Site icon PINTERpandai

MRI (Magnetic Resonance Imaging) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

Mesin mri

MRI (Magnetic Resonance Imaging) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

MRI (Magnetic Resonance Imaging)

MRI (magnetic resonance imaging) adalah pemeriksaan radiologi yang menggunakan perangkat yang memancarkan gelombang elektromagnetik, berkat magnet besar. Di bawah gelombang ini, atom hidrogen yang membentuk jaringan tubuh mulai bergetar. Mereka kemudian memancarkan sinyal, ditangkap oleh kamera tertentu dan ditranskripsi menjadi gambar di layar komputer.

MRI adalah pemeriksaan tanpa rasa sakit yang memungkinkan Anda mendapatkan gambar bagian dalam tubuh manusia, dalam 2 atau 3 dimensi. Ini diresepkan secara khusus untuk memvisualisasikan “jaringan lunak” (otak, sumsum tulang belakang, jeroan, otot, tendon, dll.)

Teknologi yang tidak menggunakan sinar-X ini tidak menimbulkan risiko radiasi bagi pasien.

Cara kerja mesin MRI

Magnetic Resonance Imaging atau MRI tidak menggunakan sinar-X, tidak seperti CT scan atau sinar-X.

Prinsip MRI didasarkan pada sifat magnetik atom, hidrogen, yang terkandung, hingga tingkat yang berbeda-beda, di semua jaringan tubuh manusia.

Dengan menggunakan magnet yang sangat kuat, proton atom hidrogen dalam tubuh dirangsang secara bersamaan, yang memiliki efek mengarahkan semua atom hidrogen ke arah yang sama.
Setelah langkah pertama ini tercapai, atom-atom dimasukkan ke dalam resonansi dengan menyebabkan mereka mengalami eksitasi oleh medan magnet (frekuensi radio).

Ketika stimulasi berhenti, atom melepaskan energi, yang intensitasnya diukur dan dianalisis.
Karena tidak semua jaringan mengandung jumlah atom hidrogen yang sama, tingkat energi yang dilepaskan akan berbeda tergantung pada komposisi jaringan.

Analisis data ini oleh komputer memungkinkan untuk merekonstruksi gambar dalam 2 dan 3 dimensi dan dalam tiga bidang ruang.

Pelaksanaan pemeriksaan MRI

Dengan beberapa pengecualian, Anda tidak perlu berpuasa dan Anda harus minum obat seperti biasa.
Jika Anda sesak atau cemas dengan gagasan menjalani MRI, laporkan saat membuat janji, obat penenang ringan dapat diresepkan, namun dalam kasus ini, karena risiko kantuk, Anda harus ditemani.

Sebelum ujian

Anda akan diminta untuk membuka pakaian di kabin yang disediakan untuk tujuan ini: sebuah kemeja akan disediakan untuk Anda.
Semua benda logam tertinggal di kabin (perhiasan, jam tangan, kacamata, alat bantu dengar dan gigi, tindik, dll.) serta ponsel dan kartu magnetik karena risiko terhapus.
Disarankan untuk pergi ke kamar mandi sebelum memasuki kabin, agar lebih nyaman.
Tergantung pada pemeriksaan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas gambar, pemasangan jalur vena mungkin diperlukan untuk injeksi produk kontras.

Pelaksanaan pemeriksaan

Perangkat itu terlihat seperti meja pemeriksaan yang meluncur di terowongan terbuka di kedua ujungnya.
Ruangan tempat Anda berada harus ditutup, tetapi ahli radiologi dan teknisi melihat Anda melalui jendela. Kamera dan mikrofon memungkinkan pengawasan konstan untuk berkomunikasi dengan Anda setiap saat.
Anda berbaring telentang atau tengkurap tergantung pada wilayah yang akan dijelajahi.
Mesin mengeluarkan banyak suara: headphone peredam bising meningkatkan kenyamanan.
Kerja sama Anda sangat penting: penting untuk tetap tenang tanpa bergerak dan bernapas dengan tenang agar gambar berkualitas baik.
Ujian berlangsung rata-rata 20 hingga 30 menit.

Setelah pemeriksaan

Jika Anda telah menjalani suntikan intravena untuk pemeriksaan Anda, penting untuk minum banyak setelah pemeriksaan (setidaknya 1,5 liter air) dan pada hari-hari berikutnya untuk mempromosikan eliminasi ginjal dari produk yang disuntikkan.
Pastikan untuk melaporkan setiap kemerahan atau ruam yang mungkin terjadi setelah pemeriksaan.
Karena jumlah gambar yang akan diinterpretasikan banyak, hasilnya akan tersedia di kantor radiologi dalam waktu 8 hari.

Tindakan pencegahan

MRI memiliki kontraindikasi yang harus diidentifikasi dengan jelas. Untuk sebagian besar pemindaian MRI, persiapan dan tindakan pencegahan diperlukan.

Karena itu Anda akan diminta untuk datang dengan resep Anda dan daftar tertulis obat-obatan Anda untuk:

Kontraindikasi untuk MRI

Kontraindikasi relatif

Harga

Harganya mulai dari sekitar Rp 1 000 000 ke atas. Itu tergantung pada jenis pemeriksaan tertentu dan area yang dicitrakan.

Salah satu faktor yang dapat sangat memengaruhi biaya pemindaian MRI Anda adalah apakah Anda melakukannya di fasilitas rawat inap, seperti rumah sakit, atau pusat operasi rawat jalan.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, NHS UKNational Institutes of Health

Sumber foto: Province of British Columbia / Flickr

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version