Site icon PINTERpandai

Mazmur (Psalm) Pasal 1-150

Mazmur

Kitab Mazmur atau Zabur adalah bagian dari Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen yang merupakan kumpulan mazmur, nyanyian dan doa untuk dipakai dalam ibadah. Kitab ini berisi 150 mazmur yang mayoritas adalah gubahan Daud.

Para pakar berpendapat bahwa buku ini digubah oleh berbagai pujangga dalam waktu yang lama sekali, yaitu mulai zaman Musa sampai setelah orang Israel kembali dari pembuangan ke Babel. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa ini dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu akhirnya dimasukkan ke dalam Alkitab.

Mazmur Pasal 1 (Total ayat 6)

1) [jilid 1 (Mazmur 1-41)] Allah memberkati orang yang tidak mendengarkan nasihat yang jahat, dan tidak hidup seperti orang berdosa, dan tidak menghabiskan waktu bersama orang yang tidak menghormati Allah.

2) Sebaliknya, mereka suka akan ajaran TUHAN dan merenungkannya siang dan malam.

3) Jadi, mereka menjadi kuat seperti pohon yang ditanam di tepi aliran sungai — seperti pohon yang berbuah pada musimnya, dan daunnya tidak pernah layu. Semua yang dikerjakannya berhasil.

4) Namun, orang jahat tidak seperti itu. Mereka seperti sekam yang diterbangkan angin.

5) Apabila orang baik berkumpul untuk memutuskan masalah pengadilan, orang jahat dinyatakan bersalah. Mereka yang melakukan yang salah, tidak akan dinyatakan benar.

6) TUHAN menunjukkan bagaimana mereka hidup, tetapi orang jahat telah kehilangan jalan.

Mazmur Pasal 2 (Total ayat 12)

1) Mengapa bangsa-bangsa begitu marah? Mengapa orang membuat rencana yang tidak berguna?

2) Raja-raja dan pemimpin mereka sepakat untuk berperang melawan TUHAN dan raja yang telah dipilih-Nya.

3) Mereka berkata, “Mari kita memberontak terhadap mereka. Mari kita bebas dari mereka.”

4) Tetapi yang memerintah di surga, menertawainya. TUHAN mengejek mereka.

5) Ia berbicara kepada mereka dalam kemarahan, dan mereka penuh ketakutan.

6) Ia berkata, “Aku telah memilih orang itu menjadi raja, dan dia akan memerintah di Sion, gunung-Ku yang kudus.”

7) Aku mau mengatakan kepadamu tentang perjanjian TUHAN. Ia berkata kepadaku, “Hari ini Aku telah menjadi Bapamu, dan engkau anak-Ku.

8) Jika engkau meminta, Aku akan memberikan bangsa-bangsa kepadamu. Semua orang di bumi menjadi milikmu.

9) Engkau akan memerintah atas mereka dengan kuasa besar. Engkau akan menyerakkan musuhmu seperti pecahan periuk tanah.”

10) Jadi, hai raja-raja dan pemerintah, bijaksanalah dan turutilah ajaran itu.

11) Layanilah TUHAN dengan takut dan gemetar.

12) Ciumlah Anak itu, Jika tidak, Tuhan akan marah dan membinasakan kamu. Ia cukup marah untuk melakukan itu sekarang, tetapi orang yang pergi kepada-Nya minta perlindungan akan berbahagia.

Pasal 3 (Total ayat 8)
1) Nyanyian Daud yang ditulis ketika dia melarikan diri dari anaknya Absalom. (3-2) TUHAN, musuhku sangat banyak. Banyak orang bangkit melawan aku.

2) (3-3) Mereka menganggap, “Allah tidak mau menyelamatkan dia.” Sela

3) (3-4) TUHAN, lindungilah aku. Bawalah kemuliaan untukku. Engkau memberikan pengharapan kepadaku.

4) (3-5) Aku akan berdoa kepada TUHAN, dan Dia akan menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus. Sela

5) (3-6) Aku dapat tidur dan beristirahat dan tahu aku akan bangun, sebab TUHAN melindungi dan menjaga aku.

6) (3-7) Jadi, aku tidak takut terhadap musuhku, walaupun mereka beribu-ribu mengepung aku.

7) (3-8) Bangkitlah, ya TUHAN. Allahku, datang dan selamatkanlah aku. Jika Engkau memukul wajah musuhku, Engkau akan mematahkan semua giginya.

8) (3-9) TUHAN, kemenangan adalah milik-Mu. Betapa baiknya Engkau terhadap umat-Mu. Sela

Pasal 4 (Total ayat 8)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan kecapi. Nyanyian Daud. (4-2) Dengarkanlah doaku lagi bila aku memanggil-Mu. Ya Allah yang membenarkan aku. Dan tolonglah aku dalam segala kesulitanku. Kasihanilah aku dan dengarkanlah doaku.

2) (4-3) Hai manusia, berapa lama lagi kamu mengatakan hal yang buruk tentang aku? Apakah kamu senang menghabiskan waktu untuk mencari dusta yang baru melawan aku? Sela

3) (4-4) Ketahuilah bahwa orang yang melayani TUHAN dengan setia adalah istimewa bagi-Nya. TUHAN mendengarkan aku bila aku berdoa kepada-Nya.

4) (4-5) Gemetarlah dengan ketakutan, berhentilah berdosa. Pikirkanlah itu bila kamu istirahat mau tidur. Sela

5) (4-6) Persembahkanlah kurban yang tepat kepada TUHAN dan yakinlah kepada-Nya.

6) (4-7) Banyak orang mengatakan, “Aku ingin bersukacita dalam hidup ini. TUHAN, berikanlah kepada kami beberapa berkat.”

7) (4-8) Engkau telah membuat aku lebih bersukacita daripada mereka dengan semua anggur dan panennya.

8) (4-9) Bila aku pergi ke tempat tidur, aku tidur dalam damai sejahtera, sebab, ya TUHAN, Engkau menyelamatkan aku.

Pasal 5 (Total ayat 12)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan seruling. Nyanyian Daud. (5-2) TUHAN, dengarkanlah aku dan perhatikanlah yang hendak kuucapkan.

2) (5-3) Allahku dan Rajaku, kabulkanlah doaku.

3) (5-4) Setiap pagi, ya TUHAN, aku menyampaikan pemberianku ke hadapan-Mu dan menantikan pertolongan-Mu. Dan setiap pagi Engkau mendengarkan doaku.

4) (5-5) Ya Allah, Engkau tidak menginginkan orang jahat dekat pada-Mu. Mereka tidak dapat mendekati-Mu.

5) (5-6) Orang bodoh tidak dapat mendekati-Mu. Engkau membenci orang yang berbuat jahat.

6) (5-7) Engkau membinasakan orang yang berdusta. TUHAN, Engkau membenci orang yang membuat rencana tersembunyi menyakiti orang lain.

7) (5-8) Dengan belas kasihan-Mu yang besar itu, aku dapat memasuki rumah-Mu. Aku dapat beribadat di Rumah-Mu yang kudus dengan takut dan hormat kepada-Mu.

8) (5-9) TUHAN, tunjukkanlah cara hidup yang benar kepadaku, dan buatlah itu mudah bagiku mengikutinya. Orang mencari kelemahanku, jadi tunjukkanlah kepadaku bagaimana Kaukehendaki aku hidup.

9) (5-10) Musuhku tidak pernah mengatakan kebenaran. Mereka hanya mau membinasakan orang. Perkataan mereka datang dari mulut yang seperti kubur terbuka. Mereka memakai lidahnya yang berdusta menipu orang lain.

10) (5-11) Ya Allah, hukumlah mereka. Biarlah mereka tertangkap di dalam perangkapnya sendiri. Mereka telah berbalik melawan Engkau, jadi hukumlah mereka atas kejahatannya yang banyak itu,

11) (5-12) tetapi mereka yang berlindung kepada-Mu, biarlah mereka berbahagia selamanya. Lindungi dan kuatkanlah orang yang mengasihi nama-Mu.

12) (5-13) TUHAN, apabila Engkau memberkati orang baik, Engkau memagarinya dengan kasih-Mu, seperti perisai besar yang melindunginya.

Pasal 6 (Total ayat 10)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan kecapi disertai Syeminit. Nyanyian Daud. (6-2) Ya TUHAN, janganlah hukum aku. Janganlah hajar aku bila Engkau sangat marah.

2) (6-3) TUHAN, kasihanilah aku. Aku sakit dan lemah. Sembuhkanlah aku, ya TUHAN. Tulang-tulangku gemetar.

3) (6-4) Seluruh tubuhku gemetar. TUHAN, berapa lama lagi Engkau akan sembuhkan aku?

4) (6-5) TUHAN, datanglah dan kuatkanlah aku kembali. Selamatkanlah aku karena Engkau begitu baik.

5) (6-6) Jika aku mati, aku tidak dapat menyanyikan tentang Engkau. Mereka yang ada di dalam kuburan tidak memuji Engkau.

6) (6-7) Aku sangat lemah. Aku berseru kepada-Mu sepanjang malam. Bantalku basah; tempat tidurku banjir karena air mataku.

7) (6-8) Musuhku membuat aku sedemikian sedih sehingga mataku sangat lelah karena menangis.

8) (6-9) Pergilah, hai kamu orang jahat, sebab TUHAN telah mendengar suara tangisanku.

9) (6-10) TUHAN telah mendengar doaku minta belas kasihan. TUHAN telah menerima doaku.

10) (6-11) Semua musuhku akan penuh dengan ketakutan dan malu. Mereka akan sedih bila sesuatu yang memalukan terjadi dengan tiba-tiba atas mereka.

Pasal 7 (Total ayat 17)
1) Nyanyian Daud yang dinyanyikannya kepada TUHAN. Nyanyian ini tentang Saul, anak Kusy, dari suku Benyamin. (7-2) Ya TUHAN Allahku, aku datang kepada-Mu minta perlindungan. Selamatkanlah aku dari orang yang memburuku.

2) (7-3) Jika Engkau tidak menolong aku, aku akan seperti seekor binatang yang ditangkap singa. Aku akan dibawa tanpa seorang pun dapat membebaskan aku.

3) (7-4) Ya TUHAN Allahku, aku tidak melakukan kesalahan.

4) (7-5) Aku tidak berbuat yang jahat kepada temanku dan tidak menolong musuhnya.

5) (7-6) Jika hal itu tidak benar, hukumlah aku. Biarlah musuh mengusir aku, menangkap aku, dan membunuhku. Biarlah dia menginjak-injak aku di tanah dan mendorong rohku ke dalam debu. Sela

6) (7-7) Ya TUHAN, bangkitlah dan tunjukkan amarah-Mu. Musuhku marah, jadi berdiri dan lawanlah dia. Berikanlah kepadaku keadilan yang Engkau tuntut.

7) (7-8) Kumpulkanlah bangsa-bangsa di sekeliling-Mu, dan bertakhtalah di tempat yang tinggi.

8) (7-9) TUHAN, adililah mereka. TUHAN, adililah aku. Buktikanlah bahwa aku benar dan tidak bersalah.

9) (7-10) Hukumlah orang yang jahat dan tolonglah orang yang baik. Ya Allah, Engkau baik. Dan Engkau dapat melihat ke dalam hati orang.

10) (7-11) Allah menolong orang yang hatinya jujur, jadi Ia akan melindungi aku.

11) (7-12) Allah ialah Hakim yang baik. Ia selalu menghukum yang jahat.

12) (7-13) Jika orang jahat tidak akan bertobat, Allah telah siap untuk menghukumnya. Ia telah mempersiapkan senjata-Nya yang mematikan, Pedang-Nya tajam. Busur-Nya dilentur, ditarik, dan siap untuk menembakkan panah-Nya.

13) (7-14) (7:12)

14) (7-15) Pikiran orang jahat penuh dengan kejahatan. Mereka membuat rencana yang jahat, yang menimbulkan dusta.

15) (7-16) Mereka menggali lubang menjerat orang lain, tetapi merekalah satu-satunya yang jatuh ke dalamnya.

16) (7-17) Kesulitan yang dilakukannya akan kembali kepadanya. Mereka merencanakan kejahatan terhadap orang lain, tetapi merekalah satu-satunya akan disakiti.

17) (7-18) Aku memuji TUHAN sebab Ia baik. Aku memuji nama TUHAN Yang Mahatinggi.

Pasal 8 (Total ayat 9)
1) Kepada pemimpin koor, dengan memakai Gitit. Nyanyian Daud. (8-2) Ya Allah TUHAN kami, nama-Mu paling indah di seluruh bumi. Nama-Mu membawa pujian bagi-Mu di mana-mana di surga.

2) (8-3) Dari mulut anak-anak dan bayi-bayi terdengar nyanyian pujian bagi-Mu. Engkau memberikan itu kepada mereka untuk membuat musuh-Mu diam.

3) (8-4) Aku menatap langit yang Engkau ciptakan dengan tangan-Mu. Aku melihat bulan dan bintang-bintang yang Engkau ciptakan.

4) (8-5) Aku heran, “Mengapa manusia sangat penting bagi-Mu? Mengapa Engkau mengingatnya? Mengapa Engkau sangat peduli terhadap manusia? Mengapa Engkau memperhatikannya?”

5) (8-6) Engkau telah menciptakan manusia hampir seperti dewa dan memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.

6) (8-7) Engkau menempatkannya menjadi penguasa atas ciptaan-Mu. Engkau membuat segala sesuatu di bawah pengawasannya.

7) (8-8) Manusia memerintah atas kambing dan anak domba dan semua binatang liar.

8) (8-9) Mereka memerintah atas burung-burung di langit dan atas ikan-ikan yang berenang di laut.

9) (8-10) Ya TUHAN kami, nama-Mu ialah nama yang paling indah di seluruh bumi.

Pasal 9 (Total ayat 20)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan memakai Alamot Ben. Nyanyian Daud. (9-2) Aku akan memuji TUHAN dengan segenap hatiku. Aku akan menceritakan semua hal yang menakjubkan, yang telah Kaulakukan.

2) (9-3) Engkau telah membuat aku begitu bersukacita. Allah Yang Mahatinggi, aku memuji nama-Mu.

3) (9-4) Musuhku berbalik dan melarikan diri dari hadapan-Mu, tetapi mereka jatuh dan binasa.

4) (9-5) Engkau mendengarkan aku dari takhta-Mu seperti hakim yang baik, dan Engkau memutuskan bahwa aku benar.

5) (9-6) Engkau mengecam bangsa lain betapa besar kesalahannya. Engkau membinasakan orang jahat. Engkau menghapuskan nama mereka dari ingatan kami untuk selama-lamanya.

6) (9-7) Musuh telah binasa. Engkau telah membinasakan kota-kotanya. Tidak ada yang tersisa untuk mengingatkan kami terhadap mereka.

7) (9-8) TUHAN memasang takhta-Nya untuk menegakkan keadilan dan akan memerintah selama-lamanya.

8) (9-9) Ia mengadili setiap orang di atas bumi dengan adil. Ia mengadili semua bangsa dengan jujur.

9) (9-10) Banyak orang menderita, tertindih karena beratnya masalahnya. Tetapi TUHAN menjadi tempat pelarian bagi mereka, tempat yang aman bagi mereka.

10) (9-11) TUHAN, mereka yang mengenal nama-Mu datang kepada-Mu untuk berlindung. Dan bila mereka datang, jangan tinggalkan mereka tanpa pertolongan.

11) (9-12) Nyanyikanlah pujian bagi TUHAN yang tinggal di Sion. Katakan kepada bangsa-bangsa perbuatan TUHAN yang besar itu.

12) (9-13) Dia menghukum para pembunuh dan mengingat orang yang membutuhkan pertolongan. Bila orang yang menderita minta tolong, Ia tidak melupakan mereka.

13) (9-14) Aku menyampaikan doa ini, “Ya TUHAN, sayanglah padaku. Lihatlah, berapa banyak musuh telah menganiaya aku? Selamatkanlah aku dari pintu gerbang kematian.

14) (9-15) Kemudian di pintu gerbang Yerusalem aku dapat menyanyikan pujian kepada-Mu. Aku akan sangat berbahagia karena Engkau menyelamatkan aku.”

15) (9-16) Bangsa-bangsa lain telah terjatuh ke dalam lubang yang digalinya untuk menangkap orang lain. Mereka tertangkap dalam perangkapnya sendiri.

16) (9-17) TUHAN menunjukkan bahwa Ia mengadili dengan jujur. Orang jahat tertangkap dengan alat yang dipakainya menyakiti yang lain. Higayon Sela

17) (9-18) Orang yang melupakan Allah adalah jahat. Mereka akan pergi ke tempat orang mati.

18) (9-19) Tampaknya orang miskin dan yang membutuhkan pertolongan telah terlupakan, namun Allah tidak pernah melupakannya. Ia tidak akan meninggalkannya tanpa pengharapan.

19) (9-20) Ya TUHAN, bangkitlah dan hakimilah bangsa-bangsa. Janganlah biarkan orang menganggap dirinya dapat menang melawan Engkau.

20) (9-21) Berikanlah kepada mereka suatu pelajaran, ya TUHAN. Biarlah mereka tahu bahwa mereka hanyalah manusia. Sela

Pasal 10 (Total ayat 18)
1) Ya TUHAN, mengapa Engkau begitu jauh? Mengapa Engkau bersembunyi terhadap orang yang menderita?

2) Orang jahat adalah sombong dan membuat rencana yang jahat untuk menyakiti orang miskin, yang ditangkapnya dengan jerat dan membuatnya menderita.

3) Orang serakah berbangga diri terhadap yang diinginkannya. Mereka mengutuk TUHAN dan menunjukkan bahwa mereka membenci-Nya.

4) Orang jahat terlalu sombong untuk memohon pertolongan kepada Allah. Ia tidak setuju atas rencana mereka.

5) Mereka berhasil dalam setiap pekerjaannya. Mereka tidak mengerti bagaimana Engkau akan menghakiminya. Mereka mengejek semua musuhnya.

6) Mereka berkata dalam hati, “Tidak ada yang buruk akan terjadi atas kami. Kami akan tetap bergembira dan tidak akan pernah dihukum.”

7) Mereka selalu mengutuk, berdusta, dan berencana melakukan yang jahat.

8) Mereka bersembunyi di luar desa, menunggu untuk menangkap orang yang tidak bersalah. Mereka selalu mencari orang yang tidak berdaya untuk menyiksanya.

9) Mereka seperti singa yang bersembunyi di semak-semak untuk menangkap binatang yang tidak kuat. Mereka menjerat orang miskin, yang tertangkap dalam perangkapnya.

10) Terus-menerus orang jahat menyiksa orang yang lemah dan menderita.

11) Mereka berkata dalam hati, “Allah telah melupakan kita. Ia tidak memperhatikan kita. Ia tidak akan pernah melihat apa yang kita lakukan.”

12) TUHAN, bangkit dan lakukanlah sesuatu. Ya Allah, hukumlah orang jahat. Janganlah lupakan orang miskin dan lemah.

13) Orang jahat berbalik melawan Allah karena mereka menganggap, Ia tidak akan menghukumnya.

14) Engkau pasti melihat perbuatan yang kejam dan jahat, yang dilakukan oleh orang jahat. Lihatlah perbuatan itu dan hukumlah mereka. Orang yang lemah datang kepada-Mu minta tolong. Di atas segalanya, Engkaulah satu-satunya yang menolong yatim piatu.

15) Patahkanlah lengan orang jahat. Hukumlah mereka atas kejahatannya dan hentikanlah mereka melakukan sesuatu.

16) TUHAN, Engkaulah Raja selama-lamanya. Usirlah semua bangsa yang jahat dari negeri-Mu.

17) TUHAN, Engkau telah mendengar yang diinginkan orang miskin. Dengarkanlah doa mereka dan kabulkanlah yang dimintanya.

18) Lindungilah yatim piatu dan mereka yang tersiksa. Janganlah biarkan orang yang berkuasa mengusir kami dari negeri kami.

Pasal 11 (Total ayat 7)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. Aku percaya kepada TUHAN, jadi mengapa kamu mengatakan kepadaku untuk melarikan diri dan bersembunyi? Mengapa kamu mengatakan, “Terbanglah seperti burung ke gunungmu?”

2) Orang jahat seperti seorang pemburu, yang bersembunyi di tempat gelap. Mereka menarik busur dan menujukan panahnya dan menembak orang baik dan jujur.

3) Apa yang akan terjadi jika mereka membinasakan semua yang baik?

4) TUHAN ada di istana kudus-Nya. TUHAN bertakhta di surga. Ia melihat segala sesuatu yang terjadi. Ia mengamati orang dari dekat.

5) TUHAN menguji orang yang baik dan jahat; Ia membenci orang yang senang menyiksa orang lain.

6) Ia akan menghujani orang jahat dengan bara arang dan belerang panas dari gunung berapi. Mereka tidak akan memperoleh apa-apa, kecuali angin panas yang menghanguskan.

7) TUHAN selalu melakukan yang benar, dan Dia mengasihi orang yang berbuat baik. Orang yang baik akan bersama Dia dan melihat wajah-Nya.

Pasal 12 (Total ayat 8)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan memakai Syeminit. Nyanyian Daud. (12-2) Selamatkanlah aku, TUHAN. Kami tidak dapat lagi mempercayai seseorang. Semua orang baik dan setia telah habis.

2) (12-3) Orang berdusta terhadap sesamanya. Mereka mengatakan yang ingin didengar sesamanya.

3) (12-4) TUHAN harus memotong bibir pendusta dan memotong lidah pembual.

4) (12-5) Mereka itu menganggap dapat memenangkan segala persoalan. Mereka berkata, “Kami mengetahui yang kami katakan, tidak ada yang menjadi guru kami.”

5) (12-6) Mereka mengambil barang dari orang miskin dan mencuri yang sedikit yang ada pada mereka. Tetapi TUHAN tahu perbuatan mereka, dan Dia mengatakan, “Aku akan menyelamatkan orang miskin dan lemah, dan Aku akan menghukum yang menyiksanya.”

6) (12-7) Perkataan TUHAN benar dan murni seperti perak yang dilebur dalam api, seperti perak yang dilebur dan dimurnikan tujuh kali.

7) (12-8) Ya TUHAN, peliharalah yang lemah. Lindungilah mereka selama-lamanya dari orang jahat di atas bumi.

8) (12-9) Orang jahat ada di sekitar kami, dan setiap orang menganggap yang jahat adalah terpuji.

Pasal 13 (Total ayat 6)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (13-2) Berapa lama lagi, ya TUHAN, Engkau melupakan aku? Apakah Engkau akan melupakan aku selama-lamanya? Berapa lama lagi Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap aku?

2) (13-3) Berapa lama aku harus heran jika Engkau telah melupakan aku? Berapa lama aku harus merasakan kesedihan dalam hatiku? Berapa lama musuhku akan menang terhadap aku?

3) (13-4) TUHAN Allahku, perhatikanlah aku dan berikanlah kepadaku suatu jawaban. Biarlah aku kuat lagi atau aku mati saja.

4) (13-5) Jika itu terjadi, musuhku akan mengatakan, “Aku memukulnya.” Ia akan sangat bergembira bahwa dia menang.

5) (13-6) Aku percaya akan kasih setia-Mu. Biarlah aku bergembira karena Engkau menyelamatkan aku.

6) (13-7) Aku akan menyanyikan suatu nyanyian untuk TUHAN karena Dia begitu baik padaku.

Pasal 14 (Total ayat 7)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. Hanya orang bodoh yang menganggap Allah tidak ada. Orang seperti itu adalah jahat dan melakukan yang mengerikan. Mereka tidak pernah melakukan yang benar.

2) TUHAN melihat dari surga, apakah ada orang bijak, yang mencari pertolongan dari pada-Nya,

3) tetapi setiap orang telah pergi ke jalan yang salah. Semua orang telah menjadi jahat. Tidak seorang pun melakukan perbuatan baik. Tidak, seorang pun tidak ada.

4) Orang jahat telah membinasakan umat-Ku seperti roti yang dimakan. Mereka tidak minta tolong kepada TUHAN. Apakah mereka tidak tahu apa yang dilakukannya?

5) Mereka menghadapi banyak ketakutan karena Allah bersama orang yang melakukan yang benar.

6) Orang jahat mau menghilangkan pengharapan orang miskin, tetapi TUHAN akan melindungi mereka.

7) Aku ingin orang yang tinggal di Gunung Sion dapat membawa kemenangan kepada Israel. Bila TUHAN membuat umat-Nya berhasil kembali, umat Yakub akan berbahagia; umat Israel akan bersukacita.

Pasal 15 (Total ayat 5)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, siapakah yang dapat tinggal di dalam Kemah kudus-Mu? Siapa yang dapat tinggal di gunung kudus-Mu?

2) Hanya orang yang hidup dengan murni, melakukan yang benar, dan yang mengatakan kebenaran dari hatinya.

3) Orang seperti itu tidak mengatakan hal-hal yang jahat tentang orang lain. Mereka tidak melakukan yang jahat terhadap sesamanya. Mereka tidak mengatakan yang memalukan tentang keluarganya sendiri.

4) Mereka membenci orang yang tidak berkenan bagi Allah, dan menghormati yang hormat terhadap TUHAN. Jika mereka berjanji kepada sesamanya, mereka melakukan yang dijanjikannya.

5) Jika mereka meminjamkan uang kepada seseorang, mereka tidak memungut bunga. Dan mereka tidak mau menjadi saksi terhadap orang yang bersalah, biarpun ada yang menyogoknya. Siapa yang hidup seperti itu akan tetap kuat.

Pasal 16 (Total ayat 11)
1) Lindungilah aku, ya Allah, karena aku bergantung pada-Mu.

2) Aku berkata kepada TUHAN, “Engkau Tuhanku. Setiap yang baik yang ada padaku, datang dari Engkau.”

3) Tetapi engkau juga berkata, “Dewa-dewa negeri inilah dewaku yang berkuasa. Merekalah yang membuat aku berbahagia.”

4) Orang yang beribadat kepada dewa-dewa lain akan banyak menderita. Aku tidak ambil bagian dalam kurban sembelihan yang dipersembahkannya kepada berhala-berhalanya. Bahkan aku tidak akan menyebut namanya.

5) TUHAN, berikanlah kepadaku yang kubutuhkan. Dukunglah aku. Berikanlah kepadaku bagianku.

6) Tanah kepunyaanku sangat bagus. Warisanku sangat indah.

7) Aku memuji TUHAN karena Dia mengajar aku dengan baik. Bahkan pada malam hari, perintah-Nya dimasukkan-Nya ke dalam pikiranku.

8) Aku selalu mengingat bahwa TUHAN bersamaku. Aku selalu dekat kepada-Nya, jadi tidak ada yang dapat mengalahkan aku.

9) Jadi, hatiku dan rohku sangat bersukacita. Bahkan tubuhku akan hidup dengan selamat,

10) sebab Engkau tidak akan meninggalkan aku di tempat orang mati. Engkau tidak akan membiarkan orang yang setia pada-Mu busuk dalam kubur.

11) Engkau mengajarkan cara hidup yang benar kepadaku. Hanya bersama Engkau akan membawa sukacita yang sempurna. Berada di sebelah kanan-Mu membuat aku berbahagia selama-lamanya.

Pasal 17 (Total ayat 15)
1) Ya TUHAN, dengarkanlah doaku demi keadilan. Aku berseru dengan kuat kepada-Mu. Dan aku jujur dengan ucapanku, jadi kabulkanlah doaku.

2) Engkau akan membuat keputusan yang tepat sebab Engkau dapat melihat kebenaran.

3) Engkau bersamaku sepanjang malam dan melihat sampai ke dalam hatiku. Engkau bertanya kepadaku dan tidak menemukan sesuatu yang salah.

4) Tidak seperti orang banyak, aku telah mematuhi perintah-perintah-Mu, jadi aku tidak pernah seperti mereka yang jahat.

5) Aku telah mengikuti jalan-Mu. Kakiku tidak pernah meninggalkan jalan-Mu.

6) Setiap kali aku memanggil-Mu, ya Allah, Engkau menjawabku. Jadi, dengarkanlah aku sekarang dan dengarkan apa yang kukatakan.

7) Tunjukkanlah kebaikan-Mu dan selamatkanlah yang bergantung pada-Mu. Pakailah kuasa-Mu yang besar itu dan lindungilah mereka terhadap musuhnya.

8) Lindungilah aku seperti biji mata-Mu. Sembunyikanlah aku di bawah naungan sayap-Mu.

9) Selamatkanlah aku dari orang jahat yang berusaha membinasakan aku. Lindungilah aku dari orang di sekelilingku yang berusaha melukaiku.

10) Mereka hanya memikirkan diri sendiri dan sombong atas yang dilakukannya.

11) Mereka telah mengikuti aku dan sekarang mereka ada di sekelilingku. Mereka memperhatikan aku, menunggu untuk menjatuhkan aku ke tanah.

12) Mereka seperti singa lapar, mereka mau menerkam dan memakan. Mereka seperti singa muda, mereka bersembunyi, siap untuk menerkam.

13) Bangkitlah ya TUHAN, hadapilah mereka. Tundukkanlah mereka. Pakailah pedang-Mu dan selamatkan aku dari orang jahat itu.

14) TUHAN, pakailah kuasa-Mu dan lenyapkan mereka dari hidup ini. Namun, bagi mereka yang Engkau hargai, buatlah mereka kenyang. Buatlah berkecukupan anak-anaknya dan cucu-cucunya

15) Aku telah melakukan yang benar, jadi aku akan melihat wajah-Mu. Dan melihat Engkau, aku akan sangat puas.

Pasal 18 (Total ayat 50)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud, hamba TUHAN, yang ditulisnya pada waktu TUHAN menolongnya terhadap Saul dan semua musuhnya yang lain. (18-2) Aku mengasihi-Mu, ya TUHAN. Engkaulah kekuatanku.

2) (18-3) TUHAN Batu karangku, Bentengku, tempat perlindunganku. Ia adalah Allahku, Batu karang tempatku berlindung. Dialah perisaiku, dengan kuasa-Nya aku selamat. Dialah tempat persembunyianku tinggi di atas gunung.

3) (18-4) Aku berseru kepada TUHAN minta tolong, dan aku diselamatkan dari musuhku. Dia patut kupuji.

4) (18-5) Tali-tali kematian telah ada di sekelilingku. Aku telah berada di dalam banjir yang membawa aku ke tempat orang mati.

5) (18-6) Tali-tali maut melingkari tubuhku. Di hadapanku terbentang jerat kematian.

6) (18-7) Dalam kesusahanku aku memanggil TUHAN minta tolong. Ya, aku minta tolong kepada Allahku. Allah berada di dalam Rumah-Nya dan mendengar suaraku. Ia mendengar teriakanku minta tolong.

7) (18-8) Bumi berguncang dan gemetar. Landasan langit bergetar sebab TUHAN telah marah.

8) (18-9) Asap keluar dari hidung-Nya. Nyala api datang dari mulut-Nya. Percikan api terbang dari Dia.

9) (18-10) Ia membelah langit dan Dia turun. Ia berdiri di atas awan yang tebal dan gelap.

10) (18-11) Ia telah terbang melewati langit, mengendarai malaikat kerub. Ia melayang tinggi di atas angin.

11) (18-12) Ia bersembunyi di dalam awan tebal, yang menutupi-Nya seperti kemah.

12) (18-13) Cahaya memecah awan itu, terjadilah hujan batu dan kilat.

13) (18-14) TUHAN bergemuruh dari langit. Allah Yang Mahatinggi memperdengarkan suara-Nya.

14) (18-15) Ia mencerai-beraikan musuh-Nya dengan panah-Nya Gulungan kilat membuat mereka kebingungan.

15) (18-16) Ya TUHAN, Engkau meneriakkan perintah-Mu; dan angin yang berkuasa mulai berembus. Kemudian dasar laut kelihatan, alas bumi tidak tertutup.

16) (18-17) Tuhan telah turun dari atas ke bawah dan menyelamatkan aku. Ia menarik aku dari air yang dalam.

17) (18-18) Tuhan menyelamatkan aku dari musuhku yang kuat, yang membenci aku. Mereka terlalu kuat bagiku, jadi Ia menyelamatkan aku.

18) (18-19) Mereka menyerang aku dalam kesulitanku, tetapi TUHAN ada di sana mendukung aku.

19) (18-20) Ia berkenan padaku, maka aku diselamatkan-Nya. Ia membawa aku ke tempat yang aman.

20) (18-21) TUHAN telah memberi hadiah kepadaku atas perbuatanku yang benar. Ia baik terhadap aku karena aku tidak bersalah.

21) (18-22) TUHAN melakukannya karena aku patuh kepada-Nya. Aku tidak berbalik melawan Allahku.

22) (18-23) Aku selalu mengingat hukum-Nya. Aku tidak pernah menolak peraturan-Nya

23) (18-24) Ia tahu bahwa aku tidak melakukan yang salah. Aku menjaga diriku dari perbuatan dosa.

24) (18-25) Jadi, TUHAN memberi hadiah kepadaku atas perbuatan yang baik. Ia dapat melihat bahwa aku tidak bersalah.

25) (18-26) Engkau setia kepada orang yang setia. Engkau baik terhadap orang yang baik.

26) (18-27) Engkau tidak melakukan yang salah terhadap orang yang tidak bersalah, tetapi Engkau memperdayakan orang jahat, betapapun pintarnya.

27) (18-28) Engkau menolong orang yang rendah hati, tetapi Engkau merendahkan orang yang sombong.

28) (18-29) TUHAN, Engkau menyalakan pelitaku. Ya Allahku Engkau menyinari kegelapan di sekelilingku.

29) (18-30) Dengan pertolongan-Mu aku dapat mengalahkan tentara. Jika Allah bersama aku, aku dapat memanjat tembok musuh.

30) (18-31) Jalan Allah sempurna adanya. Janji TUHAN telah teruji. Ia melindungi orang yang percaya kepada-Nya.

31) (18-32) Tidak ada Allah kecuali TUHAN. Tidak ada Batu karang kecuali Allah kita.

32) (18-33) Allah memberikan kekuatan kepadaku. Ia menolongku hidup murni.

33) (18-34) Ia menolongku dengan berlari seperti rusa. Ia membuatku kuat di tempat-tempat yang tinggi.

34) (18-35) Ia melatihku untuk berperang sehingga tanganku dapat melengkungkan busur yang kuat.

35) (18-36) Engkau telah melindungiku dan menolong aku menang. Engkau menopang aku dengan tangan kanan-Mu. Engkau menolongku mengalahkan musuhku.

36) (18-37) Buatlah kakiku dan pergelangan kakiku kuat sehingga aku dapat berjalan cepat tanpa tersandung.

37) (18-38) Jadi, aku dapat mengusir musuhku dan menangkapnya. Aku tidak mau pulang sampai mereka binasa.

38) (18-39) Aku akan memukul musuhku dan mereka tidak akan bangkit lagi. Semua musuhku akan berada di bawah pengawasanku.

39) (18-40) Ya Allah, Engkau membuat aku kuat dalam perang. Engkau membuat musuhku jatuh di depanku.

40) (18-41) Engkau membuat musuhku berbalik dan melarikan diri dan aku membinasakan mereka yang membenci aku.

41) (18-42) Mereka minta tolong, tetapi tidak ada seorang pun yang menolongnya. Bahkan mereka minta tolong kepada TUHAN, tetapi Ia tidak menjawabnya.

42) (18-43) Aku memukul mereka sampai berkeping-keping dan seperti debu yang ditiup angin. Aku menindas mereka seperti lumpur di jalan.

43) (18-44) Selamatkanlah aku dari orang-orang yang melawan aku. Jadikanlah aku pemimpin atas bangsa-bangsa itu. Orang yang belum kukenal pun akan melayani aku.

44) (18-45) Segera setelah mereka mendengar tentang aku, mereka mematuhi aku. Bangsa-bangsa asing itu tanpa kekuatan jatuh di hadapanku.

45) (18-46) Mereka kehilangan keberaniannya dan keluar dari tempat persembunyiannya gemetar ketakutan.

46) (18-47) TUHAN itu hidup. Aku memuji Batu karangku, Allah yang menyelamatkan aku. Betapa mulia Dia.

47) (18-48) Dialah Allah yang menghukum musuhku demi aku. Ia menempatkan orang di bawah pengawasanku.

48) (18-49) Ia menyelamatkan aku dari musuhku. Engkau, ya Tuhan, menolongku mengalahkan mereka yang bangkit melawan aku. Engkau menyelamatkan aku dari orang yang kejam.

49) (18-50) Ya Tuhan, karena itulah aku memuji-Mu di tengah-tengah bangsa-bangsa. Itulah sebabnya, aku menyanyikan pujian tentang nama-Mu.

50) (18-51) Allah menolong raja-Nya memenangkan banyak peperangan. Ia menunjukkan kasih setia-Nya kepada raja yang dipilih-Nya, kepada Daud, dan keturunannya selama-lamanya.

Pasal 19 (Total ayat 14)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (19-2) Langit menceritakan kemuliaan Allah. Cakrawala memberitakan hal-hal yang baik yang telah dilakukan tangan-Nya.

2) (19-3) Setiap hari yang baru memberitakan banyak cerita. Setiap malam terus menjelaskan kuasa Allah.

3) (19-4) Sesungguhnya kamu tidak dapat mendengar berita atau kata-kata. Tidak ada suara yang dapat kita dengar.

4) (19-5) Beritanya terdengar di seluruh dunia. Suaranya terdengar sampai ke ujung bumi. Langit seperti rumah untuk matahari.

5) (19-6) Matahari terbit seperti pengantin laki-laki yang berbahagia keluar dari kamar tidurnya. Matahari memulai perjalanannya melintasi langit seperti seorang pelari yang ingin berlomba.

6) (19-7) Matahari mulai dari satu sisi dan berjalan ke ujung yang lain. Tidak ada yang dapat menyembunyikan diri dari panasnya.

7) (19-8) Ajaran TUHAN sempurna adanya, yang memberikan kekuatan kepada umat-Nya. Peraturan TUHAN dapat dipercaya, yang membuat orang bodoh menjadi bijak.

8) (19-9) Hukum Taurat TUHAN benar, yang membuat orang berbahagia. Perintah TUHAN baik, yang memperlihatkan cara hidup yang benar kepada orang.

9) (19-10) Belajar hormat kepada TUHAN adalah baik dan bertahan selama-lamanya. Penghakiman TUHAN adalah benar dan sungguh-sungguh adil.

10) (19-11) Ajaran-Nya berharga dan lebih daripada emas murni; lebih manis daripada madu yang terbaik, yang langsung dari sarang madu.

11) (19-12) Ajaran-Nya menasihati hamba-Nya. Hal-hal yang baik datang kepada mereka yang menaatinya.

12) (19-13) Tidak ada orang yang dapat melihat kesalahannya sendiri, jadi janganlah biarkan aku melakukan dosa yang tersembunyi.

13) (19-14) Janganlah biarkan aku melakukan yang aku tahu salah. Jangan biarkan dosa berkuasa atasku. Jika Engkau menolong aku, aku dapat menjadi murni dan bebas dari dosa.

14) (19-15) Semoga kata-kata dan pikiranku dapat berkenan pada-Mu. Ya TUHAN, Engkaulah Batu karangku, yang satu-satunya yang menyelamatkan aku.

Pasal 20 (Total ayat 9)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (20-2) Semoga TUHAN menjawab doamu bila engkau dalam kesulitan. Semoga Allah Yakub melindungimu.

2) (20-3) Semoga Ia memberi pertolongan kepadamu dari tempat-Nya yang kudus. Semoga Ia mendukungmu dari Sion.

3) (20-4) Semoga Ia mengingat semua persembahanmu. Semoga Ia menerima semua persembahanmu. Sela

4) (20-5) Semoga Ia memberikan semua yang kaukehendaki. Semoga Ia membuat semua rencanamu berhasil.

5) (20-6) Kita akan bergembira apabila Allah menolongmu. Kita akan memuji nama-Nya. Semoga TUHAN memberikan segala sesuatu yang kauminta.

6) (20-7) Sekarang aku tahu bahwa TUHAN menolong raja yang telah dipilih-Nya. Ia menjawab raja yang dipilih-Nya dari surga yang kudus. Ia memakai kuasa-Nya yang besar untuk menyelamatkan raja itu.

7) (20-8) Beberapa orang mengandalkan kereta perangnya dan tentaranya, tetapi kita menghormati TUHAN Allah kita.

8) (20-9) Mereka kalah dalam peperangan, tetapi kita hidup dan berdiri dengan kuat.

9) (20-10) TUHAN, selamatkan raja. Dengarkanlah kami bila kami minta tolong kepada-Mu.

Pasal 21 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (21-2) Ya TUHAN, kekuatan-Mu membuat raja bersukacita. Ia sangat bersukacita bila Engkau memberikan kemenangan kepadanya.

2) (21-3) Engkau memberikan kepada raja yang dikehendakinya. Engkau telah memberikan yang dimintanya. Sela

3) (21-4) Engkau sungguh-sungguh memberkati raja itu. Engkau meletakkan mahkota emas di atas kepalanya.

4) (21-5) Ia meminta hidup, dan Engkau memberikannya. Engkau telah memberikan umur panjang kepadanya selama-lamanya.

5) (21-6) Engkau membawanya kepada kemenangan yang membawa kemuliaan yang besar kepadanya. Engkau telah memberikan hormat dan pujian kepadanya.

6) (21-7) Engkau memberkati raja untuk selama-lamanya. Engkau telah memberikan sukacita karena dekat kepada-Mu.

7) (21-8) Raja percaya kepada TUHAN. Dan kasih setia Allah Yang Mahatinggi tidak membiarkannya jatuh.

8) (21-9) Engkau menunjukkan kepada semua musuh-Mu bahwa Engkau kuat. Kuasa-Mu akan mengalahkan mereka yang membenci-Mu.

9) (21-10) Bila Engkau menampakkan Diri, Engkau akan menghanguskan mereka. Dalam kemarahan-Mu, ya TUHAN, Engkau akan membinasakan mereka. Mereka terbakar seperti dalam tungku yang panas.

10) (21-11) Keluarga mereka akan dibinasakan. Mereka akan dilenyapkan dari bumi ini.

11) (21-12) Hal itu terjadi sebab mereka telah merencanakan yang jahat. Mereka mau melakukan sesuatu, tetapi tidak dapat melakukannya.

12) (21-13) Engkau akan membuat mereka berbalik dan melarikan diri apabila Engkau mengarahkan anak panah-Mu kepada mereka.

13) (21-14) Ya TUHAN, kami memuji Engkau dengan nyanyian pujian kami. Kami bernyanyi dan menyanyikan pujian tentang kuasa-Mu.

Pasal 22 (Total ayat 31)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Rusa di waktu fajar.” Nyanyian Daud. (22-2) Ya Allahku, Allahku, mengapa Engkau tinggalkan aku? Apakah Engkau terlalu jauh untuk menyelamatkan aku, terlalu jauh untuk mendengarkan teriakanku minta tolong?

2) (22-3) Ya Allahku, aku telah memanggil-Mu pada siang hari. Pada malam hari aku tidak diam, tetapi Engkau tidak menjawabku.

3) (22-4) Ya Allah, hanya Engkau yang kudus. Engkau duduk sebagai Raja di atas pujian Israel.

4) (22-5) Nenek moyang kami percaya kepada-Mu. Ya, mereka percaya kepada-Mu, dan Engkau telah menolong mereka.

5) (22-6) Nenek moyang kami memanggil Engkau minta tolong dan mereka melarikan diri dari musuhnya. Mereka percaya kepada-Mu dan mereka tidak kecewa.

6) (22-7) Orang malu terhadap aku. Mereka menghinaku. Aku merasa diriku seperti cacing dan bukan manusia.

7) (22-8) Setiap orang yang melihatku menertawaiku. Mereka menggelengkan kepalanya dan mengeluarkan lidahnya kepadaku.

8) (22-9) Mereka berkata, “Berserulah kepada TUHAN minta tolong. Mudah-mudahan Dia menyelamatkanmu. Jika Ia sangat suka padamu, pasti Ia akan menolongmu.”

9) (22-10) Ya Allah, kebenaran adalah Engkau yang membawa aku ke dunia ini. Engkau telah membuat aku merasa aman sejak aku masih menyusu pada ibuku.

10) (22-11) Engkau telah menjadi Allahku sejak kelahiranku. Aku telah di dalam penjagaan-Mu segera setelah aku dilahirkan ibuku.

11) (22-12) Jadi, janganlah tinggalkan aku. Kesusahan sudah dekat, dan tidak ada seorang pun yang menolongku.

12) (22-13) Orang telah mengelilingi aku seperti lembu jantan yang marah.

13) (22-14) Mulut mereka terbuka lebar seperti seekor singa yang mengaum dan menerkam seekor binatang.

14) (22-15) Kekuatanku sudah hilang, seperti air yang telah dicurahkan ke tanah. Tulang-tulangku sudah berserakan. Keberanianku telah hilang.

15) (22-16) Mulutku kering seperti pecahan tanah liat. Lidahku lengket pada langit-langit mulutku. Engkau telah meletakkan aku di debu maut.

16) (22-17) Anjing-anjing telah mengepungku. Kelompok orang jahat telah menjerat aku. Seperti seekor singa, mereka telah merobek tangan dan kakiku.

17) (22-18) Aku dapat melihat setiap tulang-tulangku. Dan musuhku menatap aku, mereka hanya memandang kepadaku.

18) (22-19) Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas pakaian-Ku.

19) (22-20) TUHAN, janganlah tinggalkan aku. Engkaulah kekuatanku. Tolonglah aku dengan segera.

20) (22-21) Selamatkanlah hidupku dari pedang. Selamatkanlah hidupku yang berharga dari anjing-anjing.

21) (22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa. Lindungilah aku dari tanduk banteng.

22) (22-23) Aku akan menceritakan tentang Engkau kepada saudara-saudaraku. Aku akan memuji-Mu di dalam perhimpunan besar.

23) (22-24) Pujilah TUHAN, hai kamu semua yang beribadat kepada-Nya. Muliakanlah Dia, hai semua keturunan Israel. Takut dan hormatlah pada-Nya, hai semua orang Israel.

24) (22-25) Ia tidak malu terhadap orang miskin. Ia tidak membencinya. Ia tidak menyembunyikan diri dari mereka. Ia mendengarkan teriakannya minta tolong.

25) (22-26) Ya Tuhan, pujianku di dalam perhimpunan besar datang dari Engkau. Di hadapan orang yang beribadat, aku akan memberikan persembahan, yang telah kujanjikan untuk diberikan.

26) (22-27) Orang miskin datang, makan dengan sepuasnya. Kamu orang yang datang mencari TUHAN, pujilah Dia. Semoga hatimu bersukacita selama-lamanya.

27) (22-28) Semoga orang di negeri-negeri yang jauh mengingat TUHAN dan kembali kepada-Nya. Semoga orang di negeri-negeri asing beribadat kepada-Nya,

28) (22-29) sebab TUHANlah Raja. Ia memerintah atas semua bangsa.

29) (22-30) Mereka telah memakan yang diinginkannya akan sujud menyembah TUHAN. Ya, setiap orang akan bersujud di hadapan-Nya — semua orang yang berjalan menuju kuburan, tidak dapat tetap hidup.

30) (22-31) Keturunan kami akan melayani-Nya. Kepada orang yang belum lahir akan diberitakan tentang Dia.

31) (22-32) Setiap keturunan akan memberitakan kepada anak-anak tentang hal-hal yang baik yang dilakukan oleh Tuhan kita.

Pasal 23 (Total ayat 6)
1) Nyanyian Daud. TUHANlah gembalaku. Aku senantiasa mempunyai segala sesuatu yang kubutuhkan.

2) Ia membaringkan aku di padang rumput yang hijau. Ia menuntun aku ke air yang tenang.

3) Ia memberikan kekuatan baru kepadaku dan menuntun aku pada jalan yang baik untuk menunjukkan, bahwa Ia sungguh baik.

4) Walaupun aku berjalan melalui lembah yang gelap seperti kuburan, aku tidak takut pada bahaya apa pun, sebab Engkau bersama aku. Gada dan tongkat-Mu menghibur aku.

5) Engkau mempersiapkan mejaku di hadapan musuhku. Engkau meminyaki kepalaku. Mangkukku penuh dan melimpah.

6) Kebaikan dan kasih karunia akan menyertai aku pada sisa-sisa hidupku. Dan aku akan tinggal di rumah TUHAN selama-lamanya.

Pasal 24 (Total ayat 10)
1) Nyanyian Daud. Bumi dan segala sesuatu di atasnya adalah milik TUHAN. Dunia dan semua penduduknya milik-Nya.

2) Ia mendirikan bumi di atas air. Ia mendirikannya di atas sungai-sungai.

3) Siapakah yang dapat naik ke atas Gunung TUHAN? Siapakah yang dapat berdiri dan beribadat di Rumah-Nya yang kudus?

4) Hanya orang yang tidak melakukan yang jahat, yang suci hatinya, yang tidak memakai nama-Ku untuk menyembunyikan dustanya, dan tidak membuat janji-janji palsu.

5) Orang baik meminta kepada TUHAN untuk memberkati orang lain. Mereka meminta kepada Allah, Juruselamatnya, untuk melakukan hal-hal yang baik.

6) Mereka berusaha mengikut Allah. Mereka pergi kepada Allah Yakub minta tolong. Sela

7) Hai pintu gerbang, angkatlah kepalamu dengan bangga. Bukalah pintu-pintu purbakala, dan Raja Yang Mulia akan masuk.

8) Siapakah Raja Yang Mulia itu? Dialah TUHAN, tentara yang berkuasa. Dialah TUHAN, panglima perang.

9) Hai pintu gerbang, angkatlah kepalamu dengan bangga. Bukalah pintu-pintu purbakala, dan Raja Yang Mulia akan masuk.

10) Siapakah Raja Yang Mulia itu? TUHAN Yang Mahakuasalah Raja itu.

Pasal 25 (Total ayat 22)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, aku menyerahkan hidupku ke tangan-Mu.

2) Ya Allahku, aku percaya kepada-Mu dan aku tidak akan kecewa, musuhku tidak akan mengejek aku.

3) Jika seseorang percaya kepada-Mu, ia tidak akan kecewa, tetapi pengkhianat akan kecewa. Mereka tidak memperoleh apa pun.

4) TUHAN, tolonglah aku mengetahui jalan-Mu. Ajarkanlah jalan-Mu kepadaku.

5) Tuntun aku dan ajarkan kebenaran-Mu kepadaku. Engkaulah Allahku, Juruselamatku. Aku percaya kepada-Mu setiap hari.

6) Ingatlah sayang terhadap aku, TUHAN. Tunjukkanlah kasih-Mu yang lembut kepadaku yang selalu ada pada-Mu.

7) Janganlah mengingat dosa dan yang jahat, yang kulakukan pada masa mudaku. Karena Engkau baik, TUHAN, ingatlah aku dengan kasih setia-Mu.

8) TUHAN itu baik dan melakukan yang benar. Ia menunjukkan cara hidup yang benar kepada orang berdosa.

9) Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang yang rendah hati. Ia memimpin mereka dengan adil.

10) TUHAN baik dan benar kepada orang yang mengikuti Perjanjian dan hukum-Nya.

11) TUHAN, aku telah melakukan banyak hal yang salah. Namun, aku meminta kepada-Mu, ampunilah mereka semuanya, untuk menunjukkan kebaikan-Mu.

12) Jika orang memilih untuk mengikut TUHAN, Ia akan menunjukkan kepadanya cara hidup yang terbaik.

13) Mereka senang terhadap hal-hal yang baik, dan keturunannya akan mewarisi tanah yang dijanjikan Allah kepadanya.

14) TUHAN mengatakan nasihat-Nya kepada para pengikut-Nya. Ia mengajarkan Perjanjian-Nya kepada mereka.

15) Aku selalu memandang kepada TUHAN minta tolong. Hanya Ia yang dapat membebaskan aku dari kesusahanku.

16) Aku tertindas dan kesepian. Berpalinglah kepadaku dan tunjukkanlah belas kasihan kepadaku.

17) Bebaskan aku dari kesusahanku. Tolonglah aku menyelesaikan masalahku.

18) Lihatlah akan kesengsaraan dan kesusahanku. Ampunilah segala dosa yang telah kulakukan.

19) Lihatlah, betapa banyaknya musuhku. Mereka membenci aku dan ingin menindas aku.

20) Lindungi dan selamatkanlah aku dari mereka. Aku datang kepada-Mu, jadi janganlah kecewakan aku.

21) Engkau adalah baik dan melakukan yang benar. Aku percaya pada-Mu untuk melindungiku.

22) Ya Allah, selamatkanlah orang Israel dari semua musuhnya.

Pasal 26 (Total ayat 12)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, adililah aku dan uji bahwa aku telah hidup dengan murni, dan aku bergantung pada-Mu untuk menjaga aku dari kejatuhan.

2) TUHAN, ujilah aku dan cobalah aku. Periksalah hatiku dan perasaanku.

3) Aku selalu melihat kasih setia-Mu. Aku bergantung pada kesetiaan-Mu.

4) Aku tidak berkeliaran bersama yang membuat kesusahan. Aku tidak melakukan sesuatu bersama orang munafik.

5) Aku membenci orang yang melakukan kejahatan. Aku tidak bersekutu dengan orang bajingan.

6) Ya TUHAN, aku mencuci tanganku untuk membuatku murni, jadi aku dapat datang ke mezbah -Mu.

7) Aku melakukan itu supaya aku dapat menyanyikan lagu pujian tentang hal-hal yang ajaib, yang telah Kaulakukan.

8) TUHAN, aku mencintai Rumah-Mu, yaitu tempat yang penuh dengan Kemuliaan-Mu.

9) Janganlah anggap aku selaku orang berdosa. Janganlah bunuh aku bersama para pembunuh.

10) Orang itu telah menipu orang lain. Mereka telah mengambil uang untuk melakukan yang jahat,

11) tetapi aku tidak bersalah. Jadi, sayanglah terhadap aku dan selamatkan aku.

12) Aku selamat dari semua bahaya ketika aku berdiri di sini memuji Engkau, ya TUHAN, dalam kumpulan umat-Mu.

Pasal 27 (Total ayat 14)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, Engkau Terang dan Juruselamatku. Jadi, aku tidak takut terhadap siapa pun. TUHANlah tempat perlindunganku. Jadi, aku tidak takut terhadap orang lain.

2) Orang jahat dapat menyerang aku. Mereka dapat berusaha membinasakan tubuhku. Ya, musuhku dapat berusaha menyerang dan membinasakan aku, tetapi mereka akan tersandung dan jatuh.

3) Biarpun seluruh tentara mengepung aku, aku tidak akan takut. Biarpun orang menyerang aku dalam perang, aku percaya kepada Tuhan.

4) Hanya satu permintaanku kepada TUHAN. Yaitu yang paling kuinginkan: Biarlah aku tinggal di rumah TUHAN selama hidupku, bersenang-senang atas keindahan TUHAN dan memakai waktu di dalam istana-Nya.

5) Ia akan melindungi aku apabila aku dalam bahaya. Ia akan menyembunyikan aku dalam kemah-Nya. Ia akan mengangkat aku ke tempat-Nya yang aman.

6) Jika Ia menolong aku mengalahkan musuh di sekelilingku, aku akan memberikan persembahan di kemah-Nya dengan sorak-sorai. Aku akan bernyanyi dan menyanyikan pujian menghormati TUHAN.

7) TUHAN, dengarkanlah suaraku. Kasihanilah aku dan jawablah aku.

8) Hatiku berkata kepadaku supaya datang kepada-Mu, ya TUHAN. Jadi, aku datang kepada-Mu minta tolong.

9) Janganlah menjauh dari aku. Janganlah marah terhadap hamba-Mu. Hanya Engkau yang dapat menolong aku. Ya Allahku, janganlah tinggalkan aku. Engkaulah Juruselamatku.

10) Walaupun ayah dan ibuku meninggalkan aku, TUHAN akan menyambut aku.

11) Musuhku ada, ya TUHAN, jadi ajarkanlah jalan-Mu kepadaku. Tunjukkanlah cara hidup yang benar kepadaku.

12) Musuhku telah menyerang aku. Mereka mengatakan dusta terhadap aku dan menyakitiku.

13) Aku sungguh yakin bahwa aku akan melihat kebaikan TUHAN sebelum aku mati.

14) Nantikanlah pertolongan TUHAN. Kuat dan beranilah, dan nantikanlah pertolongan TUHAN.

Pasal 28 (Total ayat 9)
1) Nyanyian Daud. TUHAN, Engkaulah Batu karangku. Aku memohon pertolongan kepada-Mu. Janganlah tutup telinga-Mu terhadap doaku. Jika Engkau tidak menjawab aku, aku dianggap ada di antara orang mati.

2) Aku mengangkat tanganku dan berdoa menghadap tempat-Mu yang sangat kudus. Dengarkanlah aku bila aku berdoa kepada-Mu. Tunjukkanlah belas kasihan kepadaku.

3) Janganlah menganggap aku seperti orang di antara orang jahat. Mereka memberi salam kepada sesamanya selaku teman, tetapi secara sembunyi berencana menyiksanya.

4) Mereka melakukan yang jahat terhadap orang lain. Jadi, lakukanlah yang jahat terhadap mereka. Berikanlah hukuman yang setimpal kepada mereka.

5) Mereka tidak memperhatikan yang dilakukan TUHAN. Mereka mengabaikan semua yang baik, yang dilakukan-Nya. Jadi, bukannya mereka dibangun, melainkan dibinasakan-Nya.

6) Pujilah TUHAN! Ia telah mendengar doaku karena belas kasihan.

7) TUHANlah kekuatan dan perisaiku. Aku percaya kepada-Nya dengan segenap hatiku. Ia menolong aku, jadi aku bersukacita. Aku menyanyikan pujian bagi-Nya.

8) TUHAN melindungi yang dipilih-Nya. Ia menyelamatkannya dan memberikan kekuatan kepadanya.

9) Selamatkanlah umat-Mu. Berkatilah orang kepunyaan-Mu. Pimpin dan dukunglah mereka selamanya.

Pasal 29 (Total ayat 11)
1) Nyanyian Daud. Pujilah TUHAN, hai malaikat surga. Pujilah kemuliaan dan kuasa-Nya.

2) Pujilah TUHAN dan muliakan nama-Nya. Beribadatlah kepada TUHAN dengan pakaian suci.

3) TUHAN memperdengarkan suara-Nya di atas laut. Suara TUHAN Allah kita Yang Mulia seperti guruh di atas lautan besar.

4) Suara TUHAN penuh kuasa, memperlihatkan kemuliaan TUHAN.

5) Suara TUHAN mematahkan pohon-pohon cedar menjadi berkeping-keping. Ia mematahkan pohon-pohon cedar Libanon.

6) Ia mengguncang Libanon tampaknya seperti anak sapi yang menari. Gunung Siryon berguncang seperti anak banteng melompat-lompat.

7) Suara TUHAN membelah awan dengan cahaya kilat.

8) Suara TUHAN mengguncang padang gurun. Padang gurun Kadesy gemetar karena suara TUHAN.

9) Suara TUHAN membuat rusa ketakutan. Ia membinasakan hutan. Di dalam Rumah-Nya setiap orang menyerukan, “Kemuliaan bagi Allah.”

10) TUHAN memerintah sebagai Raja pada masa air bah dan TUHAN akan memerintah selaku Raja selama-lamanya.

11) Semoga TUHAN menguatkan umat-Nya. Semoga TUHAN memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera.

Pasal 30 (Total ayat 12)
1) Nyanyian Daud. Nyanyian pentahbisan Bait Tuhan. (30-2) Ya TUHAN, Engkau mengangkat aku keluar dari kesusahanku. Engkau tidak memberikan alasan bagi musuhku untuk mengejek aku, jadi aku akan memuji Engkau.

2) (30-3) TUHAN Allahku, aku berdoa kepada-Mu, dan Engkau menyembuhkan aku.

3) (30-4) TUHAN, Engkau mengangkat aku keluar dari kubur. Aku telah jatuh ke tempat orang mati, tetapi Engkau telah menyelamatkan hidupku.

4) (30-5) Pujilah TUHAN, hai yang setia kepada-Nya. Pujilah nama-Nya yang kudus.

5) (30-6) Ia marah sesaat saja, tetapi kemudian kebaikannya membawa hidup. Malam penuh dengan air mata, tetapi pada pagi hari kita dapat bernyanyi dengan gembira.

6) (30-7) Ketika aku selamat dan terjamin, aku menganggap tidak ada yang dapat menyiksaku.

7) (30-8) Ya TUHAN, selama Engkau berbaik hati padaku, aku merasa seperti tidak ada yang dapat mengalahkan aku, tetapi bila Engkau meninggalkan aku, aku penuh dengan ketakutan.

8) (30-9) TUHAN, dengarkanlah doaku, dan kasihanilah aku. TUHAN, tolonglah aku.

9) (30-10) Aku mengatakan, “Apakah ada baiknya, jika aku mati dan pergi ke dalam kubur? Orang mati hanya terbaring dalam debu. Mereka tidak memuji Engkau. Mereka tidak memberitakan betapa setianya Engkau kepada orang.

10) (30-11) TUHAN, dengarkanlah doaku dan sayangilah aku. TUHAN, tolonglah aku.”

11) (30-12) Engkau mengubah ratapanku menjadi tarian. Engkau mengganti baju perkabunganku dan menutup aku dengan sukacita.

12) (30-13) Engkau menginginkan aku memuji-Mu dan tidak berdiam diri. Ya TUHAN Allahku, aku akan memuji Engkau selama-lamanya.

Pasal 31 (Total ayat 24)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (31-2) Ya TUHAN, aku datang pada-Mu minta perlindungan. Jangan biarkan aku kecewa. Engkau selalu melakukan yang benar, jadi selamatkanlah aku.

2) (31-3) Dengarkanlah aku, datanglah segera dan selamatkan aku. Engkaulah Batu karangku, tempat perlindunganku. Engkaulah bentengku dan lindungilah aku.

3) (31-4) Engkau Batu karangku dan perlindunganku. Demi kebaikan nama-Mu, tuntun dan bimbinglah aku.

4) (31-5) Selamatkanlah aku dari jerat yang telah dipasang musuhku. Engkaulah tempat perlindunganku.

5) (31-6) TUHAN, Engkaulah Allah yang dapat kami percayai. Aku menempatkan hidupku ke dalam tangan-Mu. Selamatkanlah aku.

6) (31-7) Aku membenci orang yang beribadat kepada dewa-dewa. Aku percaya hanya pada TUHAN.

7) (31-8) Kebaikan-Mu membuat aku sangat bersukacita. Engkau telah melihat penderitaanku. Engkau tahu tentang kesusahanku.

8) (31-9) Engkau tidak akan membiarkan musuhku mengambil aku. Engkau akan membebaskan aku dari jerat mereka.

9) (31-10) TUHAN, banyak kesusahanku, jadi kasihanilah aku. Aku menangis sehingga mataku sakit. Kerongkongan dan perutku sakit.

10) (31-11) Hidupku berakhir dalam kesedihan, tahun-tahunku berlalu dalam keluh-kesah. Kesusahanku membuat kekuatanku berkurang. Kekuatanku meninggalkan aku.

11) (31-12) Musuhku pandang enteng terhadap aku, bahkan tetanggaku juga berbalik dari aku. Bila teman-temanku melihat aku di jalan, mereka menghindar dari aku. Mereka takut di sekelilingku.

12) (31-13) Orang ingin melupakan aku seakan-akan aku sudah mati. Aku seperti alat yang hilang.

13) (31-14) Aku mendengar bisikannya tentang aku. Mereka telah berbalik melawan aku dan berencana untuk membunuhku.

14) (31-15) TUHAN, aku percaya kepada-Mu. Engkaulah Allahku.

15) (31-16) Hidupku ada dalam tangan-Mu. Selamatkanlah aku dari orang yang menganiaya aku.

16) (31-17) Tolong sambut dan terimalah hamba-Mu. Kasihanilah aku dan selamatkan aku.

17) (31-18) TUHAN, aku berdoa kepada-Mu, jangan buat aku kecewa. Hanya orang jahat yang harus kecewa. Biarlah mereka masuk ke kubur dengan diam-diam.

18) (31-19) Orang jahat itu sombong dan berbohong tentang orang yang melakukan yang benar. Mereka sangat tinggi hati sekarang, tetapi bibir penipu akan membisu.

19) (31-20) Ya Tuhan, Engkau telah menyembunyikan banyak yang menakjubkan bagi para pengikut-Mu. Engkau telah berbuat banyak hal yang baik bagi orang yang percaya kepada-Mu. Engkau telah memberkati mereka sehingga seluruh dunia dapat melihatnya.

20) (31-21) Yang lain merencanakan untuk menyiksanya. Mereka mengatakan hal-hal yang jahat tentang orang itu, tetapi Engkau menyembunyikan umat-Mu di dalam naungan-Mu dan melindunginya.

21) (31-22) Pujilah TUHAN karena Ia menunjukkan kasih setia-Nya kepadaku, ketika kota sedang dikepung musuh.

22) (31-23) Aku takut dan berkata, “Aku ada di suatu tempat, yang tidak dapat dilihat Tuhan.” Aku berdoa kepada-Mu, dan Engkau mendengar teriakanku minta tolong.

23) (31-24) Hai semua pengikut setia Allah, kasihilah TUHAN. TUHAN melindungi orang yang setia pada-Nya, tetapi Ia memberikan hukuman kepada orang yang menyombongkan kuasanya sendiri. Ia memberikan hukuman yang setimpal kepada mereka.

24) (31-25) Kuat dan beranilah, kamu semua yang menantikan pertolongan TUHAN.

Pasal 32 (Total ayat 11)
1) Nyanyian Daud. Betapa bahagianya orang bila diampuni dari kesalahan yang dilakukannya, bila dosanya dihapuskan.

2) Betapa bahagianya orang bila TUHAN mengatakan mereka tidak bersalah, bila mereka tidak menyembunyikan dosanya.

3) Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu berulang-ulang, tetapi aku tidak mengatakan dosaku yang tersembunyi. Jadi, aku hanya semakin lemah dan semakin melarat.

4) Setiap hari Engkau membuat hidupku semakin berat. Aku menjadi seperti tanah kering di musim panas. Sela

5) Kemudian aku memutuskan untuk mengakui semua dosaku kepada TUHAN. Aku tidak menyembunyikan pelanggaranku dan tidak mengatakan kepada-Mu tentang dosaku. Dan Engkau telah mengampuni semuanya. Sela

6) Oleh sebab itulah, semua pengikut-Mu yang setia harus berdoa kepada-Mu. Bila kesusahan datang seperti air bah, mereka tidak kena.

7) Ya Allah, Engkau tempat persembunyianku. Engkau melindungi aku dari kesusahanku. Engkau menjaga di sekelilingku dan melindungiku. Jadi, aku menyanyikan tentang cara-Mu menyelamatkan aku. Sela

8) Tuhan berkata, “Aku akan mengajar engkau dan menunjukkan jalan yang harus kaujalani. Aku akan menjagamu dan menjadi penuntunmu.

9) Janganlah seperti kuda atau keledai yang bodoh yang tidak mau datang kepadamu kecuali engkau memasang kekang pada mulutnya dan mengekangnya.”

10) Banyak penderitaan akan datang kepada orang jahat, tetapi kasih setia TUHAN akan mengelilingi orang yang percaya kepada-Nya.

11) Hai orang baik, bersukacitalah dan berbahagialah dalam TUHAN. Semua orang yang mau melakukan yang benar, bersukacitalah.

Pasal 33 (Total ayat 22)
1) Bersukacitalah dalam TUHAN, hai orang baik. Hanya bagi orang benar layak memuji-Nya.

2) Mainkan kecapi dan pujilah TUHAN. Mainkanlah bagi Dia dengan gambus 10 tali.

3) Nyanyikanlah nyanyian baru bagi-Nya. Mainkanlah dengan indah dan nyanyikan dengan kuat.

4) Firman TUHAN benar adanya. Engkau dapat bergantung pada ajaran-Nya.

5) Ia mencintai kebaikan dan keadilan. Kasih setia TUHAN memenuhi bumi.

6) Dengan perintah TUHAN dunia telah diciptakan. Nafas yang keluar dari mulut-Nya menciptakan segala sesuatu di surga.

7) Ia mengumpulkan air laut. Ia menempatkan samudera di tempatnya.

8) Setiap orang di atas bumi harus takut dan hormat terhadap TUHAN. Semua orang di dunia harus takut kepada-Nya.

9) Bila Allah berbicara, hal itu terjadi. Dan jika Ia mengatakan “Berhenti,” maka itu akan berhenti.

10) TUHAN dapat membuat nasihat orang tidak berlaku. Ia dapat membinasakan semua rencana mereka,

11) tetapi nasihat TUHAN baik selama-lamanya. Rencana-Nya baik turun-temurun.

12) Beruntunglah orang yang membuat TUHAN menjadi Allahnya. Ia telah memilih mereka menjadi milik-Nya sendiri.

13) TUHAN menatap ke bawah dari surga dan melihat semua orang.

14) Dari takhta-Nya yang tinggi Ia menatap semua orang yang hidup di atas bumi.

15) Ia menciptakan setiap pikiran manusia. Ia tahu yang sedang dipikirkan oleh manusia.

16) Raja tidak selamat karena kuasanya yang besar. Tentara yang kuat tidak selamat karena kekuatannya yang besar.

17) Kuda perang tidak menjamin kemenangan. Kekuatannya tidak menolong engkau melarikan diri.

18) TUHAN mengawasi dan memelihara para pengikut-Nya, yang menantikan kasih setia-Nya.

19) Allah menyelamatkan mereka dari kematian. Ia memberikan kekuatan kepada mereka jika mereka lapar.

20) Jadi, kita menantikan TUHAN. Ia menolong kita dan melindungi kita.

21) Ia membuat kita bersukacita. Kita percaya kepada nama-Nya yang kudus.

22) Ya TUHAN, kami beribadat kepada-Mu. Tunjukkanlah kasih-Mu yang besar itu kepada kami.

Pasal 34 (Total ayat 22)
1) Nyanyian Daud ketika ia bertindak seolah-olah gila sehingga Abimelekh mengusirnya. Dengan demikian, Daud meninggalkannya. (34-2) Aku akan memuji TUHAN setiap waktu. Aku tidak akan pernah berhenti menyanyikan pujian-Nya.

2) (34-3) Hai orang yang rendah hati, dengarkan dan bersukacitalah, sementara aku membanggakan TUHAN.

3) (34-4) Pujilah TUHAN bersama-sama dengan aku. Mari kita menghormati nama-Nya.

4) (34-5) Aku pergi kepada TUHAN minta tolong, dan Dia menjawab aku. Ia menyelamatkan aku dari semua yang kutakuti.

5) (34-6) Bergantunglah pada TUHAN minta tolong. Engkau akan diterima. Janganlah malu.

6) (34-7) Orang miskin berseru kepada TUHAN minta tolong, dan Dia mendengarkannya. Ia menyelamatkan aku dari semua kesusahanku.

7) (34-8) Malaikat TUHAN membangun kemah di sekeliling para pengikut-Nya. Ia menjaga mereka.

8) (34-9) Nikmatilah TUHAN dan lihat betapa baiknya Dia. Orang yang bergantung pada TUHAN akan berbahagia.

9) (34-10) Umat TUHAN yang kudus harus beribadat kepada-Nya. Para pengikut-Nya akan memperoleh segala yang dibutuhkannya.

10) (34-11) Bahkan singa yang kuat akan menjadi lemah dan lapar, tetapi orang yang pergi kepada TUHAN minta tolong, akan memiliki segala sesuatu yang baik.

11) (34-12) Hai anak-anak, dengarkanlah aku, dan aku akan mengajar kamu menghormati TUHAN.

12) (34-13) Apakah kamu mau menikmati hidup ini? Apakah kamu ingin menikmati hari-hari yang berbahagia?

13) (34-14) Jangan katakan hal-hal yang menyakitkan; dan jangan berdusta.

14) (34-15) Hentikanlah melakukan yang jahat dan lakukan yang baik. Carilah perdamaian dan sedapat mungkin tolonglah orang lain.

15) (34-16) TUHAN memperhatikan orang yang baik dan mendengar doa mereka,

16) (34-17) tetapi TUHAN menentang orang yang melakukan hal-hal yang jahat. Jadi, mereka dilupakan segera sesudah mereka meninggal.

17) (34-18) Berdoalah kepada TUHAN, dan Dia akan mendengarkan engkau. Ia akan menyelamatkan engkau dari segala kesusahanmu.

18) (34-19) TUHAN dekat kepada orang yang mengalami kekecewaan. Ia menyelamatkan mereka yang putus asa.

19) (34-20) Orang baik mungkin mempunyai banyak masalah, tetapi TUHAN akan menyelamatkannya dari setiap masalahnya.

20) (34-21) TUHAN melindungi semua tulangnya, tidak ada satu tulang pun akan patah,

21) (34-22) tetapi kesusahan akan membunuh orang jahat. Musuh orang baik akan binasa semuanya.

22) (34-23) TUHAN menyelamatkan para hamba-Nya. Semua yang pergi kepada-Nya minta perlindungan akan luput dari hukuman.

Pasal 35 (Total ayat 28)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, lawanlah yang melawan aku, perangilah yang memerangiku.

2) Ambillah perisai-Mu, perisai besar dan kecil. Bangkitlah dan tolonglah aku.

3) Gunakanlah tombak dan lembing dan lawanlah mereka yang mengejar aku. Katakan kepadaku, “Aku akan menyelamatkanmu.”

4) Beberapa orang berusaha membunuhku. Buatlah mereka kecewa dan malu. Buatlah mereka berbalik dan melarikan diri. Mereka berencana untuk menyakitiku. Kalahkan dan permalukanlah mereka.

5) Buatlah mereka seperti sekam yang diterbangkan angin. Biarlah mereka dikejar oleh malaikat TUHAN.

6) Buatlah jalan mereka gelap dan licin. Biarkan malaikat TUHAN mengejarnya.

7) Aku tidak melakukan yang salah, tetapi mereka memasang jerat terhadap aku. Sebenarnya mereka berusaha menjeratku dengan tidak ada alasan.

8) Jadi, biarlah mereka jatuh ke dalam perangkapnya sendiri. Biarlah mereka tersandung ke dalam jaringnya sendiri. Biarlah bahaya yang tidak diketahuinya menangkapnya.

9) Kemudian aku bersukacita dalam TUHAN. Aku akan berbahagia bila aku diselamatkan-Nya.

10) Dengan seluruh keberadaanku aku akan mengatakan, “TUHAN, tidak ada seperti Engkau. Engkau melindungi orang miskin dari orang yang lebih kuat. Engkau menyelamatkan orang miskin dan yang lemah dari yang berusaha merampas mereka.”

11) Ada saksi-saksi yang berencana menyakitiku. Mereka bertanya kepadaku tentang yang tidak kuketahui.

12) Aku hanya melakukan yang baik, tetapi mereka melakukan yang jahat kepadaku. Mereka membuat aku sangat sedih.

13) Ketika mereka sakit, aku sedih dan memakai kain kabung. Aku menunjukkan kesedihanku dengan berpuasa. Inikah yang kuterima sebagai balasan mendoakannya?

14) Aku berkabung bagi mereka selaku teman atau saudara. Aku tunduk dengan sedih, menangis seperti aku kematian ibuku.

15) Tetapi ketika aku mempunyai kesulitan, mereka menertawai aku. Orang itu sebenarnya bukan teman. Mereka mengepungku dan menyerang aku, bahkan aku tidak tahu.

16) Mereka memakai kata-kata yang tidak baik dan mengolok-olokkan aku. Mereka menunjukkan kemarahannya terhadap aku dengan menggertakkan giginya.

17) Tuhanku, berapa lama Engkau memandang peristiwa itu? Selamatkanlah hidupku dari orang-orang yang menyerang aku seperti singa mencoba membinasakan aku.

18) Aku akan memuji-Mu di jemaat yang besar. Aku akan memuji-Mu di antara orang banyak.

19) Jangan biarkan musuhku penipu mengolok-olokkan aku. Mereka membenci aku tanpa alasan. Pasti mereka akan binasa karena rencananya yang tersembunyi.

20) Mereka tidak mengucapkan kata-kata yang ramah terhadap orang lain, tetapi berencana menyiksa orang yang ingin hidup dalam damai sejahtera.

21) Mereka berbohong tentang aku dan berkata, “Ya, kami tahu apa yang kaulakukan.”

22) Ya TUHAN, pasti Engkau melihat apa yang terjadi. Jadi, janganlah berdiam diri. Ya Tuhan, janganlah tinggalkan aku.

23) Bangunlah! Bangkitlah! Ya Allahku dan Tuhanku, perjuangkanlah aku, belalah perkaraku.

24) Ya TUHAN Allahku, hakimilah aku dengan keadilan-Mu. Janganlah biarkan mereka menertawai aku.

25) Janganlah biarkan mereka menganggap, “Ya, kami telah mendapat yang kami kehendaki.” Janganlah biarkan mereka mengatakan, “Kami telah membinasakannya.”

26) Biarlah semua musuhku akan malu dan hina — semua mereka yang berbahagia karena kesusahanku. Mereka bangga atas dirinya sendiri, mereka memperlakukan aku seperti orang yang tidak berharga. Jadi, biarlah orang itu malu dan merasa dihina.

27) Bagi orang yang menginginkan hal-hal yang baik terjadi padaku, aku berharap mereka akan bergembira dan berbahagia. Semoga mereka selalu mengatakan, “Pujilah TUHAN, yang menghendaki yang terbaik bagi hamba-Nya.”

28) Jadi, ya Tuhan, aku akan memberitakan kepada orang betapa baiknya Engkau. Aku akan memuji Engkau sepanjang hari.

Pasal 36 (Total ayat 12)
1) Kepada pemimpin koor. Kepada hamba TUHAN. Nyanyian Daud. (36-2) Suara terdalam dalam hati orang jahat mengatakan supaya mereka melakukan yang salah. Mereka tidak hormat pada Allah.

2) (36-3) Mereka berdusta terhadap dirinya sendiri. Mereka tidak melihat kesalahannya sendiri, jadi mereka tidak minta pengampunan.

3) (36-4) Kata-katanya hanya dusta yang tidak berguna. Mereka berhenti melakukan yang bijaksana atau yang baik.

4) (36-5) Mereka membuat rencana jahat di tempat tidur pada malam hari. Mereka memilih cara hidup yang tidak baik dan tidak pernah menolak yang jahat.

5) (36-6) Ya TUHAN, kasih setia-Mu sampai ke langit. Kesetiaan-Mu setinggi awan.

6) (36-7) Kebaikan-Mu lebih tinggi daripada gunung yang tertinggi. Keadilan-Mu lebih dalam daripada samudera yang terdalam. TUHAN, Engkau melindungi manusia dan binatang.

7) (36-8) Tidak ada yang lebih berharga daripada kebaikan kasih-Mu. Manusia dan malaikat-malaikat datang kepada-Mu minta perlindungan.

8) (36-9) Mereka mendapat kekuatan baru dari hal-hal yang baik dalam rumah-Mu. Engkau membiarkan mereka minum dari sungai-Mu yang indah.

9) (36-10) Sumber kehidupan mengalir dari Engkau. Terang-Mu membuat kami melihat terang.

10) (36-11) Teruslah mengasihi orang-orang yang sungguh mengenal-Mu. Dan buatlah yang baik terhadap mereka yang tulus hati.

11) (36-12) Janganlah biarkan orang sombong menjerat aku. Janganlah biarkan aku ditangkap oleh orang jahat.

12) (36-13) Tuliskanlah ini pada kubur mereka: “Di sini terjatuh orang jahat. Mereka telah hancur. Mereka tidak dapat bangun kembali.”

Pasal 37 (Total ayat 40)
1) Nyanyian Daud. Jangan marah terhadap orang jahat. Jangan cemburu kepada orang yang melakukan yang jahat.

2) Mereka seperti rumput dan tumbuhan hijau yang segera layu dan mati.

3) Jadi, percayalah kepada TUHAN dan lakukan yang baik, tinggallah di negerimu dan setialah di sana.

4) Bergembiralah melayani TUHAN, dan Dia akan memberikan kepadamu yang kauingini.

5) Bergantunglah pada TUHAN. Percayalah kepada-Nya, dan Dia akan menolongmu.

6) Biarlah kebaikanmu dan keadilanmu bersinar seperti matahari pada tengah hari.

7) Percayalah kepada TUHAN dan nantikan pertolongan-Nya. Jangan marah apabila orang merencanakan yang jahat dan berhasil.

8) Jangan menjadi marah dan gelisah karena engkau juga mau melakukan yang jahat.

9) Orang jahat akan binasa, tetapi orang yang minta tolong kepada TUHAN akan mewarisi negeri yang dijanjikan-Nya.

10) Dalam waktu singkat tidak ada lagi orang jahat. Engkau dapat mencari mereka, tetapi mereka telah pergi semuanya.

11) Orang yang rendah hati akan mewarisi negeri yang dijanjikan Allah, dan mereka menikmati damai sejahtera.

12) Orang jahat merencanakan yang jahat terhadap orang yang baik. Orang jahat memperlihatkan gigimya dalam kemarahan terhadap mereka.

13) TUHAN kita menertawainya. Ia memastikan bahwa mereka akan memperoleh sesuai dengan perbuatannya.

14) Orang jahat menghunus pedangnya untuk membunuh orang miskin dan yang lemah. Mereka membidik busurnya terhadap orang baik dan orang jujur,

15) tetapi busur mereka akan patah, pedang mereka menembus hatinya sendiri.

16) Orang baik yang sedikit lebih baik daripada orang jahat yang banyak,

17) sebab orang jahat akan binasa, tetapi TUHAN memelihara orang baik.

18) TUHAN melindungi orang saleh selama hidup mereka. Upah mereka akan tersedia selama-lamanya.

19) Apabila kesusahan terjadi, orang baik tidak binasa. Apabila masa kelaparan terjadi, orang baik akan memiliki banyak makanan.

20) Orang jahat ialah musuh TUHAN dan mereka akan binasa. Lembah mereka akan layu dan terbakar. Mereka akan binasa sama sekali.

21) Orang jahat meminjam uang, tetapi tidak pernah mengembalikannya. Dan orang baik memberi dengan cuma-cuma kepada orang lain.

22) Setiap orang yang diberkati TUHAN akan mewarisi tanah yang dijanjikan-Nya. Setiap orang yang dikutuk-Nya akan binasa.

23) TUHAN menuntun kita bagaimana seharusnya kita hidup dan Dia senang apabila Dia melihat orang hidup seperti itu.

24) Jika mereka tersandung, mereka tidak akan jatuh, sebab TUHAN menangkapnya dan menguatkannya.

25) Dahulu aku muda dan sekarang aku tua, tetapi aku tidak pernah melihat orang baik ditinggalkan tanpa ada yang menolongnya, aku tidak pernah melihat anak-anaknya menjadi peminta-minta makanan.

26) Orang baik ramah dan murah hati, dan anak-anaknya menjadi berkat.

27) Lakukanlah yang baik dan tolak yang jahat, dan hiduplah di negerimu selama-lamanya.

28) TUHAN suka terhadap keadilan. Ia tidak akan meninggalkan para pengikut-Nya tanpa pertolongan. Akan selalu melindungi para pengikut-Nya, tetapi Ia membinasakan orang jahat.

29) Orang baik akan mewarisi tanah yang dijanjikan oleh Allah dan tinggal di sana selama-lamanya.

30) Orang baik memberikan nasihat yang baik. Keputusannya adil terhadap setiap orang.

31) Mereka telah mempelajari ajaran Allah dan tidak pernah berhenti hidup dengan benar.

32) Orang jahat selalu berusaha mencari jalan untuk membunuh orang baik.

33) TUHAN tidak akan membiarkan orang jahat mengalahkan mereka. Ia tidak akan membiarkan orang baik dihukum tanpa kesalahan.

34) Lakukanlah yang dikatakan TUHAN dan nantikanlah pertolongan-Nya. Ia akan memberi upah bagimu dan memberikan tanah yang dijanjikan-Nya. Engkau akan melihat orang jahat diusir.

35) Aku telah melihat orang yang jahat yang berkuasa. Ia seperti pohon yang tumbuh mekar.

36) Kemudian dia pergi. Aku mencarinya, tetapi aku tidak dapat menemukannya.

37) Tulus dan jujurlah. Orang yang mencintai damai akan mempunyai banyak keturunan,

38) tetapi orang yang melanggar Hukum Taurat akan binasa sama sekali. Dan keturunannya akan diusir dari negeri itu.

39) TUHAN menyelamatkan orang baik. Apabila mereka mempunyai kesulitan, Dialah kekuatannya.

40) TUHAN menolong orang baik dan menyelamatkannya. Mereka bergantung pada-Nya, jadi mereka diselamatkan-Nya dari orang jahat.

Pasal 38 (Total ayat 22)
1) Nyanyian Daud untuk hari peringatan. (38-2) Ya TUHAN, janganlah menegurku dalam kemarahan. Janganlah menghajar aku dalam murka.

2) (38-3) Engkau telah melukai aku. Engkau telah menghukum aku begitu dalam.

3) (38-4) Engkau telah menghukum aku, jadi seluruh tubuhku penuh luka. Aku telah berdosa, dan sekarang semua tulangku patah.

4) (38-5) Dosaku seperti beban berat. Aku tenggelam karena beratnya.

5) (38-6) Karena kebodohan yang kuperbuat, luka-lukaku bernanah dan bau busuk.

6) (38-7) Aku membungkuk dan tunduk. Aku tertekan sepanjang hari.

7) (38-8) Aku demam tinggi, dan seluruh tubuhku sakit.

8) (38-9) Aku sangat kesakitan dan tidak dapat merasakan apa-apa. Denyutan jantungku membuatku mengerang.

9) (38-10) Ya TUHANku, Engkau mendengar rintihanku. Pandanganku tidak tersembunyi di hadapan-Mu.

10) (38-11) Hatiku berdebar-debar. Kekuatanku hilang, dan aku menjadi buta.

11) (38-12) Karena penyakitku, teman-teman dan sesamaku tidak mau mengunjungi aku. Keluargaku tidak mau mendekatiku.

12) (38-13) Musuhku mengatakan yang jahat terhadap aku. Mereka menyebarluaskan dusta dan desas-desus. Mereka membicarakan aku sepanjang hari.

13) (38-14) Dan aku seperti orang tuli yang tidak dapat mendengar, seperti orang bisu yang tidak dapat berbicara.

14) (38-15) Aku seperti orang yang tidak dapat mendengar yang dibicarakan tentang dia. Aku tidak dapat membantah dan membuktikan bahwa musuhku salah.

15) (38-16) Ya TUHAN, Engkau harus membela aku. Ya Tuhan Allahku, berbicaralah untukku.

16) (38-17) Itulah sebabnya, aku berdoa, “Jangan biarkan musuhku menertawai kepedihanku. Dengan sombong mereka akan tertawa jika aku tersandung dan jatuh.”

17) (38-18) Aku tahu bahwa aku bersalah, karena melakukan yang salah. Aku tidak dapat melupakan penderitaanku.

18) (38-19) Aku telah mengakui kesalahanku. Aku sedih karena dosaku.

19) (38-20) Namun, musuhku hidup dan sehat, dan mereka banyak berdusta.

20) (38-21) Aku hanya melakukan yang baik, dan mereka membalasnya dengan yang jahat terhadap aku. Aku berusaha melakukan yang baik, tetapi hal itu membuat mereka menentang aku.

21) (38-22) TUHAN, jangan tinggalkan aku. Ya Allahku, dekatlah padaku.

22) (38-23) Segeralah menolong aku. Ya Tuhanku, hanya Engkau yang menyelamatkan aku.

Pasal 39 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor, Yedutun. Nyanyian Daud. (39-2) Aku mengatakan, “Aku akan hati-hati tentang yang kukatakan. Aku tidak akan membiarkan lidahku berdosa. Aku akan menutup mulutku di depan orang jahat.”

2) (39-3) Jadi, aku tidak mengatakan apa pun, bahkan tidak mengatakan sesuatu yang baik, namun aku menjadi semakin gelisah.

3) (39-4) Aku sangat marah. Semakin kupikirkan tentang itu, aku semakin marah, jadi aku telah mengatakan sesuatu.

4) (39-5) Ya TUHAN, beritahukanlah yang akan terjadi padaku sekarang. Katakan kepadaku, berapa lama lagi aku hidup. Biarlah aku mengetahui betapa singkatnya hidupku sebenarnya.

5) (39-6) Engkau memberi hanya umur yang pendek kepadaku. Hidupku yang pendek ini seperti tidak berarti dibandingkan kepada-Mu. Hidup seseorang hanyalah seperti asap yang cepat hilang. Tidak ada orang yang hidup selama-lamanya. Sela

6) (39-7) Hidup kita hanya seperti bayangan dalam cermin. Kita sibuk mengumpulkan harta benda selama hidup, tetapi kita tidak tahu siapa yang akan mendapatkannya setelah kita mati.

7) (39-8) Jadi, ya Tuhan, pengharapan apa yang ada padaku? Engkaulah pengharapanku.

8) (39-9) Selamatkanlah aku dari perbuatanku yang jahat. Janganlah biarkan aku dicela seperti orang tolol.

9) (39-10) Aku tidak akan membuka mulutku. Aku tidak mengatakan apa-apa. Engkau telah melakukan yang harus dilakukan.

10) (39-11) Berhentilah menghukum aku. Engkau akan membinasakan aku jika Engkau tidak berhenti.

11) (39-12) Engkau menghukum orang karena berbuat kesalahan, untuk mengajarkan cara hidup yang benar kepada mereka. Seperti ngengat membinasakan pakaian, Engkau membinasakan yang dicintai orang. Ya, hidup kita seperti asap kecil yang cepat hilang. Sela

12) (39-13) TUHAN, dengarkanlah doaku. Dengarkanlah teriakanku kepada-Mu. Lihatlah air mataku. Aku hanya pendatang yang melintasi hidup ini bersama-Mu. Sama seperti semua nenek moyangku, aku hidup di sini hanya sementara.

13) (39-14) Jangan ganggu aku, biarkan aku bersukacita sebelum aku mati dan pergi.

Pasal 40 (Total ayat 17)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (40-2) Aku berseru kepada TUHAN, dan Dia mendengarkan aku. Ia mendengar teriakanku.

2) (40-3) TUHAN mengangkat aku dari kubur. Ia mengangkat aku dari lumpur. Ia menjemput aku dan menempatkan aku di tanah yang padat dan menjaga kakiku jangan terpeleset.

3) (40-4) TUHAN memberikan nyanyian yang baru ke mulutku, nyanyian pujian untuk Allahku. Banyak orang akan melihat yang terjadi padaku, dan mereka akan menyembah Allah. Mereka percaya kepada TUHAN.

4) (40-5) Barangsiapa percaya kepada TUHAN akan sungguh-sungguh berbahagia. Mereka akan berbahagia, jika mereka tidak berbalik kepada setan dan dewa minta tolong.

5) (40-6) Ya TUHAN Allahku, Engkau telah melakukan yang ajaib. Engkau mempunyai rencana yang ajaib untuk kami, terlalu banyak untuk didaftarkan. Aku dapat terus menceritakan tentang mereka karena begitu banyaknya untuk dihitung.

6) (40-7) Engkau membuat aku mengerti hal ini: Engkau sesungguhnya tidak berkenan atas persembahan dan kurban sajian. Engkau tidak berkenan atas kurban bakaran dan kurban penghapusan dosa.

7) (40-8) Jadi, aku mengatakan, “Aku ada di sini, aku siap melakukan apa yang telah tertulis dalam kitab tentang aku.

8) (40-9) Ya Allahku, aku mau melakukan yang Kaukehendaki. Aku mengetahui ajaran-Mu.”

9) (40-10) Aku telah memberitakan kabar baik tentang kemenangan kepada umat dalam jemaat besar. Dan, ya TUHAN, Engkau tahu bahwa aku tidak akan pernah berhenti memberitakan kabar baik itu.

10) (40-11) Aku memberitakan tentang hal-hal yang baik yang Engkau telah lakukan. Aku tidak menyembunyikannya dalam hatiku. Aku telah berbicara bagaimana Engkau dapat dipercayai untuk menyelamatkan kami. Aku tidak menyembunyikan kasih-Mu dan kesetiaan-Mu dari mereka yang ada di jemaat besar.

11) (40-12) Jadi, ya TUHAN, janganlah sembunyikan belas kasihan-Mu padaku. Biarlah kebaikan-Mu dan kesetiaan-Mu melindungi aku.

12) (40-13) Kesukaran telah mengelilingi aku, terlalu banyak untuk dihitung. Dosa-dosaku telah menangkap aku, dan aku tidak mampu melarikan diri dari dosa-dosaku. Jumlahnya melebihi rambut di kepalaku, keberanianku sudah hilang.

13) (40-14) Ya TUHAN, selamatkanlah aku. TUHAN, Datanglah segera dan tolonglah aku.

14) (40-15) Orang berusaha membunuh aku. Buatlah mereka kecewa. Rendahkanlah mereka sama sekali. Mereka mau menyakiti aku. Biarlah mereka melarikan diri dengan malu.

15) (40-16) Semoga mereka yang mengolok-olokkan aku sangat malu berbicara.

16) (40-17) Biarlah orang yang datang kepada-Mu berbahagia dan bersukacita. Semoga mereka yang senang Kauselamatkan selalu dapat mengatakan, “Pujilah TUHAN.”

17) (40-18) Ya Tuhanku, aku hanya seorang miskin yang tidak mempunyai pertolongan, tetapi perhatikanlah aku. Engkaulah Penolongku yang dapat menyelamatkan aku. Ya Allahku, janganlah terlambat.

Pasal 41 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (41-2) Siapa yang menolong orang miskin akan mendapat banyak berkat. Apabila kesulitan terjadi, TUHAN akan menyelamatkannya.

2) (41-3) TUHAN menjaga dan menyelamatkan hidupnya. Ia memberkati mereka di negerinya. Ia tidak membiarkan musuhnya merugikannya.

3) (41-4) Apabila mereka sakit di tempat tidur, TUHAN memberikan kekuatan kepadanya dan menyembuhkannya.

4) (41-5) Aku mengatakan, “Ya TUHAN, kasihanilah aku. Aku telah berdosa terhadap Engkau, tetapi ampunilah aku dan sembuhkanlah aku.”

5) (41-6) Musuhku mengatakan yang jahat tentang aku. Mereka berkata, “Kapan dia akan mati dan dilupakan?”

6) (41-7) Jika mereka datang mengunjungiku, mereka tidak mengatakan yang dipikirkannya sebenarnya. Mereka datang mengumpulkan kabar angin dan pergi menyebarkan dusta.

7) (41-8) Mereka yang tidak suka terhadap aku berisik tentang aku. Mereka memikirkan yang paling jahat tentang aku.

8) (41-9) Mereka berkata, “Ia telah melakukan kesalahan. Itulah sebabnya, dia sakit. Ia tidak akan pernah sembuh.”

9) (41-10) Sahabat karibku, yang kuyakini, yang makan bersama aku, bahkan telah berbalik melawanku.

10) (41-11) Jadi, ya TUHAN, kasihanilah aku. Biarkanlah aku pergi, dan aku akan membalasnya.

11) (41-12) Janganlah biarkan musuhku menyalahkan aku, lalu aku tahu, bahwa Engkau menjaga aku.

12) (41-13) Aku tidak berdosa, dan Engkau menopang aku. Engkau membiarkan aku berdiri untuk melayani Engkau selama-lamanya.

13) (41-14) Pujilah TUHAN, Allah Israel. Ia yang telah ada dan yang akan ada senantiasa. Amin dan Amin.

Pasal 42 (Total ayat 11)
1) [jilid 2 (Mazmur 42-72)] Kepada pemimpin koor. Sebuah nyanyian dari anak-anak Korah. (42-2) Seperti seekor rusa minum dari air sejuk, demikianlah juga jiwaku haus akan Engkau, ya Allahku.

2) (42-3) Jiwaku haus akan Allah yang hidup. Kapan aku dapat bertemu dengan Dia?

3) (42-4) Aku sangat sedih sehingga makananku hanya air mata yang jatuh dari mataku. Musuhku selalu mengolok-olokkan aku. Katanya, “Di mana Allahmu?”

4) (42-5) Hatiku hancur apabila aku teringat akan waktu ketika melewati kerumunan orang banyak, ketika membawa mereka naik ke Bait Allah. Aku mengingat nyanyian pujian sukacita ketika orang banyak merayakan hari raya.

5) (42-6) Mengapa aku begitu sedih? Mengapa aku begitu gelisah? Aku berkata kepada diriku sendiri, “Tunggu pertolongan Allah. Engkau akan dapat kembali memuji-Nya, Allahmu, yang akan menyelamatkanmu.”

6) (42-7) Allahku, aku sangat sedih. Aku harus mengingat Engkau dari tempat ini, dari bukit kecil ini, di mana Gunung Hermon dan Sungai Yordan bertemu.

7) (42-8) Kudengar suara air datang dari celah-celah bumi yang dalam. Berseru kepada air di bawah seperti air terjun. Ya Allah. gelombang-Mu silih berganti, bergema di sekelilingku dan melingkupi aku.

8) (42-9) Pada siang hari TUHAN menunjukkan kasih setia-Nya, dan malam hari aku menyanyikan sebuah lagu bagi-Nya, sebuah doa untuk Allah yang hidup.

9) (42-10) Aku mengatakan kepada Allah, Batu karangku, “Mengapa Engkau melupakan aku?” Mengapa aku harus menderita kesedihan yang sedemikian karena kekejaman musuhku?

10) (42-11) Musuhku terus menghinaku dan menyerang dengan pukulan maut bila ia bertanya kepadaku, “Di manakah Allahmu?”

11) (42-12) Mengapa aku begitu sedih? Mengapa aku begitu gelisah? Aku berkata kepada diriku sendiri, “Tunggu pertolongan Allah. Engkau akan dapat kembali memuji-Nya, Allahmu, satu-satunya yang akan menyelamatkanmu.”

Pasal 43 (Total ayat 5)
1) Ya Allah, belalah aku. Perjuangkanlah perkaraku terhadap orang yang tidak mengenal-Mu. Lindungilah aku dari pendusta yang jahat.

2) Ya Allah, Engkaulah tempat perlindunganku. Mengapa Engkau meninggalkan aku? Mengapa aku harus sangat menderita kesedihan yang sedemikian karena kekejaman musuhku?

3) Kirimlah terang-Mu dan kebenaran-Mu memanduku untuk menuntunku ke gunung suci-Mu, ke rumah-Mu.

4) Aku mau datang ke mezbah Allah, kepada Allah yang membuatku sangat bersukacita. Ya Allah, Allahku, aku mau memainkan kecapiku dan menyanyikan pujian bagi-Mu.

5) Mengapa aku begitu sedih? Mengapa aku begitu gelisah? Aku berkata kepada diriku sendiri, “Tunggulah pertolongan Allah. Engkau akan mendapat kesempatan memuji-Nya, Allahmu, yang akan menyelamatkan engkau.”

Pasal 44 (Total ayat 26)
1) Kepada pemimpin koor. Sanjak dari keluarga Korah. (44-2) Ya Allah, kami telah mendengar tentang Engkau. Nenek moyang kami mengatakan kepada kami yang telah Engkau lakukan dalam hidup mereka. Mereka menceriterakan kepada kami yang Engkau lakukan dahulu kala.

2) (44-3) Dengan kuasa-Mu yang besar Engkau mengambil negeri ini dari bangsa asing dan memberikannya kepada kami. Engkau menindas mereka dan memaksanya meninggalkan negeri ini.

3) (44-4) Bukan pedang nenek moyang kami yang mengambil negeri ini. Bukan kekuatan tangannya membuat mereka menang. Itu kuasa-Mu karena Engkau menerima mereka dan berkenan kepadanya.

4) (44-5) Ya Allahku, Engkaulah Rajaku, berikanlah perintah dan bawalah anak-anak Yakub kepada kemenangan.

5) (44-6) Kami membutuhkan pertolongan-Mu untuk memukul mundur musuh kami. Hanya dalam nama-Mu kami dapat menginjak-injak musuh kami.

6) (44-7) Aku tidak mengandalkan busurku. Pedangku tidak dapat menyelamatkan aku.

7) (44-8) Ya Allah, Engkau telah menyelamatkan kami dari musuh. Engkau telah mempermalukan mereka.

8) (44-9) Ya Allah, kami telah memuji Engkau sepanjang hari dan kami memuji nama-Mu selama-lamanya. Sela

9) (44-10) Namun, Engkau telah meninggalkan kami dan mempermalukan kami. Engkau tidak pergi bersama kami ke peperangan.

10) (44-11) Engkau membiarkan musuh kami memukul kami mundur. Mereka telah merampas harta kami.

11) (44-12) Engkau membiarkan kami pergi seperti domba yang akan dimakan. Engkau mencerai-beraikan kami di tengah-tengah bangsa-bangsa.

12) (44-13) Ya Allah, Engkau telah menjual umat-Mu dengan harga yang tidak berarti, bahkan Engkau tidak mempersoalkan harganya.

13) (44-14) Engkau membuat kami bahan tertawaan terhadap tetangga kami. Mereka menghina dan mengejek kami.

14) (44-15) Engkau membuat kami sebagai bahan cerita yang diceritakan orang asing. Bangsa-bangsa lain menertawai kami dan menggelengkan kepalanya.

15) (44-16) Aku sangat malu. Dan Engkau dapat melihatnya pada wajahku.

16) (44-17) Aku bersembunyi karena malu terhadap semua ejekan dan hinaan yang datang dari musuhku, yang mau balas dendam.

17) (44-18) Kami tidak melupakan Engkau. Engkau melakukan semuanya terhadap kami. Kami tidak melanggar Perjanjian yang Engkau berikan kepada kami.

18) (44-19) Kami tidak pernah berbalik dari Engkau. Kami tidak berhenti mengikut Engkau.

19) (44-20) Tetapi Engkau telah menindas kami di tempat serigala. Engkau telah meninggalkan kami di tempat segelap kematian ini.

20) (44-21) Apakah kami melupakan nama Allah kami? Apakah kami berdoa kepada dewa orang asing?

21) (44-22) Jika kami melakukannya, Allah mengetahuinya, sebab Ia tahu rahasia hati kami yang terdalam.

22) (44-23) Demi Engkau kami diancam kematian sepanjang hari. Kami seperti domba yang dibawa untuk disembelih.

23) (44-24) Bangkitlah, ya Tuhan. Mengapa Engkau tidur? Bangkitlah. Jangan lupakan kami selama-lamanya.

24) (44-25) Mengapa Engkau bersembunyi terhadap kami? Apakah Engkau telah lupa akan penderitaan dan kesulitan kami?

25) (44-26) Kami telah didorong ke dalam lumpur. Kami berbaring dengan wajah kami di atas debu.

26) (44-27) Bangkit dan tolonglah kami. Selamatkanlah kami karena kasih setia-Mu.

Pasal 45 (Total ayat 17)
1) Kepada pemimpin koor. Memakai nada “Bunga bakung.” Nyanyian dari keluarga Korah. Nyanyian kasih. (45-2) Pikiran yang indah memenuhi pikiranku selagi aku menulis hal ini untuk raja. Kata-kata mengalir dari lidahku seperti dari pena penulis yang terampil.

2) (45-3) Engkau lebih tampan daripada orang lain. Engkau seorang pembicara yang sangat baik. Allah akan memberkatimu selamanya.

3) (45-4) Kenakanlah pakaian kebesaranmu yang mulia itu. Pakailah pedangmu.

4) (45-5) Pergilah dalam kebesaranmu dan menangkanlah pertarungan demi kebaikan dan keadilan. Tangan kananmu yang berkuasa telah dilatih melakukan hal-hal yang mengagumkan.

5) (45-6) Panahmu tajam, menembus hati musuhmu, mereka akan jatuh ke tanah di hadapanmu.

6) (45-7) Ya Allah, takhta-Mu berdiri selama-lamanya. Kebaikan adalah tongkat pemerintahan-Mu.

7) (45-8) Engkau mencintai kebaikan dan membenci yang jahat. Itulah sebabnya, Allah, Allahmu, memilih engkau menjadi raja dan membuat engkau lebih berbahagia daripada teman-temanmu.

8) (45-9) Pakaianmu harum seperti mur, gaharu, dan cendana. Dari istana yang dihiasi dengan gading, nyanyian menyambutmu.

9) (45-10) Para pengiring pengantin adalah putri raja. Pengantinmu berdiri di sebelah kananmu, memakai mahkota emas murni.

10) (45-11) Putriku, dengarkanlah aku. Dengarkanlah baik-baik dan mengertilah. Lupakanlah bangsamu dan keluarga bapamu,

11) (45-12) maka raja akan berkenan atas kecantikanmu. Ia akan menjadi suamimu yang baru. Jadi, engkau harus menghormatinya.

12) (45-13) Orang dari Tirus akan membawa hadiah untukmu. Orang kaya mereka berusaha bersahabat dengan engkau.

13) (45-14) Putri raja sangat cantik dengan mengenakan pakaiannya, seperti permata di atas emas.

14) (45-15) Pengantin perempuan dengan pakaian yang indah, dituntun kepada raja, diikuti oleh gadis-gadis pengiring dari belakangnya.

15) (45-16) Dengan penuh sukacita dan kegembiraan mereka memasuki istana raja.

16) (45-17) Anak-anakmu akan memerintah seperti para pendahulunya. Engkau akan mengangkatnya memerintah atas seluruh negeri.

17) (45-18) Engkau akan terkenal turun-temurun. Orang akan memujimu selama-lamanya.

Pasal 46 (Total ayat 11)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan memakai Alamot. Nyanyian dari keluarga Korah. Sebuah nyanyian. (46-2) Allah adalah pelindung kita dan sumber kekuatan kita. Pada-Nya kita selalu mendapat pertolongan pada waktu kesusahan.

2) (46-3) Jadi, kita tidak takut, bila bumi bergetar, dan gunung-gunung berjatuhan ke laut.

3) (46-4) Kita tidak takut bila laut bergelora dan gelap, dan gunung-gunung bergoyang. Sela

4) (46-5) Di sana ada arus sungai yang membawa sukacita ke kota suci Allah Yang Mahatinggi.

5) (46-6) Allah ada di dalam kota itu, jadi kota itu tidak akan pernah binasa. Ia ada di sana untuk menolong bahkan sebelum matahari terbit.

6) (46-7) Bangsa-bangsa akan gemetar ketakutan, kerajaan-kerajaan akan jatuh, apabila Allah berteriak, bumi gemetar.

7) (46-8) TUHAN Yang Mahakuasa bersama kita. Allah Yakub perlindungan kita. Sela

8) (46-9) Lihatlah hal-hal yang hebat yang dibuat oleh TUHAN. Lihatlah hal-hal yang mengagumkan yang dilakukan-Nya di bumi.

9) (46-10) Ia dapat menghentikan peperangan di mana-mana di dunia. Ia dapat mematahkan busur musuh, membinasakan tombak mereka, dan membakar perisai mereka.

10) (46-11) Allah berkata, “Jangan berkelahi dan ketahuilah Akulah Allah. Hanya Akulah yang menaklukkan bangsa-bangsa. Hanya Akulah yang menguasai dunia.”

11) (46-12) TUHAN Yang Mahakuasa bersama kita. Allah Yakub adalah perlindungan kita. Sela

Pasal 47 (Total ayat 9)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian dari keluarga Korah. (47-2) Setiap orang, bertepuk tanganlah. Bersorak-sorailah bagi Allah.

2) (47-3) TUHAN Yang Mahatinggi mengagumkan. Dialah Raja besar atas seluruh bumi.

3) (47-4) Kita ditolong-Nya mengalahkan bangsa-bangsa lain. Ia membuat orang itu di bawah pengawasan kita.

4) (47-5) Ia telah memilih negeri kita untuk kita. Ia memilih negeri yang indah bagi Yakub, orang yang dikasihi-Nya. Sela

5) (47-6) TUHAN Allah naik ke takhta-Nya, diiringi suara terompet dan tanduk.

6) (47-7) Nyanyikanlah pujian bagi Allah. Nyanyikan pujian. Nyanyikanlah pujian bagi Raja kita.

7) (47-8) Allah adalah Raja seluruh dunia. Nyanyikan pujian bagi-Nya.

8) (47-9) Allah duduk di takhta-Nya yang suci dan memerintah seluruh bangsa.

9) (47-10) Pemimpin bangsa-bangsa bertemu dengan umat Allah Abraham. Semua pemimpin bangsa di dunia ini adalah milik Allah. Ia berkuasa atas mereka semua.

Pasal 48 (Total ayat 14)
1) Nyanyian dari keluarga Korah. (48-2) Besarlah TUHAN. Ia sangat terpuji dalam kota Allah kita, di atas gunung kudus-Nya.

2) (48-3) Kota-Nya ialah tempat yang sangat menyenangkan, membuat orang di seluruh dunia bersukacita. Gunung Sion adalah gunung Allah yang sebenarnya. Itulah kota dari Raja Agung.

3) (48-4) Di dalam istana-istana kota itu, Allah dikenal sebagai Benteng.

4) (48-5) Suatu ketika beberapa raja berkumpul berencana menyerang kota itu. Mereka berjalan menuju kota itu.

5) (48-6) Ketika mereka melihatnya, mereka heran. Semua mereka panik lalu melarikan diri.

6) (48-7) Mereka dipenuhi ketakutan, mereka terkejut seperti seorang perempuan yang melahirkan.

7) (48-8) Allah, dengan angin timur yang kuat, Engkau membinasakan kapal-kapal besarnya.

8) (48-9) Ya, kami telah dengar berita tentang kuasa-Mu, tetapi kami juga melihatnya dalam kota Allah kami, kota TUHAN Yang Mahakuasa. Allah membuat kota itu teguh selama-lamanya. Sela

9) (48-10) Ya Allah, di dalam Rumah-Mu kami mengingat kebaikan kasih-Mu.

10) (48-11) Ya Allah, nama-Mu terkenal di mana-mana. Orang memuji Engkau di seluruh bumi. Engkau telah menunjukkan bahwa Engkau melakukan yang benar.

11) (48-12) Gunung Sion bergembira, dan kota-kota Yehuda bersukacita karena keputusan-Mu adalah jujur.

12) (48-13) Kelilingilah Sion dan hitunglah menaranya.

13) (48-14) Perhatikanlah tembok-tembok yang tinggi dan lihatlah semua istananya. Kemudian kamu dapat memberitakan kepada keturunanmu yang berikut tentang itu.

14) (48-15) Allah itu adalah Allah kita selama-lamanya. Ia akan menuntun kita sejak sekarang sampai akhir zaman.

Pasal 49 (Total ayat 20)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian dari keluarga Korah. (49-2) Dengarkanlah ini, hai semua bangsa. Perhatikanlah, hai semua penduduk bumi.

2) (49-3) Setiap orang, kaya atau miskin, harus mendengarkan aku.

3) (49-4) Aku akan mengatakan kepadamu beberapa hikmat. Ajaranku akan memberikan pengertian kepadamu.

4) (49-5) Aku telah mendengar perkataan itu. Dan sekarang, bersama kecapiku, aku bernyanyi dan membuat pengertian yang tersembunyi menjadi jelas.

5) (49-6) Mengapa aku harus takut jika kesusahan terjadi? Tidak perlu takut bila orang jahat mengepung aku.

6) (49-7) Mereka menganggap bahwa kekayaannya akan melindunginya. Mereka membanggakan kekayaannya.

7) (49-8) Tidak ada orang yang mampu menebus hidupnya, dan kamu tidak dapat menyogok Allah.

8) (49-9) Tidak akan pernah ada orang yang memiliki cukup uang membayar nyawanya sendiri.

9) (49-10) Tidak pernah ada orang yang memiliki cukup uang membeli hak hidup untuk selamanya, dan mengeluarkan tubuhnya dari kubur.

10) (49-11) Lihat, orang bijak mati sama seperti orang bodoh dan orang dungu. Mereka mati dan meninggalkan hartanya untuk orang lain.

11) (49-12) Kubur akan menjadi rumah baru mereka selama-lamanya. Dan berapa luas tanah miliknya sama saja artinya.

12) (49-13) Manusia dapat makmur, tetapi mereka tidak dapat tinggal di sini selama-lamanya. Mereka akan mati sama seperti binatang.

13) (49-14) Demikianlah akhir dari semua yang percaya pada diri sendiri dan setiap orang yang hidup menurut caranya sendiri. Sela

14) (49-15) Mereka sama seperti domba, kuburan akan menjadi kandangnya. Maut menjadi gembalanya. Bila pagi sudah datang, orang baik akan menikmati kemenangan, sedangkan tubuh orang yang tinggi hati pelan-pelan membusuk dalam kubur, jauh dari rumahnya yang indah.

15) (49-16) Dan Allah akan menebus jiwaku dan menyelamatkan aku dari kubur. Ia mengambil aku untuk bersama-sama dengan Dia. Sela

16) (49-17) Janganlah takut kepada orang hanya karena mereka kaya. Janganlah takut kepada orang hanya karena mereka mempunyai banyak rumah yang besar dan indah.

17) (49-18) Mereka tidak akan membawa apa pun bersamanya apabila mereka mati. Mereka tidak akan membawa hartanya bersamanya.

18) (49-19) Orang kaya dapat mengatakan pada dirinya betapa baik yang telah dilakukannya dalam hidup ini. Dan orang lain dapat memujinya,

19) (49-20) tetapi waktunya akan datang untuk mati, dan pergi kepada nenek moyangnya. Dan dia tidak akan pernah lagi melihat terang.

20) (49-21) Orang makmur tampaknya masih belum mengerti bahwa mereka akan mati sama seperti binatang.

Pasal 50 (Total ayat 23)
1) Salah satu dari nyanyian Asaf. TUHAN Allah Yang Mahakuasa telah berbicara. Ia memanggil semua orang di bumi, sejak matahari terbit hingga terbenam.

2) Allah bersinar dari Sion, kota yang sangat indah.

3) Allah kita datang dan Dia tidak diam. Api menyala di hadapan-Nya. Badai besar ada di sekeliling-Nya.

4) Ia mengatakan kepada bumi dan langit menjadi saksi pada waktu umat-Nya diadili-Nya.

5) Ia berkata, “Hai para pengikut-Ku, berkumpullah di sekeliling-Ku. Datanglah, hai yang beribadat kepada-Ku, yang telah mengadakan perjanjian dengan Aku.”

6) Allah ialah Hakim, dan langit menceritakan betapa jujurnya Dia. Sela

7) Allah berkata, “Umat-Ku, dengarkanlah Aku! Hai orang Israel, Aku akan membuktikan kepada kamu, Akulah Allah, Allahmu.

8) Masalah-Ku terhadap kamu bukanlah persembahanmu atau kurban bakaranmu yang kamu bawa kepada-Ku setiap hari.

9) Mengapa Aku menginginkan banyak sapi jantan dari rumahmu atau domba dari kandangmu?

10) Aku telah memiliki semua binatang di hutan. Aku memiliki semua binatang di atas ribuan gunung.

11) Aku kenal setiap burung di gunung-gunung. Setiap yang bergerak di ladang adalah milik-Ku.

12) Jika sekiranya Aku lapar, Aku tidak meminta makanan kepadamu. Aku telah memiliki dunia dan segala sesuatu di dalamnya.

13) Aku tidak makan daging lembu atau minum darah kambing.”

14) Kamu telah berjanji kepada Allah Yang Mahatinggi, jadi berikanlah yang telah kamu janjikan kepada-Nya. Bawalah persembahan dan kurban syukurmu.

15) Allah berkata, “Panggillah Aku bila ada kesulitan. Aku akan menyelamatkan kamu, dan kamu akan memuliakan Aku.”

16) Allah berkata kepada orang jahat, “Jangan bicarakan tentang hukum-Ku. Jangan bicarakan tentang perjanjian-Ku.

17) Kamu membenci Aku, apabila Aku menegur kamu. Kamu mengabaikan yang Kukatakan.

18) Kamu melihat pencuri dan kamu bergabung dengan dia. Kamu bergabung di tempat tidur bersama orang yang berzina.

19) Kamu mengatakan yang jahat dan hanya menceritakan dusta.

20) Kamu terus mengatakan yang jahat tentang orang lain, bahkan tentang saudaramu sendiri.

21) Apabila kamu melakukan semuanya itu, Aku tidak mengatakan apa-apa. Jadi, kamu berpikir, bahwa Aku serupa dengan kamu. Namun, Aku tidak tinggal diam lagi. Aku akan menegurmu dan membuatnya jelas bagimu.

22) Kamu yang telah melupakan Allah, ketahuilah apa yang Kukatakan kepadamu, jika tidak Aku mengoyakkan kamu, dan tidak ada orang yang dapat menyelamatkanmu.

23) Barangsiapa memberikan kurban syukur ia menghormati Aku. Dan barangsiapa berjanji hidup benar akan melihat kuasa-Ku untuk menyelamatkan.”

Pasal 51 (Total ayat 19)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud, (51-2) ketika Nabi Natan datang kepada Daud untuk menegurnya setelah Daud berdosa terhadap Batsyeba. (51-3) Ya Allah, tunjukkanlah belas kasihan-Mu kepadaku karena kasih setia-Mu, karena rahmat-Mu yang besar, hapuskanlah semua kesalahan yang kulakukan.

2) (51-4) Hapuskanlah kesalahanku. Bersihkanlah aku dari dosaku.

3) (51-5) Aku tahu bahwa aku telah melakukan yang salah. Aku selalu mengingat dosa itu.

4) (51-6) Aku telah melakukan yang Engkau katakan salah. Hanya terhadap Engkau aku berdosa. Aku mengakui hal itu supaya orang tahu, bahwa aku salah, dan Engkau adil. Keputusan-Mu adil.

5) (51-7) Aku dilahirkan melakukan yang salah, bahkan dalam kandungan ibuku aku sudah dalam dosa.

6) (51-8) Engkau ingin aku menjadi setia, jadi buatlah dalam diriku hikmat yang benar.

7) (51-9) Bersihkanlah aku dari dosaku dengan hisop sehingga aku lebih putih daripada salju.

8) (51-10) Buatlah aku bersukacita lagi. Biarlah tulang-tulang yang Kautindas kembali bersukacita.

9) (51-11) Janganlah lihat dosaku. Hapuskan semuanya.

10) (51-12) Ya Allah, buatlah hati yang murni dalam aku, dan buatlah rohku kuat kembali.

11) (51-13) Janganlah usir aku dan jangan ambil Roh Kudus-Mu dari aku.

12) (51-14) Pertolongan-Mu membuat aku bergembira. Berikanlah sukacita itu kembali padaku. Kuatkanlah rohku dan siap untuk patuh pada-Mu.

13) (51-15) Aku akan mengajar orang berdosa bagaimana hidup sesuai dengan kehendak-Mu, dan orang berdosa akan kembali kepada-Mu.

14) (51-16) Ya Allah, selamatkanlah aku dari hukuman mati. Ya Allahku, Engkaulah satu-satunya yang menyelamatkan aku. Biarlah aku bernyanyi tentang semua yang baik yang telah Kaulakukan untukku.

15) (51-17) Tuhanku, aku akan membuka mulutku dan menyanyikan pujian bagi-Mu.

16) (51-18) Engkau sesungguhnya tidak menginginkan persembahan, atau yang akan kuberikan kepada-Mu.

17) (51-19) Kurban yang diinginkan Allah ialah hati yang rendah. Ya Allah, Engkau tidak akan menolak orang yang datang dengan rendah hati dan siap untuk menaati-Mu.

18) (51-20) Ya Allah, berbaik hatilah terhadap Sion. Bangunlah kembali tembok-tembok Yerusalem,

19) (51-21) Kemudian Engkau akan menikmati persembahan yang baik yang Kauinginkan. Engkau akan menerima semua kurban bakaran dan orang akan kembali mempersembahkan sapi-sapi jantan di atas mezbah-Mu.

Pasal 52 (Total ayat 9)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (52-2) Pada waktu Doeg orang Edom memberitahukan kepada Saul bahwa Daud telah pergi ke rumah Ahimelekh. (52-3) Hai pahlawan, mengapa engkau membanggakan yang jahat yang kauperbuat? Engkau tidak selalu diberkati Allah.

2) (52-4) Engkau hanyalah seperti pisau cukur, membuat rencana untuk menyiksa orang dan menipu.

3) (52-5) Engkau lebih suka terhadap kejahatan daripada kebaikan. Engkau lebih suka berdusta daripada kebenaran. Sela

4) (52-6) Engkau dan lidah dustamu suka menyakiti orang.

5) (52-7) Jadi, Allah akan membinasakan engkau selamanya. Ia akan mengambilmu dan mengeluarkanmu dari rumahmu, seperti orang yang mencabut tanaman dari akar-akarnya.

6) (52-8) Orang baik melihat itu dan belajar takut dan hormat kepada Allah. Mereka akan menertawaimu dan berkata,

7) (52-9) “Lihat, apa yang terjadi terhadap pahlawan yang tidak bergantung pada Allah. Orang bodoh menganggap kekayaan dan dustanya melindunginya.”

8) (52-10) Aku seperti pohon zaitun yang hijau yang tumbuh di Bait Allah. Aku percaya akan kasih setia Allah selama-lamanya.

9) (52-11) Ya Allah, aku memuji-Mu selamanya atas hal-hal yang Engkau lakukan. Aku akan memberitakan nama-Mu di hadapan para pengikut-Mu karena hal itu begitu indah.

Pasal 53 (Total ayat 6)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan memakai Mahalat. Nyanyian Daud. (53-2) Hanya orang bodoh yang menganggap Allah tidak ada. Orang seperti itu jahat dan melakukan yang buruk. Mereka tidak pernah melakukan yang baik.

2) (53-3) Allah melihat dari surga apakah ada orang bijak, orang yang mencari pertolongan dari pada-Nya.

3) (53-4) Setiap orang meninggalkan Dia. Setiap orang telah menjadi jahat. Tidak ada orang yang melakukan yang baik. Tidak, tidak ada seorang pun.

4) (53-5) Mereka hanya membinasakan umat-Ku seperti menghabiskan roti. Mereka tidak pernah minta tolong kepada Allah. Apakah mereka tidak tahu yang dilakukannya?

5) (53-6) Mereka itu akan penuh ketakutan, seperti yang belum pernah dialaminya. Hai Israel, kamu akan mengalahkan mereka yang menyerang kamu, karena Allah telah menolak mereka. Dan Dia akan menyerakkan tulang-tulangnya.

6) (53-7) Aku menginginkan orang yang tinggal di Gunung Sion akan membawa kemenangan bagi Israel. Apabila Allah membuat Israel berhasil lagi, umat Yakub akan sangat berbahagia; umat Israel akan bergembira.

Pasal 54 (Total ayat 7)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan alat-alat musik. Sebuah nyanyian Daud yang ditulisnya (54-2) sewaktu orang Zifi pergi kepada Saul dan berkata, Daud bersembunyi di tengah-tengah umat kami. (54-3) Ya Allah, pakailah kuasa-Mu dan selamatkanlah aku. Gunakanlah kuasa-Mu yang besar itu membebaskan aku.

2) (54-4) Ya Allah, dengarkanlah doaku. Dengarkanlah yang kukatakan.

3) (54-5) Orang asing tidak mengenal Allah dan telah berbalik melawan aku. Orang yang berkuasa berusaha membunuhku. Sela

4) (54-6) Lihatlah, Allahku akan menolong aku. Tuhanku mendukung aku.

5) (54-7) Ia akan menghukum orang yang melawan aku. Ya Allah, setialah padaku dan binasakanlah mereka.

6) (54-8) TUHAN, aku akan mempersembahkan persembahan sukarela kepada-Mu. Aku akan memuji nama-Mu yang baik.

7) (54-9) Engkau telah menyelamatkan aku dari semua kesulitanku. Aku telah melihat musuhku kalah.

Pasal 55 (Total ayat 23)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan alat-alat musik. Nyanyian Daud. (55-2) Ya Allah, dengarkanlah doaku. Janganlah abaikan permohonanku.

2) (55-3) Dengarkanlah aku dan jawablah aku. Biarlah aku memberitahukan kepada-Mu yang membuat aku gelisah.

3) (55-4) Musuhku mengatakan yang jahat tentang aku dan berteriak-teriak kepadaku. Dalam kemarahannya mereka menyerang aku. Mereka membawa kesulitan dan menimpakannya kepadaku.

4) (55-5) Hatiku gelisah. Aku takut mati.

5) (55-6) Aku gemetar ketakutan. Aku merasa ngeri.

6) (55-7) Seandainya aku mempunyai sayap seperti merpati, aku terbang mencari tempat yang tenang.

7) (55-8) Aku akan pergi jauh ke padang gurun dan tinggal di sana. Sela

8) (55-9) Aku akan lari. Aku akan pergi dari badai kesulitan ini.

9) (55-10) Tuhanku, kacaukanlah perkataan mereka dan hentikan rencananya. Aku melihat begitu banyak kekerasan dan perkelahian di kota.

10) (55-11) Siang dan malam, di setiap lingkungan, kota penuh dengan kejahatan dan kesulitan.

11) (55-12) Terlalu banyak kejahatan di jalanan. Di mana-mana terdapat penyiksaan dan penipuan.

12) (55-13) Jika sekiranya musuh menyakiti aku, aku dapat menanggungnya. Jika sekiranya musuhku yang menyerang aku, aku dapat bersembunyi.

13) (55-14) Malahan engkau sahabat karibku, yang sangat kupercayai, teman baikkulah yang melakukannya.

14) (55-15) Kami saling membicarakan rahasia ketika kami berjalan melewati orang banyak ke Bait Allah.

15) (55-16) Semoga maut menangkap musuhku dengan tiba-tiba. Semoga bumi akan terbuka dan menelan mereka hidup-hidup sebab mereka bersama-sama merencanakan yang mengejutkan itu.

16) (55-17) Aku akan memanggil Allah minta tolong, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.

17) (55-18) Aku berdoa kepada Allah pagi, siang, dan malam. Aku mengatakan kepada-Nya hal yang membuat aku gelisah, dan aku dijawab-Nya.

18) (55-19) Aku telah banyak berperang, tetapi Ia selalu menyelamatkan dan membawa aku pulang dengan selamat.

19) (55-20) Allah, yang selalu memerintah selaku raja, akan mendengarkan aku dan menghukum musuhku. Sela Mereka tidak akan pernah mengubah hidupnya. Mereka tidak takut dan tidak menghormati Allah.

20) (55-21) Orang yang pernah sahabatku sekarang menyerang kawannya. Ia mengkhianati setiap perjanjian yang dibuatnya.

21) (55-22) Perkataannya tentang damai adalah lembut seperti mentega, tetapi sesungguhnya hanya perang dalam pikirannya. Kata-katanya selicin minyak, tetapi memotong seperti pisau.

22) (55-23) Serahkan kekhawatiranmu kepada TUHAN, dan Dia akan memeliharamu. Ia tidak pernah membiarkan orang baik dikalahkan.

23) (55-24) Ya Allah, Engkau akan menyuruh pendusta dan pembunuh ke kuburnya. Mereka akan mati sebelum setengah umur. Namun bagiku, aku percaya kepada-Mu

Pasal 56 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Merpati di pohon terbatin yang jauh.” Puisi Daud yang ditulis ketika orang Filistin menangkapnya di Gat. (56-2) Ya Allah, orang telah menyerang aku, jadi kasihanilah aku. Mereka mengusir aku sepanjang hari dan memerangi aku.

2) (56-3) Musuhku terus-menerus menyerang aku. Penyerang tidak terhitung banyaknya.

3) (56-4) Ketika aku takut, aku percaya kepada-Mu.

4) (56-5) Aku percaya kepada Allah, jadi aku tidak takut terhadap apa yang diperbuat orang padaku. Aku memuji Allah atas janji-Nya kepadaku.

5) (56-6) Musuhku terus memutarbalikkan kata-kataku. Mereka selalu berencana melawan aku.

6) (56-7) Mereka bersembunyi bersama-sama dan memperhatikan setiap gerakanku, mengharapkan beberapa cara untuk membunuhku.

7) (56-8) Ya Allah, usirlah mereka karena kejahatan yang dilakukannya. Tunjukkanlah kemarahan-Mu dan usirlah orang itu.

8) (56-9) Engkau tahu aku sangat gelisah. Engkau tahu betapa banyaknya air mataku. Pasti Engkau telah menghitung air mataku semuanya.

9) (56-10) Aku tahu apabila aku minta tolong, musuhku akan berbalik dan melarikan diri. Aku tahu itu sebab Allah beserta aku.

10) (56-11) Aku memuji Allah atas janji-Nya. Aku memuji TUHAN atas janji-Nya kepadaku.

11) (56-12) Aku percaya kepada Allah, jadi aku tidak takut terhadap yang diperbuat orang kepadaku.

12) (56-13) Ya Allah, aku akan melakukan yang telah kujanjikan kepada-Mu, Aku akan memberikan kepada-Mu kurban syukur.

13) (56-14) Engkau telah menyelamatkan aku dari maut. Engkau telah menjaga aku dari kekalahan. Jadi, aku akan melayani Engkau dalam terang, hanya orang yang hidup dapat melihatnya.

Pasal 57 (Total ayat 11)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Jangan binasakan.” Puisi dari Daud yang ditulis ketika Daud melarikan diri dari Saul dalam gua. (57-2) Ya Allah, kasihanilah aku. Kasihanilah aku karena jiwaku percaya kepada-Mu. Aku telah datang kepada-Mu minta perlindungan ketika kesulitan melintas.

2) (57-3) Aku bermohon kepada Allah Yang Mahatinggi, dan Dia menjaga aku dengan seutuhnya.

3) (57-4) Dari surga Ia menolong aku dan menyelamatkan aku. Ia mengalahkan orang yang menyerang aku. Sela Allah akan tetap setia kepadaku dan memberikan kasih-Nya melindungiku.

4) (57-5) Hidupku dalam bahaya. Aku dikepung oleh musuhku. Mereka seperti singa pemakan orang, giginya seperti lembing atau panah, dan lidahnya setajam pedang.

5) (57-6) Ya Allah, berdirilah di atas langit. Biarlah seluruh dunia melihat Kemuliaan-Mu.

6) (57-7) Musuhku memasang jerat terhadap kakiku untuk menjatuhkan aku. Mereka menggali lubang yang dalam untuk menangkap aku, tetapi mereka jatuh ke dalamnya. Sela

7) (57-8) Ya Allah, aku telah siap, hati dan roh, untuk menyanyikan lagu pujian.

8) (57-9) Bangunlah, hai jiwaku. Hai gambus dan kecapi, bangunlah, dan mari kita bangunkan fajar.

9) (57-10) Ya Tuhanku, aku akan memuji-Mu di depan semua orang. Aku akan menyanyikan pujian tentang Engkau kepada setiap bangsa.

10) (57-11) Kasih setia-Mu lebih tinggi daripada awan tertinggi di langit.

11) (57-12) Berdirilah di atas langit, ya Allah. Biarlah seluruh dunia melihat Kemuliaan-Mu.

Pasal 58 (Total ayat 11)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Jangan binasakan.” Puisi Daud. (58-2) Kamu para hakim tidak jujur dalam keputusanmu. Kamu tidak mengadili orang dengan jujur.

2) (58-3) Tidak, kamu hanya memikirkan hal yang jahat untuk dilakukan. Kamu melakukan kekerasan di negeri ini.

3) (58-4) Orang jahat mulai melakukan kesalahan segera setelah mereka lahir. Mereka telah menjadi pendusta sejak lahir.

4) (58-5) Kemarahannya mematikan seperti racun ular. Mereka menutup telinganya seperti kobra yang tuli

5) (58-6) yang tidak mendengar musik rayuan ular, walaupun mereka memainkannya dengan baik.

6) (58-7) Ya Allah, mereka seperti singa. TUHAN, pecahkanlah giginya.

7) (58-8) Semoga mereka lenyap seperti air turun ke parit pembuangan. Semoga mereka tertindas seperti rumput di jalan.

8) (58-9) Semoga mereka seperti siput, meleleh selagi mereka merayap. Semoga mereka seperti bayi yang mati dilahirkan, yang tidak pernah melihat terang hari.

9) (58-10) Semoga mereka segera binasa seperti semak duri, yang cepat terbakar memanaskan periuk.

10) (58-11) Orang baik akan senang bila dilihatnya orang jahat dihukum atas kejahatannya. Mereka seperti tentara yang mengalahkan semua musuhnya.

11) (58-12) Bila hal itu terjadi, orang akan mengatakan, “Sesungguhnya orang baik telah memperoleh upah. Ya, Allahlah yang mengadili dunia ini.”

Pasal 59 (Total ayat 17)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan lagu “Jangan binasakan.” Puisi Daud yang ditulis ketika Saul mengirim orang untuk mengawasi rumah Daud, yang berusaha membunuhnya. (59-2) Ya Allahku, selamatkanlah aku dari musuhku. Lindungilah aku dari mereka yang bangkit melawan aku.

2) (59-3) Selamatkanlah aku dari mereka yang berbuat jahat. Selamatkanlah aku dari para pembunuh.

3) (59-4) Lihatlah, orang kuat sedang menunggu aku. Mereka menunggu untuk membunuhku, walaupun aku tidak berdosa atau melakukan kejahatan.

4) (59-5) Aku tidak melakukan yang salah, tetapi mereka segera menyerang aku. Datang dan lihatlah sendiri.

5) (59-6) Engkaulah TUHAN Allah Yang Mahakuasa, Allah orang Israel! Bangkit dan hukumlah mereka. Janganlah tunjukkan belas kasihan kepada pengkhianat itu. Sela

6) (59-7) Orang jahat seperti anjing yang datang ke kota pada malam hari, menggeram dan berkeliaran di jalanan.

7) (59-8) Dengarkanlah ancaman dan hinaannya. Mereka mengatakan hal-hal yang kejam dan tidak peduli kepada yang mendengarnya.

8) (59-9) TUHAN, tertawakanlah mereka dan olok-olokkanlah mereka semuanya.

9) (59-10) Aku akan menyanyikan lagu pujianku untuk-Mu. Ya Allah, Engkaulah tempat perlindunganku, tinggi di atas gunung.

10) (59-11) Allah mengasihi aku dan akan membuatku menang. Ia akan menolongku mengalahkan musuhku.

11) (59-12) Janganlah hanya membunuh mereka supaya bangsaku tidak melupakannya. Tuhanku dan Pelindungku, cerai-beraikanlah mereka dan kalahkan mereka dengan kekuatan-Mu.

12) (59-13) Orang jahat mengutuk dan berdusta. Hukumlah mereka atas perkataannya. Biarlah kesombongannya menjeratnya.

13) (59-14) Binasakanlah mereka dalam amarah-Mu. Binasakanlah mereka seluruhnya. Kemudian orang di seluruh dunia tahu bahwa Allah memerintah keturunan Yakub. Sela

14) (59-15) Orang jahat seperti anjing yang datang ke kota pada waktu malam, melolong dan menyalak di jalanan.

15) (59-16) Mereka datang mencari makanan, tetapi tidak menemukan makanan dan tempat untuk tidur.

16) (59-17) Dan pada pagi hari, aku akan menyanyikan lagu pujian bagi-Mu. Aku akan bersukacita dalam kasih-Mu. Engkaulah tempat perlindunganku, tinggi di atas gunung. Dan aku akan lari kepada-Mu bila kesulitan datang.

17) (59-18) Aku akan menyanyikan pujian bagi-Mu sebab Engkaulah tempat perlindunganku, tinggi di atas gunung. Engkaulah Allah yang mengasihi aku.

Pasal 60 (Total ayat 12)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan lagu “Bunga bakung Perjanjian.” Puisi Daud untuk pengajaran (60-2) yang ditulis ketika Daud berjuang melawan Aram Mesopotamia dan Aram Zoba, dan ketika Yoab kembali dan mengalahkan 12.000 tentara Edom di Lembah Asin. (60-3) Ya Allah, Engkau telah marah kepada kami. Engkau telah menolak kami dan membinasakan pertahanan kami. Pulihkanlah kekuatan kami.

2) (60-4) Engkau menggoncangkan bumi dan membelahnya. Dunia kami terbelah. Tolong, perbaikilah itu.

3) (60-5) Engkau telah memberikan banyak kesulitan kepada umat-Mu, Kami pusing dan jatuh seperti orang mabuk.

4) (60-6) Engkau telah menyediakan bendera untuk menunjukkan kepada para pengikut-Mu ke mana bertemu untuk menghindari serangan musuh. Sela

5) (60-7) Pergunakanlah kuasa-Mu yang besar dan selamatkanlah kami. Kabulkanlah doaku dan selamatkanlah orang yang Kaukasihi.

6) (60-8) Allah berfirman di dalam Rumah-Nya, “Aku akan memenangkan peperangan dan bersukacita dalam kemenangan. Aku akan membagi negeri ini kepada umat-Ku. Aku memberikan Sikhem kepada mereka. Aku memberikan Lembah Sukot kepada mereka.

7) (60-9) Gilead dan Manasye menjadi milik-Ku. Efraim menjadi helm-Ku. Yehuda menjadi tongkat kerajaan-Ku.

8) (60-10) Moab menjadi tempat pembasuhan kaki-Ku. Edom menjadi budak yang membawa sandal-Ku.” Aku mengalahkan orang Filistin dan berteriak dalam kemenangan.

9) (60-11) Ya Allah, Engkau telah meninggalkan kami. Engkau tidak pergi bersama tentara kami. Jadi, siapa yang akan membawa aku masuk ke kota yang teguh dan berkubu itu? Siapa yang akan membawa aku melawan Edom?

10) (60-12) (60:9)

11) (60-13) Tolonglah kami mengalahkan musuh. Tidak ada seorang pun yang dapat menyelamatkan kami.

12) (60-14) Hanya Allah yang dapat menguatkan kami. Hanya Allah yang dapat mengalahkan musuh kami.

Pasal 61 (Total ayat 8)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan iringan kecapi. Nyanyian Daud. (61-2) Ya Allah, dengarkanlah teriakanku. Kabulkanlah doaku.

2) (61-3) Dari negeri yang jauh aku memanggil-Mu minta tolong. Aku merasa sangat lemah dan tidak berdaya. Bawalah aku ke batu karang yang tinggi, di mana orang tidak dapat menemui aku.

3) (61-4) Engkaulah tempat perlindunganku. Engkaulah menara yang kuat yang melindungi aku dari musuhku.

4) (61-5) Aku ingin tinggal di Kemah-Mu selama-lamanya, Aku mau bersembunyi dan berlindung di bawah sayap-Mu. Sela

5) (61-6) Ya Allah, Engkau telah dengar yang telah kujanjikan untuk diberikan kepada-Mu, tetapi segala sesuatu yang ada pada orang yang menyembah-Mu berasal dari Engkau.

6) (61-7) Berikanlah usia panjang kepada raja, biarlah dia hidup selama-lamanya.

7) (61-8) Biarlah dia memerintah dalam kehadiran-Mu selama-lamanya. Lindungilah dia dengan kasih setia-Mu.

8) (61-9) Dan aku akan memuji nama-Mu selama-lamanya. Setiap hari aku akan melakukan yang telah kujanjikan.

Pasal 62 (Total ayat 12)
1) Kepada pemimpin koor, Yedutun. Nyanyian Daud. (62-2) Aku harus tenang dan berbalik kepada Allah. Hanya Dia yang dapat menyelamatkan aku.

2) (62-3) Dialah Batu karangku, satu-satunya yang menyelamatkan aku. Dialah tempat perlindunganku, dan tidak ada tentara yang dapat mengalahkan aku.

3) (62-4) Berapa lamakah kamu hendak menyerang aku? Apakah kamu semua mau membunuhku? Aku seperti dinding yang miring, seperti pagar yang mau tumbang.

4) (62-5) Walaupun kedudukanku tinggi, mereka merencanakan membinasakan aku. Mereka senang mengatakan dusta tentang aku. Di depan umum mereka mengatakan hal-hal yang baik tentang aku, tetapi kepada perorangan mereka mengutukku secara diam-diam. Sela

5) (62-6) Aku harus tenang dan berbalik kepada Allah; hanya Dia pengharapanku.

6) (62-7) Dialah Batu karangku perlindunganku, yang menyelamatkan aku. Dialah tempat perlindunganku, dan tentara tidak dapat mengalahkan aku.

7) (62-8) Kemuliaan dan kemenanganku datang dari Allah. Dialah Bentengku yang kuat dan tempat perlindunganku.

8) (62-9) Hai orang-orang, selalulah percaya kepada Allah. Katakanlah kepada Allah segala masalahmu. Allah tempat perlindungan kita. Sela

9) (62-10) Manusia sesungguhnya tidak dapat menolong. Kamu tidak dapat bergantung pada mereka. Dibandingkan dengan Allah, mereka tidak ada artinya, tidak lebih daripada awan yang lemah lembut.

10) (62-11) Janganlah percaya kepada kuasa yang mampu merampas sesuatu. Jangan pikir kamu dapat memenangkan sesuatu dengan mencuri. Dan jika kamu menjadi kaya, janganlah percaya kepada kekayaanmu.

11) (62-12) Allah mengatakan ada satu hal yang padanya kamu benar-benar dapat bergantung, dan aku percaya akan itu, “Kekuatan datang dari Allah.”

12) (62-13) Tuhanku, kasih-Mu nyata. Engkau membalas orang sesuai perbuatannya.

Pasal 63 (Total ayat 11)
1) Nyanyian Daud yang ditulis ketika dia di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku. Dan aku sangat merindukan-Mu. Tubuh dan jiwaku haus kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan gersang tanpa air.

2) (63-3) Ya, aku telah melihat Engkau di Rumah-Mu. Aku telah melihat kekuatan dan kemuliaan-Mu.

3) (63-4) Kasih-Mu lebih baik daripada hidup, maka bibirku memuji-Mu.

4) (63-5) Aku akan memuji-Mu dalam hidupku. Dalam nama-Mu aku mengangkat tanganku berdoa.

5) (63-6) Ketika aku duduk untuk memuaskan laparku, bibirku lapar untuk memuji-Mu.

6) (63-7) Aku mengingat-Mu bila aku berbaring di tempat tidurku. Aku mengingat-Mu pada tengah malam.

7) (63-8) Engkau satu-satunya yang telah menolongku. Aku bersukacita berada di bawah perlindungan-Mu.

8) (63-9) Jiwaku melekat pada-Mu seperti Engkau memegang tanganku.

9) (63-10) Orang berusaha membunuhku, tetapi mereka akan binasa. Mereka akan masuk ke dalam kuburnya.

10) (63-11) Mereka akan dibunuh dengan pedang. Bangkainya dimakan serigala,

11) (63-12) tetapi raja akan berbahagia bersama Allahnya. Dan orang yang telah berjanji mematuhi-Nya akan memuji-Nya, bila Dia mengalahkan semua pendusta.

Pasal 64 (Total ayat 10)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (64-2) Ya Allah, dengarkanlah keluhanku. Selamatkanlah aku dari ancaman musuhku yang mengerikan itu.

2) (64-3) Lindungilah aku dari rencana yang tersembunyi dari orang jahat. Sembunyikanlah aku dari kelompok orang jahat.

3) (64-4) Mereka menajamkan lidahnya untuk dipakai seperti pedang, Mereka menujukan kata-katanya yang berbisa seperti panah.

4) (64-5) Tiba-tiba, dari persembunyiannya, mereka menembakkan panahnya. Mereka menembak orang yang tidak bersalah.

5) (64-6) Mereka saling menguatkan melakukan yang salah. Mereka berkata satu sama lain, “Tidak ada yang melihat itu.

6) (64-7) Tidak ada yang akan menemukan kejahatan kita. Kita mempunyai rencana yang sempurna.” Ya, orang sangat lihai dan sukar mengertinya,

7) (64-8) tetapi tiba-tiba, Allah menembakkan panah-Nya, dan orang jahat akan kena.

8) (64-9) Ia dapat memakai perkataan mereka sendiri melawan mereka, dan mereka akan binasa. Dan setiap orang yang melihat mereka akan menggelengkan kepala dengan heran.

9) (64-10) Orang dapat melihat yang telah dilakukan Allah. Mereka akan memberitakan kepada orang lain tentang Dia. Kemudian setiap orang mempelajari lebih banyak lagi tentang Allah. Mereka akan belajar untuk takut dan hormat kepada-Nya.

10) (64-11) Orang baik bergembira melayani TUHAN. Mereka bergantung pada Allah. Semua orang yang mau melakukan yang benar akan memuji-Nya.

Pasal 65 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (65-2) Ya Allah yang di Sion, kami memuji Engkau dan memberikan yang kami janjikan kepada-Mu.

2) (65-3) Setiap orang dapat datang kepada-Mu, dan Engkau mendengar doanya.

3) (65-4) Apabila dosa kami terlalu berat bagi kami, Engkau menghapuskannya.

4) (65-5) Ya, betapa indahnya menjadi umat pilihan-Mu, untuk datang dan tinggal di Bait Tuhan-Mu. Dan kami sangat berbahagia mendapat semua yang mengagumkan dalam Rumah-Mu, istana-Mu yang kudus.

5) (65-6) Ya Allah, Engkau mengabulkan doa kami dan lakukanlah apa yang benar. Engkau melakukan yang mengagumkan untuk menyelamatkan kami. Orang di seluruh dunia tahu bahwa mereka percaya kepada-Mu, bahkan mereka yang tinggal di seberang laut.

6) (65-7) Engkau menciptakan gunung-gunung. Kami melihat kuasa-Mu di sekeliling kami.

7) (65-8) Engkau dapat meredakan deru lautan atau kemarahan bangsa-bangsa di sekeliling kami.

8) (65-9) Orang di seluruh dunia kagum karena keajaiban yang Engkau lakukan. Engkau membuat semua orang, di timur dan di barat, bernyanyi dengan sukacita.

9) (65-10) Engkau memelihara tanah. Engkau mengairinya dan menyuburkannya. Aliran sungai-Mu selalu penuh dengan air. Demikianlah Engkau membuat benih tumbuh.

10) (65-11) Engkau mencurahkan hujan ke tanah yang dibajak; Engkau membasahi ladang dengan air. Engkau membuat tanah menjadi gembur dengan hujan dan membuat tanaman muda bertumbuh.

11) (65-12) Engkau memulai tahun yang baru dengan tuaian yang baik. Engkau mengakhiri tahun dengan hasil panen yang banyak.

12) (65-13) Padang gurun dan bukit-bukit ditutupi dengan rumput-rumput.

13) (65-14) Padang rumput penuh dengan domba. Lembah-lembah penuh dengan gandum. Semuanya bernyanyi dan bersorak dengan sukacita.

Pasal 66 (Total ayat 20)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian pujian. Hai seluruh bumi, bersorak-sorailah bagi Allah.

2) Pujilah nama-Nya yang mulia. Berilah hormat kepada-Nya dengan nyanyian pujian.

3) Katakanlah kepada Allah, “Betapa indah perbuatan-Mu. Kuasa-Mu yang besar membuat musuh-Mu tunduk dengan ketakutan di hadapan-Mu.

4) Biarlah seluruh dunia menyembah Engkau. Biarlah setiap orang menyanyikan pujian bagi nama-Mu.” Sela

5) Lihatlah yang telah dilakukan Allah. Semuanya membuat kita kagum.

6) Allah membuat laut menjadi tanah kering. Umat-Nya berjalan menyeberangi sungai, jadi mereka memunji-Nya di sana.

7) Allah menguasai dunia dengan kuasa-Nya yang besar. Ia memperhatikan orang di mana-mana. Tidak ada yang memberontak terhadap Dia. Sela

8) Hai orang-orang, pujilah Allah kita. Nyanyikanlah dengan kuat nyanyian pujian bagi Dia.

9) Ia terus memberikan hidup bagi kita dan menjaga kita jangan jatuh.

10) Ya Allah, Engkau telah menguji kami seperti orang menguji perak dengan api.

11) Engkau membiarkan kami terperangkap. Engkau meletakkan beban yang berat atas kami.

12) Engkau membiarkan musuh kami menginjak-injak kami, Engkau menarik kami melewati api dan air, tetapi Engkau membawa kami ke tempat yang aman.

13) Jadi, aku akan membawa persembahan ke Rumah-Mu. Ketika aku dalam kesulitan, aku minta tolong kepada-Mu, dan membuat banyak janji kepada-Mu. Sekarang aku memberikan yang telah kujanjikan kepada-Mu.

14) (66:13)

15) Aku memberikan domba yang terbaik selaku kurban penghapus dosa kepada-Mu. Aku mempersembahkan asapnya kepada-Mu. Aku memberikan sapi jantan dan kambing kepada-Mu. Sela

16) Hai kamu semua yang menyembah Allah, datanglah dan aku akan menceritakan padamu yang telah dilakukan-Nya kepadaku.

17) Aku telah bermohon kepada-Nya dan memuji-Nya.

18) Seandainya aku berdosa, Tuhanku tidak akan mendengarkan aku.

19) Allah telah mendengarkan aku; Ia mengabulkan doaku.

20) Pujilah Allah! Allah tidak berbalik dari aku. Ia mendengarkan doaku. Ia terus menunjukkan kasih-Nya kepadaku.

Pasal 67 (Total ayat 7)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan alat-alat musik. Nyanyian pujian. (67-2) Ya Allah, tunjukkanlah belas kasihan pada kami dan berkatilah kami. Terimalah kami. Sela

2) (67-3) Semoga setiap orang di bumi mengetahui tentang Engkau, ya Allah. Biarlah setiap bangsa melihat bagaimana Engkau menyelamatkan orang.

3) (67-4) Semoga orang memuji-Mu, ya Allah. Semoga semua orang memuji-Mu.

4) (67-5) Semoga semua bangsa bersukacita dan berbahagia sebab Engkau mengadili orang dengan jujur. Engkau memerintah atas setiap bangsa.

5) (67-6) Semoga orang memuji-Mu, ya Allah. Semoga semua orang memuji-Mu.

6) (67-7) Ya Allah, Allah kami, berkatilah kami. Semoga tanah kami menghasilkan panen besar bagi kami.

7) (67-8) Semoga Allah memberkati kami, dan semoga semua orang di bumi takut dan hormat pada-Nya.

Pasal 68 (Total ayat 35)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (68-2) Ya Allah, bangkit dan buatlah musuh-Mu berserak. Semoga semua musuh-Mu melarikan diri dari Engkau.

2) (68-3) Semoga musuh-Mu berserak seperti asap dihembus angin. Semoga musuh-Mu binasa seperti lilin meleleh dalam api,

3) (68-4) tetapi biarlah orang baik bersukacita. Biarlah mereka berkumpul di hadapan Allah dan bergembira bersama-sama.

4) (68-5) Bernyanyilah untuk Allah. Nyanyikanlah pujian bagi nama-Nya. Persiapkanlah jalan bagi Allah selagi Ia melintas naik kereta perang lewat embun. Nama-Nya ialah TUHAN. Pujilah nama-Nya.

5) (68-6) Di Rumah-Nya yang kudus Allah adalah Bapa bagi yatim piatu, dan Dia memelihara para janda.

6) (68-7) Allah menyediakan rumah bagi orang yang kesepian. Ia membebaskan umat-Nya dari penjara dan membuat mereka berbahagia, tetapi yang berbalik melawan Allah akan tinggal di padang gurun.

7) (68-8) Ya Allah, Engkau telah menuntun umat-Mu keluar dari Mesir. Engkau berjalan lewat padang gurun. Sela

8) (68-9) Tanah bergetar dan hujan turun dari langit ketika Allah, Allah orang Israel, datang ke Sinai.

9) (68-10) Ya Allah, Engkau menurunkan hujan untuk membuat tanah yang gersang subur kembali.

10) (68-11) Umat -Mu kembali untuk tinggal di sana, dan Engkau telah menyediakan banyak hal yang baik kepada orang miskin.

11) (68-12) Tuhanku memberi perintah, dan banyak orang pergi memberitakan kabar baik,

12) (68-13) “Para tentara raja yang berkuasa berlari. Di rumah, perempuan-perempuan membagi-bagi barang rampasan yang dibawa dari peperangan.

13) (68-14) Orang yang tinggal di rumah akan turut ambil bagian dari kekayaan itu — merpati logam yang berlapis perak dan bulunya berlapis emas.”

14) (68-15) Allah Yang Mahakuasa mencerai-beraikan raja-raja seperti salju yang turun ke atas Gunung Zalmon.

15) (68-16) Gunung Basan adalah gunung yang besar dengan banyak puncaknya.

16) (68-17) Hai Basan, mengapa engkau cemburu terhadap Gunung Sion? Allah telah memilih untuk tinggal di sana. TUHAN akan tinggal di sana selama-lamanya.

17) (68-18) Bersama jutaan kereta perang-Nya Tuhan telah datang dari Sinai ke tempat kudus.

18) (68-19) Engkau naik ke tempat-Mu yang tinggi, memimpin arak-arakan tawanan. Engkau menerima pemberian dari orang, termasuk yang memberontak kepada-Mu. TUHAN Allah naik ke atas untuk tinggal di sana.

19) (68-20) Pujilah TUHAN! Setiap hari Ia menolong kita atas beban yang harus kita bawa. Dialah Allah yang menyelamatkan kita. Sela

20) (68-21) Dialah Allah kita, Allah yang menyelamatkan kita. Tuhan ALLAHku menyelamatkan kita dari maut.

21) (68-22) Allah akan meremukkan kepala musuh-Nya. Ia akan menghukum orang yang melawan-Nya.

22) (68-23) Tuhanku mengatakan, “Jika mereka melarikan diri ke Basan atau ke dasar laut, Aku akan membawa mereka kembali,

23) (68-24) sehingga kamu dapat menginjak darah mereka, dan banyak yang tersisa untuk anjing-anjingmu.”

24) (68-25) Ya Allah, setiap orang dapat melihat arak-arakan kemenangan-Mu. Barisan kemenangan dari Allah dan Rajaku ke tempat-Mu yang kudus.

25) (68-26) Para penyanyi berjalan di depan, diikuti oleh para pemain musik, dikelilingi oleh gadis-gadis muda yang memainkan tambur.

26) (68-27) Pujilah Allah di tempat pertemuan. Pujilah TUHAN, hai orang Israel.

27) (68-28) Suku terkecil Benyamin memimpin mereka. Dan datanglah sekelompok besar pemimpin dari Yehuda. Para pemimpin Zebulon dan Naftali mengikutinya.

28) (68-29) Ya Allah, tunjukkan kuasa-Mu kepada kami. Tunjukkan kepada kami kuasa yang Kaupakai atas kami pada masa lampau.

29) (68-30) Raja-raja akan membawa kekayaannya kepada-Mu, ke Bait Tuhan-Mu di Yerusalem.

30) (68-31) Hukumlah orang di Mesir. Mereka seperti lembu di tengah-tengah paya, seperti kerbau jantan di tengah-tengah sapi muda. Engkau telah mengalahkan mereka. Engkau telah mencerai-beraikannya dalam perang. Sekarang biarkan mereka datang merangkak, membawa peraknya kepada-Mu.

31) (68-32) Utusan dari Mesir akan datang membawa pemberiannya. Orang Etiopia membawa kekayaannya kepada Allah.

32) (68-33) Hai raja-raja di bumi, bernyanyilah bagi Allah. Nyanyikanlah nyanyian pujian bagi TUHAN kita. Sela

33) (68-34) Bernyanyilah bagi Dia yang mengendarai kereta perang-Nya melalui langit purbakala. Dengarkanlah suara-Nya yang penuh kuasa.

34) (68-35) Beritakanlah kepada setiap orang betapa besar kuasa-Nya. Ia memerintah atas Israel. Kuasa-Nya memenuhi langitan.

35) (68-36) Ya Allah, Engkau mengagumkan dalam Rumah-Mu. Hanya Allah Israel yang memberikan kekuatan dan kuasa kepada umat-Nya. Pujilah Allah!

Pasal 69 (Total ayat 36)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Bunga bakung.” Nyanyian Daud. (69-2) Ya Allah, selamatkanlah aku dari segala kesulitanku. Air telah sampai ke mulutku.

2) (69-3) Tidak ada tempat berpijak. Aku tenggelam ke bawah, ke dalam lumpur. Aku ada di air yang dalam, dan ombak menutupi aku.

3) (69-4) Aku lelah berteriak-teriak minta tolong. Kerongkonganku sudah kering. Aku telah menunggu dan mencari pertolongan dari Engkau hingga mataku sakit.

4) (69-5) Musuhku lebih banyak daripada rambut di kepalaku. Mereka membenci aku tanpa alasan. Mereka berusaha membinasakan aku. Mereka mengatakan dusta tentang aku dan menuntut aku supaya aku membayar barang yang tidak kucuri.

5) (69-6) Ya Allah, Engkau tahu kesalahanku. Aku tidak dapat menyembunyikan dosaku dari pada-Mu.

6) (69-7) Ya Tuhan ALLAHku Yang Mahakuasa, janganlah biarkan pengikut-Mu malu karena aku. Ya Allah Israel, janganlah biarkan aku mempermalukan orang yang menyembah-Mu.

7) (69-8) Mukaku ditutupi dengan noda. Aku menanggung noda demi Engkau.

8) (69-9) Aku diperlakukan oleh saudara-saudaraku seperti pendatang. Mereka berbuat seakan-akan aku seperti orang asing.

9) (69-10) Kegairahanku akan rumah-Mu membinasakan aku. Mereka yang menghina Engkau juga menghina aku.

10) (69-11) Bila aku menangis dan berpuasa, mereka mengejek aku.

11) (69-12) Bila aku memakai baju kabung menunjukkan kesedihanku, mereka menyindir aku.

12) (69-13) Mereka membicarakan tentang aku di tempat umum. Dan pemabuk-pemabuk menyanyi tentang aku.

13) (69-14) Bagiku, inilah doaku kepada-Mu, ya TUHAN: Terimalah aku. Ya Allah, aku mau supaya Engkau menjawab aku dengan kasih. Aku tahu aku dapat mempercayai Engkau untuk menyelamatkan aku.

14) (69-15) Tariklah aku dari lumpur. Janganlah biarkan aku tenggelam dalam lumpur. Selamatkanlah aku dari orang yang membenci aku. Selamatkanlah aku dari air yang dalam.

15) (69-16) Janganlah biarkan gelombang menenggelamkan aku. Janganlah biarkan lubuk yang dalam menelan aku, tutuplah liang kubur terhadap aku.

16) (69-17) Ya TUHAN, jawablah aku dari kebaikan kasih-setia-Mu. Dengan segala kebaikan-Mu, berbaliklah kepadaku dan tolonglah aku.

17) (69-18) Janganlah berpaling dari hamba-Mu. Aku dalam bahaya. Tolonglah aku dengan segera.

18) (69-19) Datanglah, selamatkanlah jiwaku. Bebaskanlah aku dari musuhku.

19) (69-20) Engkau tahu aku dipermalukan. Engkau tahu musuhku menghinaku. Engkau melihat mereka melakukannya.

20) (69-21) Noda telah menindas aku. Aku hampir mati karena malu. Aku menantikan belas kasihan, tetapi tidak ada yang dapat ditemukan. Aku menantikan orang menghibur aku, tetapi tidak seorang pun yang datang.

21) (69-22) Mereka memberikan racun kepadaku, bukan makanan. Mereka memberikan cuka kepadaku, bukan anggur.

22) (69-23) Meja mereka penuh dengan makanan. Biarlah perjamuannya yang besar membinasakannya.

23) (69-24) Semoga mereka menjadi buta dan punggungnya lemah.

24) (69-25) Biarkan mereka merasakan segala kemarahan-Mu.

25) (69-26) Buatlah rumah mereka kosong. Janganlah biarkan orang tinggal di sana.

26) (69-27) Mereka berusaha menyiksa orang yang telah Kauhukum. Mereka menyebutkan semua kesedihan yang telah Kauberikan kepada mereka.

27) (69-28) Hukumlah mereka karena perbuatan jahatnya. Janganlah tunjukkan kepada mereka betapa baiknya Engkau.

28) (69-29) Hapuslah nama mereka dari Buku Kehidupan. Janganlah daftarkan namanya dalam buku bersama orang baik.

29) (69-30) Aku sedih dan sakit. Ya Allah, angkatlah aku dan selamatkan aku.

30) (69-31) Aku akan memuji nama Allah dengan nyanyian. Aku akan memuji-Nya dengan pujian syukur.

31) (69-32) TUHAN akan lebih senang dengan itu daripada kurban sapi jantan atau persembahan lembu jantan yang bertanduk dan berkuku belah.

32) (69-33) Hai orang miskin, datanglah menyembah Allah. Kamu akan berbahagia mengetahui hal itu.

33) (69-34) TUHAN mendengarkan orang miskin yang tidak berdaya. Ia masih suka terhadap orang tahanan.

34) (69-35) Pujilah Dia, hai langit dan bumi. Laut dan segala isinya, pujilah Dia.

35) (69-36) Allah akan menyelamatkan Sion. Ia akan membangun kembali kota-kota Yehuda. Orang yang mewarisi negeri itu akan kembali tinggal di sana.

36) (69-37) Keturunan hamba-hamba-Nya akan mewarisi negeri itu. Orang yang mengasihi nama-Nya akan tinggal di sana.

Pasal 70 (Total ayat 5)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud untuk mengingatkan umat. (70-2) Ya Allah, selamatkanlah aku. Ya TUHAN, tolonglah aku segera.

2) (70-3) Orang berusaha membunuhku. Buatlah mereka kecewa. Permalukanlah mereka. Mereka ingin menyakiti aku. Buatlah mereka melarikan diri dengan merasa malu.

3) (70-4) Semoga mereka yang menertawai aku merasa malu berbicara.

4) (70-5) Semoga mereka yang datang kepada-Mu berbahagia dan bersukacita. Semoga mereka yang Engkau selamatkan selalu mengatakan, “Pujilah Allah!”

5) (70-6) Aku hanya orang miskin yang tidak berdaya. Ya Allah, segeralah datang kepadaku. Engkaulah Penolongku, satu-satunya yang dapat menyelamatkan aku. TUHAN, janganlah terlambat.

Pasal 71 (Total ayat 24)
1) Ya TUHAN, aku bergantung pada-Mu, jangan biarkan aku kecewa.

2) Dengan kebaikan-Mu, selamatkanlah dan tolonglah aku. Dengarkan aku dan selamatkan aku.

3) Jadilah Batu karangku, tempatku yang aman. Jadilah kubu pertahananku, dan lindungilah aku. Engkau Batu karangku, tempat perlindunganku.

4) Ya Allahku, selamatkanlah aku dari orang jahat. Selamatkanlah aku dari orang kejam dan jahat.

5) Ya Tuhan ALLAHku, Engkaulah pengharapanku. Aku telah mempercayai Engkau sejak masa mudaku.

6) Aku telah bergantung pada-Mu, bahkan sejak aku masih di kandungan. Engkau menolong mendorongku keluar dari perut ibuku. Aku selalu berdoa kepada-Mu.

7) Engkaulah sumber kekuatanku. Jadi, aku menjadi teladan bagi orang lain.

8) Aku selalu menyanyikan tentang perbuatan-Mu yang ajaib.

9) Janganlah buang aku hanya karena aku tua, janganlah tinggalkan aku ketika kekuatanku hilang.

10) Musuhku telah berencana melawan aku. Mereka sesungguhnya telah berkumpul dan membuat rencana membunuhku.

11) Mereka berkata, “Pergi menangkapnya. Allah telah meninggalkannya, tidak ada yang menolongnya.”

12) Ya Allah, janganlah tinggalkan aku. Ya Allah, segeralah! Datang menyelamatkan aku.

13) Kalahkanlah musuhku. Binasakan mereka. Mereka berusaha menyiksaku. Semoga mereka merasa malu dan hina.

14) Kemudian aku senantiasa percaya kepada-Mu dan memuji-Mu terus-menerus.

15) Aku akan menceritakan kepada orang betapa baiknya Engkau. Aku akan menceritakan berapa kali Engkau menyelamatkan aku. Hal itu terjadi terlalu sering.

16) Aku akan menceritakan kebesaran-Mu, ya Tuhan ALLAHku. Aku akan membicarakan hanya tentang Engkau dan kebaikan-Mu.

17) Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak masa mudaku. Dan sampai hari ini aku menceritakan kepada orang tentang perbuatan-Mu yang mengagumkan itu.

18) Sekarang aku sudah tua dan rambutku putih, jangan tinggalkan aku, ya Allah. Aku akan menceritakan kepada setiap keturunan yang baru tentang kuasa dan kebesaran-Mu.

19) Ya Allah, kebaikan-Mu jauh di atas langit. Ya Allah, tidak ada dewa seperti Engkau. Engkau telah melakukan hal-hal yang mengagumkan.

20) Engkau membiarkan aku melihat kesulitan dan masa yang sulit, tetapi Engkau memberikan hidup baru kepadaku, Engkau mengangkat aku dari lubang kematian.

21) Tolonglah aku melakukan yang lebih besar daripada sebelumnya. Teruskanlah menghibur aku.

22) Aku akan memainkan gambus dan memuji Engkau. Ya Allah, aku akan menyanyikan kesetiaan-Mu. Aku akan memainkan kecapi puji-pujian bagi Yang Mahakudus Israel.

23) Aku akan bersorak-sorai, menyanyikan lagu pujian bagi-Mu karena Engkau menyelamatkan aku.

24) Lidahku akan menyanyikan tentang kebaikan-Mu sepanjang masa karena orang yang mau membunuhku telah kalah dan dipermalukan.

Pasal 72 (Total ayat 20)
1) Kepada Salomo. Ya Allah, tolonglah raja menjadi seperti Engkau dan membuat keputusan yang jujur. Tolonglah anak raja belajar tentang keadilan.

2) Tolonglah raja menghakimi umat-Mu dengan jujur. Tolonglah dia membuat keputusan yang bijaksana terhadap umat-Mu yang miskin.

3) Biarlah damai sejahtera dan keadilan terdapat di seluruh negeri, terkenal di setiap gunung dan bukit.

4) Biarlah raja jujur terhadap orang miskin. Biarlah dia menolong orang yang tidak berdaya dan menghukum orang yang menyiksanya.

5) Semoga orang takut dan hormat kepada-Mu, ya Allah, selama matahari masih bersinar dan bulan ada di langit.

6) Tolonglah raja menjadi seperti hujan jatuh ke ladang, seperti gerimis jatuh ke tanah.

7) Biarlah kebaikan berkembang selama pemerintahannya. Biarlah damai sejahtera berlanjut selama bulan masih ada.

8) Biarlah kerajaannya berkembang dari laut ke laut, dari Sungai Efrat ke tempat-tempat yang jauh di bumi.

9) Semoga semua orang yang tinggal di padang gurun tunduk kepadanya. Semoga semua musuhnya sujud di depannya dengan wajahnya pada tempat yang kotor.

10) Semoga raja-raja Tarsis dan semua negeri di tempat jauh membawa persembahan kepadanya. Semoga raja-raja Syeba dan Seba membawa upeti kepadanya.

11) Semoga semua raja menyembah kepadanya. Semoga bangsa-bangsa melayaninya.

12) Raja kita menolong orang miskin yang minta tolong kepadanya — yang tidak mendapat pertolongan dari orang lain.

13) Ia sayang kepada orang lemah dan miskin. Ia melindungi hidup mereka.

14) Ia menyelamatkan mereka dari orang kejam yang berusaha menyakitinya. Hidup mereka sangat penting baginya.

15) Hiduplah raja! Biarlah dia memperoleh emas dari Syeba. Berdoalah senantiasa buat raja. Berkatilah dia setiap hari.

16) Semoga ladang menghasilkan banyak gandum dan bukit-bukit penuh dengan hasil panen. Semoga ladang sesubur Libanon, dan kota-kota penuh dengan manusia seperti ladang ditutupi rumput.

17) Semoga raja terkenal selama-lamanya. Semoga orang mengenang namanya selama matahari masih bersinar. Semoga orang diberkatinya dan semua mereka memberkati raja.

18) Pujilah TUHAN Allah, Allah orang Israel. Hanya Allah dapat melakukan yang menakjubkan seperti itu.

19) Pujilah nama-Nya yang mulia selama-lamanya. Biarlah kemuliaan-Nya memenuhi seluruh dunia. Amin dan Amin!

20) Itulah akhir doa Daud anak Isai.

Pasal 73 (Total ayat 28)
1) [jilid 3 (Mazmur 73-89)] Allah sungguh baik kepada Israel, kepada orang yang hatinya murni.

2) Aku hampir tergelincir dan hampir jatuh ke dalam dosa.

3) Aku melihat bahwa orang jahat berhasil, dan aku cemburu terhadap orang sombong.

4) Mereka sehat. Mereka tidak perlu berjuang demi hidup.

5) Mereka tidak menderita seperti kami. Mereka tidak mempunyai kesulitan seperti orang lain.

6) Jadi, mereka angkuh dan penuh kebencian. Hal itu mudah tampak dari kalung dan pakaiannya.

7) Jika mereka melihat sesuatu yang disukainya, mereka pergi dan mengambilnya. Mereka melakukan yang dikehendakinya.

8) Mereka mengatakan yang kejam dan jahat tentang orang lain. Mereka sombong dan keras kepala dan selalu berencana menyakiti orang lain.

9) Mereka menganggap dirinya dewa. Mereka menyangka bahwa mereka pemerintah atas bumi.

10) Bahkan umat Allah berbalik kepada mereka dan melakukan yang dikatakannya.

11) Orang jahat mengatakan, “Allah tidak tahu yang kita lakukan. Allah Yang Mahatinggi tidak tahu.”

12) Orang sombong itu jahat, namun mereka kaya dan semakin kaya.

13) Jelas, aku tidak memperoleh sesuatu dengan menjaga pikiranku murni. Apa baiknya menjaga diriku dari dosa?

14) Ya Allah, aku menderita sepanjang hari, dan Engkau menghukum aku setiap pagi.

15) Aku mau membicarakan hal itu kepada orang lain, tetapi hal itu dapat membuat aku mengkhianati umat-Mu.

16) Aku berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengerti hal itu, tetapi sangat sulit bagiku.

17) Kemudian, ya Allah, aku pergi ke Rumah-Mu dan aku mengerti apa yang akan terjadi terhadap orang jahat.

18) Engkau telah menempatkannya ke dalam bahaya. Engkau membuat mereka mudah jatuh dan binasa.

19) Kesulitan dapat terjadi tiba-tiba, dan mereka akan dimusnahkan. Hal-hal mengerikan dapat terjadi atas mereka lalu mereka lenyap.

20) Kemudian mereka seperti suatu mimpi yang kami lupakan ketika kami bangun. Engkau membuatnya tidak tampak seperti raksasa dalam mimpi kami.

21) Aku sangat bodoh. Aku mengingat orang seperti itu dan menjadi gelisah. Ya Allah, aku gelisah dan marah kepada-Mu. Aku bertindak seperti binatang yang bodoh.

22) (73:21)

23) Namun, aku tetap bersama Engkau. Engkau memegang tanganku.

24) Engkau menuntunku dan memberikan nasihat yang baik kepadaku, dan kemudian Engkau membawa aku ke dalam kemuliaan.

25) Di surga, ya Allah, hanya Engkau milikku. Dan jika aku bersama-Mu, apa yang dapat kuinginkan di bumi?

26) Mungkin pikiran dan tubuhku akan menjadi lemah, tetapi Allah adalah Batu karang hatiku. Ia milikku selama-lamanya.

27) Ya Allah, orang yang meninggalkan Engkau akan hilang. Engkau akan membinasakan yang tidak setia pada-Mu.

28) Bagiku, semua yang kuinginkan adalah dekat pada Allah. Aku telah membuat Tuhan ALLAH tempat perlindunganku. Ya Allah, aku akan memberitakan tentang yang telah Kauperbuat.

Pasal 74 (Total ayat 23)
1) Nyanyian Asaf. Ya Allah, selamanyakah Engkau meninggalkan kami? Mengapa Engkau masih marah kepada kami, kawanan-Mu sendiri?

2) Ingatlah umat yang Engkau beli dahulu. Engkau menyelamatkan kami, dan kami milik-Mu. Dan ingatlah Gunung Sion, tempat tinggal-Mu.

3) Ya Allah, berjalanlah melalui puing-puing lama. Kembalilah ke Tempat Kudus yang telah dibinasakan musuh.

4) Musuh-musuh kami sudah meneriakkan suara perang dalam Rumah Tuhan. Mereka mengibarkan benderanya menunjukkan bahwa mereka telah menang.

5) Tentara mereka seperti orang yang memotong rumput dengan cangkul.

6) Mereka memakai kapak dan beliungnya memotong kayu berukir dalam Rumah-Mu.

7) Mereka membakar Tempat Suci-Mu, yaitu Rumah Tuhan telah dibangun untuk memuliakan nama-Mu. Tetapi mereka meratakannya ke tanah.

8) Musuh memutuskan untuk menindas kami. Mereka membakar setiap tempat kudus di negeri ini.

9) Kami tidak dapat melihat tanda kami. Tidak ada lagi nabi. Tidak ada yang mengetahui berapa lama itu berlangsung.

10) Ya Allah, berapa lama lagi musuh menertawakan kami? Apakah Engkau membiarkannya terus menghina nama-Mu?

11) Mengapa Engkau tidak mau menolong kami? Pakailah kuasa-Mu mengalahkan musuh kami.

12) Ya Allah, Engkaulah raja kami sejak dahulu. Engkau telah menolong kami memenangkan banyak perang di negeri ini.

13) Ya Allah, Engkau memakai kuasa-Mu yang besar membelah laut dan memecahkan kepala ular naga.

14) Engkau meremukkan kepala Lewiatan dan meninggalkan tubuhnya untuk makanan binatang.

15) Engkau membuat mata air dan sungai mengalir dan membuat sungai kering.

16) Engkau menguasai siang hari dan menguasai malam. Engkau telah menciptakan bulan dan matahari.

17) Engkau membuat batas segala sesuatu di atas bumi. Dan Engkau menciptakan musim panas dan musim dingin.

18) Ya TUHAN, ingatlah, musuh-musuh menghina-Mu. Orang bodoh membenci nama-Mu.

19) Janganlah biarkan binatang mengambil merpati-Mu. Janganlah lupakan umat-Mu yang miskin selama-lamanya.

20) Ingatlah Perjanjian yang Engkau berikan kepada kami karena kekerasan memenuhi setiap tempat yang gelap di negeri ini.

21) Ya Allah, umat-Mu telah diinjak-injak dengan jahat. Janganlah biarkan mereka dianiaya lagi. Biarlah umat-Mu dan orang yang tidak berdaya memuji Engkau.

22) Ya Allah, bangkit dan berjuanglah. Ingat, orang bodoh telah menantang-Mu.

23) Janganlah lupakan teriakan musuh-Mu. Mereka menghina-Mu terus-menerus.

Pasal 75 (Total ayat 10)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Jangan Binasakan.” Salah satu nyanyian pujian Asaf. (75-2) Kami memuji-Mu, ya Allah. Kami memuji-Mu karena Engkau dekat kepada kami. Kami memberitakan tentang perbuatan-Mu yang agung.

2) (75-3) Allah berkata, “Aku memilih waktu untuk penghakiman. Aku menghakimi dengan adil.

3) (75-4) Bumi dan segala yang ada di atasnya akan gemetar dan siap untuk roboh, tetapi Aku membuatnya teguh. Sela

4) (75-5) Beberapa orang sangat sombong. Mereka menganggap bahwa mereka berkuasa dan penting. Tetapi Aku berkata kepada mereka, ‘Jangan sombong. Jangan begitu tinggi hati.’”

5) (75-6) (75:4)

6) (75-7) Tidak ada kuasa di atas bumi yang dapat membuat seseorang menjadi penting.

7) (75-8) Allah adalah Hakim. Dia menentukan siapa yang penting. Ia mengangkat satu orang dan menurunkan yang lain.

8) (75-9) TUHAN memegang piala. Piala itu penuh dengan anggur beracun kemarahan-Nya. Ia akan mencurahkan anggur itu, dan orang jahat meminumnya sampai habis.

9) (75-10) Aku selalu memberitakan itu kepada orang dan menyanyikan pujian bagi Allah Israel.

10) (75-11) Allah berkata, “Aku mengambil kuasa dari orang jahat dan memberikannya kepada orang baik.”

Pasal 76 (Total ayat 12)
1) Untuk pemimpin koor. Diiringi dengan alat-alat musik. Salah satu nyanyian pujian Asaf. (76-2) Orang di Yehuda mengenal Allah. Orang di Israel menghormati nama-Nya.

2) (76-3) Bait Tuhan-Nya ada di Salem. Rumah-Nya di Gunung Sion.

3) (76-4) Di sana Ia mematahkan panah, perisai, pedang, dan alat perang lainnya. Sela

4) (76-5) Ya Allah, Engkau mulia, datang kembali dari bukit tempat-Mu mengalahkan musuh-Mu.

5) (76-6) Mereka menganggap dirinya kuat, tetapi mereka mati tergeletak sekarang di ladang. Tubuhnya telah ditelanjangi dari semua yang dimilikinya. Mereka tidak dapat mempertahankan dirinya.

6) (76-7) Allah Yakub meneriaki mereka, dan kereta perang dan kudanya mati berjatuhan.

7) (76-8) Ya Allah, Engkau mengagumkan. Tidak seorang pun yang dapat menghadapi-Mu apabila Engkau marah.

8) (76-9) Engkau berdiri selaku Hakim dan memberikan keputusan-Mu. Engkau menyelamatkan orang yang rendah hati di negeri itu. Dari surga Engkau memberikan keputusan, dan seluruh bumi berdiam diri dan ketakutan.

9) (76-10) (76:8)

10) (76-11) Bahkan kemarahan orang dapat menghormati-Mu apabila Engkau memakainya menghukum orang jahat.

11) (76-12) Hai umat, kamu telah berjanji kepada TUHAN Allahmu. Sekarang berikanlah kepada-Nya yang telah kamu janjikan. Orang di setiap tempat takut dan hormat kepada Allah, dan mereka akan membawa persembahan kepada-Nya.

12) (76-13) Allah mengalahkan para pemimpin besar, semua raja di atas bumi takut akan Dia.

Pasal 77 (Total ayat 20)
1) Kepada pemimpin koor. Yedutun. Salah satu nyanyian Asaf. (77-2) Aku berseru minta tolong kepada Allah. Aku berseru kepada-Mu, ya Allah, dengarkanlah aku.

2) (77-3) Ya Tuhanku, pada masa kesulitanku aku datang kepada-Mu. Aku mencari Engkau sepanjang malam. Jiwaku tidak mau dihibur.

3) (77-4) Aku mengingat Engkau, ya Allah dan berusaha mengatakan kepada-Mu bagaimana perasaanku, tetapi aku tidak mampu.

4) (77-5) Engkau tidak membiarkan aku tidur. Aku berusaha mengatakan sesuatu, tetapi aku sangat gelisah.

5) (77-6) Aku memikirkan tentang masa lalu, tentang yang terjadi dahulu.

6) (77-7) Pada malam hari, aku mencoba mengingat tentang nyanyianku. Aku berkata terhadap diriku, berusaha untuk mengerti apa yang terjadi.

7) (77-8) Aku heran, “Apakah Tuhan kami menolak kami selama-lamanya? Apakah Dia menerima kami lagi?

8) (77-9) Apakah kasih-Nya telah hilang selama-lamanya? Apakah Dia berbicara lagi kepada kami?

9) (77-10) Apakah Allah telah melupakan rahmat? Apakah rasa kasihan-Nya telah berubah menjadi kemarahan?” Sela

10) (77-11) Kemudian aku berpikir, “Hal yang paling mengganggu aku ialah pikiran bahwa Allah Yang Mahatinggi telah kehilangan kuasa.”

11) (77-12) Ya TUHAN, aku mengingat yang telah Kaulakukan dahulu. Aku mengingat hal yang mengagumkan yang telah Kaulakukan dahulu.

12) (77-13) Aku merenungkan semuanya itu. Aku merenungkan hal itu sepanjang masa.

13) (77-14) Ya Allah, semua yang Kaulakukan kudus, tidak ada allah sebesar Engkau.

14) (77-15) Engkaulah Allah yang melakukan yang mengagumkan. Engkau telah menunjukkan kuasa-Mu yang besar kepada bangsa-bangsa.

15) (77-16) Dengan kuasa-Mu Engkau menyelamatkan umat-Mu, keturunan Yakub dan Yusuf. Sela

16) (77-17) Ya Allah, air melihat-Mu dan ketakutan. Air yang dalam gemetar ketakutan.

17) (77-18) Awan tebal meneteskan airnya. Guntur bergemuruh di langit. Panah halilintar-Mu bercahaya menembus awan.

18) (77-19) Suara gemuruh berbunyi dengan kuat. Halilintar menerangi bumi. Bumi bergoyang dan gemetar.

19) (77-20) Engkau berjalan melalui air yang dalam dan menyeberangi laut yang dalam, tetapi Engkau tidak meninggalkan jejak.

20) (77-21) Engkau memimpin umat-Mu seperti domba, memakai Musa dan Harun menuntun mereka.

Pasal 78 (Total ayat 72)
1) Sanjak Asaf. Hai bangsaku, dengarkanlah ajaranku. Dengarkan yang kukatakan.

2) Aku akan mengatakan suatu cerita kepadamu. Aku mengatakan kepadamu tentang masa lalu yang sulit dimengerti.

3) Kita telah mendengar cerita itu dan mengetahuinya dengan baik. Nenek moyang kita telah menceritakannya kepada kita.

4) Dan kita tidak akan melupakannya. Bangsa kita akan menceritakannya sampai kepada keturunan yang terakhir. Kita semua akan memuji TUHAN dan menceritakan tentang hal mengagumkan yang dilakukan-Nya.

5) Ia telah membuat Perjanjian dengan Yakub. Ia memberikan Hukum Taurat kepada Israel. Ia memberikan perintah kepada nenek moyang kita. Ia mengatakan kepada mereka untuk mengajarkan Hukum Taurat kepada keturunannya.

6) Kemudian keturunan berikutnya, bahkan anak-anak yang belum lahir, akan mempelajari hukum itu. Dan mereka akan dapat mengajarkannya kepada anak-anaknya sendiri.

7) Jadi, mereka semua percaya kepada Allah, tidak akan pernah melupakan yang diperbuat-Nya, dan selalu taat kepada perintah-Nya.

8) Mereka tidak akan seperti nenek moyangnya yang keras kepala dan tidak patuh. Hati mereka tidak diberikan kepada Allah, dan mereka tidak setia kepada-Nya.

9) Orang dari Efraim memiliki senjata, tetapi mereka melarikan diri dari peperangan.

10) Mereka tidak menepati perjanjiannya dengan Allah. Mereka tidak mau menaati ajaran-Nya.

11) Mereka lupa akan perbuatan besar yang dilakukan oleh Allah dan perbuatan yang mengagumkan yang ditunjukkan-Nya kepada mereka.

12) Ketika nenek moyang mereka memperhatikannya, Ia menunjukkan kuasa-Nya yang besar di Soan, Mesir.

13) Ia membelah Laut Merah dan memimpin mereka menyeberang. Air berdiri tegak seperti dinding pada kedua sisi.

14) Setiap hari Allah menuntun mereka dengan awan yang tinggi, dan setiap malam mereka dipimpin-Nya dengan tiang api.

15) Ia membelah batu karang di padang gurun dan memberikan kepada mereka lautan air sejuk.

16) Ia membawa aliran air dari batu karang dan membuatnya mengalir seperti sungai,

17) tetapi mereka terus berdosa terhadap Dia. Mereka melawan Allah Yang Mahatinggi di padang gurun.

18) Mereka memutuskan untuk mencobai Allah. Mereka meminta makanan kepada-Nya hanya untuk memuaskan seleranya.

19) Mereka menuntut-Nya dan berkata, “Dapatkah Allah memberikan makanan bagi kita di padang gurun?

20) Ia telah memukul batu karang, dan air mengalir keluar, namun apakah Dia dapat memberikan makanan dan daging kepada kita?”

21) TUHAN mendengar yang dikatakan orang itu dan marah terhadap Yakub. Ia marah terhadap Israel

22) karena mereka tidak percaya kepada Allah. Mereka tidak percaya bahwa Allah dapat menyelamatkannya.

23) Kemudian Allah membuka awan di atas, dan manna turun kepada mereka untuk makanan. Adalah seakan-akan pintu terbuka di langit, dan gandum dicurahkan ke bawah dari gudang di langit.

24) (78:23)

25) Orang itu makan roti malaikat. Allah mengirim makanan berlimpah-limpah memuaskannya.

26) Allah mendatangkan angin deras dari timur, dan dengan kuasa-Nya Ia membuat angin selatan bertiup.

27) Ia membuat burung-burung turun seperti hujan hingga menutupi tanah. Burung sedemikian banyak seperti pasir di pantai banyaknya.

28) Burung-burung berjatuhan tepat di tengah-tengah perkemahan, di sekeliling tenda-tenda mereka.

29) Mereka makan hingga kenyang, Allah memberikan kepada mereka yang dikehendakinya.

30) Namun, sebelum mereka puas, semasih makanan dalam mulutnya,

31) Allah marah dan membunuh bahkan yang terkuat dari antara mereka Ia menurunkan anak-anak muda Israel yang terbaik.

32) Namun, orang masih terus berdosa. Mereka tidak percaya pada perbuatan yang mengagumkan yang dilakukan oleh Allah.

33) Jadi, Ia mengakhiri hidup mereka yang sia-sia dengan mendatangkan beberapa malapetaka.

34) Apabila Ia membunuh beberapa dari mereka, hendaklah yang lain berbalik kepada-Nya. Mereka akan berlari kembali kepada Allah.

35) Mereka mengingat bahwa Allah Batu karangnya, Mereka hendaknya mengingat bahwa Allah Yang Mahatinggi telah menyelamatkannya,

36) tetapi mereka berusaha memperdaya-Nya dengan perkataannya, mereka berdusta terhadap Dia.

37) Hati mereka tidak benar-benar bersama Dia. Mereka tidak setia kepada perjanjian yang diberikan-Nya kepada mereka,

38) tetapi Allah berbelaskasihan. Ia menghapus dosa mereka dan tidak membinasakannya. Beberapa kali Allah menahan kemarahan-Nya. Ia tidak membiarkan diri-Nya begitu marah.

39) Allah mengingat bahwa mereka hanya manusia, seperti angin bertiup dan hilang.

40) Berkali-kali mereka menyusahkan Dia di padang gurun. Mereka membuat-Nya begitu sedih.

41) Mereka berulang kali menguji kesabaran-Nya. Mereka menyakiti Yang Mahakudus Israel.

42) Mereka melupakan kuasa-Nya. Mereka melupakan berapa kali mereka telah diselamatkan-Nya dari musuh.

43) Mereka melupakan mukjizat di Mesir, mukjizat di ladang Soan.

44) Allah membuat air menjadi darah, dan orang Mesir tidak dapat minum air.

45) Ia mengirim lalat menggigit orang Mesir. Ia mengirim katak memusnahkan kehidupan mereka.

46) Ia memberikan hasil panennya kepada belalang, demikian juga tanamannya yang lain kepada ulat.

47) Ia memakai hujan batu membinasakan kebun anggurnya dan hujan es membinasakan pohon-pohonnya.

48) Ia membunuh hewannya dengan hujan batu dan ternaknya dengan penyakit.

49) Ia menunjukkan kemarahan-Nya terhadap orang Mesir. Ia mengirim malaikat penghancur melawan mereka.

50) Ia menemukan jalan menunjukkan kemarahan-Nya. Ia tidak membiarkan mereka hidup. Ia membiarkannya mati dengan penyakit yang mematikan.

51) Ia membunuh setiap anak sulung Mesir. Ia membunuh setiap anak sulung dalam keluarga Ham.

52) Kemudian Dia menuntun Israel seperti gembala. Ia membawa umat-Nya seperti domba ke padang gurun.

53) Ia menuntun mereka dengan aman. Tidak ada lagi yang ditakuti umat-Nya. Ia telah menenggelamkan musuh mereka ke Laut Merah.

54) Ia menuntun mereka ke tanah-Nya yang kudus, ke gunung yang ditaklukkan-Nya dengan kuasa-Nya.

55) Ia mengusir bangsa-bangsa lain dari hadapan mereka dan memberikan bagian dari negeri itu kepada setiap keluarga. Ia memberikan rumah tempat kediaman kepada setiap kelompok Israel.

56) Namun, mereka menguji Allah Yang Mahatinggi dan membuat-Nya sangat sedih. Mereka tidak patuh kepada perintah-Nya.

57) Mereka berbalik dari Dia dan tidak setia seperti nenek moyangnya. Mereka menukar haluan seperti bumerang.

58) Orang Israel membangun tempat tinggi dan membuat Allah marah. Mereka membangun patung berhala dan membuat-Nya cemburu.

59) Allah mendengar apa yang dilakukan mereka dan menjadi sangat marah, Jadi, Dia benar-benar menolak Israel.

60) Allah membuang tempat-Nya di Silo, Kemah Kudus tempat-Nya berdiam di tengah-tengah manusia.

61) Ia membiarkan orang asing merebut Kotak Perjanjian, simbol kuasa dan kemuliaan-Nya.

62) Ia menunjukkan amarah-Nya terhadap umat-Nya dan membiarkannya terbunuh dalam perang.

63) Orang muda mati dibakar, dan tidak ada lagi nyanyian pernikahan untuk anak gadisnya.

64) Imam-imam mereka dibunuh, tetapi janda-janda tidak ada waktunya untuk menangisinya.

65) Akhirnya, Tuhan kita bangun seperti orang yang bangun dari tidurnya, seperti tentara yang terlalu banyak minum anggur.

66) Ia memaksa mundur musuh-Nya dan mengalahkannya. Ia mempermalukannya selama-lamanya.

67) Dan Dia menolak keluarga Yusuf. Ia tidak menerima keluarga Efraim.

68) Tidak, Ia memilih suku Yehuda dan memilih Gunung Sion, tempat yang dicintai-Nya.

69) Ia membangun Bait Kudus-Nya tinggi di atas gunung itu. Seperti bumi, Allah membangun Bait untuk selama-lamanya.

70) Ia telah memilih Daud menjadi hamba-Nya yang istimewa. Ia mengambilnya dari kandang domba.

71) Ia mengambilnya dari penggembalaan domba dan memberikan tugas kepadanya untuk menjaga keturunan Yakub — Israel, umat pilihan-Nya.

72) Dan Daud memimpin mereka dengan hati yang bersih dan membimbing mereka dengan sangat bijaksana.

Pasal 79 (Total ayat 13)
1) Salah satu nyanyian pujian Asaf. Ya Allah, beberapa orang dari bangsa-bangsa lain datang memerangi umat-Mu. Mereka menajiskan Rumah Kudus-Mu. Mereka meninggalkan Yerusalem menjadi puing-puing.

2) Mereka meninggalkan mayat hamba-Mu menjadi makanan burung-burung liar. Mereka meninggalkan daging pengikut-Mu menjadi makanan binatang buas.

3) Darah mengalir seperti air di seluruh Yerusalem. Tidak ada yang tinggal untuk mengubur mayat.

4) Negeri-negeri sekeliling kami menghina kami. Orang di sekitar kami menertawakan dan mengolok-olokkan kami.

5) Ya TUHAN, apakah Engkau marah pada kami selamanya? Apakah kecemburuan-Mu terus membakar seperti api?

6) Arahkanlah kemarahan-Mu atas bangsa-bangsa yang tidak mengenal Engkau, dan terhadap orang yang tidak menghormati-Mu selaku Allah.

7) Bangsa-bangsa itu membunuh keluarga Yakub dan membinasakan negerinya.

8) Janganlah hukum kami karena dosa nenek moyang kami. Segeralah, tunjukkan rahmat-Mu kepada kami. Kami sangat membutuhkan Engkau.

9) Ya Allah dan Juruselamat kami, tolonglah kami. Itu akan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Selamatkanlah kami dan hapus dosa kami demi kebaikan nama-Mu.

10) Janganlah biarkan alasan bagi bangsa-bangsa lain untuk mengatakan, “Di mana Allahmu? Tidakkah Dia dapat menolongmu?” Ya Allah, hukumlah bangsa-bangsa itu supaya kami dapat melihatnya. Hukumlah mereka karena membunuh para hamba-Mu.

11) Dengarkanlah keluhan orang penjara. Pakailah kuasa-Mu yang besar dan selamatkan orang yang harus dihukum mati.

12) Hukumlah bangsa-bangsa yang ada di sekeliling kami. Balaskanlah kepada mereka tujuh kali lipat karena perbuatannya terhadap kami. Hukumlah mereka karena menghina Engkau.

13) Kamilah umat-Mu, domba di dalam kawanan-Mu. Kami akan memuji Engkau selamanya. Kami akan memuji Engkau selama-lamanya.

Pasal 80 (Total ayat 19)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan nada “Bunga Bakung Perjanjian.” Salah satu nyanyian pujian Asaf. (80-2) Ya Gembala Israel, dengarkanlah kami. Engkau telah memimpin umat Yusuf seperti domba. Engkau bertakhta selaku Raja di atas malaikat kerub. Biarlah kami melihat Engkau.

2) (80-3) Ya Gembala Israel, tunjukkanlah kebesaran-Mu kepada Efraim, Benyamin, dan Manasye. Datanglah dan selamatkan kami.

3) (80-4) Ya Allah, terimalah kami kembali. Tersenyumlah pada kami dan selamatkanlah kami.

4) (80-5) TUHAN Allah Yang Mahakuasa, kapan Engkau mendengarkan doa kami? Berapa lama Engkau marah pada kami?

5) (80-6) Sebagai ganti makanan dan minuman. Engkau memberikan air mata kepada umat-Mu.

6) (80-7) Engkau membuat kami menjadi sasaran kebencian setiap orang. Musuh kami menertawakan kami.

7) (80-8) Ya Allah Yang Mahakuasa, terimalah kami kembali. Tersenyumlah pada kami dan selamatkanlah kami.

8) (80-9) Ketika Engkau membawa kami keluar dari Mesir, kami adalah seperti pohon anggur-Mu yang khusus. Engkau mengusir bangsa-bangsa asing meninggalkan negeri ini dan menanam pohon anggur itu di sini.

9) (80-10) Engkau telah menyediakan tanah untuk pohon anggur, akar-akarnya bertumbuh dengan kuat dan berkembang ke seluruh negeri.

10) (80-11) Itu menutupi gunung-gunung dan daun-daunnya bahkan menaungi pohon cedar yang besar.

11) (80-12) Cabang-cabangnya berkembang sampai ke Laut Tengah. Pucuk-pucuknya menjalar sampai ke Sungai Efrat.

12) (80-13) Ya Allah, mengapa Engkau meruntuhkan pagar yang melindungi kebun anggur-Mu? Sekarang setiap orang yang lewat memetik buahnya.

13) (80-14) Babi liar datang dan menginjak-injaknya. Binatang buas datang dan memakan daun-daunnya.

14) (80-15) Ya Allah Yang Mahakuasa, datanglah kembali. Pandanglah dari surga kebun anggur-Mu dan lindungilah itu.

15) (80-16) Ya Allah, lihatlah kebun anggur yang Engkau tanam dengan tangan-Mu sendiri. Lihatlah tanaman muda, yang Engkau buat tumbuh.

16) (80-17) Musuh kami telah memotong dan membakarnya. Tunjukkanlah kepada mereka betapa marahnya Engkau dan binasakanlah mereka.

17) (80-18) Ulurkanlah tangan-Mu dan tolonglah orang yang ada di sebelah kanan-Mu. Ulurkanlah tangan-Mu kepada orang yang telah Kauangkat.

18) (80-19) Kami tidak akan pernah meninggalkan Engkau. Biarlah kami hidup, dan kami akan menyembah Engkau.

19) (80-20) TUHAN Allah Yang Mahakuasa, terimalah kami kembali. Tersenyumlah pada kami dan selamatkanlah kami.

Pasal 81 (Total ayat 16)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan Gitit. Salah satu nyanyian Asaf. (81-2) Berbahagia dan bernyanyilah bagi Allah kekuatan kita. Bersorak-sorailah bagi Allah Yakub.

2) (81-3) Mulailah memainkan musik, bunyikanlah tambur. Mainkan harpa dan kecapi dengan merdu.

3) (81-4) Tiuplah tanduk pada bulan muda. Tiuplah tanduk pada bulan purnama apabila hari raya kita mulai.

4) (81-5) Itulah suatu ketetapan bagi Israel. Allah Yakub telah memberikan perintah itu.

5) (81-6) Allah telah membuat perjanjian dengan umat Yusuf ketika Ia membawa mereka keluar dari Mesir. Dalam bahasa yang kita tidak mengerti, Allah mengatakan,

6) (81-7) “Aku mengambil beban dari bahumu. Aku menyuruhmu menurunkan keranjang pikulan.

7) (81-8) Ketika kamu dalam kesulitan, kamu minta tolong dan Aku membebaskanmu. Aku bersembunyi dalam kabut badai dan Aku menjawabmu. Aku telah mengujimu dekat air Meriba.” Sela

8) (81-9) “Umat-Ku, Aku memperingatkan kamu. Hai Israel, dengarkan Aku.

9) (81-10) Jangan menyembah salah satu allah palsu yang disembah orang asing.

10) (81-11) Aku, TUHAN, adalah Allahmu. Aku membawa kamu keluar dari Mesir. Hai Israel, bukalah mulutmu, dan Aku akan memberi makanan kepadamu.

11) (81-12) Namun, umat-Ku tidak mau mendengarkan Aku, Israel tidak patuh terhadap Aku.

12) (81-13) Jadi, Aku membiarkan mereka melakukan yang ingin dilakukannya. Israel melakukan segala sesuatu yang ingin dilakukannya.

13) (81-14) Jika umat-Ku mau mendengarkan Aku dan hidup seperti cara yang Kukehendaki,

14) (81-15) Aku akan mengalahkan musuhnya. Aku menghukum orang yang membuat kesulitan terhadap Israel.

15) (81-16) Mereka yang membenci TUHAN akan gemetar ketakutan. Mereka akan dihukum selama-lamanya.

16) (81-17) Aku memberikan gandum yang terbaik kepada umat-Ku. Aku memberikan madu murni kepada mereka sampai mereka puas.”

Pasal 82 (Total ayat 8)
1) Salah satu nyanyian pujian Asaf. Allah berdiri dalam pertemuan ilahi. Dialah Hakim dalam pertemuan para hakim.

2) Ia berkata, “Berapa lama lagi kamu menghakimi orang dengan tidak adil dan menunjukkan perhatian khusus kepada orang jahat?” Sela

3) “Belalah orang miskin dan anak yatim piatu. Lindungilah hak orang miskin.

4) Tolonglah orang miskin yang tidak mempunyai pertolongan. Selamatkanlah mereka dari orang jahat.

5) Mereka tidak tahu apa yang terjadi. Mereka tidak mengerti. Mereka tidak tahu yang dilakukannya. Dunia mereka jatuh di sekelilingnya.”

6) Aku, Allah Yang Mahatinggi mengatakan, “Kamu dewa-dewa, anak-Ku sendiri,

7) tetapi kamu akan mati seperti semua manusia harus mati. Hidupmu akan berakhir seperti setiap pemimpin.”

8) Ya Allah, bangunlah. Engkaulah Hakim. Engkaulah Pemimpin atas semua bangsa.

Pasal 83 (Total ayat 18)
1) Salah satu nyanyian pujian Asaf. (83-2) Ya Allah, janganlah berdiam diri. Janganlah tutup telinga-Mu. Katakanlah sesuatu, ya Allah.

2) (83-3) Musuh-musuh-Mu siap melakukan sesuatu. Mereka yang membenci Engkau akan segera menyerang.

3) (83-4) Mereka berencana secara diam-diam melawan umat-Mu. Musuh-Mu membicarakan tentang rencana melawan umat yang Engkau kasihi.

4) (83-5) Musuh mengatakan, “Mari, kita binasakan mereka sampai habis. Kemudian tidak seorang pun akan mengingat nama Israel.”

5) (83-6) Ya Allah, semua orang itu telah bersatu. Mereka bersatu melawan-Mu.

6) (83-7) Pasukannya termasuk Edom, orang Ismael, Moab, dan keturunan Hagar, orang Gebal, Amon, Amalek, Filistin, dan orang Tirus.

7) (83-8) (83:6)

8) (83-9) Bahkan orang Asyur telah bergabung dengan mereka. Mereka menjadikan keturunan Lot sangat berkuasa. Sela

9) (83-10) Ya Allah, kalahkanlah musuh seperti Engkau telah mengalahkan Midian, seperti Engkau mengalahkan Sisera dan Yabin dekat Sungai Kison.

10) (83-11) Engkau membinasakan musuh di Endor, dan mayatnya membusuk di tanah.

11) (83-12) Hukumlah pemimpinnya seperti yang telah Kaulakukan kepada Oreb dan Zeeb. Perbuatlah yang telah Kaulakukan kepada Zebah dan Salmuna.

12) (83-13) Mereka berkata, “Mari kita jadikan tanah ini milik kita sendiri, yaitu ladang berumput milik Allah.”

13) (83-14) Terbangkanlah mereka seperti sekam. Serakkan mereka seperti jerami yang ditiup angin.

14) (83-15) Jadilah seperti api yang membinasakan hutan atau seperti nyala api menghanguskan bukit-bukit.

15) (83-16) Ya Allah, usirlah mereka seperti debu yang dihembuskan angin topan. Kejutkanlah mereka dan hembuskan seperti angin keras.

16) (83-17) TUHAN, permalukanlah mereka hingga mereka datang kepada-Mu minta tolong.

17) (83-18) Semoga mereka ketakutan dan malu selama-lamanya. Jangan kasihani dan kalahkanlah mereka.

18) (83-19) Kemudian mereka tahu bahwa Engkaulah YAHWEH, bahwa Engkaulah satu-satunya TUHAN. Mereka akan tahu bahwa Engkau Allah Yang Mahatinggi, yang memerintah atas seluruh bumi.

Pasal 84 (Total ayat 12)
1) Kepada pemimpin koor. Dengan Gitit. Nyanyian pujian dari keluarga Korah. (84-2) Ya TUHAN Yang Mahakuasa, tempat-Mu tinggal sungguh indah.

2) (84-3) Ya TUHAN, aku mau masuk segera ke dalam Rumah-Mu. Aku sangat rindu. Seluruh tubuh dan jiwaku berteriak supaya bersama Allah yang hidup.

3) (84-4) Ya TUHAN Yang Mahakuasa, Rajaku, Allahku, bahkan burung-burung telah menemukan rumahnya di Rumah-Mu. Burung-burung membuat sarangnya dekat mezbah-Mu, anak-anaknya ditempatkan di sana.

4) (84-5) Orang yang tinggal dalam Rumah-Mu sangat berbahagia. Mereka terus memuji Engkau. Sela

5) (84-6) Berkat besar menjadi milik orang yang bergantung pada kekuatan-Mu. Keinginan hatinya ialah memasuki Rumah-Mu.

6) (84-7) Mereka menyeberangi Lembah Baka, yang dibuat Allah menjadi sumber air. Hujan musim gugur menjadikan kolam di sana.

7) (84-8) Mereka bepergian dari kota ke kota dalam perjalanannya ke Sion, tempat mereka bertemu dengan Allah.

8) (84-9) Ya TUHAN Allah Yang Mahakuasa, dengarkanlah doaku. Ya Allah Yakub, dengarkanlah aku. Sela

9) (84-10) Ya Allah, lindungilah raja, pelindung kami. Berbaikhatilah terhadap dia yang telah Kaupilih.

10) (84-11) Satu hari di pelataran Rumah-Mu lebih baik daripada 1.000 hari di mana saja pun. Melayani selaku penjaga di gerbang rumah Allahku lebih baik daripada tinggal dalam rumah orang jahat.

11) (84-12) TUHAN Allah adalah Pelindung dan Raja kami yang mulia. Ia memberkati kami dengan kebaikan dan kemuliaan. TUHAN memberikan segala sesuatu yang baik kepada orang yang mengikuti dan patuh kepada-Nya.

12) (84-13) Ya TUHAN Yang Mahakuasa, betapa bahagianya mereka yang percaya kepada-Mu.

Pasal 85 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian pujian dari keluarga Korah. (85-2) Ya TUHAN, betapa baik Engkau terhadap negeri-Mu. Engkau telah membuat umat Yakub berhasil kembali.

2) (85-3) Engkau telah mengampuni perbuatan jahat umat-Mu. Engkau telah menghapus dosa-dosanya. Sela

3) (85-4) Engkau telah berhenti marah terhadap mereka. Amarah-Mu yang mengerikan itu telah hilang.

4) (85-5) Ya Allah dan Juruselamat kami, terimalah kami lagi. Jangan marah lagi kepada kami.

5) (85-6) Maukah Engkau memarahi kami selama-lamanya? Apakah amarah-Mu sampai kepada anak cucu kami?

6) (85-7) Tolong, berikanlah kepada kami hidup baru. Buatlah umat-Mu berbahagia.

7) (85-8) Ya TUHAN, selamatkanlah kami dan tunjukkanlah kepada kami kasih-Mu.

8) (85-9) Aku telah mendengar yang dikatakan TUHAN Allah. Ia berkata bahwa ada damai bagi umat dan pengikut-Nya yang setia. Jadi, mereka jangan kembali kepada cara hidupnya yang bodoh.

9) (85-10) Ia segera menyelamatkan pengikut-Nya yang setia. Kemuliaan-Nya akan ada lagi di negeri kita.

10) (85-11) Kasih Allah akan datang bersama para pengikut-Nya. Kebaikan dan damai sejahtera akan menyambut mereka dengan ciuman.

11) (85-12) Manusia di bumi akan setia kepada Allah, dan Allah surgawi baik terhadap mereka.

12) (85-13) TUHAN akan memberikan banyak yang baik kepada kita. Tanah menghasilkan banyak buah yang baik.

13) (85-14) Kebaikan akan berjalan di hadapan Allah dan mempersiapkan jalan bagi-Nya.

Pasal 86 (Total ayat 17)
1) Doa Daud. Aku orang miskin yang tidak berdaya. Ya TUHAN, dengarkanlah aku dan kabulkanlah doaku.

2) Aku pengikut-Mu, lindungilah aku. Aku hamba-Mu, dan Engkau Allahku. Aku percaya kepada-Mu, jadi selamatkanlah aku.

3) Ya Tuhanku, kasihanilah aku. Aku telah berdoa kepada-Mu sepanjang hari.

4) Ya Tuhanku, aku menyerahkan hidupku ke tangan-Mu. Buatlah aku berbahagia, aku hamba-Mu.

5) Ya Tuhanku, Engkau baik dan penuh rahmat. Engkau mengasihi yang minta tolong kepada-Mu.

6) Ya TUHANku, dengarkanlah doaku. Kabulkanlah doaku meminta rahmat.

7) Aku berdoa kepada-Mu pada saat aku kesulitan. Aku tahu bahwa Engkau menjawabku.

8) Ya Tuhanku, tidak ada Allah seperti Engkau. Tidak ada yang dapat melakukan seperti yang Kaulakukan.

9) Ya Tuhanku Engkau telah menciptakan setiap orang. Semoga mereka semua datang menyembah Engkau dan memuliakan nama-Mu.

10) Ya Allah, Engkau besar dan melakukan yang mengagumkan. Engkau dan hanya Engkaulah Allah.

11) TUHAN, ajarkanlah jalan-Mu kepadaku, dan aku akan hidup dan patuh pada kebenaran-Mu. Tolonglah aku supaya menyembah nama-Mu menjadi hal yang terpenting dalam hidupku.

12) Ya Allah Tuhanku, aku memuji Engkau dengan segenap hatiku, aku menghormati nama-Mu selama-lamanya.

13) Begitu besarnya kasih-Mu padaku. Engkau telah menyelamatkan aku dari tempat kematian.

14) Orang sombong telah menyerang aku, ya Allah. Segerombolan orang jahat berusaha membunuh aku. Dan mereka tidak menghormati-Mu.

15) Ya Tuhanku, Engkau Allah yang baik dan penuh rahmat. Engkau sabar, setia, dan penuh kasih.

16) Tunjukkanlah bahwa Engkau mendengarkan aku dan sayang terhadap aku. Aku hamba-Mu, berikanlah kekuatan kepadaku. Aku hamba-Mu, selamatkanlah aku!

17) TUHAN, tunjukkanlah kepadaku suatu tanda bahwa Engkau memelihara aku. Musuhku akan melihatnya dan mereka akan kecewa, karena Engkau menolong dan menghibur aku.

Pasal 87 (Total ayat 7)
1) Nyanyian pujian dari keluarga Korah. Allah telah membangun kota-Nya di atas bukit-bukit kudus.

2) TUHAN mencintai gerbang-gerbang Sion lebih daripada kota-kota lainnya di Israel.

3) Hal-hal yang mengagumkan dikatakan orang tentang engkau, ya Kota Allah. Sela

4) Allah berkata, “Beberapa dari umat-Ku tinggal di tanah Mesir dan Babel. Beberapa dari mereka lahir di Filistea, Tirus, bahkan di Etiopia.”

5) Tetapi tentang Sion dikatakan-Nya, “Aku mengenal semua yang lahir di sana.” Itulah kota yang dibangun oleh Allah Yang Mahatinggi.

6) TUHAN memegang daftar semua umat-Nya dan diketahui-Nya tempat kelahiran setiap orang. Sela

7) Pada perayaan, orang menari dan menyanyikan, “Semua hal yang baik datang dari Sion.”

Pasal 88 (Total ayat 18)
1) Nyanyian pujian dari keluarga Korah. Kepada pemimpin koor. Tentang penyakit yang parah. Nyanyian Heman, orang Ezrahi. (88-2) Ya TUHAN Allah, Engkaulah Juruselamatku. Aku telah berdoa kepada-Mu siang dan malam.

2) (88-3) Perhatikanlah doaku. Kabulkanlah doaku minta rahmat.

3) (88-4) Jiwaku sangat menderita. Aku hampir mati.

4) (88-5) Orang telah memperlakukan aku sebagai orang mati, seperti orang yang terlalu lemah untuk hidup.

5) (88-6) Carilah aku di antara orang mati, seperti mayat yang terbaring dalam kubur, Aku adalah seorang di antara orang mati, yang telah Kaulupakan, yang telah putus dari Engkau dan pemeliharaan-Mu.

6) (88-7) Engkau menempatkan aku ke lubang dalam tanah. Ya, Engkau menempatkan aku ke tempat yang gelap.

7) (88-8) Kemarahan-Mu seperti beban berat yang menimpa aku, dan pecahan ombakmu menindih aku. Sela

8) (88-9) Engkau membuat sahabat-sahabatku meninggalkan aku. Mereka semua menghindari aku seperti orang yang tidak ingin disentuhnya. Aku seperti orang tahanan dalam rumahku, aku tidak dapat keluar.

9) (88-10) Mataku sakit karena menangis atas semua penderitaanku. Ya TUHAN, aku terus berdoa kepada-Mu. Aku mengangkat tanganku berdoa kepada-Mu.

10) (88-11) Apakah Engkau melakukan mukjizat untuk orang mati? Apakah roh orang mati bangkit dan memuji Engkau? Tidak! Sela

11) (88-12) Orang mati dalam kuburannya tidak dapat membicarakan tentang kasih setia-Mu. Orang di dunia kematian tidak dapat membicarakan tentang kesetiaan-Mu.

12) (88-13) Orang mati terbaring dalam kegelapan tidak dapat melihat keajaiban yang telah Kaulakukan. Orang mati dalam tempat yang terlupakan tidak dapat membicarakan kebaikan-Mu.

13) (88-14) Ya TUHAN, aku memohon kepada-Mu untuk menolong aku. Setiap pagi aku berdoa kepada-Mu.

14) (88-15) TUHAN, mengapa Engkau meninggalkan aku? Mengapa Engkau tidak mau mendengarkan aku?

15) (88-16) Aku lemah dan sakit sejak masa mudaku. Aku menderita karena marah-Mu. Aku tidak berdaya.

16) (88-17) Engkau telah marah padaku, dan hukuman membunuh aku.

17) (88-18) Penderitaan dan kesakitan selalu bersamaku. Aku rasakan seperti tenggelam dalam penderitaan dan kesakitanku.

18) (88-19) Engkau telah membuat semua kawanku dan orang yang tercinta meninggalkan aku. Sekarang kegelapanlah teman terdekat padaku.

Pasal 89 (Total ayat 52)
1) Nyanyian Etan orang Ezrahi. (89-2) Aku akan selalu menyanyikan kasih TUHAN. Aku menyanyikan kesetiaan-Nya selama-lamanya.

2) (89-3) Aku akan mengatakan, “Kasih setia-Mu kekal selama-lamanya. Kesetiaan-Mu seperti langit, tidak berkesudahan.”

3) (89-4) Engkau mengatakan, “Aku telah membuat perjanjian dengan raja yang telah Kupilih. Aku membuat perjanjian kepada hamba-Ku Daud,

4) (89-5) ‘Ada selalu seorang dari keluargamu untuk memerintah. Aku akan membuat kerajaanmu berlanjut selama-lamanya.’” Sela

5) (89-6) Ya TUHAN, langit memuji Engkau atas hal-hal yang mengagumkan yang telah Kaulakukan. Persekutuan orang kudus menyanyikan kesetiaan-Mu.

6) (89-7) Tidak ada di surga yang sama dengan TUHAN. Tidak ada dewa-dewa yang dapat dibandingkan dengan TUHAN.

7) (89-8) Bila orang kudus Allah — para malaikat mengelilingi takhta-Nya — bertemu, mereka takut dan hormat kepada-Nya; ia lebih gagah daripada semua yang di sekeliling-Nya.

8) (89-9) TUHAN Allah Yang Mahakuasa, tidak ada seperti Engkau. Engkau kuat, ya TUHAN, dan selalu setia.

9) (89-10) Engkau memerintah laut yang berbadai. Engkau dapat meredakan ombaknya yang ganas.

10) (89-11) Engkau mengalahkan Rahab, Engkau mencerai-beraikan musuh-Mu dengan tangan-Mu sendiri yang berkuasa itu.

11) (89-12) Semua yang ada di surga dan di bumi adalah milik-Mu. Engkau telah menjadikan dunia ini dengan segala isinya.

12) (89-13) Engkau menciptakan segala sesuatu di utara dan selatan. Gunung Tabor dan Gunung Hermon menyanyikan pujian bagi nama-Mu.

13) (89-14) Engkau berkuasa. Kuasa-Mu hebat. Kemenangan adalah milik-Mu.

14) (89-15) Kerajaan-Mu dibangun di atas kebenaran dan keadilan. Kasih dan kesetiaan adalah hamba di hadapan takhta-Mu.

15) (89-16) TUHAN, para pengikut-Mu yang setia sungguh berbahagia. Mereka hidup dalam terang kebaikan-Mu.

16) (89-17) Nama-Mu selalu membuat mereka bersukacita. Mereka memuji kebaikan-Mu.

17) (89-18) Engkaulah kekuatannya yang mengagumkan. Kuasanya datang dari Engkau.

18) (89-19) Raja, pelindung kami, adalah milik TUHAN, Yang Mahakudus Israel.

19) (89-20) Engkau telah berkata kepada para pengikut-Mu dalam penglihatan, “Aku telah membuat seorang yang muda menjadi kuat. Dari antara umat-Ku Aku telah memilihnya untuk suatu kedudukan yang penting.

20) (89-21) Aku mendapat hamba-Ku Daud dan Aku meminyakinya dengan minyak-Ku yang istimewa.

21) (89-22) Tangan kanan-Ku mendukungnya, dan dengan lengan-Ku membuatnya kuat.

22) (89-23) Jadi, musuh tidak akan pernah menguasainya. Orang jahat tidak dapat mengalahkannya.

23) (89-24) Aku menghabisi musuh-musuhnya di hadapannya. Aku mengalahkan mereka yang membencinya.

24) (89-25) Aku selalu mengasihi dan mendukungnya. Aku selalu membuatnya kuat.

25) (89-26) Aku membuatnya mengawasi laut. Ia akan mengawasi sungai-sungai.

26) (89-27) Ia berkata kepada-Ku, ‘Engkaulah Bapaku. Engkaulah Allahku, Batu karangku, Juruselamatku.’

27) (89-28) Dan Aku akan membuatnya anak sulung-Ku. Ia akan menjadi raja yang besar di bumi.

28) (89-29) Kasih-Ku melindunginya selamanya. Perjanjian-Ku dengan dia tidak akan pernah berakhir.

29) (89-30) Keturunannya akan Kubuat tetap untuk selamanya, kerajaannya berlanjut selama langit ada.

30) (89-31) Jika keturunannya tidak mematuhi hukum-Ku dan tidak mematuhi perintah-Ku,

31) (89-32) jika mereka meninggalkan hukum-Ku dan mengabaikan perintah-Ku,

32) (89-33) Aku menghukumnya dengan berat atas dosa dan kesalahannya.

33) (89-34) Namun, Aku tidak pernah mengambil kasih-Ku dari dia. Aku selalu setia terhadapnya.

34) (89-35) Aku tidak akan memutuskan perjanjian-Ku dengan Daud. Aku tidak mengubah yang Kukatakan.

35) (89-36) Demi kekudusan-Ku, Aku telah berjanji kepadanya dan tidak berdusta kepada Daud.

36) (89-37) Keluarga Daud akan ada selama-lamanya. Kerajaannya bertahan selama ada matahari.

37) (89-38) Kerajaannya tetap untuk selamanya seperti bulan. Saksinya ialah langit atas perjanjian yang dapat dipercayai.” Sela

38) (89-39) Engkau telah marah terhadap raja yang Kaupilih dan meninggalkannya sendirian.

39) (89-40) Engkau telah menolak perjanjian-Mu. Engkau membuang mahkota raja ke lumpur.

40) (89-41) Engkau meruntuhkan tembok kotanya. Engkau membinasakan semua bentengnya.

41) (89-42) Orang yang lewat mencuri miliknya. Tetangga-tetangganya menertawainya.

42) (89-43) Engkau membuat semua musuhnya bergembira dan membiarkan mereka menang dalam perang.

43) (89-44) Engkau menolong mereka mempertahankan dirinya. Engkau tidak menolong raja-Mu menang dalam pertempuran.

44) (89-45) Engkau tidak membiarkannya menang. Engkau melemparkan mahkotanya ke tanah.

45) (89-46) Engkau memperpendek hidupnya. Engkau mempermalukannya. Sela

46) (89-47) Ya TUHAN, berapa lama lagi hal itu berlangsung? Apakah Engkau akan mengabaikan kami selama-lamanya? Apakah kemarahan-Mu akan membakar seperti api selama-lamanya?

47) (89-48) Ingatlah betapa singkatnya hidupku. Engkau telah menciptakan kami hidup dengan singkat lalu mati.

48) (89-49) Apakah ada orang yang hidup dan yang tidak pernah mati? Apakah ada orang yang dapat melarikan diri dari kubur? Sela

49) (89-50) Ya Tuhan, di manakah kasih yang telah Kautunjukkan pada masa lalu? Engkau telah menjanjikan kepada Daud bahwa Engkau setia kepada keluarganya.

50) (89-51) TUHAN, ingatlah bagaimana orang telah menghina hamba-Mu. Aku harus mendengarkan semua hinaan dari musuh-Mu. Mereka telah menghina raja pilihan-Mu, ke mana pun dia pergi.

51) (89-52) (89:50)

52) (89-53) Pujilah TUHAN selamanya. Amin dan Amin.

Pasal 90 (Total ayat 17)
1) [jilid 4 (Mazmur 90-106)] Doa Musa, abdi Allah. Ya Tuhanku, Engkaulah rumah kami selama-lamanya.

2) Engkaulah Allah sebelum gunung muncul, sebelum bumi dan dunia diciptakan. Engkau selalu ada dan selalu menjadi Allah.

3) Engkau membawa manusia ke dunia ini dan mengubahnya menjadi debu kembali.

4) Bagi-Mu, 1.000 tahun sama seperti kemarin, seperti beberapa jam pada waktu malam.

5) Hidup kami sama seperti mimpi yang berakhir ketika pagi sudah datang. Kami sama seperti rumput.

6) Pada pagi hari rumput tumbuh, pada malam hari kering dan mati.

7) Kemarahan-Mu dapat membinasakan kami. Kemarahan-Mu membuat kami ketakutan.

8) Engkau tahu semua dosa kami. Engkau melihat setiap dosa kami yang tersembunyi.

9) Kemarahan-Mu dapat mengakhiri hidup kami. Hidup kami menghilang seperti bisikan.

10) Kami hidup kira-kira 70 tahun atau apabila kami kuat, 80 tahun. Hidup kami penuh dengan kerja keras dan kesakitan. Kemudian hidup kami berakhir tiba-tiba, dan kami lenyap.

11) Tidak ada yang tahu kuasa penuh dari kemarahan-Mu, tetapi takut dan hormat kami kepada-Mu sebesar kemarahan-Mu.

12) Ajarlah kami betapa singkatnya umur kami agar kami dapat menjadi bijaksana.

13) Ya TUHAN, kembalilah kepada kami. Sayangilah hamba-hamba-Mu.

14) Penuhilah kami dengan kasih-Mu setiap pagi. Biarlah kami berbahagia dan bersukacita dalam hidup kami.

15) Bertahun-tahun Engkau telah membuat hidup kami berat dan memberikan banyak kesulitan kepada kami. Sekarang buatlah kami bersukacita sedemikian lama juga.

16) Biarlah para hamba-Mu melihat yang mengagumkan, yang dapat Engkau lakukan bagi mereka. Dan biarlah anak-anaknya melihat kemuliaan-Mu.

17) Ya Tuhan Allahku, sayangilah kami. Buatlah berhasil setiap yang kami lakukan. Ya, buatlah semuanya berhasil.

Pasal 91 (Total ayat 16)
1) Engkau dapat pergi kepada Allah Yang Mahatinggi untuk bersembunyi. Engkau dapat pergi kepada Allah Yang Mahakuasa untuk berlindung.

2) Aku berkata kepada TUHAN, “Engkaulah tempat perlindunganku, Bentengku. Ya Allahku, aku percaya kepada-Mu.”

3) Allah akan menyelamatkan engkau dari bahaya tersembunyi dan dari penyakit yang mematikan.

4) Engkau dapat pergi kepada Allah untuk berlindung. Ia akan melindungi engkau seperti burung yang mengembangkan sayapnya terhadap anak-anaknya. Engkau dapat bergantung pada-Nya, seperti perisai dan tembok dan melindungi engkau.

5) Tidak ada yang kautakuti pada malam hari dan engkau tidak takut akan panah musuh pada siang hari.

6) Engkau tidak takut terhadap penyakit yang datang dalam gelap, atau penderitaan yang mengerikan yang datang pada siang hari.

7) Seribu orang mungkin mati di sampingmu atau 10.000 orang di sebelah kananmu, tetapi tidak ada yang buruk akan terjadi atasmu.

8) Semua yang perlu kaulakukan adalah memperhatikan, dan engkau akan melihat bahwa orang jahat dihukum.

9) Engkau percaya kepada TUHAN demi perlindungan. Engkau telah membuat Allah Yang Mahatinggi tempat perlindunganmu.

10) Jadi, tidak ada yang buruk akan terjadi atasmu. Tidak ada penyakit mendekati rumahmu.

11) Ia akan menyuruh malaikat-Nya melindungimu ke mana pun engkau pergi.

12) Tangan mereka akan memegangmu, kakimu tidak terantuk pada batu.

13) Engkau akan memiliki kuasa menginjak singa dan ular berbisa.

14) Tuhan berkata, “Jika orang percaya kepada-Ku, Aku akan menyelamatkannya. Aku melindungi para pengikut-Ku yang minta tolong kepada-Ku.

15) Apabila para pengikut-Ku minta tolong kepada-Ku, Aku akan menjawabnya. Aku akan bersama mereka apabila mereka mempunyai kesulitan. Aku akan menyelamatkan dan menghormatinya.

16) Aku akan memberikan umur panjang kepada para pengikut-Ku dan Aku menunjukkan kuasa-Ku untuk menyelamatkan.”

Pasal 92 (Total ayat 15)
1) Nyanyian pujian untuk Sabat. (92-2) Adalah baik memuji TUHAN. Ya Allah Yang Mahatinggi adalah baik memuji nama-Mu.

2) (92-3) Adalah baik menyanyikan tentang kasih-Mu pada pagi hari, dan tentang kesetiaan-Mu pada malam hari.

3) (92-4) Adalah baik memainkan musik bagi-Mu dengan alat 10 tali, dan menambahkan suara halus harpa pada pujianku.

4) (92-5) TUHAN, Engkau telah membuat kami sangat berbahagia dengan perbuatan-Mu. Aku gembira menyanyikan hal itu.

5) (92-6) Ya TUHAN, Engkau melakukan yang besar. Pikiran-Mu sangat sulit bagi kami untuk dimengerti.

6) (92-7) Orang bodoh tidak mengetahuinya. Mereka tidak mengerti apa-apa.

7) (92-8) Orang jahat tumbuhi seperti rumput liar, dan orang yang melakukan kejahatan dapat berkembang seperti bunga, tetapi mereka akan binasa, dan tidak pernah tampak lagi.

8) (92-9) Ya TUHAN, Engkau akan dipermuliakan selama-lamanya.

9) (92-10) TUHAN, semua musuh-Mu akan binasa, dan semua yang melakukan yang jahat akan tercerai-berai,

10) (92-11) tetapi Engkau membuat aku kuat seperti banteng dengan tanduk yang kuat. Engkau telah mencurahkan minyak-Mu yang segar atasku.

11) (92-12) Aku akan melihat kekalahan orang yang siap untuk menyerang aku. Aku akan mendengar teriakan musuhku yang jahat.

12) (92-13) Orang baik adalah seperti pohon kurma. Mereka seperti pohon cedar yang tumbuh kuat di Libanon.

13) (92-14) Mereka ditanam di Bait TUHAN. Mereka tumbuh dengan kuat di pelataran Bait Allah kita.

14) (92-15) Meskipun mereka sudah tua, mereka terus berbuah seperti pohon yang muda dan sehat.

15) (92-16) Mereka di sana untuk menunjukkan kepada setiap orang bahwa TUHAN baik. Dialah Batu karangku, dan Dia tidak melakukan yang salah.

Pasal 93 (Total ayat 5)
1) TUHANlah Raja. TUHAN mengenakan kebesaran dan kuasa seperti pakaian. Ia siap sedia sehingga seluruh dunia selamat. Dunia tidak akan terguncang.

2) Kerajaan-Mu tetap untuk selamanya. Engkau hidup selama-lamanya.

3) Ya TUHAN, lautan mengangkat suaranya. Dentaman lautan sangat keras seperti ombak menghantam pantai.

4) Dentaman ombak laut keras dan penuh kuasa, tetapi TUHAN di atas bahkan lebih berkuasa.

5) Ya TUHAN, hukum-Mu berlangsung selama-lamanya. Rumah Kudus-Mu berdiri untuk waktu yang lama.

Pasal 94 (Total ayat 23)
1) TUHAN ialah Allah yang menghukum manusia. Ya Allah, datanglah menghukum mereka.

2) Engkaulah Hakim untuk seluruh bumi. Berikanlah hukuman yang setimpal kepada orang sombong.

3) Ya TUHAN, berapa lama orang jahat bergembira? Berapa lama lagi?

4) Berapa lama lagi pelaku-pelaku kejahatan bangga atas perbuatannya yang jahat?

5) Ya TUHAN, mereka menyakiti umat-Mu dan menyiksa mereka.

6) Mereka membunuh janda-janda dan orang asing yang tinggal di negeri kami. Mereka membunuh anak yatim piatu.

7) Dan mereka berkata bahwa TUHAN tidak melihat mereka melakukan yang jahat. Mereka berkata bahwa Allah Israel tidak tahu apa yang terjadi.

8) Kamu orang jahat adalah bodoh. Kapan kamu akan belajar? Kamu orang jahat sangat bodoh. Kamu harus berusaha untuk mengerti.

9) Allah membuat telinga kita, jadi Dia pasti dapat mendengar yang terjadi. Ia membuat mata kita, jadi Dia pasti dapat melihat yang terjadi.

10) Dia yang menghajar bangsa-bangsa pasti akan memeriksa kamu. Dialah satu-satunya yang mengajarkan segala sesuatu kepada kita.

11) TUHAN tahu pikiran manusia. Ia tahu bahwa manusia hanyalah seperti angin berlalu.

12) Ya TUHAN, berkat-berkat ada bagi orang yang Kauhajar, bagi mereka yang Kauajar dari hukum-Mu.

13) Engkau menolong mereka tetap tenang ketika datang kesulitan. Engkau akan menolong mereka hingga orang jahat dimasukkan ke dalam kubur.

14) TUHAN tidak akan meninggalkan umat-Nya. Ia tidak meninggalkannya tanpa pertolongan.

15) Keadilan akan kembali dan membawa kejujuran. Dan orang yang mau melakukan yang benar akan berada di sana untuk melihatnya.

16) Tidak ada orang yang menolong aku melawan orang jahat. Tidak ada orang yang berdiri bersama aku melawan orang yang melakukan kejahatan.

17) Jika TUHAN tidak menolong aku, hidupku membisu oleh maut.

18) Aku tahu bahwa aku telah siap untuk jatuh, tetapi, ya TUHAN, kasih setia-Mu telah mendukung aku.

19) Aku telah khawatir dan kacau, tetapi Engkau telah menghiburku dan membuatku berbahagia.

20) Engkau tidak menolong hakim-hakim yang jahat. Mereka menggunakan hukum membuat hidup orang berat.

21) Mereka menyerang orang baik. Mereka mengatakan orang yang tidak bersalah adalah bersalah lalu membunuhnya.

22) Dan TUHAN tempat perlindunganku, tinggi di atas gunung. Allah, Batu karangku, tempat perlindungan yang aman bagiku.

23) Ia akan menghukum hakim-hakim yang jahat atas kejahatan yang dilakukannya. Ia akan membinasakannya karena mereka berdosa. TUHAN Allah kita akan membinasakan mereka.

Pasal 95 (Total ayat 11)
1) Marilah kita memuji TUHAN. Mari kita bersorak-sorai memuji Batu karang yang menyelamatkan kita.

2) Marilah kita menyembah Tuhan. Mari kita mendekati-Nya dengan nyanyian syukur. Marilah kita menyanyikan nyanyian sukacita memuji-Nya

3) sebab TUHAN ialah Allah Yang Besar. Ia Raja Agung yang memerintah atas semua dewa lain.

4) Lembah yang terdalam dan gunung yang tertinggi adalah milik-Nya.

5) Lautan adalah milik-Nya. Ia telah menjadikannya. Ia membuat daratan dengan tangan-Nya sendiri.

6) Mari kita sujud dan menyembah-Nya. Mari kita memuji TUHAN yang menciptakan kita.

7) Ia adalah Allah kita, dan kita umat yang dipelihara-Nya, domba-Nya yang berjalan di samping-Nya. Dengarkanlah suara-Nya hari ini,

8) “Janganlah keras kepala seperti ketika kamu di Meriba, seperti ketika kamu di Masa di padang gurun.

9) Nenek moyangmu ragu-ragu dan mencobai Aku, biarpun mereka telah melihat yang telah Kuperbuat.

10) Aku telah marah terhadap mereka selama 40 tahun. Aku mengatakan, ‘Mereka tidak setia kepada-Ku. Mereka tidak mau melakukan yang Kukatakan.’

11) Jadi, Aku marah dan membuat sumpah ini, ‘Mereka tidak akan pernah masuk ke tanah peristirahatan-Ku.’”

Pasal 96 (Total ayat 13)
1) Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN. Biarlah seluruh dunia memuji TUHAN.

2) Bernyanyilah bagi TUHAN. Pujilah nama-Nya. Beritakanlah kabar baik setiap hari bagaimana Dia menyelamatkan kita.

3) Beritakanlah kepada semua bangsa betapa agungnya Dia. Beritakanlah kepada orang di mana-mana hal yang mengagumkan yang telah dilakukan-Nya.

4) TUHAN itu besar, dan patut mendapat pujian. Ia lebih mengagumkan daripada dewa lainnya.

5) Semua dewa yang ada pada bangsa lain hanyalah patung, tetapi TUHAN telah menjadikan langit.

6) Ia tinggal dalam kehadiran kemuliaan dan kehormatan. Rumah Kudus-Nyalah tempat kekuatan dan keindahan.

7) Pujilah TUHAN, hai semua bangsa, Pujilah kemuliaan dan kuasa TUHAN.

8) Berikanlah pujian kepada TUHAN yang pantas bagi kemuliaan-Nya. Marilah, bawalah persembahanmu ke pelataran-Nya.

9) Sembahlah TUHAN dalam segala kemuliaan-Nya yang kudus. Biarlah semua yang ada di bumi gemetar di hadapan-Nya.

10) Beritakanlah kepada bangsa-bangsa bahwa TUHANlah Raja. Dunia akan berdiri tegap dan tidak dapat dipindahkan. Ia akan menghakimi orang dengan jujur.

11) Biarlah langit bersukacita dan bumi berbahagia. Biarlah laut dan segala isinya bersorak-sorai.

12) Biarlah ladang-ladang dan semua yang tumbuh di atasnya berbahagia. Biarlah pohon-pohon di hutan bernyanyi dengan sukacita,

13) apabila mereka melihat TUHAN datang. Ia datang menghakimi dunia. Ia menghakimi bangsa-bangsa dengan kebenaran.

Pasal 97 (Total ayat 12)
1) TUHAN memerintah, dan bumi berbahagia. Semua negeri yang jauh berbahagia.

2) Awan tebal yang gelap mengelilingi-Nya. Kebaikan dan keadilan membuat Kerajaan-Nya kuat.

3) Api berjalan di depan-Nya dan membinasakan musuh-Nya.

4) Kilat-kilat-Nya bercahaya di langit. Orang melihatnya dan ketakutan.

5) Gunung-gunung meleleh seperti lilin di hadapan TUHAN, di hadapan TUHAN seluruh bumi.

6) Langit memberitakan tentang kebaikan-Nya, dan orang melihat kemuliaan-Nya.

7) Orang menyembah berhalanya. Mereka bangga atas dewanya, tetapi mereka akan dipermalukan. Dewa mereka akan sujud dan menyembah Dia.

8) Ya Sion, dengarkan dan berbahagialah. Hai kota-kota Yehuda, bergembiralah. Bersukacitalah sebab keputusan TUHAN adalah jujur.

9) Ya TUHAN Yang Mahatinggi, Engkau sungguh-sungguh penguasa atas bumi. Engkau jauh lebih baik daripada dewa-dewa.

10) Orang yang mengasihi TUHAN membenci kejahatan. Jadi, Allah melindungi para pengikut-Nya dan menyelamatkan mereka dari orang jahat.

11) Terang dan kebahagiaan bersinar atas orang baik.

12) Hai orang baik, bersukacitalah dalam TUHAN. Pujilah nama-Nya yang kudus.

Pasal 98 (Total ayat 9)
1) Nyanyian pujian. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN karena Ia telah melakukan hal-hal yang ajaib. Kuasa dan tangan kanan-Nya yang kudus telah membawa kemenangan yang lain bagi-Nya.

2) TUHAN telah menunjukkan kuasa-Nya kepada bangsa-bangsa untuk menyelamatkan. Ia menunjukkan kebaikan-Nya kepada mereka.

3) Allah telah mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap orang Israel. Di mana-mana orang telah melihat kuasa Allah untuk menyelamatkan.

4) Hai setiap orang di atas bumi, bersorak-sorailah bagi TUHAN. Mulailah menyanyikan nyanyian pujian.

5) Pujilah TUHAN dengan kecapi. Ya, pujilah Dia dengan alat musik kecapi.

6) Tiuplah seruling dan tanduk dan bersoraklah dengan sukacita bagi TUHAN Raja kita.

7) Biarlah laut dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, bumi dan segala isinya bernyanyi dengan kuat.

8) Hai sungai-sungai, bertepuk tanganlah. Sekarang semuanya, hai gunung-gunung bernyanyilah.

9) Bernyanyilah di hadapan TUHAN karena Dia datang menghakimi dunia. Ia akan menghakimi dunia dengan jujur. Ia akan menghakimi bangsa-bangsa dengan keadilan.

Pasal 99 (Total ayat 9)
1) TUHANlah Raja, jadi biarlah bangsa-bangsa gemetar dengan ketakutan. Allah bertakhta di atas malaikat kerub. Jadi, biarlah dunia bergoncang dengan takut.

2) TUHAN di Sion hebat. Dialah Pemimpin besar atas semua orang.

3) Biarlah semua bangsa memuji nama-Mu. Nama-Mu besar dan mengagumkan. Nama-Mu kudus.

4) Engkaulah Raja Yang Mahakuasa yang mengasihi keadilan. Engkau membuat sesuatu benar. Engkau telah membawa kebaikan dan kejujuran kepada Yakub.

5) Pujilah TUHAN Allah kita, dan sujudlah di hadapan takhta -Nya, karena Ia kudus.

6) Musa dan Harun ada di antara para imam-Nya, dan Samuel seorang di antara manusia yang berseru kepada nama-Nya. Mereka berdoa kepada TUHAN, dan mereka dijawab-Nya.

7) Allah berbicara dari awan yang tinggi, dan mereka patuh atas perintah-Nya dan atas Hukum Taurat yang diberikan-Nya kepada mereka.

8) Ya TUHAN Allah kami, Engkau menjawab doa mereka. Engkau menunjukkan kepada mereka bahwa Engkau Allah yang mengampuni dan menghukum orang atas perbuatannya yang jahat.

9) Pujilah TUHAN Allah kita. Sujudlah menghadap gunung-Nya yang kudus dan sembahlah Dia. TUHAN Allah kita adalah kudus.

Pasal 100 (Total ayat 5)
1) Nyanyian ucapan syukur. Hai bumi, bernyanyilah bagi TUHAN.

2) Bersukacitalah sambil melayani TUHAN. Datanglah ke hadapan-Nya dengan nyanyian sukacita.

3) Ketahuilah bahwa TUHANlah Allah. Ia menciptakan kita, dan Kita milik-Nya. Kita umat-Nya, domba yang dipelihara-Nya.

4) Masuklah melalui gerbang ke Bait Tuhan-Nya dengan ucapan syukur. Masuklah ke pelataran Rumah-Nya dengan nyanyian pujian. Muliakanlah Dia dan puji nama-Nya.

5) TUHAN itu baik. Kasih setia-Nya kekal. Kita dapat mempercayai-Nya selama-lamanya.

Pasal 101 (Total ayat 8)
1) Nyanyian Daud. Aku akan menyanyikan tentang kasih dan keadilan. Ya TUHAN, aku akan bernyanyi bagi-Mu.

2) Aku akan hidup dengan hati-hati dalam hidup yang murni. Aku hidup dalam hidup yang murni di rumahku. Kapan Engkau datang kepadaku?

3) Aku tidak mempunyai berhala apa pun di hadapanku. Aku membenci dosa seperti itu. Aku tidak akan melakukan itu.

4) Aku tidak akan terlibat dalam sesuatu kecurangan. Aku tidak melakukan yang jahat.

5) Aku akan menghentikan seseorang yang secara diam-diam memfitnah sesamanya, Aku tidak membiarkan orang menjadi sombong dan menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain.

6) Aku akan mencari orang di seluruh negeri yang dapat dipercaya. Hanya orang yang seperti itu dapat tinggal bersama aku. Hanya mereka yang hidupnya murni akan menjadi hambaku.

7) Aku tidak membiarkan orang yang tidak jujur tinggal di rumahku. Aku tidak membiarkan penipu tinggal dekat padaku.

8) Tujuanku setiap hari ialah membinasakan yang jahat di negeri ini. Aku akan memaksa semua orang yang melakukan kejahatan meninggalkan kota TUHAN.

Pasal 102 (Total ayat 28)
1) Doa pada masa penderitaan ketika seseorang merasa lemah dan ingin mencurahkan semua keluhannya kepada TUHAN. (102-2) Ya TUHAN, dengarkanlah doaku. Dengarkanlah teriakanku minta tolong.

2) (102-3) Janganlah tinggalkan aku apabila aku menghadapi kesulitan. Dengarkanlah aku dan jawablah aku segera apabila aku berteriak minta tolong.

3) (102-4) Hidupku lenyap seperti asap. Hidupku seperti api yang padam perlahan-lahan.

4) (102-5) Kekuatanku telah hilang. Aku seperti rumput yang kering dan layu. Bahkan aku lupa makan.

5) (102-6) Oleh sebab kesedihanku, berat badanku berkurang sehingga kulitku tergantung pada tulangku.

6) (102-7) Aku kesepian seperti burung hantu hidup di padang gurun, seperti burung hantu tinggal di antara reruntuhan bangunan.

7) (102-8) Aku tidak dapat tidur. Aku seperti burung yang kesepian di atas atap.

8) (102-9) Musuh-musuhku selalu menghina aku. Mereka mengejek aku dan mengutukku.

9) (102-10) Kesedihanku yang besar hanya menjadi makananku. Air mataku berjatuhan ke dalam minumanku.

10) (102-11) Engkau marah terhadap aku, jadi Engkau mengangkat aku dan membuang aku.

11) (102-12) Hidupku hampir habis seperti bayang-bayang yang panjang menjelang matahari terbenam. Aku seperti rumput yang kering dan layu.

12) (102-13) TUHAN, Engkau memerintah selamanya. Nama-Mu tetap untuk selama-lamanya.

13) (102-14) Engkau akan bangkit dan menghibur Sion. Sudah tiba waktunya Engkau sayang terhadap Sion.

14) (102-15) Hamba-hamba-Mu rindu akan batu-batu Sion. Mereka bahkan rindu akan debu kota itu.

15) (102-16) Bangsa-bangsa akan menyembah nama TUHAN. Semua raja di bumi akan memuliakan-Mu.

16) (102-17) TUHAN akan membangun Sion kembali, dan orang akan melihat kembali kemuliaannya.

17) (102-18) Ia akan mendengarkan doa orang miskin. Ia tidak akan mengabaikannya.

18) (102-19) Tuliskanlah hal itu untuk keturunan yang akan datang supaya mereka akan memuji TUHAN.

19) (102-20) TUHAN akan melihat ke bawah dari tempat-Nya yang kudus di atas. Akan melihat ke bawah pada bumi dari surga.

20) (102-21) Dan Dia akan mendengarkan doa orang tahanan. Ia membebaskan orang yang akan dihukum mati.

21) (102-22) Kemudian orang di Sion mengatakan tentang TUHAN. Mereka akan memuji nama-Nya di Yerusalem

22) (102-23) apabila bangsa-bangsa berkumpul, dan kerajaan akan datang melayani TUHAN.

23) (102-24) Kekuatanku telah menggagalkan aku. Hidupku dipersingkat.

24) (102-25) Jadi, aku mengatakan, “Janganlah biarkan aku mati ketika aku masih muda. Ya Allah, Engkau hidup selama-lamanya.

25) (102-26) Dahulu Engkau menciptakan dunia ini. Engkau menciptakan langit dengan tangan-Mu sendiri.

26) (102-27) Bumi dan langit akan berakhir, tetapi Engkau hidup selamanya. Mereka akan kusam seperti pakaian. Dan seperti pakaian, Engkau akan mengubah mereka.

27) (102-28) Namun, Engkau tidak pernah berubah. Engkau hidup selama-lamanya.

28) (102-29) Kamilah hamba-Mu hari ini. Anak-anak kami akan berdiam di sini dan keturunannya datang kemari untuk beribadat kepada-Mu.”

Pasal 103 (Total ayat 22)
1) Nyanyian Daud. Hai jiwaku, pujilah TUHAN. Segenap hidupku, pujilah nama-Nya yang kudus.

2) Hai jiwaku, pujilah TUHAN, dan jangan lupa betapa baik Dia.

3) Ia mengampuni segala dosa kita. Dia menyembuhkan segala penyakit kita.

4) Allah menyelamatkan kita dari liang kubur dan memberikan kasih dan sayang kepada kita.

5) Allah memberikan banyak yang baik kepada kita. Ia membuat kita muda kembali, seperti burung rajawali yang bulunya yang baru tumbuh.

6) TUHAN jujur. Ia membawa keadilan kepada orang yang telah ditindas orang lain.

7) Ia mengajarkan hukum-Nya kepada Musa. Ia membiarkan Israel melihat yang mengagumkan, yang dapat dilakukan-Nya.

8) TUHAN itu penyayang dan berbelaskasihan. Ia sabar dan penuh kasih.

9) Ia tidak selalu mengecam. Ia tidak marah terhadap kita selamanya.

10) Kita telah berdosa terhadap Allah, tetapi Ia tidak menghukum kita sesuai dengan yang pantas kita terima.

11) Kasih Allah terhadap para pengikut-Nya setinggi langit di atas bumi.

12) Dan Allah telah membuang dosa kita sejauh timur dari barat.

13) TUHAN mengasihi para pengikut-Nya seperti seorang ayah mengasihi anak-anaknya.

14) Ia tahu semua tentang kita. Ia tahu kita diciptakan dari debu.

15) Ia tahu hidup kita pendek. Ia tahu hidup kita seperti rumput. Ia tahu hidup kita seperti bunga liar yang kecil, yang cepat tumbuh,

16) tetapi angin panas berembus, bunga itu mati, bahkan tidak dapat dikatakan di mana tempatnya tumbuh.

17) Namun, TUHAN selalu mengasihi pengikut-Nya, Ia terus mengasihinya selama-lamanya. Ia baik terhadap semua keturunannya.

18) Allah baik terhadap umat yang patuh kepada perjanjian-Nya. Ia baik terhadap umat yang patuh kepada perintah-Nya.

19) Takhta TUHAN ada di surga, dan Dia memerintah atas segala sesuatu.

20) Hai para malaikat, pujilah TUHAN. Kamu malaikat adalah tentara yang berkuasa, yang patuh kepada perintah-Nya. Kamu mendengarkan-Nya dan patuh kepada perintah-Nya.

21) Pujilah TUHAN, hai semua tentara-Nya. Kamulah hamba-Nya dan melakukan yang dikehendaki-Nya.

22) Segala sesuatu di setiap tempat diciptakan dan dikuasai-Nya. Biarlah semuanya memuji TUHAN. Hai jiwaku, pujilah TUHAN!

Pasal 104 (Total ayat 35)
1) Hai jiwaku, pujilah TUHAN. Ya TUHAN Allahku, Engkau sangat besar. Engkau berpakaian kemuliaan dan kehormatan.

2) Engkau memakai terang sebagai jubah. Engkau membentangkan langit seperti tirai.

3) Engkau membangun rumah-Mu di atasnya. Engkau memakai awan tebal sebagai kereta perang dan mengendarainya melintasi langit di atas sayap angin.

4) Engkau membuat angin pembawa berita-Mu, dan nyala api hamba-Mu.

5) Engkau membangun bumi di atas dasarnya dan tidak akan pernah binasa.

6) Engkau menutupnya dengan air seperti selimut. Air menutupi gunung-gunung.

7) Dan Engkau memberikan perintah lalu air mengalir dengan cepat. Engkau berteriak kepada air lalu air berserak.

8) Air mengalir ke bawah dari gunung masuk ke lembah, kemudian ke tempat yang Engkau telah sediakan.

9) Engkau menetapkan batas-batas laut, dan air tidak akan dapat lagi naik menutupi bumi.

10) Engkau membuat air mengalir dari sumber ke aliran sungai. Air mengalir melalui sungai gunung.

11) Aliran sungai menyediakan air untuk semua binatang liar. Bahkan keledai liar pun datang ke sana minum.

12) Burung-burung liar membuat sarangnya di pinggir air dan bernyanyi di cabang-cabang pohon yang terdekat.

13) Allah menurunkan hujan ke gunung-gunung. Setiap ciptaan Allah memberikan kebutuhan bumi.

14) Engkau menumbuhkan rumput-rumput untuk makanan binatang. Engkau memberikan benih untuk kami tanam, tanaman memberikan makanan bagi kami dari tanah.

15) Engkau memberikan anggur kepada kami yang membuat kami senang, minyak yang membuat kulit kami halus, dan makanan yang membuat kami kuat.

16) Pohon-pohon cedar yang besar di Libanon milik TUHAN. Ia menanam pohon-pohon dan memberikan air yang dibutuhkannya.

17) Burung-burung membuat sarangnya di atas pohon. Burung bangau besar bersarang di atas pohon cemara.

18) Gunung-gunung tinggi menjadi tempat kambing hutan. Batu karang besar menjadi tempat perlindungan pelanduk.

19) Engkau menciptakan bulan untuk menunjukkan kepada kami kapan hari besar mulai. Dan matahari selalu tahu kapan terbenam.

20) Engkau menciptakan gelap agar semua binatang hutan keluar dan berkeliaran pada malam hari.

21) Singa-singa mengaum waktu menerkam seperti meminta makanan dari Allah.

22) Bila matahari terbit, binatang kembali ke tempatnya beristirahat.

23) Jadi, manusia keluar melakukan pekerjaannya dan bekerja sampai sore.

24) Ya TUHAN, Engkau telah melakukan yang mengagumkan. Engkau memakai hikmat menciptakannya. Bumi penuh dengan hal-hal yang telah Kaubuat.

25) Lihatlah lautan, betapa besar dan luas, penuh dengan yang hidup di dalamnya. Ada makhluk yang besar dan kecil — terlalu banyak untuk dihitung.

26) Kapal-kapal berlayar di permukaan lautan sementara di sana bermain-main ikan paus, ciptaan besar di laut yang telah Kaubuat.

27) Semua makhluk hidup bergantung pada-Mu. Engkau memberikan makanannya pada waktunya.

28) Engkau memberikan itu, dan mereka memakannya. Mereka semua kenyang dengan makanan yang baik dari tangan-Mu yang terbuka.

29) Apabila Engkau meninggalkannya, mereka menjadi takut. Apabila Engkau mengambil nafasnya, mereka menjadi lemas lalu mati, dan tubuhnya kembali menjadi debu.

30) Bila Engkau memberi nafas kehidupan-Mu, semuanya menjadi hidup, dan dunia seperti yang baru lagi.

31) Semoga kemuliaan TUHAN terus selama-lamanya. Semoga TUHAN senang atas ciptaan-Nya.

32) Ia hanya memandang pada bumi, bumi akan gemetar. Ia hanya menyentuh gunung-gunung, asap pun keluar dari dalamnya.

33) Aku akan menyanyi bagi TUHAN pada sisa-sisa hidupku. Aku akan menyanyikan pujian bagi Allah selama aku hidup.

34) Semoga kata-kataku berkenan bagi-Nya. TUHANlah satu-satunya yang membuat aku berbahagia.

35) Aku ingin semoga orang berdosa lenyap dari bumi ini. Aku ingin semoga orang jahat lenyap selamanya. Hai jiwaku, pujilah TUHAN. Pujilah TUHAN!

Pasal 105 (Total ayat 45)
1) Bersyukurlah kepada TUHAN dan berserulah kepada-Nya. Beritakanlah kepada bangsa-bangsa yang telah dilakukan-Nya.

2) Bernyanyilah bagi Dia. Nyanyikanlah pujian bagi-Nya. Beritakanlah yang mengagumkan yang dilakukan-Nya.

3) Banggalah karena nama-Nya yang kudus. Kamu telah datang mencari TUHAN. Bersukacitalah!

4) Pergilah kepada TUHAN minta kekuatan. Pergilah selalu kepada-Nya minta tolong.

5) Ingatlah yang mengagumkan yang dilakukan-Nya. Ingatlah mukjizat-mukjizat dan keputusan-Nya yang bijaksana.

6) Kamu termasuk kepada keturunan hamba-Nya Abraham. Kamu keturunan Yakub, satu-satunya pilihan Allah.

7) TUHANlah Allah kita. Ia memerintah seluruh dunia.

8) Ia mengingat perjanjian-Nya selamanya. Ia selalu memegang perintah-Nya untuk 1.000 keturunan.

9) Ia akan memegang perjanjian yang dibuat-Nya dengan Abraham dan janji yang dibuat-Nya kepada Ishak.

10) Ia memberikannya sebagai hukum kepada Yakub. Ia memberikannya kepada Israel sebagai perjanjian yang kekal.

11) Ia berkata, “Aku akan memberikan tanah Kanaan kepadamu. Itu menjadi milikmu sendiri.”

12) Ketika Allah mengatakan itu, masih sedikit umat-Nya, dan mereka orang asing di sana.

13) Mereka pergi dari satu bangsa ke bangsa yang lain, dari satu kerajaan ke kerajaan yang lain.

14) Namun, Allah tidak membiarkan orang menganiaya mereka. Ia mengingatkan raja-raja untuk tidak menyiksanya.

15) Ia berkata, “Jangan aniaya umat pilihan-Ku. Jangan siksa nabi-nabi-Ku.”

16) Ia membuat kelaparan di negeri itu. Orang tidak memiliki cukup makanan,

17) tetapi Ia menyuruh seorang yang bernama Yusuf mendahului mereka. Yusuf telah dijual sebagai hamba.

18) Mereka mengikat kakinya dengan tali dan membuat gelang besi sekeliling lehernya.

19) Yusuf menjadi hamba sampai terjadi yang telah dikatakan-Nya. Firman TUHAN membuktikan bahwa Yusuf benar.

20) Jadi, raja Mesir membebaskannya. Pemimpin bangsa itu membebaskannya dari penjara.

21) Ia melantiknya sebagai penguasa atas istananya, Yusuf mengawasi semua harta raja.

22) Yusuf memberikan perintah kepada para pemimpin lainnya. Ia mengajar orang-orang yang lebih tua.

23) Kemudian Israel datang ke Mesir. Yakub tinggal di negeri Ham.

24) Keluarga Yakub menjadi sangat besar dan lebih berkuasa daripada musuh-musuhnya.

25) Jadi, orang Mesir mulai membenci bangsanya. Mereka berencana melawan hamba-hambanya.

26) Jadi, Allah mengutus hamba-Nya, Musa dan Harun, imam yang dipilih-Nya.

27) Ia memakai Musa dan Harun melakukan banyak mukjizat di negeri Ham.

28) Ia mengirim gelap gulita menutupi negerinya, tetapi orang Mesir tidak mendengarkan-Nya.

29) Jadi, Ia mengubah air menjadi darah, dan semua ikannya mati.

30) Negerinya penuh dengan katak. Bahkan katak-katak terdapat dalam tempat tidur raja.

31) Allah memberikan perintah lalu lalat dan serangga berdatangan, terdapat di mana-mana.

32) Ia mengubah hujan menjadi hujan batu. Kilat menyambar seluruh negerinya.

33) Ia membinasakan kebun anggur dan pohon aranya. Ia membinasakan setiap pohon di negerinya.

34) Ia memberikan perintah lalu belalang berdatangan. Terlalu banyak untuk dihitung.

35) Belalang-belalang itu memakan semua tumbuhan di negeri itu, dan semua biji-bijian di ladang.

36) Kemudian Tuhan membunuh setiap anak sulung di negerinya. Ia membunuh anak-anak sulung mereka.

37) Ia membawa umat-Nya keluar dari Mesir. Mereka membawa emas dan perak. Tidak ada seorang pun dari mereka yang tersandung dan terjatuh.

38) Orang Mesir bergembira melihat umat-Nya pergi karena mereka takut terhadapnya.

39) Tuhan membentangkan awan-Nya seperti selimut. Ia membuat tiang api menerangi umat-Nya pada waktu malam.

40) Mereka meminta makanan, dan Dia memberikan burung puyuh kepada mereka. Ia juga memberikan banyak roti dari surga.

41) Ia membelah batu karang, dan air berpancar-pancar ke luar. Sungai mulai mengalir di padang gurun.

42) Tuhan mengingat janji-Nya yang suci, yang dilakukan-Nya kepada hamba-Nya Abraham.

43) Ia membawa umat-Nya keluar dari Mesir. Mereka keluar dengan gembira dan menyanyikan nyanyian sukacita.

44) Kemudian Allah memberikan kepada umat-Nya negeri bangsa lain. Umat-Nya menerima hasil pekerjaan orang lain.

45) Ia melakukannya supaya umat-Nya mematuhi hukum-Nya, dan mengikuti ajaran-Nya. Pujilah TUHAN!

Pasal 106 (Total ayat 48)
1) Pujilah TUHAN! Bersyukurlah kepada TUHAN karena Dia baik. Kasih-Nya tetap untuk selamanya.

2) Tidak seorang pun dapat menuliskan berapa besar sesungguhnya TUHAN. Tidak seorang pun dapat memuji-Nya dengan secukupnya.

3) Orang yang mematuhi perintah-Nya berbahagia. Mereka melakukan yang baik sepanjang masa.

4) Ya TUHAN, ingatlah aku apabila Engkau menunjukkan kebaikan kepada umat-Mu. Ingatlah juga menyelamatkan aku.

5) Biarlah aku ambil bagian dalam hal yang baik yang Engkau lakukan untuk umat pilihan-Mu. Biarlah aku bersukacita bersama bangsa-Mu. Biarlah aku bergabung dengan umat-Mu dalam pujian.

6) Kami telah berdosa seperti nenek moyang kami. Kami telah bersalah, kami melakukan kejahatan.

7) Nenek moyang kami tidak mempelajari apa pun dari mukjizat-mukjizat yang telah Engkau lakukan di Mesir. Mereka lupa akan kebaikan-Mu di Laut Merah dan memberontak terhadap Engkau.

8) Namun, Dia menyelamatkan nenek moyang kita demi nama-Nya sendiri. Ia menyelamatkan mereka untuk memperlihatkan kuasa-Nya yang besar.

9) Ia memberikan perintah, dan Laut Merah menjadi kering. Ia membawa mereka melintasi laut yang dalam pada tanah sekering padang gurun.

10) Ia menyelamatkan nenek moyang kita dan membebaskan mereka dari musuhnya.

11) Ia menutupi musuhnya dengan laut. Tidak seorang pun dari mereka yang melarikan diri.

12) Kemudian nenek moyang kita percaya kepada-Nya. Mereka menyanyikan pujian bagi-Nya,

13) tetapi mereka cepat lupa tentang yang telah dilakukan-Nya. Mereka tidak mendengarkan nasihat-Nya.

14) Mereka kelaparan di padang gurun dan mencobai-Nya di padang belantara.

15) Ia memberikan yang dimintanya kepada mereka, tetapi Ia juga memberikan penyakit yang mengerikan kepada mereka.

16) Umat cemburu terhadap Musa. Mereka cemburu terhadap Harun, imam kudus TUHAN.

17) Bumi terbelah dan menelan Datan. Kemudian bumi tertutup, Abiram beserta kelompoknya terkubur.

18) Kemudian api turun membakar kumpulan orang banyak. Api menghanguskan orang jahat.

19) Umat membuat gambar anak sapi emas di Gunung Horeb. Mereka menyembah patung.

20) Mereka memperdagangkan Allah Yang Mulia demi sebuah patung sapi jantan pemakan rumput.

21) Mereka melupakan semua tentang Allah, satu-satunya yang menyelamatkan mereka, yang melakukan mukjizat di Mesir.

22) Ia melakukan tanda ajaib di Negeri Ham. Ia melakukan yang mengagumkan di Laut Merah.

23) Allah ingin membinasakan orang itu, tetapi Musa, pemimpin yang telah dipilih-Nya, menutup jalan. Allah sangat marah, tetapi Musa bermohon kepada-Nya untuk menghentikannya, jadi Allah tidak membinasakan umat itu.

24) Kemudian mereka tidak mau pergi ke tanah Kanaan yang indah itu. Mereka tidak percaya bahwa Allah dapat menolongnya, untuk mengalahkan orang di sana.

25) Mereka bersungut-sungut di kemahnya dan tidak patuh pada TUHAN.

26) Jadi, Ia bersumpah supaya mereka mati di padang gurun.

27) Ia berjanji mencerai-beraikannya di tengah-tengah bangsa-bangsa dan membiarkan orang lain mengalahkan keturunannya.

28) Di Baal-Peor mereka telah bergabung dalam penyembahan Baal dan memakan persembahan untuk memuja yang mati.

29) TUHAN menjadi sangat marah terhadap umat-Nya dan membuat mereka sakit,

30) tetapi Pinehas berdoa kepada Allah, dan Allah menghentikan penyakit itu.

31) Ia memperhitungkan pekerjaan yang baik yang dilakukan Pinehas, dan itu akan diingat selama-lamanya.

32) Di Meriba mereka membuat TUHAN marah dan menimbulkan kesulitan bagi Musa.

33) Mereka membuat Musa gelisah, dan dia berbicara tanpa pertimbangan.

34) TUHAN mengatakan kepada mereka untuk membinasakan bangsa-bangsa lain yang tinggal di Kanaan, tetapi orang Israel tidak patuh kepada-Nya.

35) Mereka bergabung dengan orang lain dan melakukan seperti yang dilakukan orang itu.

36) Mereka mulai menyembah dewa-dewa yang disembah orang asing. Dan berhala-berhala mereka menjadi jerat.

37) Bahkan mereka membunuh anaknya sendiri selaku kurban kepada roh-roh jahat.

38) Mereka membunuh anak-anaknya yang tidak berdosa dan mempersembahkannya kepada allah palsu Kanaan. Jadi, tanah itu telah cemar oleh dosa pembunuh.

39) Mereka tidak setia kepada-Nya dan mereka menjadi najis karena dosa bangsa-bangsa lain.

40) Jadi, TUHAN marah kepada umat-Nya. Ia menolak milik-Nya sendiri.

41) Ia menyerahkan umat-Nya kepada bangsa-bangsa lain dan membiarkan musuhnya menguasainya.

42) Musuhnya menguasai mereka dan membuat hidupnya sulit.

43) Ia sering menyelamatkan mereka, tetapi mereka melawan-Nya dan tidak melakukan yang dikehendaki-Nya. Umat-Nya melakukan banyak kejahatan.

44) Apabila mereka dalam kesulitan, Ia mendengarkan doa mereka.

45) Ia selalu mengingat perjanjian-Nya dan karena kasih setia-Nya, Ia menghibur mereka.

46) Bangsa-bangsa lain membawa mereka sebagai tawanan, tetapi TUHAN membuat orang itu sayang terhadap umat-Nya.

47) Ya TUHAN Allah kami, selamatkanlah kami. Bawalah kami kembali dari bangsa-bangsa itu. Kemudian kami dapat bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan memuji Engkau dengan penuh sukacita.

48) Pujilah TUHAN, Allah orang Israel. Dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Ia patut menerima pujian. Biarlah semua orang mengatakan, “Amin.” Pujilah TUHAN!

Pasal 107 (Total ayat 43)
1) [jilid 5 (Mazmur 107-150)] Pujilah TUHAN sebab Dia baik. Kasih setia-Nya tetap selamanya.

2) Setiap orang yang telah diselamatkan TUHAN harus mengulangi ucapan syukur. Pujilah Dia, hai semua yang telah diselamatkan dari musuh.

3) Ia telah mengumpulkan umat-Nya dari berbagai negeri. Ia membawa mereka dari timur dan barat, utara dan selatan.

4) Beberapa dari mereka berjalan di padang gurun. Mereka mencari tempat tinggalnya, tetapi tidak satu kota pun ditemukannya.

5) Mereka lapar dan haus, dan menjadi lemah.

6) Kemudian mereka memanggil TUHAN minta tolong, dan Dia menyelamatkannya dari kesulitannya.

7) Allah memimpin mereka berjalan langsung ke kota tempat kediamannya.

8) Bersyukurlah kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, dan karena yang menakjubkan yang dilakukan-Nya untuk umat.

9) Ia memuaskan jiwa yang haus. Ia mengenyangkan jiwa yang lapar dengan yang baik.

10) Beberapa umat Allah ialah tawanan, tertutup di belakang terali besi penjara yang gelap.

11) Hal itu terjadi karena mereka memberontak terhadap firman Allah. Mereka tidak mau mendengar nasihat dari Allah Yang Mahatinggi.

12) Allah membuat hidup mereka susah karena perbuatannya. Mereka tersandung dan jatuh, dan tidak ada yang menolongnya.

13) Mereka dalam kesulitan, jadi mereka berteriak kepada TUHAN minta tolong, dan Dia menyelamatkan mereka dari kesulitannya.

14) Ia melepaskan mereka dari penjaranya yang gelap. Ia memotong rantai pengikatnya.

15) Bersyukurlah kepada TUHAN karena kasih setia-Nya dan karena yang menakjubkan yang dilakukan-Nya untuk umat.

16) Ia dapat mematahkan pintu gerbang besi. Ia dapat membinasakan terali besi pada gerbang mereka.

17) Beberapa orang membiarkan dosanya mengubah mereka menjadi bodoh, dan mereka menderita atas yang dilakukannya.

18) Mereka sakit parah sehingga mereka tidak mau makan, jadi mereka hampir mati.

19) Mereka dalam kesulitan, jadi mereka memanggil TUHAN minta tolong, dan Dia menyelamatkan mereka dari kesulitannya.

20) Ia memberikan perintah dan menyembuhkan mereka. Jadi, mereka telah diselamatkan dari maut.

21) Bersyukurlah kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, dan karena yang menakjubkan yang dilakukan-Nya untuk umat.

22) Persembahkanlah kurban syukur kepada-Nya. Bernyanyilah dengan sukacita tentang yang telah dilakukan-Nya.

23) Beberapa orang berlayar dengan kapal menyeberangi laut. Pekerjaan mereka membawanya menyeberangi laut.

24) Mereka melihat yang dapat dilakukan TUHAN. Mereka melihat yang mengagumkan yang dilakukan-Nya di laut.

25) Allah memberi perintah, dan badai pun berembus. Gelombang semakin tinggi.

26) Gelombang mengangkat mereka tinggi ke langit dan menjatuhkannya ke laut yang dalam. Angin badai sangat berbahaya sehingga orang kehilangan keberaniannya.

27) Mereka tersandung dan jatuh seperti orang yang mabuk. Kemampuan mereka sebagai pelaut tidak berguna.

28) Mereka dalam kesusahan, jadi mereka memanggil TUHAN minta tolong, dan Dia menyelamatkan mereka dari kesulitannya.

29) Allah menghentikan badai dan menenangkan ombak.

30) Pelayar bergembira karena laut sudah tenang, dan Allah menuntun mereka dengan selamat sampai ke tempat tujuannya.

31) Bersyukurlah kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, dan karena yang menakjubkan yang dilakukan-Nya untuk umat.

32) Pujilah Allah dalam persekutuan jemaat yang besar. Pujilah Dia apabila para pemimpin yang lebih tua bertemu.

33) Allah mengubah sungai menjadi padang gurun. Ia menghentikan aliran sungai mengalir.

34) Ia membuat tanah subur menjadi tanah tandus yang tidak berguna karena orang jahat yang mendiami tempat itu.

35) Allah mengubah padang gurun menjadi tanah yang memiliki sumber air. Ia membuat aliran sungai mengalir dari tanah kering.

36) Ia membawa orang lapar ke tanah yang subur, dan mereka membangun kota tempat tinggal.

37) Mereka menanam benih di ladangnya dan anggur di kebun anggurnya, dan mereka mempunyai panen yang baik.

38) Allah memberkati mereka. Keluarganya bertambah banyak, mereka memiliki sangat banyak hewan.

39) Karena malapetaka dan kesulitan, keluarga mereka menjadi kecil dan lemah.

40) Allah mempermalukan dan menghina para pemimpin mereka. Ia menuntun mereka berjalan melalui padang gurun yang tidak mempunyai jalan.

41) Kemudian Allah menyelamatkan orang miskin dari kesengsaraannya, dan sekarang keluarganya besar seperti kawanan domba.

42) Orang baik melihat itu dan mereka bersukacita, tetapi orang jahat melihatnya dan tidak tahu mengatakan apa-apa.

43) Barangsiapa yang bijaksana akan mengingat hal itu dan mulai mengerti akan kasih setia TUHAN.

Pasal 108 (Total ayat 13)
1) Nyanyian Daud. (108-2) Ya Allah, aku telah siap, hati dan jiwa, menyanyikan nyanyian pujian. Bangunlah, hai jiwaku.

2) (108-3) Harpa dan kecapi, bangunlah, dan mari kita bangunkan fajar.

3) (108-4) TUHAN, aku memuji Engkau di hadapan setiap orang. Aku akan menyanyikan pujian tentang Engkau terhadap setiap bangsa.

4) (108-5) Kasih setia-Mu lebih tinggi daripada awan yang tertinggi di langit.

5) (108-6) Bangkitlah di atas segala langit. Biarlah semua dunia melihat kemuliaan-Mu.

6) (108-7) Pergunakanlah kuasa-Mu yang besar dan selamatkanlah aku. Kabulkanlah doaku dan selamatkan umat yang Kaukasihi.

7) (108-8) Allah berjanji dalam Rumah-Nya, “Aku akan memenangkan peperangan dan bergembira dalam kemenangan. Aku akan membagi-bagikan negeri kepada umat-Ku. Aku akan memberikan Sikhem kepada mereka. Aku akan memberikan Lembah Sukot kepada mereka.

8) (108-9) Gilead dan Manasye akan menjadi milik-Ku. Efraim akan menjadi helm-Ku. Yehuda akan menjadi tongkat kekuasaan-Ku.

9) (108-10) Moab akan menjadi tempat pembasuhan kaki-Ku. Edom akan menjadi hamba-Ku membawa sandal-Ku. Aku akan mengalahkan orang Filistin dan meneriakkan kemenangan.”

10) (108-11) Ya Allah, tampaknya Engkau telah meninggalkan kami. Engkau tidak pergi bersama pasukan kami. Jadi, siapa yang akan membawa aku ke kota yang kuat dan berbenteng? Siapa yang akan membawa aku melawan Edom?

11) (108-12) (108:10)

12) (108-13) Tolonglah kami mengalahkan musuh kami. Tidak ada orang di atas bumi yang dapat menolong kami.

13) (108-14) Hanya Allah yang dapat menguatkan kami. Hanya Allah yang dapat mengalahkan musuh kami.

Pasal 109 (Total ayat 31)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. Ya Allah, aku memuji Engkau. Dengarkanlah doa kami dan lakukanlah sesuatu.

2) Orang jahat berdusta tentang aku. Mereka mengatakan yang tidak benar.

3) Mereka mengatakan hal kebencian tentang aku. Mereka menyerang aku tanpa alasan.

4) Aku mengasihi mereka, tetapi mereka membenci aku. Jadi, aku mengucapkan sebuah doa.

5) Aku melakukan yang baik terhadap mereka, tetapi mereka melakukan yang jahat kepadaku. Aku telah mengasihi mereka, tetapi mereka melawan aku.

6) Mereka berkata, “Pilihlah beberapa orang jahat untuk mengadilinya. Carilah seseorang membuktikan bahwa ia salah.

7) Putuskanlah bahwa ia bersalah, dan pakailah doanya sebagai bukti melawannya.

8) Biarlah ia segera mati. Biarlah orang lain mengambil alih pekerjaannya.

9) Biarlah anak-anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda.

10) Buatlah anak-anaknya mengembara dan menjadi pengemis, dihalau dari rumahnya yang telah menjadi reruntuhan.

11) Biarlah orang yang meminjamkan uang kepada musuhku menyita semua hartanya. Biarlah orang asing mengambil segala sesuatu hasil pekerjaannya.

12) Biarlah tidak ada orang yang sayang kepadanya. Biarlah tidak ada orang berbelaskasihan kepada anak-anaknya.

13) Semoga keturunannya lenyap. Semoga namanya tidak dikenal oleh keturunan berikutnya.

14) Semoga TUHAN mengingat dosa-dosa ayahnya, dan semoga dosa-dosa ibunya tidak pernah terhapus.

15) Semoga TUHAN mengingat dosa-dosanya selamanya. Semoga Dia membuat orang melupakan keluarganya sama sekali.

16) Ia tidak pernah melakukan yang baik. Ia tidak pernah mengasihi orang. Ia membebani hidup orang miskin dan yang tidak berdaya.

17) Ia suka mengutuk orang lain, jadi biarlah yang jahat terjadi padanya. Ia tidak pernah memberkati orang lain, jadi jangan biarkan yang baik terjadi padanya.

18) Kutukan adalah bagian dari hidup sehari-harinya, seperti pakaian yang dikenakannya. Mengutuk orang lain menjadi bagiannya, seperti air yang diminumnya dan minyak pada tubuhnya.

19) Biarlah kutuk menjadi pakaian yang dikenakan pada tubuhnya, dan menjadi ikat pinggangnya.”

20) Mereka mengatakan yang jahat tentang aku, tetapi biarlah kutukan dari TUHAN menghukumnya.

21) Ya Tuhan ALLAHku, perlakukanlah aku dengan cara yang membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Selamatkanlah aku karena kasih setia-Mu.

22) Aku hanya orang miskin yang tidak berdaya. Aku sungguh-sungguh sedih, hatiku hancur.

23) Aku merasa hidupku telah berakhir seperti bayang-bayang yang panjang pada sore hari. Aku merasa seperti belalang yang dijentikkan.

24) Lutut-lututku lemah karena berpuasa. Beratku berkurang dan menjadi kurus.

25) Musuhku menghina aku. Mereka memandang aku dan menggelengkan kepalanya.

26) Ya TUHAN Allahku, tolonglah aku. Tunjukkanlah kasih setia-Mu dan selamatkanlah aku.

27) Kemudian mereka tahu bahwa Engkau telah menolong aku. Dan mereka tahu bahwa kuasa-Mu, ya TUHAN, yang menolong aku.

28) Mereka mengutuk aku, tetapi Engkau dapat memberkatiku. Mereka menyerang aku, jadi kalahkanlah mereka. Kemudian aku, hamba-Mu, akan berbahagia.

29) Permalukanlah musuhku. Biarlah mereka memakai kehinaannya sebagai mantel.

30) Aku bersyukur kepada TUHAN. Aku memuji-Nya di hadapan orang banyak.

31) Ia membela orang yang tidak berdaya dan menyelamatkan mereka dari orang yang berusaha menjatuhkan hukuman mati bagi mereka.

Pasal 110 (Total ayat 7)
1) Nyanyian Daud. TUHAN berkata kepada tuanku, “Duduklah di sebelah kanan-Ku sampai Aku menempatkan musuhmu di bawah kuasamu.”

2) TUHAN akan menolong kerajaanmu berkembang, mulai dari Sion sampai engkau memerintah negeri musuhmu.

3) Umatmu akan datang kepadamu dengan sukarela apabila engkau mengumpulkan tentaramu. Engkau akan memakai pakaian khusus dan berkumpullah pada waktu pagi. Para pemudamu akan berada di sekitarmu seperti embun di atas tanah.

4) TUHAN telah bersumpah dan tidak akan mengubah pikiran-Nya, “Engkau akan menjadi imam selamanya menurut aturan Imam Melkisedek.”

5) Tuhanku ada di sebelah kanan-Mu. Ia akan mengalahkan raja-raja yang lain apabila Dia marah.

6) Ia akan menghakimi bangsa-bangsa. Tanah akan ditutupi dengan mayat-mayat. Ia akan menghukum para pemimpin bangsa-bangsa yang berkuasa di seluruh dunia.

7) Raja akan minum dari air sungai di tepi jalan. Kemudian dia mengangkat kepalanya dan menjadi kuat.

Pasal 111 (Total ayat 10)
1) Pujilah TUHAN! Aku bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hatiku di jemaat orang baik berkumpul.

2) TUHAN melakukan perbuatan yang menakjubkan lebih daripada yang diminta orang.

3) Dia melakukan hal-hal yang mulia dan menakjubkan. Kebaikan-Nya tetap untuk selamanya.

4) Allah melakukan perbuatan yang mengagumkan sehingga kita mengingat, bahwa TUHAN sayang dan berbelaskasihan.

5) Ia memberikan makanan kepada para pengikut-Nya. Ia mengingat perjanjian-Nya selamanya.

6) Kuasa yang dilakukan-Nya menunjukkan kepada umat-Nya bahwa Ia telah memberikan negeri kepada mereka.

7) Segala sesuatu yang dilakukan-Nya baik dan adil. Semua perintah-Nya dapat dipercayai.

8) Perintah-Nya akan tetap selama-lamanya, yang harus dilakukan dengan benar dan tulus hati.

9) Ia menyelamatkan umat-Nya dan membuat perjanjian-Nya dengan mereka selamanya. Nama-Nya mengagumkan dan kudus.

10) Permulaan hikmat ialah takut dan hormat akan TUHAN. Orang yang patuh kepada-Nya sangat bijaksana. Pujian akan dinyanyikan bagi-Nya selamanya.

Pasal 112 (Total ayat 10)
1) Pujilah TUHAN! Orang yang takut dan hormat akan TUHAN sangat berbahagia, yang senang melakukan perintah-Nya.

2) Keturunannya akan bertambah banyak di atas bumi. Mereka benar-benar diberkati.

3) Keluarganya akan sangat kaya, dan kebaikannya tetap selama-lamanya.

4) Terang bersinar dalam gelap terhadap orang baik, terhadap yang berbelaskasihan, baik, dan jujur.

5) Adalah baik bagi orang berbelaskasihan dan bermurah hati. Adalah baik bagi mereka jujur dalam usahanya.

6) Orang itu tidak akan pernah jatuh. Orang baik tidak akan pernah dilupakan.

7) Ia tidak takut akan berita buruk. Ia yakin sebab ia percaya kepada TUHAN.

8) Ia tetap yakin dan tidak takut, jadi ia mengalahkan musuh-musuhnya.

9) Ia memberi dengan cuma-cuma kepada orang miskin. Kebaikannya tetap untuk selamanya. Mereka dihormati dengan kemenangan.

10) Orang jahat menjadi marah bila melihat itu. Mereka menggertakkan giginya dengan marah, tetapi kemudian mereka menghilang. Mereka tidak akan pernah menerima yang sangat diinginkannya.

Pasal 113 (Total ayat 9)
1) Pujilah TUHAN! Hai hamba-hamba TUHAN, pujilah Dia. Pujilah nama TUHAN.

2) Semoga nama TUHAN dipermuliakan sekarang dan selamanya.

3) Terpujilah nama TUHAN mulai dari matahari terbit di timur sampai matahari terbenam di barat.

4) TUHAN lebih tinggi daripada semua bangsa. Kemuliaan-Nya naik ke langit.

5) Tidak ada orang seperti TUHAN Allah kita. Ia duduk di tempat yang tinggi di surga.

6) Ia tinggi di atas kita sehingga Ia menatap ke bawah, untuk melihat langit dan bumi.

7) Ia mengangkat orang miskin keluar dari kotoran dan mengambil pengemis dari lumpur.

8) Dan Dia membuat mereka penting. Ia membuat mereka menjadi pemimpin penting atas umat-Nya.

9) Ia memberikan anak-anak kepada perempuan yang rumahnya masih kosong. Ia membuatnya ibu yang bahagia. Pujilah TUHAN!

Pasal 114 (Total ayat 8)
1) Umat Israel telah melarikan diri dari Mesir. Ya, keturunan Yakub telah meninggalkan negeri asing.

2) Yehuda menjadi umat Allah yang istimewa, dan Israel menjadi kerajaan-Nya.

3) Laut Merah melihat itu lalu melarikan diri. Sungai Yordan berbalik ke hulu.

4) Gunung-gunung menari-nari seperti biri-biri jantan, bukit-bukit menari-nari seperti anak-anak domba.

5) Hai Laut Merah, mengapa engkau lari? Hai Sungai Yordan, mengapa engkau berbalik dan melarikan diri?

6) Hai gunung-gunung, mengapa kamu menari seperti biri-biri jantan? Bukit-bukit, mengapa kamu menari seperti anak-anak domba?

7) Bumi gemetar di hadapan Tuhan, Allah Yakub.

8) Ia satu-satunya yang telah membuat air mengalir dari batu karang. Ia membuat air mengalir dari batu karang yang keras.

Pasal 115 (Total ayat 18)
1) Ya TUHAN, Engkau seharusnya menerima kehormatan, bukan kami. Kehormatan itu milik-Mu karena kasih setia dan kesetiaan-Mu.

2) Mengapa bangsa-bangsa harus heran di mana Allah kami?

3) Allah kami ada di surga, dan Dia melakukan yang disukai-Nya.

4) Berhala-berhala dari bangsa-bangsa hanyalah patung, terbuat dari emas dan perak.

5) Patung-patung itu mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berbicara, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat.

6) Mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar. Mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium.

7) Mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba. Mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan. Dan tidak ada suara keluar dari kerongkongannya.

8) Orang yang membuat patung itu dan mempercayainya, akan menjadi sama seperti patung-patung itu.

9) Hai orang Israel, percayalah kepada TUHAN. Dialah kekuatan dan perisaimu.

10) Hai keluarga Harun, percayalah kepada TUHAN. Dialah kekuatan dan perisaimu.

11) Hai pengikut-pengikut TUHAN, percayalah kepada TUHAN. Dialah kekuatan dan perisaimu.

12) TUHAN mengingat kita. Ia akan memberkati kita. Ia akan memberkati Israel. Ia akan memberkati keluarga Harun.

13) TUHAN akan memberkati para pengikut-Nya, yang besar dan yang kecil.

14) Semoga TUHAN akan membuat kamu dan anak-anakmu semakin bertambah.

15) Semoga kamu menerima berkat dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

16) Surga milik TUHAN, tetapi Ia memberikan bumi kepada manusia.

17) Orang mati tidak memuji-Nya. Mereka yang di dalam kuburan tidak memuji TUHAN.

18) Dan kita memuji TUHAN sekarang dan selamanya. Pujilah TUHAN!

Pasal 116 (Total ayat 19)
1) Aku mengasihi TUHAN karena aku didengarkan-Nya, karena doaku dikabulkan-Nya.

2) Ya, Ia memperhatikan aku, jadi aku akan memanggil-Nya kapan saja aku membutuhkan pertolongan.

3) Tali-tali maut telah melilit aku. Liang kubur menutup aku. Aku ketakutan dan khawatir.

4) Kemudian aku memanggil nama TUHAN. Aku mengatakan, “Ya TUHAN, selamatkanlah aku.”

5) TUHAN itu baik dan berbelaskasihan. Allah sangat penyayang.

6) TUHAN memelihara orang yang tidak berdaya. Aku tidak berdaya, dan Dia menyelamatkan aku.

7) Hai jiwaku, tenanglah. TUHAN memeliharamu.

8) Engkau menyelamatkan aku dari maut. Engkau telah menghentikan air mataku. Engkau menjaga aku supaya jangan jatuh.

9) Aku akan terus melayani TUHAN di tempat orang yang hidup.

10) Aku terus percaya walaupun aku mengatakan, “Aku sangat hancur.”

11) Ya, bahkan ketika aku bingung dan berkata, “Tidak ada seorang pun yang dapat dipercayai.”

12) Apa yang dapat kuberikan kepada TUHAN karena segala sesuatu telah dilakukan-Nya bagiku?

13) Ia telah menyelamatkan aku, jadi aku memberikan kurban minuman kepada-Nya, dan aku akan memanggil nama TUHAN.

14) Aku akan memberikan yang telah kujanjikan kepada TUHAN. Aku akan pergi ke hadapan semua umat-Nya sekarang.

15) Sangat baik kepada TUHAN adalah kehidupan para pengikut-Nya. Ia peduli ketika mereka menghadapi kematian.

16) Ya TUHAN, akulah hamba-Mu. Ya, aku hamba-Mu, sebagaimana ibuku. Engkau telah membebaskan aku dari rantai kematian.

17) Aku akan memberikan kurban syukur kepada-Mu. Aku akan memanggil nama TUHAN.

18) Aku akan berdiri di depan kumpulan umat-Nya dan memberikan yang telah kujanjikan kepada TUHAN.

19) Aku akan melakukannya di Yerusalem, di pelataran Bait TUHAN. Pujilah TUHAN!

Pasal 117 (Total ayat 2)
1) Pujilah TUHAN, hai segala bangsa. Pujilah Dia, hai semua orang.

2) Ia sangat mengasihi kita. TUHAN akan setia terhadap kita selamanya. Pujilah TUHAN!

Pasal 118 (Total ayat 29)
1) Pujilah TUHAN sebab Ia baik. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

2) Hai Israel, katakanlah, “Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.”

3) Hai imam-imam, katakanlah, “Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.”

4) Hai kamu yang menyembah TUHAN, katakanlah, “Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.”

5) Aku dalam kesulitan, jadi aku memanggil TUHAN minta tolong. TUHAN menjawab dan menyelamatkan aku.

6) TUHAN bersama aku, jadi aku tidak akan takut. Orang tidak dapat melakukan sesuatu menyakiti aku.

7) TUHANlah Penolongku. Aku akan melihat kekalahan musuh-musuhku.

8) Lebih baik mempercayai TUHAN daripada mempercayai manusia.

9) Lebih baik mempercayai TUHAN daripada mempercayai pemimpin besar.

10) Banyak musuh mengelilingi aku, tetapi dengan kuasa TUHAN aku mengalahkan musuhku.

11) Musuh terus mengelilingi aku, tetapi aku mengalahkan mereka dengan kuasa TUHAN.

12) Musuh-musuh mengelilingi aku seperti kawanan lebah, tetapi mereka cepat binasa seperti semak yang cepat terbakar. Aku mengalahkan mereka dengan kuasa TUHAN.

13) Musuhku menyerang aku, hampir-hampir aku binasa, tetapi TUHAN menolong aku.

14) TUHAN ialah kekuatanku dan nyanyian kemenanganku. Ia menyelamatkan aku.

15) Kamu dapat mendengar pesta kemenangan dalam rumah-rumah orang baik. TUHAN menunjukkan lagi kuasa-Nya yang besar.

16) Tangan TUHAN terangkat dalam kemenangan. TUHAN menunjukkan lagi kuasa-Nya yang besar.

17) Aku hidup dan tidak akan mati, dan aku akan memberitakan perbuatan TUHAN.

18) TUHAN telah menghukum aku, tetapi Ia tidak membiarkan aku mati.

19) Hai gerbang-gerbang yang baik, terbukalah untukku, dan aku akan masuk dan beribadat kepada TUHAN.

20) Inilah gerbang TUHAN, hanya orang baik yang dapat melaluinya.

21) Aku bersyukur kepada-Mu karena Engkau menjawab doaku. Aku bersyukur kepada-Mu karena Engkau menyelamatkan aku.

22) Batu yang dibuang tukang-tukang telah menjadi batu penjuru.

23) TUHAN telah membuat hal itu terjadi, dan kita melihatnya luar biasa.

24) Inilah hari yang dijadikan TUHAN. Marilah kita bersukacita dan berbahagia hari ini.

25) Orang mengatakan, “Pujilah TUHAN! TUHAN telah menyelamatkan kita.

26) Selamat datang bagi yang datang dalam nama TUHAN.” Para imam menjawab, “Kami menyambut kamu ke rumah TUHAN.

27) TUHANlah Allah dan Dia menerima kita. Ikatlah anak domba untuk persembahan dan bawalah itu ke tanduk mezbah.”

28) Engkaulah Allahku dan aku bersyukur kepada-Mu. Ya Allahku, aku memuji-Mu.

29) Pujilah TUHAN sebab Dia baik. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

Pasal 119 (Total ayat 176)
1) [Alef] Berbahagialah orang yang hidupnya murni. Mereka mengikuti ajaran TUHAN.

2) Berbahagialah orang yang mengikuti peraturan-Nya. Mereka mencarinya dengan segenap hati.

3) Mereka tidak melakukan yang salah. Mereka mengikuti jalan-Nya.

4) Ya Tuhan, Engkau memberikan perintah-Mu kepada kami dan mengatakan supaya kami menaatinya dengan sungguh-sungguh.

5) Aku mau supaya lebih patuh pada Hukum Taurat-Mu.

6) Aku tidak akan pernah malu apabila aku mempelajari semua perintah-Mu.

7) Lebih banyak aku mengerti akan hukum-Mu, lebih sungguh aku memuji-Mu.

8) Aku akan patuh pada hukum-Mu, janganlah tinggalkan aku.

9) [Bet] Bagaimana seorang anak muda dapat hidup dengan murni? Dengan mematuhi firman-Mu.

10) Aku berusaha melayani-Mu dengan segenap hatiku. Tolonglah aku mematuhi perintah-Mu.

11) Aku mempelajari ajaran-Mu dengan cermat, aku tidak berdosa terhadap Engkau.

12) Terpujilah Engkau, ya TUHAN. Ajarkanlah Hukum Taurat-Mu kepadaku.

13) Aku akan menceriterakan hukum-Mu, yang kami dengar dari Engkau.

14) Aku senang mempelajari Perjanjian-Mu sebagaimana orang lain senang akan kekayaan besar.

15) Aku membicarakan peraturan-Mu. Aku mengikuti jalan hidup-Mu.

16) Aku senang atas hukum-Mu. Aku tidak akan melupakan perkataan-Mu.

17) [Gimel] Berbaik hatilah kepadaku, hamba-Mu, maka aku dapat hidup mematuhi perkataan-Mu.

18) Bukalah mataku supaya aku melihat semua perbuatan-Mu yang mengagumkan dalam ajaran-Mu.

19) Aku seperti orang asing di bumi ini. Aku perlu mengetahui perintah-Mu, janganlah sembunyikan perintah-Mu dari aku.

20) Aku terus-menerus merasa lapar untuk mempelajari hukum-Mu.

21) Engkau mengatakan kepada orang sombong, betapa marahnya Engkau terhadap mereka. Semua orang yang tidak mau taat kepada firman-Mu terkutuk.

22) Janganlah biarkan aku malu dan dipermalukan. Aku telah mematuhi peraturan-Mu.

23) Biarpun para pemimpin mengatakan yang jahat tentang aku, aku adalah hamba-Mu, dan aku terus mempelajari hukum-Mu.

24) Peraturan-Mu membuat aku berbahagia, yang memberikan nasihat yang baik kepadaku.

25) [Dalet] Aku terbaring di sini seperti orang mati. Berfirmanlah, dan aku akan hidup kembali.

26) Aku telah mengatakan tentang hidupku kepada-Mu, dan Engkau telah menjawab aku. Sekarang ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

27) Tolonglah aku untuk mengerti akan peraturan-Mu, aku akan memikirkan ajaran-Mu yang mengagumkan itu.

28) Aku sedih dan lelah. Berikanlah firman-Mu, dan aku akan kuat kembali.

29) Jauhkanlah aku dari dusta. Bimbinglah aku dengan ajaran-Mu.

30) Aku telah memilih menjadi setia kepada-Mu. Aku menghormati hukum-Mu.

31) Aku mengikuti peraturan-Mu dengan sungguh-sungguh, ya TUHAN. Janganlah permalukan aku.

32) Aku melakukan yang terbaik untuk mengikuti perintah-Mu, karena Engkaulah yang memberikan keinginan kepadaku.

33) [He] TUHAN, ajarkanlah hukum-Mu kepadaku, dan aku akan mengikutinya.

34) Tolonglah aku memahaminya, dan aku akan mematuhi ajaran-Mu. Mematuhinya adalah keinginanku yang terbesar.

35) Tolonglah aku mengikuti perintah-Mu sebab hal itu membuat aku berbahagia.

36) Berikanlah kepadaku keinginan untuk mengikuti perintah-Mu, bukan keinginan bagaimana supaya kaya.

37) Janganlah biarkan aku memperhatikan yang tidak berguna. Tolonglah aku hidup pada jalan-Mu.

38) Lakukanlah yang telah Kaujanjikan kepada hamba-Mu supaya orang menghormati-Mu.

39) Ambillah aibku yang kutakuti. Hukum-Mu adalah baik.

40) Lihatlah, aku suka akan perintah-Mu. Berbaik hatilah padaku dan biarkanlah aku hidup.

41) [Waw] TUHAN, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepadaku. Selamatkanlah aku seperti yang telah Kaujanjikan.

42) Kemudian aku dapat menjawab orang yang menghina aku karena aku percaya kepada firman-Mu.

43) Biarlah aku selalu mengatakan ajaran-Mu itu benar. Aku bergantung pada keputusan-Mu yang adil.

44) Aku akan mengikuti ajaran-Mu selama-lamanya.

45) Jadi, aku akan hidup bebas, karena aku berusaha keras mematuhi hukum-Mu.

46) Aku akan membicarakan peraturan-Mu dengan raja-raja, dan tidak ada yang mempermalukan aku.

47) Aku suka mempelajari perintah-Mu. Betapa cintainya aku atasnya.

48) Aku bukan hanya mencintai perintah-Mu, tetapi juga menghormatinya. Aku akan mempelajari hukum-Mu.

49) [Zain] Ingatlah akan janji-Mu kepadaku, hamba-Mu. Janji itu memberikan harapan kepadaku.

50) Engkau menghibur aku dalam penderitaanku karena janji-Mu memberikan hidup baru kepadaku.

51) Orang sombong selalu mengejek aku, tetapi aku terus mengikuti ajaran-Mu.

52) Aku selalu mengingat hukum-Mu yang Kauberikan kepadaku dahulu, ya TUHAN, itulah yang menghibur aku.

53) Aku marah bila aku melihat orang jahat meninggalkan ajaran-Mu.

54) Hukum-Mu ialah nyanyianku di mana saja aku tinggal.

55) TUHAN, aku mengingat nama-Mu pada malam hari dan aku menaati ajaran-Mu.

56) Hal itu terjadi karena aku menaati perintah-Mu dengan hati-hati.

57) [Het] TUHAN, aku mengambil keputusan tentang tugasku ialah untuk mematuhi perintah-Mu.

58) Aku memohon kepada-Mu dengan segenap hatiku, sayangilah aku seperti yang telah Kaujanjikan.

59) Aku memikirkan hidupku dengan hati-hati dan aku kembali kepada peraturan-Mu.

60) Aku bergegas mematuhi perintah-Mu tanpa menunda-nunda.

61) Orang jahat berusaha menjeratku, tetapi aku tidak melupakan ajaran-Mu.

62) Tengah malam aku bangun dan bersyukur kepada-Mu atas hukum-Mu yang adil.

63) Aku sahabat bagi setiap orang yang menyembah Engkau. Aku sahabat bagi setiap orang yang patuh terhadap perintah-Mu.

64) TUHAN, kasih setia-Mu memenuhi bumi ini. Ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

65) [Tet] TUHAN, Engkau telah melakukan yang baik terhadap aku hamba-Mu. Engkau telah melakukan sesuai dengan janji-Mu.

66) Berikanlah pengetahuan kepadaku mengambil keputusan yang bijaksana. Aku percaya pada perintah-Mu.

67) Sebelum aku menderita, aku melakukan banyak kesalahan, tetapi sekarang aku dengan hati-hati mematuhi semua yang Kaukatakan.

68) Engkau baik dan melakukan yang baik. Ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

69) Orang sombong mengatakan dusta tentang aku, tetapi aku terus mematuhi perintah-Mu dengan segenap hatiku.

70) Mereka sangat bodoh, tidak peduli terhadap apa pun, tetapi aku senang mempelajari ajaran-Mu.

71) Penderitaan baik bagiku. Aku telah mempelajari hukum-Mu.

72) Ajaran-Mu berguna bagiku lebih daripada 1.000 keping perak dan emas.

73) [Yod] Engkau telah menciptakan aku dan menopang aku dengan tangan-Mu. Tolonglah aku mempelajari dan memahami perintah-Mu.

74) Para pengikut-Mu melihat aku dan menghormati aku karena aku percaya pada firman-Mu.

75) TUHAN, aku tahu bahwa keputusan-Mu adil, dan tepat bagi-Mu menghukum aku.

76) Sekarang hiburlah aku dengan kasih setia-Mu seperti yang telah Kaujanjikan.

77) Hiburlah aku dan biarkanlah aku hidup. Aku sungguh senang atas ajaran-Mu.

78) Permalukanlah orang sombong yang berdusta tentang aku. Semua yang ingin kulakukan adalah mempelajari perintah-Mu.

79) Aku berharap agar para pengikut-Mu kembali kepadaku, maka mereka dapat mempelajari peraturan-Mu.

80) Biarlah aku mematuhi hukum-Mu dengan sempurna, jadi aku tidak akan malu.

81) [Kaf] Aku semakin lemah ketika menunggu Engkau menyelamatkan aku, tetapi aku percaya pada perkataan-Mu.

82) Aku tetap mencari yang telah Kaujanjikan, tetapi mataku letih. Kapan Engkau menghiburku?

83) Walaupun aku seperti kantong kulit anggur kering di atas tumpukan barang-barang yang tidak berharga, aku tidak akan melupakan hukum-Mu.

84) Berapa lama aku harus menunggu Engkau menghukum orang yang menganiaya aku?

85) Orang sombong telah menjebak aku dengan dustanya dan membujukku melawan ajaran-Mu.

86) Semua perintah-Mu dapat dipercayai. Mereka itu salah menganiaya aku. Tolonglah aku.

87) Mereka hampir membinasakan aku, namun aku tidak pernah berhenti mematuhi perintah-Mu.

88) Tunjukkanlah kasih setia-Mu kepadaku dan biarkanlah aku hidup. Aku akan melakukan yang Kaukatakan.

89) [Lamed] TUHAN, firman-Mu tetap selama-lamanya di surga.

90) Engkau setia selama-lamanya. Engkau telah menjadikan bumi ini dan bumi masih ada.

91) Bumi masih ada hingga hari ini karena hukum-Mu, karena bumi mematuhinya seperti seorang budak.

92) Jika aku tidak menemukan sukacita dalam ajaran-Mu, penderitaanku telah membinasakan aku.

93) Aku tidak akan pernah melupakan perintah-Mu karena perintah itu membiarkan hidup yang baru kepadaku.

94) Aku milik-Mu, jadi selamatkanlah aku. Lakukanlah itu sebab aku berusaha mematuhi perintah-Mu.

95) Orang jahat berusaha membinasakan aku, tetapi Perjanjian-Mu telah membuat aku bijaksana.

96) Segala sesuatu mempunyai batas, kecuali hukum-Mu.

97) [Mem] Ya, aku cinta pada ajaran-Mu. Aku membicarakannya sepanjang waktu.

98) Perintah-Mu selalu ada padaku, membuat aku lebih bijaksana daripada musuhku.

99) Aku lebih bijaksana daripada semua guruku karena aku mempelajari peraturan-Mu.

100) Aku lebih mengerti daripada orang yang lebih tua karena aku memegang perintah-Mu.

101) Aku menjaga langkahku menghindari jalan yang salah, jadi aku dapat melakukan firman-Mu.

102) Engkau Guruku, jadi aku tidak akan berhenti mematuhi keputusan-Mu.

103) Firman-Mu begitu manis bagiku seperti madu rasanya.

104) Aku mendapat pengertian dari perintah-Mu, jadi aku benci pada ajaran palsu.

105) [Nun] Firman-Mu seperti pelita yang menuntun langkahku.

106) Hukum-Mu baik dan adil. Aku telah berjanji mematuhinya dan memegang janjiku.

107) TUHAN, aku telah lama menderita. Katakan firman-Mu, dan aku akan hidup lagi.

108) TUHAN, terimalah pujianku, dan ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

109) Hidupku selalu dalam bahaya, tetapi aku tidak melupakan ajaran-Mu.

110) Orang jahat berusaha memasang jerat bagiku, tetapi aku tetap patuh terhadap perintah-Mu.

111) Aku akan mengikuti peraturan-Mu selama-lamanya, Itu membuat aku sangat bersukacita.

112) Lebih daripada segala sesuatu aku selalu menaati hukum-Mu, sampai akhir hidupku.

113) [Samekh] Aku membenci orang yang tidak sungguh-sungguh setia kepada-Mu, tetapi aku mencintai ajaran-Mu.

114) Sembunyikanlah aku dan lindungilah aku. Aku percaya pada semua firman-Mu.

115) Hai orang jahat, jangan dekati aku, agar aku dapat mematuhi perintah Allahku.

116) Dukunglah aku, ya Tuhan, seperti yang telah Kaujanjikan, dan aku akan hidup. Aku percaya kepada-Mu, jadi janganlah kecewakan aku.

117) Tolonglah aku, dan aku akan selamat. Aku akan mempelajari hukum-Mu selama-lamanya.

118) Engkau menolak setiap orang yang melanggar hukum-Mu sebab mereka berdusta dan tidak melakukan yang dikatakannya.

119) Engkau membuang orang jahat di bumi ini seperti sampah. Jadi, aku mengasihi peraturan-Mu.

120) Aku takut pada-Mu. Aku takut dan menghormati penghakiman-Mu.

121) [Ain] Aku telah melakukan yang adil dan baik. Janganlah berikan aku kepada orang yang mau menyiksaku.

122) Berjanjilah untuk baik terhadap aku hamba-Mu. Janganlah biarkan orang sombong menyakiti aku.

123) Mataku letih mencari pertolongan dari Engkau, menunggu Engkau menyelamatkan aku, sebagimana telah Kaujanjikan.

124) Tunjukkanlah kasih setia-Mu kepadaku hamba-Mu. Ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

125) Aku adalah hamba-Mu. Berikanlah hikmat kepadaku untuk memahami peraturan-Mu.

126) TUHAN, sudah waktunya bagi-Mu melakukan sesuatu. Orang telah melanggar ajaran-Mu.

127) Aku mencintai perintah-Mu lebih daripada emas murni.

128) Dengan hati-hati aku mematuhi semua perintah-Mu. Aku benci terhadap ajaran palsu.

129) [Pe] Peraturan-Mu mengagumkan. Itulah sebabnya, aku mengikutinya.

130) Bila orang mulai mengerti firman-Mu, hal itu membawa terang kepada hidupnya. Firman-Mu membuat orang biasa bijaksana.

131) Keinginanku untuk mendengarkan perintah-Mu sangat kuat yang kutunggu dengan mulut terbuka, dengan nafas megap-megap.

132) Perhatikanlah aku dan sayangilah aku, seperti yang Engkau telah lakukan terhadap orang yang mengasihi nama-Mu.

133) Bimbinglah aku seperti yang telah Kaujanjikan. Janganlah biarkan kejahatan terjadi atasku.

134) Selamatkanlah aku dari orang yang menyakiti aku, dan aku akan mematuhi perintah-Mu.

135) Terimalah hamba-Mu, dan ajarkanlah hukum-Mu kepadaku.

136) Air mataku mengalir karena orang tidak mematuhi ajaran-Mu.

137) [Tsade] TUHAN, Engkau melakukan yang baik, dan keputusan-Mu adil.

138) Peraturan yang Kauberikan kepada kami adalah benar. Kami sungguh dapat mempercayainya.

139) Sesuatu yang membuat aku gelisah ialah pikiran bahwa musuh-musuhku tidak memperhatikan perintah-Mu.

140) Aku mencintai firman-Mu. Kebenarannya telah dibuktikan.

141) Aku orang yang masih muda, dan orang tidak menghormati aku, tetapi aku tidak melupakan perintah-Mu.

142) Kebaikan-Mu tetap selamanya, dan ajaran-Mu dapat dipercayai.

143) Namun, aku telah mengalami banyak kesusahan dan masa sulit, perintah-Mu memberikan sukacita bagiku.

144) Perjanjian-Mu selalu baik. Tolonglah aku memahaminya sehingga aku dapat hidup.

145) [Qof] TUHAN, aku memanggil Engkau dengan segenap hati. Jawablah aku, dan aku mematuhi hukum-Mu.

146) Aku memanggil Engkau. Selamatkanlah aku, dan aku akan mematuhi peraturan-Mu.

147) Aku bangun pagi-pagi untuk berdoa kepada-Mu. Aku mempercayai firman-Mu.

148) Aku bangun hingga jauh malam untuk mempelajari firman-Mu.

149) Aku tahu kasih-Mu benar, jadi dengarkanlah aku. TUHAN, Engkau selalu melakukan yang benar, biarkanlah aku hidup.

150) Di sini ada orang yang membuat rencana jahat menyiksa aku. Mereka jauh dari ajaran-Mu,

151) tetapi Engkau dekat kepadaku, Ya TUHAN, dan semua perintah-Mu dapat dipercayai.

152) Sejak dahulu aku telah belajar dari peraturan-Mu bahwa ajaran-Mu tetap untuk selamanya.

153) [Resh] Lihatlah penderitaanku dan selamatkanlah aku. Aku tidak melupakan ajaran-Mu.

154) Perjuangkanlah masalahku dan selamatkanlah aku. Biarlah aku hidup sesuai dengan janji-Mu.

155) Orang jahat tidak mempunyai pengharapan untuk diselamatkan, karena mereka tidak mematuhi hukum-Mu.

156) Ya TUHAN, Engkau sangat baik hati. Engkau selalu melakukan yang benar, biarkanlah aku hidup.

157) Banyak musuhku yang berusaha menyakiti aku, tetapi aku tidak berhenti mengikuti peraturan-Mu.

158) Aku melihat para pengkhianat dan benci terhadap yang kulihat, karena mereka tidak menaati firman-Mu.

159) Lihatlah, aku berusaha keras mematuhi perintah-Mu. TUHAN, kasih-Mu adalah benar, biarkanlah aku hidup.

160) Semua firman-Mu dapat dipercayai. Hukum-Mu adil dan tetap selamanya.

161) [Shin] Para pemimpin yang berkuasa menyerang aku tanpa alasan, tetapi aku hanya takut pada perintah-Mu.

162) Firman-Mu membuat aku bahagia seperti orang yang menemukan harta yang banyak.

163) Aku membenci dusta. Aku membuangnya, tetapi aku mencintai ajaran-Mu.

164) Tujuh kali sehari aku memuji Engkau karena hukum-Mu yang adil.

165) Orang yang mencintai ajaran-Mu akan memperoleh damai sejahtera. Tidak ada yang dapat menjatuhkannya.

166) TUHAN, Aku menantikan Engkau menyelamatkan aku. Aku telah mematuhi perintah-Mu.

167) Aku mengikuti peraturan-Mu dan mencintainya.

168) Aku menaati peraturan dan perintah-Mu karena Engkau tahu segala sesuatu yang kulakukan.

169) [Taw] TUHAN, dengarkanlah teriakanku minta tolong. Buatlah aku bijaksana seperti yang telah Kaujanjikan.

170) Dengarkanlah doaku. Selamatkanlah aku seperti yang telah Kaujanjikan.

171) Aku penuh dengan nyanyian pujian karena Engkau telah mengajarkan hukum-Mu kepadaku.

172) Biarlah suaraku menyanyikan firman-Mu karena semua perintah-Mu baik.

173) Aku telah memilih mengikuti perintah-Mu, ulurkanlah tangan-Mu dan tolonglah aku.

174) TUHAN, aku ingin supaya aku Engkau selamatkan. Ajaran-Mu membuat aku berbahagia.

175) Biarlah aku hidup dan memuji Engkau. Biarlah aku mendapat pertolongan yang kubutuhkan dalam hukum-Mu.

176) Aku telah berjalan seperti domba yang sesat. Datanglah mencari aku. Akulah hamba-Mu dan aku tidak melupakan perintah-Mu.

Pasal 120 (Total ayat 7)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Aku dalam kesulitan. Aku telah memanggil TUHAN minta tolong, dan Dia menjawab aku.

2) Aku mengatakan, “TUHAN, selamatkanlah aku dari orang yang berdusta, dari mereka yang mengatakan yang tidak benar.”

3) Hai pendusta, tahukah kamu yang akan kamu terima? Tahukah kamu yang akan kamu peroleh?

4) Kamu akan menerima panah tentara yang tajam dan batu bara yang panas untuk menghukum kamu.

5) Betapa bencinya aku tinggal di tengah-tengah orang itu. Seakan-akan tinggal di Mesekh seperti tinggal dalam kemah Kedar.

6) Aku sudah terlalu lama tinggal bersama yang membenci damai.

7) Aku mencari damai, tetapi mereka menghendaki perang.

Pasal 121 (Total ayat 8)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Aku memandang ke bukit-bukit, tetapi dari manakah sebenarnya pertolongan datang kepadaku?

2) Pertolonganku akan datang dari TUHAN, Pencipta langit dan bumi.

3) Ia tidak akan membiarkan engkau jatuh. Pelindungmu tidak akan tertidur.

4) Pelindung Israel tidak mengantuk. Ia tidak pernah tidur.

5) TUHANlah Pelindungmu. TUHAN berdiri di sampingmu, menaungi, dan melindungimu.

6) Matahari tidak dapat menyakitimu pada siang hari, dan bulan tidak dapat menyakitimu pada malam hari.

7) TUHAN akan melindungimu dari setiap bahaya. Tuhan melindungi jiwamu.

8) TUHAN akan menolong engkau ketika engkau keluar masuk. Ia menolong sekarang dan selamanya.

Pasal 122 (Total ayat 9)
1) Nyanyian Daud memasuki Bait Tuhan. Aku bergembira bila orang mengatakan, “Mari kita pergi ke Bait TUHAN.”

2) Kita ada di sini, berdiri di pintu gerbang Yerusalem.

3) Itulah Yerusalem baru. Kota itu telah dibangun kembali merupakan kota yang dipersatukan.

4) Ke sanalah suku-suku pergi, suku-suku milik TUHAN. Umat Israel datang ke sana untuk memunji nama TUHAN.

5) Raja-raja dari keluarga Daud membuat takhtanya di tempat itu. Mereka memakai takhtanya di sana menghakimi orang.

6) Berdoalah demi kedamaian di Yerusalem, “Semoga mereka yang mencintaimu akan menemukan damai sejahtera di sana.

7) Semoga terdapat damai sejahtera di sebelah dalam tembok-tembokmu. Semoga terdapat keamanan dalam bangunan-bangunanmu yang besar.”

8) Demi kebaikan keluarga dan tetanggaku, aku berdoa semoga damai sejahtera terdapat di situ.

9) Demi kebaikan Bait TUHAN Allah kita, aku berdoa semoga yang baik terjadi di kota itu.

Pasal 123 (Total ayat 4)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Aku memandang dan berdoa kepada-Mu. Engkau duduk sebagai Raja di surga.

2) Seorang hamba bergantung pada tuannya demi kebutuhannya, dan hamba perempuan bergantung pada ibu majikannya. Demikianlah, kami bergantung pada TUHAN, Allah kami, menantikan Dia berbelaskasihan kepada kami.

3) TUHAN, kasihanilah kami karena kami sudah terlalu lama dihina.

4) Kami sudah cukup terhina dari orang sombong yang mengejek kami dan yang tidak menghormati kami.

Pasal 124 (Total ayat 8)
1) Nyanyian Daud memasuki Bait Tuhan. Apa yang mungkin terjadi pada kita jika TUHAN tidak di pihak kita? Katakanlah tentang itu kepada kami, hai Israel.

2) Apa yang mungkin terjadi pada kita jika TUHAN tidak di pihak kita, bila orang menyerang kita?

3) Mereka mungkin menelan kita hidup-hidup bila mereka marah terhadap kita.

4) Tentara mereka mungkin seperti banjir melanda kita, seperti sungai menenggelamkan kita.

5) Orang sombong seakan-akan seperti air yang naik sampai ke mulut kita dan menenggelamkan kita.

6) Pujilah TUHAN! Ia tidak membiarkan musuh kita merobek-robek kita.

7) Kita melarikan diri seperti burung dari jerat pemburu. Jerat rusak, dan kita melarikan diri.

8) Pertolongan bagi kita datang dari TUHAN, satu-satunya yang telah menciptakan langit dan bumi.

Pasal 125 (Total ayat 5)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Orang yang mempercayai TUHAN adalah seperti Gunung Sion. Mereka tidak pernah gemetar. Mereka tetap untuk selamanya.

2) Seperti gunung-gunung yang mengelilingi Yerusalem, TUHAN mengelilingi dan melindungi umat-Nya sekarang dan selamanya.

3) Orang jahat tidak terus menguasai tanah orang baik. Jika hal itu terjadi, mungkin orang baik pun akan mulai berbuat yang jahat.

4) TUHAN, berbuat baiklah terhadap orang baik, terhadap orang yang hatinya murni.

5) TUHAN, bila Engkau menghukum orang jahat, hukumlah juga orang yang tidak lagi mengikuti jalan-Mu. Biarlah Israel selalu senang terhadap damai sejahtera.

Pasal 126 (Total ayat 6)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Adalah seperti mimpi ketika TUHAN kembali bersama tawanan dari Sion.

2) Kita akan tertawa dan menyanyikan lagu-lagu gembira. Bangsa-bangsa lain akan mengatakan, “TUHAN telah melakukan perbuatan yang mengagumkan terhadap Sion.”

3) Ya, kita akan berbahagia karena TUHAN melakukan perbuatan yang mengagumkan bagi kita.

4) TUHAN, berikanlah waktu yang baik lagi, seperti aliran sungai di padang gurun penuh kembali dengan air.

5) Orang yang sedih ketika mereka menabur benih, akan bersukacita, bila mereka menuai.

6) Orang yang menangis ketika mereka membawa benih akan bersukacita, bila mereka membawa tuaian.

Pasal 127 (Total ayat 5)
1) Nyanyian Salomo memasuki Bait Tuhan. Jika bukan TUHAN yang membangun rumah, pekerja bangunan hanya membuang-buang waktunya. Jika bukan TUHAN yang mengawasi suatu kota, para pengawal hanya membuang-buang waktunya.

2) Adalah membuang-buang waktu bangun pagi-pagi benar dan bekerja sampai malam, berusaha demi hidup. Tuhan menyediakan bagi orang yang dikasihi-Nya, bahkan sementara mereka sedang tidur.

3) Anak-anak ialah pemberian TUHAN, berkat dari kandungan seorang ibu.

4) Anak lelaki dari seorang yang muda seperti anak panah di tangan tentara.

5) Betapa bahagianya orang yang menyediakan banyak panahnya. Ia tidak akan pernah kalah ketika dia melawan musuhnya di pintu gerbang kota.

Pasal 128 (Total ayat 6)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Berbahagialah orang yang takut dan hormat terhadap TUHAN dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

2) Engkau akan memperoleh hasil pekerjaanmu. Engkau akan menikmati berkat Tuhan, dan segala sesuatu baik padamu.

3) Di rumah, istrimu seperti pohon anggur yang berbuah. Anak-anakmu seperti pohon zaitun di sekeliling mejamu.

4) TUHAN sesungguhnya akan memberkati para pengikut-Nya yang menghormati-Nya.

5) Semoga TUHAN memberkati engkau dari Gunung Sion. Semoga engkau menikmati berkat Yerusalem sepanjang hidupmu.

6) Dan semoga engkau hidup untuk melihat cucu-cucumu. Biarlah Israel menikmati damai sejahtera senantiasa.

Pasal 129 (Total ayat 8)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Selama hidupku musuh telah menyerang aku. Ceritakanlah itu kembali, hai Israel.

2) Selama hidupku musuh telah menyerang aku, tetapi aku tidak pernah dikalahkannya.

3) Mereka memukul aku sampai aku luka sangat parah. Punggungku seperti ladang yang dibajak,

4) tetapi TUHAN melakukan yang benar; Ia memutuskan tali dan membebaskan aku dari orang jahat.

5) Biarlah orang yang membenci Sion dipermalukan. Biarlah mereka dihambat dan diusir.

6) Mereka seperti rumput di atas atap yang layu sebelum waktunya tumbuh.

7) Orang yang pergi menuainya tidak mendapat cukup untuk dipotong dan diikat.

8) Semoga tidak ada yang melintas dekat orang jahat pernah berkata, “Semoga TUHAN memberkatimu. Kami memberkati kamu dalam nama TUHAN.”

Pasal 130 (Total ayat 8)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. TUHAN, aku sangat menderita, jadi aku minta tolong kepada-Mu.

2) Ya Tuhanku, dengarkanlah aku. Kabulkanlah teriakanku minta tolong.

3) TUHAN, jika Engkau benar-benar menghukum orang karena semua dosanya, tidak seorang pun dapat bertahan hidup.

4) Namun, Engkau mengampuni umat-Mu, jadi mereka takut dan menghormati Engkau.

5) Aku menunggu TUHAN untuk menolong aku. Jiwaku menunggu-Nya. Aku percaya pada firman-Nya.

6) Aku menunggu Tuhanku seperti penjaga yang terus menunggu datangnya pagi hari.

7) Hai Israel, percayalah pada TUHAN. TUHANlah satu-satunya yang setia dan benar. Ia menyelamatkan kita terus-menerus,

8) dan hanya Dia menyelamatkan Israel dari semua dosanya.

Pasal 131 (Total ayat 3)
1) Nyanyian Daud memasuki Bait Tuhan. Ya TUHAN, aku tidak sombong. Aku tidak berusaha menjadi lebih penting daripada orang lain. Aku tidak berminat melakukan perkara-perkara besar atau berusaha mencapai tujuan yang tidak mungkin.

2) Namun, aku tenang dan berdiam diri seperti seorang bayi yang puas di pelukan ibunya.

3) Hai Israel, percayalah pada TUHAN. Percayalah pada-Nya sekarang dan selamanya.

Pasal 132 (Total ayat 18)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. TUHAN, ingatlah bagaimana Daud menderita.

2) Ia telah berjanji kepada-Mu, ya TUHAN, membuat sumpah kepada Allah Yang Mahakuat dari Yakub.

3) Ia berkata, “Aku tidak akan pulang ke rumahku, atau tidur di tempat tidurku,

4) aku tidak akan tidur atau membiarkan mataku istirahat,

5) sampai aku menemukan rumah untuk TUHAN, kemah untuk Allah Yang Mahakuat dari Yakub.”

6) Kami mendengar tentang itu di Efrata. Kami menemukan Kotak Perjanjian di Kiryat-Yaar.

7) Mari kita pergi ke rumah Tuhan. Mari kita menyembah ke kursi tempat tumpuan kaki-Nya.

8) TUHAN, bangkitlah dari tempat peristirahatan-Mu, pergilah bersama Kotak yang menunjukkan kuasa-Mu.

9) Biarlah imam-imam-Mu berpakaian dalam kemenangan, dan para pengikut-Mu yang setia dipenuhi dengan sukacita.

10) Demi Daud hamba-Mu, janganlah tolak raja pilihan-Mu.

11) TUHAN telah berjanji kepada Daud dan bersumpah untuk setia kepadanya, “Aku selalu mengangkat seorang dari keturunanmu ke takhtamu.”

12) Hai Daud, jika keturunanmu mematuhi perjanjian-Ku dan hukum yang Kuajarkan kepada mereka, maka seorang dari keluargamu akan tetap menjadi raja.

13) TUHAN telah memilih Sion menjadi tempat Rumah-Nya, tempat yang dikehendaki-Nya untuk rumah-Nya.

14) Ia berkata, “Itu akan menjadi tempat peristirahatan-Ku senantiasa. Inilah menjadi tempat-Ku bertakhta.

15) Aku akan memberkati kota itu dengan makanan yang berlimpah-limpah. Bahkan orang miskin pun akan memiliki makanan yang berlimpah.

16) Aku akan memakaikan imam-imam dengan keselamatan, dan para pengikut-Ku sangat bergembira di sana.

17) Di tempat itu, Aku membuat keluarga Daud kuat. Aku tidak akan pernah membuat padam pelita raja pilihan-Ku.

18) Aku akan mempermalukan musuh-musuhnya, dan pada kepalanya ada mahkota yang bersinar.”

Pasal 133 (Total ayat 3)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Betapa indah dan menyenangkan bila yang bersaudara hidup bersama dalam damai.

2) Hal itu seperti minyak wangi yang dicurahkan ke atas kepala Harun, mengalir ke jenggotnya sampai ke jubahnya.

3) Hal itu seperti hujan segar dari Gunung Hermon jatuh ke atas Gunung Sion. Di sanalah TUHAN telah menjanjikan berkat-Nya, yaitu hidup yang kekal.

Pasal 134 (Total ayat 3)
1) Nyanyian memasuki Bait Tuhan. Pujilah TUHAN, hai semua hamba-Nya yang bertugas sepanjang malam dalam Bait Tuhan.

2) Angkatlah tanganmu terhadap Rumah-Nya dan pujilah TUHAN.

3) Semoga TUHAN yang telah menciptakan langit dan bumi memberkati kamu dari Sion.

Pasal 135 (Total ayat 21)
1) Pujilah TUHAN! Pujilah nama TUHAN. Pujilah Dia, hai hamba-hamba TUHAN,

2) kamu yang bertugas dalam Bait TUHAN, di pelataran Bait Allah kita.

3) Pujilah TUHAN sebab Dia baik. Pujilah nama-Nya sebab hal itu menyenangkan.

4) TUHAN telah memilih Yakub. Ia memilih Israel menjadi milik-Nya.

5) Aku tahu TUHAN agung. Tuhan kita lebih besar daripada semua dewa.

6) TUHAN melakukan segala sesuatu yang diinginkan-Nya, di langit dan di bumi, di laut dan di lautan yang dalam.

7) Ia menjadikan awan menaungi seluruh bumi. Ia menjadikan kilat dan hujan dan membuka pintu-pintu untuk mengeluarkan angin.

8) Ia telah membinasakan semua anak sulung laki-laki di Mesir dan ternaknya.

9) Ia mengadakan tanda dan mukjizat besar di Mesir. Ia membuat hal itu menentang Firaun dan pegawainya.

10) Ia mengalahkan banyak bangsa dan membunuh raja-raja yang berkuasa.

11) Ia mengalahkan Sihon raja Amori, Og raja Basan, dan semua kerajaan di Kanaan.

12) Kemudian Dia memberikan negeri mereka kepada Israel, umat-Nya.

13) TUHAN, nama-Mu akan termasyhur selamanya. TUHAN, orang akan mengingat Engkau selama-lamanya.

14) TUHAN memberi keadilan kepada umat-Nya, Ia sayang kepada hamba-hamba-Nya.

15) Dewa-dewa bangsa lain hanyalah berhala emas dan perak, yang dibuat manusia.

16) Dewa-dewa mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berbicara; mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat;

17) mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar; dalam mulutnya tidak ada nafas.

18) Orang yang membuat berhala dan mempercayainya akan menjadi sama seperti itu.

19) Hai keluarga Israel, pujilah TUHAN. Hai keluarga Harun, pujilah TUHAN.

20) Hai keluarga Lewi, pujilah TUHAN. Hai pengikut-pengikut TUHAN, pujilah TUHAN.

21) TUHAN dipuji dari Sion, dari Yerusalem, tempat tinggal-Nya. Pujilah TUHAN!

Pasal 136 (Total ayat 26)
1) Pujilah TUHAN karena Dia baik. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

2) Pujilah Allah dari segala allah. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

3) Pujilah Tuhan dari segala tuan. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

4) Pujilah Dia, yang melakukan mukjizat-mukjizat yang mengagumkan. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

5) Pujilah yang menciptakan langit dengan hikmat. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

6) Ia telah menghamparkan tanah di atas laut. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

7) Ia membuat penerang besar. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

8) Ia membuat matahari memerintah siang. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

9) Ia membuat bulan dan bintang memerintah malam. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

10) Ia membunuh anak sulung laki-laki di Mesir, baik manusia maupun ternak. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

11) Ia membawa Israel keluar dari Mesir. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

12) Ia menunjukkan kuasa dan kekuatan-Nya yang besar. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

13) Ia membelah Laut Merah menjadi dua bagian. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

14) Ia menuntun orang Israel menyeberangi laut. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

15) Ia menenggelamkan Firaun dan tentaranya di Laut Merah. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

16) Ia menuntun umat-Nya melalui padang gurun. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

17) Ia telah mengalahkan raja-raja yang berkuasa. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

18) Ia mengalahkan raja-raja yang kuat. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

19) Ia mengalahkan Sihon raja Amori. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

20) Ia mengalahkan Og raja Basan. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

21) Ia memberikan negeri mereka kepada Israel. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

22) Ia memberikan negeri itu sebagai pemberian kepada Israel. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

23) Ia mengingat kita ketika kita dikalahkan. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

24) Ia menyelamatkan kita dari musuh kita. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

25) Ia memberikan makanan kepada setiap orang. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

26) Pujilah Allah surgawi. Kasih setia-Nya tetap untuk selamanya.

Pasal 137 (Total ayat 9)
1) Kita telah duduk di tepi sungai di Babel dan menangis ketika kita mengingat Sion.

2) Kita menggantungkan kecapi kita di pohon-pohon.

3) Di Babel, orang yang menawan kita, menyuruh kita bernyanyi. Musuh kita mengatakan kepada kita menyanyikan lagu gembira bagi mereka, “Nyanyikan satu lagu tentang Sion bagi kami,”

4) tetapi kita tidak dapat menyanyikan nyanyian TUHAN di negeri asing.

5) Hai Yerusalem, jika aku pernah melupakan engkau, maka aku tidak pernah lagi memainkan lagu.

6) Jika aku gagal mengingat engkau, aku tidak pernah lagi bernyanyi. Aku selalu mengingat Yerusalem selaku sukacitaku yang terbesar.

7) TUHAN, hukumlah orang Edom atas yang telah dilakukannya ketika Yerusalem dikepung. Mereka berteriak, “Binasakan bangunannya. Robohkan semuanya ke tanah.”

8) Hai Babel, engkau akan binasa. Berbahagialah orang yang membalaskan kepadamu atas yang engkau lakukan terhadap kami.

9) Berbahagialah orang yang menyamun bayi-bayimu dan meremukkannya ke batu karang.

Pasal 138 (Total ayat 8)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, aku memuji Engkau dengan segenap hatiku. Aku akan menyanyikan nyanyian pujian kepada-Mu di hadapan dewa-dewa.

2) Aku sujud terhadap Rumah Kudus-Mu dan memuji nama-Mu, karena kasih dan kesetiaan-Mu. Engkau termasyhur dan melakukan yang telah Kaujanjikan membuat Engkau bahkan semakin termasyhur.

3) Ketika aku memanggil Engkau minta tolong, Engkau menjawab aku dan memberikan kekuatan kepadaku.

4) TUHAN, semua raja di bumi akan memuji Engkau apabila mereka mendengar perkataan-Mu.

5) Mereka akan menyanyikan yang dilakukan TUHAN karena kemuliaan TUHAN sangat besar.

6) Tempat TUHAN sangat tinggi di atas segala yang lain, namun Dia masih memelihara yang rendah hati. Bahkan dari tempat itu, jauh di atas, Ia tahu yang dilakukan orang sombong.

7) Jika aku dalam kesulitan, Engkau menjaga nyawaku. Jika musuh-musuhku memarahi aku, selamatkanlah aku dari mereka.

8) TUHAN, aku tahu Engkau melakukan yang telah Kaujanjikan. TUHAN, kasih setia-Mu tetap untuk selamanya. Engkaulah satu-satunya yang menciptakan kami, jadi janganlah tinggalkan kami.

Pasal 139 (Total ayat 24)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. Ya TUHAN, Engkau telah menguji aku. Engkau tahu semua tentang aku.

2) Engkau tahu kapan aku duduk dan kapan aku bangun. Engkau tahu pikiranku dari tempat yang jauh.

3) Engkau tahu tujuan perjalananku dan kapan aku berbaring. Engkau tahu segala sesuatu yang kulakukan.

4) TUHAN, Engkau tahu yang mau kukatakan, bahkan sebelum perkataan itu keluar dari mulutku.

5) Engkau ada di sekelilingku di depan dan di belakangku. Aku merasakan tangan-Mu di atasku dengan lembut.

6) Aku heran atas yang Engkau ketahui; terlalu banyak bagiku untuk memahaminya.

7) Roh-Mu ada di segala tempat ke mana saja aku pergi. Aku tidak dapat melarikan diri dari Engkau.

8) Jika aku pergi ke angkasa, Engkau ada di sana. Jika aku masuk ke tempat orang mati, Engkau ada di sana.

9) Jika aku pergi ke timur tempat matahari terbit, atau ke barat ke arah laut,

10) bahkan di sana pun Engkau memegang tanganku dan menuntun aku. Tangan kanan-Mu yang perkasa akan melindungi aku.

11) Seandainya aku mau menyembunyikan diri dari Engkau dan berkata, “Pasti gelap akan menyembunyikan aku. Siang hari akan berubah menjadi malam dan menutupi aku.”

12) Namun, gelap pun tidak pernah menjadi gelap bagi-Mu. Bagi-Mu, gelap dan terang sama saja.

13) Engkau telah menciptakan seluruh tubuhku. Engkau membuat aku dalam perut ibuku.

14) Aku memuji Engkau karena Engkau menciptakan aku dengan cara yang menakjubkan. Aku tahu betapa kagum itu.

15) Engkau dapat melihat pertumbuhan tulangku ketika tubuhku dibentuk, tersembunyi dalam rahim ibuku.

16) Engkau dapat melihat tubuhku bertumbuh setiap hari berlalu. Engkau mendaftarkan semuanya, tidak satu pun yang hilang.

17) Pikiran-Mu sangat sulit bagiku. Engkau tahu sedemikian banyak.

18) Jika aku dapat menghitungnya, itu lebih banyak daripada semua butir pasir. Dan apabila aku selesai, aku masih baru mulai.

19) Ya pembunuh, pergilah dari aku. Ya Allah, bunuhlah orang jahat itu —

20) mereka mengatakan yang jahat tentang Engkau. Musuh-Mu menyalahgunakan nama-Mu.

21) Ya TUHAN, aku membenci orang yang membenci Engkau. Aku membenci orang yang melawan-Mu.

22) Aku sangat membenci mereka. Musuh-Mu adalah juga musuhku.

23) Ya Allah, periksalah aku dan kenalilah pikiranku. Ujilah aku dan kenalilah pikiranku yang takut.

24) Pastikanlah bahwa aku tidak melalui jalan yang salah. Tuntunlah aku pada jalan yang selalu benar.

Pasal 140 (Total ayat 13)
1) Kepada pemimpin koor. Nyanyian Daud. (140-2) Ya TUHAN, selamatkanlah aku dari orang jahat. Lindungilah aku dari pelaku kekerasan,

2) (140-3) dari mereka yang berencana melakukan yang jahat dan selalu membuat kesulitan.

3) (140-4) Lidah mereka seperti ular berbisa, mematikan seperti racun. Sela

4) (140-5) TUHAN, selamatkanlah aku dari orang jahat. Lindungilah aku dari orang jahat yang berencana menyiksa aku.

5) (140-6) Orang yang tinggi hati berusaha menjerat aku. Mereka menyebarkan jaring menangkap aku. Mereka memasang jerat pada jalanku. Sela

6) (140-7) TUHAN, Engkaulah Allahku. TUHAN, dengarkanlah doaku.

7) (140-8) Ya Tuhan ALLAHku, Engkaulah yang Mahakuasa yang meyelamatkan aku. Engkau melindungi kepalaku di pertempuran.

8) (140-9) TUHAN, janganlah biarkan orang jahat memiliki yang diinginkannya. Janganlah biarkan rencana mereka berhasil. Sela

9) (140-10) Musuhku merencanakan kesulitan bagiku. TUHAN, buatlah kesulitan itu terjadi atas mereka.

10) (140-11) Curahkanlah bara api ke atas kepala mereka. Lemparkanlah mereka ke dalam api. Lemparkanlah mereka ke lubang sehingga mereka tidak dapat melarikan diri.

11) (140-12) Janganlah biarkan pembohong bersukacita. Buatlah bencana menimpanya.

12) (140-13) Aku tahu TUHAN akan mengadili orang miskin dengan jujur dan melindungi orang yang tidak berdaya.

13) (140-14) Orang baik akan memuji nama-Mu; orang jujur akan tinggal di hadapan-Mu.

Pasal 141 (Total ayat 10)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, aku minta tolong kepada-Mu. Dengarkanlah aku ketika aku berdoa. Segeralah tolong aku.

2) Terimalah doaku seperti persembahan kemenyan yang dibakar, kata-kataku yang kuucapkan seperti persembahan petang.

3) TUHAN, tolonglah aku mengendalikan yang kukatakan. Tolonglah aku menjaga ucapanku.

4) Janganlah biarkan aku mau melakukan yang jahat. Hentikanlah aku bergabung dengan orang jahat apabila mereka melakukan yang salah. Jangan biarkan aku ambil bagian dalam perayaan mereka.

5) Jika orang baik dapat mengoreksi aku, aku akan menganggapnya suatu hal yang baik. Jika mereka mengkritik aku, aku akan menerimanya sebagai ucapan selamat datang. Namun, doaku akan senantiasa menentang orang jahat, yang melakukan yang jahat.

6) Biarlah para hakim mereka dijatuhi hukuman mati. Kemudian setiap orang tahu bahwa aku mengatakan kebenaran.

7) Seperti batu-batu di ladang yang dibajak oleh petani, demikianlah tulang-tulang kita akan diserakkan di dalam kuburan.

8) Ya Tuhan ALLAHku, aku bergantung pada-Mu minta tolong. Aku mencari perlindungan pada-Mu, jangan biarkan aku mati.

9) Orang jahat berusaha memasang jerat terhadap aku. Janganlah biarkan aku jatuh ke dalam perangkapnya.

10) Biarkanlah orang jahat jatuh ke dalam perangkapnya sendiri, selagi aku berjalan tanpa cedera.

Pasal 142 (Total ayat 7)
1) Nyanyian Daud. Doa Daud ketika di dalam gua. (142-2) Aku berseru kepada TUHAN. Aku memohon kepada TUHAN untuk menolong aku.

2) (142-3) Aku akan menceritakan kepada-Nya tentang masalahku. Aku menceriterakan kepada-Nya tentang kesulitanku.

3) (142-4) Aku siap menyerah, tetapi Engkau, TUHAN, tahu di mana jalanku. Dan Engkau tahu bahwa musuhku telah memasang jerat terhadap aku.

4) (142-5) Aku melihat sekeliling dan aku tidak melihat seorang pun dari kenalanku. Aku tidak mempunyai tempat pelarian. Tidak ada seorang pun yang menyelamatkan aku.

5) (142-6) TUHAN, aku berteriak kepada-Mu minta tolong, “Engkaulah tempat perlindunganku. Hanya Engkaulah yang kubutuhkan dalam hidup ini.”

6) (142-7) Dengarkanlah doaku. Aku sangat lemah. Selamatkanlah aku dari orang yang mengusir aku. Mereka lebih kuat daripadaku.

7) (142-8) Tolonglah aku melarikan diri dari jerat itu supaya aku dapat memuji nama-Mu. Dan orang baik akan merayakannya bersama aku karena Engkau memelihara aku.

Pasal 143 (Total ayat 12)
1) Nyanyian Daud. Ya TUHAN, dengarkanlah doaku. Dengarkanlah seruanku minta tolong dan jawablah doaku. Tunjukkanlah kepadaku bahwa Engkau baik dan setia.

2) Janganlah hakimi aku, hamba-Mu. Tidak ada yang hidup yang dihakimi tidak bersalah menurut ukuran-Mu.

3) Musuh-musuhku mengusir aku. Mereka memaksa aku ke dalam lumpur. Mereka mendorong aku ke dalam kubur yang gelap seperti orang yang telah lama mati.

4) Aku siap menyerah. Aku kehilangan keberanianku.

5) Aku teringat akan yang terjadi pada waktu yang lalu. Aku memikirkan tentang banyak hal yang telah Kaulakukan. Aku membicarakan tentang yang Engkau lakukan dengan tangan-Mu.

6) Aku mengangkat tanganku dan berdoa kepada-Mu. Aku menunggu pertolongan-Mu seperti tanah kering yang menantikan hujan. Sela

7) Segeralah jawab aku, ya TUHAN. Semangatku telah hilang. Janganlah berbalik dari aku. Jangan biarkan aku mati dan menjadi seperti orang mati tergeletak di kuburan.

8) Tunjukkan kasih setia-Mu kepadaku pagi ini. Aku percaya kepada-Mu. Tunjukkanlah kepadaku yang harus kulakukan. Aku menyerahkan hidupku ke tangan-Mu.

9) TUHAN, aku datang kepada-Mu untuk berlindung. Selamatkanlah aku dari musuhku.

10) Tunjukkanlah kepadaku yang Engkau inginkan akan kulakukan. Engkaulah Allahku. Biarlah Roh-Mu yang baik membimbing aku di tanah yang rata.

11) TUHAN, biarkanlah aku hidup, maka orang akan memuji nama-Mu. Tunjukkanlah kepadaku betapa baik Engkau dan selamatkanlah aku dari kesulitanku.

12) Tunjukkanlah kasih-Mu kepadaku dan kalahkan musuh-musuhku. Binasakanlah yang berusaha membunuh aku sebab aku hamba-Mu.

Pasal 144 (Total ayat 15)
1) Nyanyian Daud. TUHANlah Batu karangku. Pujilah Tuhan! Ia melatih aku berperang. Ia melatih aku bertempur.

2) Ia mengasihi aku dan melindungi aku. Ia tempat perlindunganku, tinggi di atas gunung. Ia menyelamatkan aku. Ia Perisaiku. Aku percaya kepada-Nya. Ia menolong aku memerintah umatku.

3) Ya TUHAN, mengapakah manusia itu penting bagi-Mu? Mengapa Engkau mempedulikan kami?

4) Hidup kami seperti uap, seperti bayang-bayang yang melintas.

5) TUHAN, bukalah langit dan turunlah. Sentuhlah gunung-gunung, dan asap akan keluar dari situ.

6) Sambarlah musuh-musuhku dengan kilat-Mu sampai mereka melarikan diri. Tembakkanlah panah-Mu dan buat mereka melarikan diri.

7) Ulurkanlah tangan-Mu dari atas dan selamatkan aku. Janganlah biarkan aku tenggelam ke dalam laut musuhku. Selamatkanlah aku dari orang asing itu.

8) Mereka semua pendusta biarpun mereka bersumpah mengatakan kebenaran.

9) Ya Allah, aku akan menyanyikan nyanyian baru tentang yang mengagumkan yang Engkau lakukan. Aku akan memuji Engkau dan memainkan kecapi sepuluh tali.

10) Engkau menolong raja-raja memenangkan perangnya. Engkau menyelamatkan Daud hamba-Mu dari pedang musuhnya.

11) Selamatkanlah aku dari orang asing itu. Mereka semuanya pendusta biarpun mereka bersumpah mengatakan kebenaran.

12) Selamatkanlah kami sehingga anak-anak kami seperti pohon yang kuat, dan putri-putri kami seperti hiasan yang indah di istana.

13) Selamatkanlah kami sehingga gudang-gudang kami penuh dengan biji-bijian. Padang kami penuh dengan ribuan ternak domba.

14) Kemudian tentara kami selamat, dan tidak ada musuh yang berusaha mendobrak. Kami tidak pergi berperang, dan tidak ada orang menjerit-jerit di jalan kami.

15) Betapa indahnya memiliki berkat seperti itu. Ya, betapa bahagianya orang yang TUHAN selaku Allahnya.

Pasal 145 (Total ayat 21)
1) Nyanyian Daud. Aku akan menceriterakan kebesaran-Mu, ya Allah dan Rajaku. Aku memuji nama-Mu selama-lamanya.

2) Aku memuji Engkau setiap hari. Aku memuji nama-Mu selama-lamanya.

3) TUHAN itu besar dan patut menerima pujian dari kita. Tidak ada yang dapat memahami kebesaran-Nya.

4) Setiap keturunan akan memuji Engkau dan menceritakan kepada keturunan berikutnya tentang hal-hal yang besar yang Kaulakukan.

5) Kebesaran dan kemuliaan-Mu mengagumkan. Aku akan menceritakan tentang mukjizat-mukjizat-Mu.

6) Orang akan menceritakan tentang keajaiban yang Kaulakukan. Aku akan menceritakan hal yang besar yang Kaulakukan.

7) Mereka akan menceritakan tentang yang baik yang Kaulakukan. Mereka akan menyanyikan kebaikan-Mu.

8) TUHAN pengasih dan pemurah, panjang sabar, dan penuh kasih.

9) TUHAN baik kepada setiap orang. Ia menunjukkan rahmat-Nya kepada setiap ciptaan-Nya.

10) Ya TUHAN, semua yang Engkau ciptakan akan bersyukur kepada-Mu. Pengikut-pengikut-Mu yang setia akan memuji Engkau.

11) Mereka menceritakan betapa besarnya Kerajaan-Mu. Mereka menceritakan betapa besarnya Engkau.

12) Jadi, orang lain tahu tentang hal-hal besar yang Engkau lakukan. Mereka tahu betapa besar dan indahnya Kerajaan-Mu.

13) Kerajaan-Mu tidak akan pernah berhenti, dan Engkau akan memerintah selamanya. TUHAN dapat dipercayai dalam semua perkataan-Nya. Ia setia dalam semua yang dilakukan-Nya.

14) TUHAN mengangkat orang yang telah jatuh. Ia menolong orang dalam kesulitan.

15) Setiap yang hidup menantikan makanan dari Engkau, dan Engkau memberikan makanan kepada mereka pada waktu yang tepat.

16) Engkau membuka tangan-Mu dan memberikan kebutuhan kepada setiap yang hidup.

17) Segala sesuatu yang dilakukan TUHAN baik. Segala sesuatu yang dilakukan-Nya menunjukkan betapa setianya Dia.

18) TUHAN dekat bagi setiap orang yang minta tolong kepada-Nya dengan setia.

19) Ia mendengarkan pengikut-Nya dan melakukan yang dikehendakinya. Ia mendengarkan doa mereka dan menyelamatkannya.

20) TUHAN melindungi setiap orang yang mengasihi-Nya, tetapi semua orang jahat dibinasakan-Nya.

21) Aku akan memuji TUHAN. Biarlah setiap orang memuji nama-Nya yang kudus selama-lamanya.

Pasal 146 (Total ayat 10)
1) Pujilah TUHAN! Hai jiwaku, pujilah TUHAN.

2) Aku akan memuji TUHAN selama hidupku. Aku akan menyanyikan pujian bagi-Nya selama aku hidup.

3) Jangan bergantung pada para pemimpinmu untuk minta tolong. Jangan bergantung pada manusia sebab mereka tidak dapat menyelamatkan kamu.

4) Manusia mati dan dikubur. Kemudian semua rencananya untuk menolong hilang.

5) Betapa bahagianya orang yang mempunyai Allah Yakub untuk menolongnya. Mereka bergantung pada TUHAN Allahnya.

6) Ia telah menciptakan langit dan bumi. Ia menciptakan laut dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Ia dapat dipercayai dalam semua perkataan-Nya.

7) Ia melakukan yang benar terhadap orang yang tersiksa. Ia memberikan makanan kepada orang yang lapar. TUHAN membebaskan mereka dari penjara.

8) TUHAN membuka mata orang buta. TUHAN menolong orang dalam kesulitan. TUHAN mengasihi yang melakukan yang benar.

9) TUHAN menjaga orang asing di negeri kita. Ia memelihara janda-janda dan yatim piatu, tetapi orang jahat dibinasakan-Nya.

10) TUHAN memerintah selamanya. Sion, Allahmu memerintah selama-lamanya. Pujilah TUHAN!

Pasal 147 (Total ayat 20)
1) Pujilah TUHAN sebab Dia baik. Nyanyikanlah pujian bagi Allah kita. Baik dan senang adanya memuji-Nya.

2) TUHAN membangun Yerusalem kembali. Ia membawa kembali orang Israel yang tertawan.

3) Ia menyembuhkan orang yang patah hati dan membalut luka-lukanya.

4) Ia menghitung bintang-bintang dan namanya satu per satu diketahui-Nya.

5) Tuhan kita besar dan sangat berkuasa. Tidak ada batas pengetahuan-Nya.

6) TUHAN mendukung orang yang rendah hati, tetapi mempermalukan orang jahat.

7) Bersyukurlah kepada TUHAN. Pujilah Allah kita dengan kecapi.

8) Ia memenuhi langit dengan awan. Ia menurunkan hujan ke bumi. Ia menumbuhkan rumput di gunung-gunung.

9) Ia memberikan makanan kepada binatang-binatang. Ia memberi makan anak-anak burung.

10) Kuda perang para tentara yang berkuasa tidak membuat-Nya bahagia.

11) TUHAN senang terhadap orang yang menyembah-Nya dan yang percaya kepada kasih setia-Nya.

12) Hai Yerusalem, pujilah TUHAN. Hai Sion, pujilah Allahmu.

13) Ia membuat pintu gerbangmu kuat dan memberkati orang dalam kotamu.

14) Ia membawa damai sejahtera ke negerimu, jadi kamu mempunyai banyak gandum untuk makanan.

15) Ia memberi perintah kepada bumi, dan bumi segera mematuhinya.

16) Ia mengirim salju hingga tanah menjadi putih seperti wol. Ia membuat hujan es beterbangan di udara seperti debu.

17) Ia menjatuhkan hujan batu seperti batu karang dari langit. Tidak ada orang yang dapat berdiri karena udara dingin yang dikirim-Nya.

18) Kemudian Dia memberikan perintah yang lain, dan udara panas berembus kembali. Batu es meleleh, dan air mulai mengalir.

19) Ia memberikan perintah-Nya kepada Yakub. Ia memberikan hukum dan peraturan-Nya kepada Israel.

20) Ia tidak melakukan itu terhadap bangsa-bangsa lain. Ia tidak mengajarkan hukum-Nya kepada orang lain. Pujilah TUHAN!

Pasal 148 (Total ayat 14)
1) Pujilah TUHAN! Hai malaikat-malaikat yang di atas, pujilah TUHAN dari surga.

2) Pujilah Dia, hai segala malaikat. Pujilah Dia, hai semua tentara-Nya.

3) Hai matahari dan bulan, pujilah. Hai bintang-bintang dan terang di langit, pujilah Dia.

4) Pujilah Dia, hai langit yang tertinggi. Hai air di atas langit, pujilah Dia.

5) Biarlah semuanya memuji nama TUHAN sebab Ia telah memberikan perintah, dan menciptakan semuanya.

6) Ia telah menciptakan semuanya itu tetap untuk selamanya. Ia membuat hukum yang tidak berkesudahan.

7) Hai segala penghuni bumi, pujilah TUHAN. Hai binatang besar di lautan, pujilah.

8) Pujilah Dia, hai api dan hujan batu, salju dan uap, dan angin topan yang taat kepada-Nya.

9) Pujilah Dia, hai gunung-gunung dan bukit-bukit, pohon buah-buahan dan pohon cedar.

10) Pujilah Dia, hai binatang buas dan ternak, binatang melata dan burung-burung.

11) Pujilah Dia, hai raja-raja dan bangsa-bangsa di bumi, para pemimpin dan hakim.

12) Pujilah Dia, hai orang muda laki-laki dan perempuan, orang yang tua dan anak-anak.

13) Pujilah nama TUHAN. Hormatilah nama-Nya selama-lamanya. Nama-Nya lebih besar daripada yang lain. Dia lebih mulia daripada langit dan bumi.

14) Ia telah membuat umat-Nya kuat. Para pengikut-Nya yang setia memuji Dia. Hai Israel, umat-Nya yang berharga, pujilah TUHAN.

Pasal 149 (Total ayat 9)
1) Pujilah TUHAN! Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN. Nyanyikanlah pujian bagi-Nya dalam persekutuan para pengikut-Nya.

2) Biarlah Israel bersukacita bersama Penciptanya. Biarlah orang di Sion bersukacita bersama Rajanya.

3) Biarlah mereka memuji-Nya dengan tari-tarian dan memainkan tambur dan kecapinya.

4) TUHAN senang dengan umat-Nya. Ia telah melakukan hal yang mengagumkan untuk umat-Nya yang rendah hati. Ia telah menyelamatkan mereka.

5) Biarlah para pengikut-Nya bersukacita dalam kemenangan. Biarlah mereka bernyanyi dengan sukacita, bahkan di tempat tidurnya.

6) Biarlah orang meneriakkan pujian bagi Allah, sambil membawa pedang dalam tangannya.

7) Biarlah mereka pergi menghukum bangsa-bangsa lain. Biarlah mereka pergi menghukum orang itu.

8) Mereka akan membelenggu raja-raja dan para pemimpinnya dalam belenggu besi.

9) Mereka akan menghukum bangsa-bangsa itu seperti yang diperintahkan Allah. Itulah suatu penghormatan bagi para pengikut-Nya. Pujilah TUHAN!

Pasal 150 (Total ayat 6)
1) Pujilah TUHAN! Pujilah Allah di Bait -Nya. Pujilah Dia di surga, benteng-Nya yang teguh.

2) Pujilah Dia atas perbuatan-Nya yang besar. Pujilah Dia atas segala kebesaran-Nya.

3) Pujilah Dia dengan terompet dan tanduk. Pujilah Dia dengan harpa dan kecapi.

4) Pujilah Dia dengan tambur dan tarian. Pujilah Dia dengan kecapi dan suling.

5) Pujilah Dia dengan canang yang kuat suaranya. Pujilah Dia dengan canang besar.

6) Setiap yang bernafas, pujilah TUHAN. Pujilah TUHAN!

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version