cingulate (dari bahasa Latin gyrus ‘twist’ dan cingulum ‘belt’) atau belt twist adalah bagian dari otak dan secara fungsional milik sistem limbik. Ini adalah struktur telencephalon (endbrain), di atas corpus callosum (bar), yang menghubungkan bagian medial belahan otak.

Gyrus cingulate terdiri dari empat bagian:

  • Pars anterior = Area Brodmann 24
  • Pars posterior = Area Brodmann 23
  • Area subcallosa = Area Brodmann 25
  • Area motor cingulate = area Brodmann 32

Jalur asosiasi yang panjang, cingulum, berjalan di dasar meduler gyrus cingulate. Itu berakhir di korteks subikulum dari formasi hippocampus.

Operasi pemotongan cingulate gyrus dikenal sebagai cingulotomy.

Fungsi

Sebagai bagian dari sistem limbik, cingulate gyrus terlibat dalam pengembangan dan pemrosesan emosi serta dalam proses pembelajaran dan memori. Tampaknya memainkan peran yang menentukan dalam evaluasi emosional lingkungan eksternal dan hubungannya dengan keadaan emosional internal.

Welas asih dan ikatan emosional terlokalisasi di sini. Dalam kasus gangguan pada sikap umum terhadap kehidupan dan suasana hati yang negatif seperti depresi , perubahan aktivitas saraf seringkali dapat dideteksi di sini. Keterampilan seperti mengalihkan perhatian, beradaptasi dengan perubahan, dan mengenali pilihan juga dilokalkan di sini.

Baca juga: Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

Struktur utama girus cingulate

1. Korteks cingulate anterior

Korteks cingulate anterior berperan dalam berbagai fungsi otonom seperti pengaturan tekanan darah dan detak jantung, fungsi kognitif, seperti antisipasi penghargaan, pengambilan keputusan, empati, dan emosi.

Area otak ini sangat aktif pada individu yang mengalami stres atau subjek paranoid. Studi tentang ACC adalah titik awal yang penting untuk memahami bagian dari korelasi neurobiologis dari beberapa gangguan mental, seperti:

  • Perilaku skizofrenia
  • Gangguan obsesif kompulsif
  • Paranoia dan fiksasi
  • Sindrom Disexecutive (memperhatikan, mengatur, merencanakan, dan memprioritaskan · Memulai tugas dan tetap fokus pada mereka sampai selesai)

Dalam kasus pasien skizofrenia, misalnya, korteks tidak bekerja dengan cara yang benar: beberapa rem penghambat tidak ada, tergantung pada kasusnya, dapat menentukan perilaku yang paling “asli”.

Dalam kasus pasien obsesif-kompulsif, kebalikannya terjadi: sinyal alarm dari ketidaksadaran berlebihan dibandingkan dengan situasi dan lingkungan di mana subjek berada. Artinya, orang dengan gangguan jenis ini merasakan bahaya yang sebenarnya tidak ada atau dalam hal apa pun melebih-lebihkannya dibandingkan dengan populasi rata-rata.

Dari sudut pandang neuropsikologis, lesi terbatas pada korteks cingular anterior menyebabkan defisit dalam kemampuan untuk menghambat respons yang dipelajari sebelumnya dan dalam kemampuan untuk mengontrol efek interferensi di hadapan rangsangan yang mengganggu. Misalnya, skor pasien secara signifikan lebih rendah pada tes Stroop daripada subjek berbadan sehat.

2. Korteks cingulate medial

Bagian cingulate gyrus ini terlibat saat kita membuat prediksi tentang hasil perilaku. Ini juga membantu untuk melakukan perilaku ini dengan proyeksi pada korteks prefrontal dorsolateral, area motorik tambahan, korteks parietal, dan sumsum tulang belakang.

Inilah sebabnya mengapa korteks cingulate medial diyakini terkait dengan pemrosesan informasi keputusan. Secara khusus, itu akan menjadi keputusan berbasis hadiah, yang membuat dan aktivitas kognitif yang terkait dengan kontrol motorik yang disengaja.

3. Korteks cingulate posterior

Bagian posterior terkait dengan sirkuit memori topokinetik. Lebih tepatnya, fungsi utamanya adalah orientasi visuospasial.

Bagian paling ventral tampaknya sangat terintegrasi ke dalam “jaringan mode default” otak. Artinya, suatu sistem di otak yang tetap aktif saat kita tidak memperhatikan rangsangan dari luar.

Selain itu, diyakini bahwa bagian ini juga menyangkut proses kognitif yang diarahkan secara internal. Itu bisa berupa pengumpulan sampah, perencanaan, atau pemrosesan informasi spasial.

Juga diasumsikan bahwa bagian ini berpartisipasi dalam pengendalian diri dan evaluasi peristiwa yang berkaitan dengan kepentingan kita sendiri.

Bagian paling dorsal dari korteks cingulate posterior berhubungan erat dengan daerah premotorik, visual dorsal, dan orbital frontal otak. Selain itu, bagian ini ikut serta dalam orientasi tubuh dalam ruang visual.

Baca juga: Penyakit Neurologis | Penyakit pada sistem saraf dan otak

4. Korteks retrosplenial

Bagian cingulate gyrus ini telah terlibat dalam proses seperti memori otobiografi dan imajinasi. Oleh karena itu, tampaknya banyak kelainan neurologis yang mengganggu ingatan dikaitkan dengan masalah di wilayah cingulate gyrus ini.

Gray727 cingulate gyrus
Permukaan medial belahan otak kiri, dengan gyrus cingulate dan sulcus cingulate disorot. Medial surface of left cerebral hemisphere, with cingulate gyrus and cingulate sulcus highlighted. Brodmann, Mysid. Colured by was_a_bee., Public domain, via Wikimedia Commons

Jika cingulate gyrus rusak

Jadi tampaknya cingulate gyrus terutama bertanggung jawab untuk memediasi reaksi emosional kita. Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk menempatkan nilai emosi di hadapan rangsangan eksternal dan internal. Secara khusus, cingulate gyrus memungkinkan kita untuk menyuarakan keadaan internal (yaitu, memungkinkan kita untuk mengekspresikan emosi kita dengan lantang).

Kesimpulannya, jika cingulate gyrus rusak, sistem otonom mungkin kehilangan kemampuannya untuk merespons rangsangan yang dikondisikan. Hal ini dapat menyebabkan perilaku agresif, rasa malu, atau berkurangnya perasaan kasih sayang.

Gyrus cingulate adalah subjek dari banyak studi kognitif dan neurokognitif. Ini telah terlibat dalam misalnya. Penyakit Alzheimer, gangguan kecemasan, kecanduan, depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Pasien skizofrenia memiliki perbedaan pada anterior cingulate gyrus jika dibandingkan dengan kontrol. Anterior cingulate gyrus ditemukan lebih kecil pada pasien skizofrenia. Volume materi abu-abu di anterior cingulate gyrus ditemukan lebih rendah pada pasien skizofrenia

Atrofi awal korteks cingulate adalah fitur dari demensia frontotemporal varian perilaku (bvFTD) dan penyakit Alzheimer (AD: Alzheimer disease), dengan degenerasi daerah cingulate anterior semakin dikenal sebagai prediktor kuat bv FTD.

ACC (Anterior cingulate cortex) berfungsi sebagai pusat “hub” dalam jaringan saraf fungsi kognitif terkait kecanduan, termasuk pengambilan keputusan, penghambatan kognitif, emosi, dan motivasi. Gangguan penggunaan zat (SUD) ditandai dengan penggunaan zat adiktif secara kompulsif dengan dampak yang cukup besar pada sistem medis dan masyarakat secara keseluruhan. Wawasan baru pada anterior cingulate cortex (ACC: Anterior cingulate cortex) menyarankan neuromodulasi yang menargetkan ACC sebagai cara untuk mengobati SUD (Gangguan penggunaan zat).

Kesimpulannya, kerusakan cingulate gyrus dapat mempengaruhi kemampuan untuk merespon rangsangan tertentu. Itu bisa menyebabkan yaitu. perilaku agresif, rasa malu, atau penurunan ekspresi emosional.


Gyrus Otak (Korteks serebral) dan Sulkus (Neuroanatomi) | Fitur penting dari sistem saraf pusat


Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.


Sumber: CleverlySmart, Science Direct, Radiopaedia, Physiopedia

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Haircut dalam konteks saham atau keuangan

Strategi Investasi: Memahami Konsep Haircut Dalam Konteks Saham Haircut dalam konteks saham atau keuangan, “haircut” memiliki arti sebagai berikut: – Pengurangan Nilai: Haircut adalah...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *