PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Mendaki Gunung Batur di Bali | Mendaki Saat Sunrise (Matahari Terbit)

6 min read

Mendaki Gunung Batur, Pendakian Matahari Terbit

Tak perlu banyak bicara selain apa yang kita lihat di foto… Pemandangan yang ditawarkan setelah mendaki Gunung Batur adalah lautan awan, gunung berapi Agung, dan matahari yang mengintip dari tepi langit. Ini sangat indah, dan pasti salah satu yang menarik saat anda berada di Bali.

Selama berada di Bali, salah satu pendakian yang terkenal adalah mendaki Gunung Batur di pagi hari. Pagi-pagi maksud saya sebelum matahari terbit… Memang prinsip dari perjalanan adalah menyaksikan matahari terbit ini dari puncak gunung berapi!

Pada artikel ini, saya kembali ke pendakian Gunung Batur ini, berbagi tanggapan saya. Dan dengan menunjukkan bagaimana melakukan hal yang sama, sendiri, atau ditemani oleh pemandu seperti yang saya bisa lakukan.

Akses ke awal pendakian Gunung Batur

Dimanakah Gunung Batur?

Gunung Batur terletak di sebelah timur pulau Bali, jadi jika Anda tidak menginap di dekatnya, akses untuk memulai pendakian sekitar jam 4 pagi sebenarnya tidak sepele…

Saya berbagi dalam artikel ini pengalaman saya hiking dalam paket all-inclusive (yang ini, dengan sopir yang membawa Anda ke lokasi dari akomodasinya, mendaki ditemani pemandu, dan kembali ke akomodasinya).

Namun jika Anda ingin melakukan pendakian sendiri di pagi hari, yang ideal adalah tetap berada di dekat titik awal pendakian. Ini untuk meminimalisir waktu tempuh sebisa mungkin di tengah malam, nyaris tidak bangun, dan di jalan-jalan kecil Bali…

Untuk ini khususnya ada vila-vila ini tidak jauh dari titik awal, atau hotel Batur Green Hill.

Bagaimanapun, apakah Anda sampai di sana melalui transportasi sopir, atau apakah Anda pergi ke Gunung Batur sendiri, awal pendakian terletak di tempat parkir Pura Jati Batur.

Dengan atau tanpa pemandu?

Untuk pendakian yang terdiri dari mencapai puncak Gunung Batur di pagi hari, kami telah membaca selama persiapan kami untuk perjalanan ke Bali, bahwa ketika Anda tidak ditemani oleh pemandu resmi, akses dari hiking dapat membawa ketegangan ke tempat parkir. Rupanya tidak terlihat bagus untuk mendaki sendirian, tetapi secara pribadi kami tidak menyadarinya.

Pernyataan ini bagaimanapun tidak berlaku pada siang hari. Memang, hiking ditemani pemandu di siang hari tidak terlalu menarik: Anda bisa melihat jalan setapak dengan sangat baik.

Namun di luar pemandu profesional selama pendakian, layanan ini juga mencakup transportasi dari akomodasi Anda. Yang jelas lumayan di tengah malam, dan ini di mana pun kami tinggal (dalam kasus kami, dia datang menjemput kami di dekat Seminyak, beberapa kilometer di utara Denpasar).

Singkatnya, kita dapat mengatakan bahwa:

-Di pagi hari, mendaki dalam gelap dan mulai malam membutuhkan persiapan yang baik. Di luar fakta bahwa ini adalah solusi yang paling banyak dipraktikkan, ini juga merupakan solusi mudah untuk dapat memanfaatkan momen ini sepenuhnya. Tanpa solusi ini, jelas kami tidak akan melakukannya.
-Pada siang hari, panduan tidak diperlukan. Di sisi lain, “pertunjukan” tidak sama dengan di pagi hari …

Pergi menggunakan agen lokal

Agar tidak perlu khawatir, kami melakukan hal yang paling sederhana dan pergi melalui agen lokal (yang ini), melalui situs pemesanan online.

Di luar pengemudi, kami mendapat manfaat dari pemandu selama kenaikan, yang sangat kami hargai.

Bahkan diterangi dengan lampu depan, tanahnya vulkanik, penyangga tidak selalu mudah ditemukan. Dan pengalaman seseorang yang mengetahui jalan dengan baik merupakan nilai tambah yang signifikan. Ingatlah bahwa ini jam 4 pagi, dan kita belum sepenuhnya bangun…

Untuk harga yang telah kami bayarkan sekitar lima puluh euro per orang (untuk layanan ini, dipesan terlebih dahulu).

Bangun lebih awal: batasan yang harus diperhatikan

Kami tidak menyembunyikan fakta bahwa untuk tamasya ke Gunung Batur ini, kebangkitannya sangat keras… Ini bervariasi menurut musim, tetapi matahari biasanya terbit sekitar jam 6 pagi. Ditambah lagi pendakian ke puncak, yang memakan waktu 2 jam, dan waktu tempuh dari hotel atau vila Anda.

Tergantung pada lokasi Anda, ini berarti bangun sekitar pukul 1:30 dan 2:30 pagi! Sopir memang bisa menjemput Anda di selatan pulau, di pantai Kuta. Tapi juga dari titik yang lebih dekat seperti dari Ubud atau Amed. Sebagai indikasi, masih perlu menghitung satu jam perjalanan dari Ubud.

Batur insun
Sun is already un and shining on Batur volcano, Bali, Indonesia. Syselpunk, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Mendaki Gunung Batur

Rute

Kami menilai pendakian Gunung Batur sebagai kesulitan sedang. Seperti halnya pendakian apa pun yang terdiri dari pendakian, kesulitannya terletak di atas segalanya dalam menemukan ritme Anda agar tidak kehilangan napas terlalu cepat.

Kenaikan elevasi dari pendakian ini adalah 800 meter.

Namun, Gunung Batur adalah gunung berapi, dan letusan masa lalu telah melapisi beberapa sisi dengan lava yang telah mengeras dan sebagian besar terkelupas dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, jalur pendakian sering kali dipenuhi kerikil hitam, kurang lebih besar, tidak terlalu stabil, dan terkadang Anda harus mendaki untuk maju.

Karena itu Anda harus berhati-hati di mana Anda meletakkan kaki Anda dan mengambil dukungan yang baik. Dan jangan lupa bahwa di jalan keluar kita berjalan dengan cahaya senter…

Peralatan untuk mendaki Gunung Batur

Oleh karena itu kami menyarankan untuk memiliki sepasang sepatu kets yang menangkap minimum. Hindari sol yang halus! Perhatikan bahwa pemandu masih ada untuk membantu kami membuka jalan, dan membantu kami memanjat batu jika perlu.

Sebagai catatan, dalam perjalanan turun saya melihat seseorang melakukan penurunan dengan sandal! Saya angkat topi kepadanya, dan saya pikir dia beruntung tidak terpeleset…

Untuk pendakian ini dibutuhkan antara 1h30 dan 2h tergantung pada kecepatan Anda. Memang, kita berada dalam kegelapan, tetapi obor memungkinkan kita untuk mengarahkan diri kita sendiri. Dan di atas segalanya, kami jauh dari sendirian… Karena itu kami melihat balet sorot senter di depan, dan di belakang. Kenaikan ini kurang lebih merupakan korban dari kesuksesannya sendiri dan karena itu relatif populer.

Bagi kami, pendakian itu berkabut, dan tampaknya memang demikian. Tapi itu adalah bagian dari pemandangan pendakian ini, karena setelah beberapa saat kami selesai melintasi tutupan awan ini.

Karena itu kita berada di ujung atas kabut, yang membuat semua keindahan matahari terbit!.

Sunrise at Mt Batur, Bali
Matahari terbit di Gunung Batur. Olderthangoogle, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Di puncak Gunung Batur

Matahari terbit

Dari segi ketinggian, Gunung Batur adalah gunung berapi kedua di Bali: memuncak pada 1717 m. Muncul setelah Gunung Agung, yang menjulang setinggi 3.142 meter.

Di pagi hari, dan di ketinggian, suhunya agak rendah. Jadi rencanakan sweter yang bagus untuk mendaki, dan terutama untuk puncak di mana Anda berhenti bergerak.

Selain pendampingan, pemandu juga menyediakan sarapan pagi begitu sampai di puncak. Sandwich, pisang, kopi, dan telur rebus yang bisa dimasak di sumber panas gunung berapi . Ada juga kabin di mana Anda bisa duduk dan diam menunggu matahari terbit.

Kawah gunung berapi

Pendakian Gunung Batur memungkinkan Anda untuk menikmati cahaya pertama hari
Setelah pemandangan matahari terbit selesai, Anda dapat berjalan-jalan, dan khususnya untuk sedikit lebih dekat ke kawah. Hal ini menunjukkan bahwa gunung api ini memang masih aktif, karena kita dapat melihat beberapa sumber asap.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000. Namun yang paling signifikan adalah pada tahun 1917 ketika beberapa ribu korban dihitung. Serta banyak rumah dan kuil yang terhapus dari peta.

Anda kemudian harus kembali ke tempat parkir dengan melakukan kebalikannya. Kesulitannya berbeda dengan saat mendaki, karena ini soal menemukan grip Anda dengan baik agar tidak tergelincir ke depan.

Namun demikian, penurunan ini dilakukan dengan baik, dan tentu saja lebih cepat daripada pendakian. Kami kemudian dapat memvisualisasikan jalan yang dilalui pada perjalanan keluar dan mengamati lanskap kali ini.

Peralatan apa saja untuk mendaki Gunung Batur?

Jika Anda seperti kami, dan melakukan pendakian sebelum matahari terbit, Anda harus terlebih dahulu membawa sweter yang bagus. Ini akan digunakan baik untuk pendakian Gunung Batur dan terutama untuk menunggu di puncak.

Memang kami sampai sama-sama jauh sebelum matahari terbit agar tidak ketinggalan. Jadi penantiannya bisa terasa lama dan dingin. Untuk turun, bagaimanapun, matahari telah terbit dan cuaca lebih baik.

Saya katakan di atas, lengkapi diri Anda dengan sepasang sepatu yang mencengkeram tanah. Anda tidak perlu sepatu hiking yang bagus, cukup sepatu kets tanpa sol yang halus.

Jika Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri (tanpa pemandu), sediakan senter yang baik (dan jika mungkin lampu senter yang dapat dipakai dibagian depan kepala). Dalam hal layanan disertai dengan panduan yang kami sebutkan di atas, terkadang ini disediakan.

Wilayah Gunung Batur

Saat jalan naik dan termometer perlahan-lahan turun. Dari Ubud, penjual buah dan sayur semakin banyak hadir di pinggir jalan, selain warung dan warung biasa. Tumpukan buah-buahan tropis dan jeruk, jeruk berkulit hijau yang sangat harum khas daerah itu, menumpuk saat Anda mendekati desa Kintamani di Bali utara. Dengan beberapa ribu rupee, Anda dapat memanjakan diri dengan sekeranjang buah-buahan dalam warna pelangi dan mencicipi berbagai varietas lokal: nanas, manggis, semangka, pisang…

Wilayah Kintamani dikenal sebagai lumbung pangan Bali. Tidak ada atau sedikit sawah dibandingkan dengan pulau lainnya, tetapi iklim yang lebih sejuk dan lembab sepanjang tahun yang memungkinkan budidaya buah jeruk, tetapi juga tomat, terong, kopi atau bawang merah. Tergantung pada rute yang diambil, terkadang Anda harus membayar beberapa puluh ribu rupee untuk mengakses desa Kintamani.

Melewati beberapa toko dan beberapa restoran di pintu masuk desa, panorama di sebelah kanan jalan sangat mencolok. Pemandangan megah dari seluruh kaldera ditawarkan kepada kami, dengan gunung berapi di tengahnya, dan Danau Batur yang menghadap ke Gunung Abang. Yang terakhir ini memuncak pada 2152 meter dan merupakan puncak tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung yang terkenal.

Di sisi gunung Batur, aliran besar lava basaltik hitam membuktikan letusan masa lalu dan telah menetap secara permanen di lanskap. Sebuah gunung berapi yang masih aktif yang letusan terakhir tanggal kembali ke tahun 2000, fumarol putih kadang-kadang dapat diamati keluar dari kawahnya – ada 3 kawah di puncak Gunung Batur.

Di Kintamani, banyak restoran yang menawarkan pemandangan luar biasa dari seluruh kaldera memungkinkan Anda untuk istirahat makan dan minum, sebelum turun ke danau dan menjelajahi desa-desa sekitarnya.

Destinasi Tempat Wisata Bali Yang Harus Dikunjungi | Alam, Pantai, Oleh-Oleh Khas Bali

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Villa Carissa Bali, CleverlySmart

Sumber foto: Aaron Rentfrew via Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing