PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Menjelajahi Periode Waktu Sejarah: Dari Era Mesozoikum, Paleolitik hingga Zaman Modern

6 min read

Periode waktu sejarah

Perjalanan Melalui Periode Waktu Bersejarah: Menjelajahi Era Kunci dalam Sejarah Manusia

Sejarah manusia adalah permadani menawan yang dijalin dengan berbagai periode, masing-masing ditandai dengan karakteristik, pencapaian, dan perkembangan masyarakat yang berbeda. Dari peradaban kuno hingga zaman modern, periode waktu sejarah yang berbeda telah membentuk dunia kita secara mendalam. Dalam artikel ini, kami mempelajari beberapa era penting dan tahun-tahun terkaitnya, memberikan ikhtisar fitur utamanya.

Mari kita melakukan perjalanan yang menawan melalui periode sejarah utama, yang mencakup jutaan tahun, dan mempelajari fitur dan pencapaian utama dari setiap era. Bergabunglah dengan kami saat kami mengungkap permadani sejarah manusia yang kaya dan mengungkap tonggak sejarah menarik yang telah membentuk dunia kita.

Kategori: Periode Sejarah, Menjelajahi Berbagai Era Sejarah Manusia

Bergabunglah dengan kami dalam menjelajahi beragam periode sejarah yang telah membentuk dunia yang kita tinggali saat ini, mengungkap misteri dan mengungkap kisah-kisah yang ada dalam kemajuan budaya, sosial, dan teknologi yang unik di setiap era.

Penting untuk dicatat bahwa kategorisasi ini tidak disetujui secara universal dan dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan interpretasi sejarah yang berbeda. Kategorisasi periode sejarah dapat berbeda-beda, namun berikut adalah rincian umumnya:

1. Prasejarah:

Dimulai dengan Era Mesozoikum, juga dikenal sebagai Zaman Reptil, adalah era geologis yang berlangsung dari sekitar 252 juta tahun yang lalu hingga 66 juta tahun yang lalu. Ini dibagi menjadi tiga periode utama: periode Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.

Zaman prasejarah merujuk pada masa sebelum catatan tertulis, ketika peradaban manusia belum memiliki sistem tulisan. Ini mencakup keberadaan manusia paling awal hingga penemuan tulisan, biasanya sekitar 3.500 SM.

Prasejarah mengacu pada bentangan waktu yang sangat luas sebelum munculnya tulisan, yang mencakup tahap awal perkembangan manusia. Ini adalah periode yang ditandai dengan perubahan dramatis dan tonggak sejarah yang membentuk perjalanan spesies kita.

  • Era Mesozoikum:

251,902 ± 0,024 – 66,0 Ma (untuk megaannus) – satuan waktu sama dengan satu juta atau 10tahun.

Era Mesozoikum, yang berlangsung sekitar 252 juta tahun lalu hingga 66 juta tahun lalu, sering disebut sebagai “Zaman Reptil”. Ini dibagi menjadi tiga periode: Triassic, Jurassic, dan Cretaceous. Selama era ini, Bumi mengalami perubahan signifikan dan menyaksikan dominasi dan kepunahan dinosaurus. Era Mesozoikum juga menyaksikan munculnya reptil lain, termasuk reptil laut seperti ichthyosaurus dan plesiosaurus, serta reptil terbang yang dikenal sebagai pterosaurus. Selain itu, mamalia pertama dan tumbuhan berbunga muncul selama ini, menandai tonggak penting dalam evolusi kehidupan di planet kita. Era Mesozoikum memegang tempat penting dalam sejarah Bumi karena menyaksikan transformasi biologis dan geologis yang luar biasa.

    • Zaman Trias (251-199 juta tahun yang lalu):

Periode Trias menandai awal Era Mesozoikum. Itu adalah masa perubahan geologis dan biologis yang signifikan saat Bumi pulih dari kepunahan massal pada akhir Periode Permian. Selama Trias, dinosaurus dan reptil lainnya mulai berevolusi, dan mamalia dan dinosaurus pertama muncul.

    • Periode Jurassic (199-145 juta tahun yang lalu):

Periode Jurassic dikenal dengan beragam dinosaurus, termasuk spesies ikonik seperti Brachiosaurus yang perkasa dan Tyrannosaurus rex yang menakutkan. Itu adalah masa hutan lebat dan kehidupan laut yang berkembang pesat. Benua super Pangaea mulai pecah, mengarah ke pembentukan benua baru.

    • Zaman Kapur (145-66 juta tahun yang lalu):

Periode Kapur adalah periode terakhir dari Era Mesozoikum dan terkenal sebagai masa dominasi dinosaurus. Itu adalah periode perubahan dan evolusi global, yang ditandai dengan munculnya spesies dinosaurus baru, munculnya tumbuhan berbunga, dan evolusi banyak organisme laut. Periode Cretaceous berakhir dengan peristiwa kepunahan massal yang memusnahkan dinosaurus dan banyak bentuk kehidupan lainnya.

Jenis Dinosaurus | Nama-Nama Dinosaurus dan Gambarnya

  • Jaman Batu:
    • Paleolitik
      Selama era Paleolitik, sering disebut sebagai Zaman Batu, manusia purba menguasai penggunaan alat dan mulai menunjukkan perilaku kompleks, membuka jalan untuk bertahan hidup dan evolusi budaya. Dari lukisan gua yang menggambarkan kehidupan sehari-hari hingga penemuan alat dan senjata primitif, sisa-sisa ini memberikan gambaran sekilas tentang kehidupan dan kepercayaan leluhur kuno kita.

      • Paleolitik Bawah: w. 2,5 juta – c. 300.000 SM
      • Paleolitik Tengah: w. 300.000 – c. 30.000 SM
      • Paleolitik Atas: w. 300.000 – c. 10.000 SM
    • Mesolitikum: w. 13.000 -c. 9000 SM
    • Neolitik: w. 10.000 -c. 3000 SM
      Seiring kemajuan umat manusia, era Neolitik muncul, membawa perubahan revolusioner. Pada masa inilah manusia beralih dari gaya hidup nomaden ke komunitas pertanian yang menetap. Budidaya tanaman, domestikasi hewan, dan pengembangan tembikar dan teknik menenun merevolusi cara hidup masyarakat, mendorong pertumbuhan permukiman permanen dan munculnya peradaban awal.
  • Zaman Logam:
    • Zaman Tembaga: w. 3300 -c. 1200 SM
      Era ini menandai transisi yang signifikan dalam sejarah manusia, karena masyarakat mulai memanfaatkan kekuatan tembaga untuk berbagai keperluan, membentuk arah perkembangan manusia. Selama Zaman Tembaga, kemajuan dalam metalurgi memungkinkan pemanfaatan tembaga dalam perkakas, senjata, dan benda lain dalam kehidupan sehari-hari. Sumber daya yang baru ditemukan ini membuka pintu menuju kemajuan teknologi, memfasilitasi budidaya tanaman, perluasan jaringan perdagangan, dan munculnya struktur sosial yang lebih kompleks.
    • Zaman Perunggu: w. 3300 -c. 700 SM
      Ke depan, Zaman Perunggu menyaksikan kemajuan luar biasa dalam teknologi dan perdagangan. Penguasaan teknik pengerjaan logam, khususnya perunggu, mendorong masyarakat ke ketinggian baru, yang mengarah pada pembentukan kerajaan yang kuat dan berkembangnya jaringan perdagangan yang rumit.
    • Zaman Besi: w. 1200 SM – c. 1000 M
      Kemudian Zaman Besi mengikuti, ditandai dengan meluasnya penggunaan alat dan senjata besi. Era ini menyaksikan naik turunnya peradaban yang kuat, perkembangan sistem politik yang kompleks, dan pencapaian budaya dan seni yang signifikan.

Periode-periode prasejarah ini meletakkan dasar bagi kemajuan manusia, menyiapkan panggung untuk zaman sejarah berikutnya yang akan membentuk dunia seperti yang kita kenal sekarang.

Sejarah Nusantara | Kronologi Dari Zaman Prasejarah Sampai Sekarang

2. Zaman kuno:

Juga dikenal sebagai Antiquity atau Periode Klasik, ini mencakup antara lain peradaban dan kerajaan Mesir kuno, Mesopotamia, Yunani, dan Roma. Biasanya berlangsung dari sekitar 3.500 SM hingga 476 M, yang menandai jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat.

  • Timur Dekat Kuno (Oriental kuno): w. 4.000 -c. 500 SM
  • Zaman klasik: w. 800 SM – 476 M
  • Zaman Kuno Akhir: w. 284 M – c. 750

CairoEgMuseumTaaMaskMostlyPhotographed
Topeng Tutankhamun adalah topeng penguburan emas dari firaun Mesir kuno dinasti ke-18 Tutankhamun (memerintah 1334–1325 SM). Bahan: emas, lapis lazuli, akik, obsidian, pirus dan pasta kaca. Ukuran: 54 × 39,3 × 49 cm (21,3 x 15,5 x 19,3 inci). Roland Unger, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

3. Abad Pertengahan:

Periode ini sering disebut sebagai periode abad pertengahan dan mencakup tahun-tahun antara jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat (476 M) dan awal Renaisans (sekitar abad ke-14). Ini mencakup berbagai peristiwa seperti kebangkitan feodalisme, Perang Salib, dan Kematian Hitam.

  • Abad Pertengahan Tinggi: 476 – c. 1000
  • Abad Pertengahan Rendah:
    • Awal Abad Pertengahan: w. 1000 -c. 1300
    • Abad Pertengahan Akhir: w. 1300 – 1453

Nero, Kaisar Romawi | Sejarah, Biografi, Claudius, Roma, Pembakaran, Istri, Nasib

4. Zaman modern: 1453 – 1789

Zaman modern umumnya mengacu pada periode mulai dari Renaisans pada abad ke-14 dan berlanjut hingga akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19. Ini mencakup Zaman Eksplorasi, Revolusi Ilmiah, Pencerahan, dan Revolusi Industri.

5. Zaman kontemporer: 1789 – hari ini

Zaman kontemporer mengacu pada periode dari akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19 hingga saat ini. Ini mencakup peristiwa penting seperti Revolusi Prancis, Perang Dunia, Perang Dingin, dan perkembangan yang sedang berlangsung di abad ke-21.

Taktik Perang dan Contohnya – Konsep, Jenis (Darat, Laut, Udara)

Mengungkap Evolusi Peradaban Manusia: Dari Paleolitik ke Zaman Modern

Dari Paleolitik hingga Zaman Modern, saksikan perjalanan kemajuan manusia yang luar biasa, dari pemburu dan pengumpul kuno hingga puncak kemajuan teknologi dan masyarakat global yang saling terhubung. Jelajahi era transformatif periode Neolitik, Zaman Perunggu, Zaman Besi, Abad Pertengahan, Renaisans, dan Modern, masing-masing meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah kolektif kita. Temukan permadani menakjubkan dari pencapaian manusia dan perubahan budaya yang telah membentuk dunia yang kita huni saat ini.

Era Paleolitik (2,6 juta tahun yang lalu – 10.000 SM atau 12.023 tahun yang lalu dari sekarang)

Era Paleolitik, juga dikenal sebagai Zaman Batu Tua, mencakup periode panjang sejarah manusia. Ini mencakup keberadaan nenek moyang kita yang paling awal diketahui, yang merupakan pemburu-pengumpul nomaden yang mengandalkan peralatan batu dan teknologi primitif untuk bertahan hidup. Pencapaian penting selama era ini meliputi pengembangan api, penciptaan seni gua, dan munculnya bentuk komunikasi awal.

Manusia purba (homogenus) – gautengensis, Homo ergaster, erectus, rudolfensis, antecessor, cepranensis, heidelbergensis, rhodensiensis, neanderthalensis, idaltu, floresiensis, denisovan, Orang Gua Rusa Merah, Homo sapiens

Era Neolitikum (10.000 SM – 2.000 SM)

Rentang waktu dari 10.000 SM hingga 2.000 SM kira-kira 8.000 tahun yang lalu dari sekarang.

Era Neolitik, atau Zaman Batu Baru, menandakan perubahan signifikan dalam gaya hidup manusia dan kemajuan masyarakat. Ini ditandai dengan transisi dari berburu dan meramu nomaden ke komunitas pertanian menetap. Selama periode ini, manusia mulai mendomestikasi tanaman dan hewan, mengarah pada pembentukan pemukiman permanen, penemuan tembikar, dan munculnya struktur sosial yang kompleks.

Zaman Perunggu (3.300 SM – 1.200 SM)

Rentang waktu dari 3.300 SM hingga 1.200 SM kira-kira 2.100 tahun yang lalu dari sekarang.

Zaman Perunggu menyaksikan munculnya peradaban dan penguasaan teknik pengerjaan logam, khususnya penggunaan perunggu, paduan tembaga dan timah. Era ini melihat perkembangan alat canggih, senjata, dan jaringan perdagangan. Peradaban terkenal dari Zaman Perunggu termasuk Mesopotamia kuno, Mesir, Lembah Indus, dan Dinasti Shang di Tiongkok.

Zaman Besi (1.200 SM – 500 SM)

Rentang waktu dari 1.200 SM hingga 500 SM kira-kira 700 tahun yang lalu dari sekarang.

Zaman Besi menandai kemajuan teknologi yang signifikan dengan meluasnya penggunaan besi, menggantikan perunggu sebagai logam utama untuk perkakas dan senjata. Era ini melihat munculnya kerajaan dan negara yang kuat, termasuk Asyur, Persia, Yunani, dan Romawi. Zaman Besi juga menyaksikan pertukaran budaya, pengembangan sistem penulisan, dan kemajuan signifikan dalam pertanian dan arsitektur.

Periode Abad Pertengahan (abad ke-5 – abad ke-15)

Periode Abad Pertengahan, yang berlangsung dari abad ke-5 hingga abad ke-15, terjadi kira-kira 500 hingga 600 tahun yang lalu sejak saat ini.

Periode Abad Pertengahan, sering disebut sebagai Abad Pertengahan, berlangsung lebih dari seribu tahun dan dicirikan oleh feodalisme, kebangkitan agama Kristen, dan dominasi kerajaan dan kekaisaran abad pertengahan. Era ini menyaksikan pencapaian budaya dan intelektual yang signifikan, seperti arsitektur Gotik, Perang Salib, Renaisans, dan munculnya monarki yang berpengaruh.

Renaisans (abad ke-14 – abad ke-17)

Renaisans, yang berlangsung dari abad ke-14 hingga abad ke-17, terjadi sekitar 600 hingga 700 tahun yang lalu sejak saat ini.

Renaisans menandai periode minat baru dalam seni, sastra, sains, dan pembelajaran humanistik. Itu menyaksikan kebangkitan pengetahuan klasik dan pergeseran menuju individualisme, yang mengarah ke pencapaian luar biasa di bidang-bidang seperti lukisan, patung, sastra, dan eksplorasi ilmiah. Tokoh-tokoh terkemuka seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan William Shakespeare muncul pada masa ini.

Romeo dan Juliet | Kisah Cinta Berakhir Tragis | Tragedi Italia oleh William Shakespeare

Era Modern (abad ke-18 – sekarang)

Era Modern, yang dimulai pada abad ke-18 dan berlanjut hingga saat ini, dimulai sekitar 300 hingga 400 tahun yang lalu sejak saat ini.

Era Modern mencakup periode dari abad ke-18 hingga saat ini. Ini ditandai dengan industrialisasi yang cepat, kemajuan ilmu pengetahuan, globalisasi, dan perubahan sosial dan politik yang signifikan. Era Modern menyaksikan Zaman Pencerahan, Revolusi Industri, dua Perang Dunia, Perang Dingin, dan revolusi digital yang sedang berlangsung.

Saat kita melakukan perjalanan melalui berbagai periode sejarah manusia, kita mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang akar kita, kemajuan yang telah kita capai, dan tantangan yang telah kita hadapi. Menjelajahi era ini memberi kita wawasan berharga tentang keragaman budaya, inovasi, dan transformasi masyarakat yang telah membentuk dunia tempat kita hidup saat ini.

Sumber bacaan: CleverlySmart, LibreTexts, Twinkl, YourDictionary

Sumber foto: BiancaVanDijk via Pixabay

Zaman Prasejarah | Periode Zaman Batu, Perunggu dan Besi

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *