Site icon PINTERpandai

Pompei, Italia | Sejarah Kota Pompei dan Objek Wisata

Kota Pompei

Kota Pompei terkenal karena hancur pada 79 M ketika gunung berapi di dekatnya, Gunung Vesuvius, meletus, menutupi setidaknya 19 kaki (6 meter) abu dan puing-puing vulkanik lainnya. Kota ini terkubur dengan abu letusan gunung Vesuvius yang mengawetkannya selama berabad-abad sebelum reruntuhannya ditemukan pada akhir abad ke-16.

Baca juga ? Julius Caesar Mantan Diktator Romawi

Dimana letak Kota Pompei?

Kota Romawi kuno Pompeii terletak di tempat yang sekarang menjadi wilayah Campania di Italia, sebelah tenggara Napoli. Tepatnya hanya 26km dari Napoli.

Letaknya berada di dasar tenggara Gunung Vesuvius dan dibangun di atas taji yang dibentuk oleh aliran lava prasejarah di utara muara Sungai Sarnus (Sarno modern). Pompeii dihancurkan oleh letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada 24 Agustus 79 M.

Sejarah Kota Pompei

Kota Pompei adalah salah satu bukti paling signifikan dari peradaban Romawi dan, seperti sebuah buku terbuka, memberikan informasi luar biasa tentang seni, adat istiadat, perdagangan, dan kehidupan sehari-hari di masa lalu.

Kota ini telah muncul kembali dari kegelapan berabad-abad persis seperti saat tak terduga terkubur di lapisan tebal abu dan lahar yang turun dari letusan dahsyat Vesuvius. Saat itu tahun 79 M. Skala tragedi itu mengerikan: di tempat yang dulunya merupakan salah satu pusat Romawi yang paling aktif dan indah, kehidupan menjadi terhenti secara permanen.
Lapisan tebal material vulkanik yang menenggelamkannya, membentuk sebagian besar abu dan lapili – material non-keras, tidak seperti yang menutupi Herculaneum dan yang memadat menjadi batu yang sangat keras – berarti bahwa kota ini tetap utuh hingga saat ini. Hari, tidak hanya bangunannya saja, tetapi juga isi di dalam rumah dan toko, memberikan gambaran yang sangat menarik tentang kehidupan “sehari-hari”.

Dinding rumah ditutupi dengan pesan propaganda pemilu atau lelucon cabul yang ditujukan untuk warga tertentu. Tanda di pintu toko menunjukkan aktivitas yang dilakukan di sana atau nama pemiliknya. Di samping vila-vila elegan milik bangsawan dan hunian mewah kelas menengah, berdiri rumah-rumah sederhana tempat beberapa keluarga tinggal.

Tempat tinggal petani di sisi lain terletak di sekitar kebun sayur atau petak kecil. Di pinggir kota berdiri rumah bordil, kamar jorok yang dimaksudkan sebagai tempat kesenangan bagi para pelaut dan pelancong yang lewat, di jalur sempit, bengkel dan ruang utilitas memberikan bukti lebih lanjut tentang rutinitas harian yang dilakukan oleh pekerja dan budak serta wanita di rumah. Rumah-rumah tersebut masih berisi furnitur, ornamen, emas dan perak, peralatan kerja, peralatan dapur, lampu perunggu dan terakota, segala jenis bahan makanan, loket penyajian minuman, pabrik biji-bijian dan batu asah, bengkel untuk pembuatan kain, pandai besi dan gerai yang menjual bahan makanan, buah dan Sayuran.

Terdapat dalam catatan lukisan Romawi yang luar biasa, yang tanpa penemuan yang dibuat di Pompeii, hampir tidak ada yang akan diketahui.

Arsitektur dan perkembangan berbagai jenis rumah juga banyak didokumentasikan. Dengan demikian, kota yang digali memberikan bukti sejarah yang luar biasa dari peradaban Romawi: pengingat masa lalu ini, yang begitu jelas dan nyata dalam sisa-sisa yang terungkap, berkontribusi pada pesona masa kini.

Thermopolia dari Pompei – Fast Food kuno dari Kekaisaran Romawi

Strukturnya cukup sederhana dengan gayanya yang tidak rumit.
Terdapat tempat peletakan panci atau kuali untuk meletakkan makanan agar tetap hangat, agar dapat cepat disajikan.

Pompei thermopolia. Interior salah satu termopoli di Via dell’Abbondanza. Konter dengan wadah makanan dan minuman tersembunyi ditutupi dengan marmer berwarna. Sumber foto: Wikimedia Commons

Cara Menuju ke Pompei

Dengan mobil

Dengan kereta api

Diperlukan waktu 30 hingga 40 menit untuk mencapai Pompeii dari Napoli atau Sorrento.

Dengan bus

SITA dari Napoli dan Salerno:

Jam Buka Kunjungan Pompei

1 Maret hingga 31 November: setiap hari mulai pukul 9.00 hingga 17.00 (masuk terakhir pukul 15.30)
dari 1 April hingga 31 Oktober: setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 19.30 (masuk terakhir pukul 18.00)

(Sabtu dan Minggu, pembukaan 30/8)

Tutup:
1 Januari, 1 Mei, 25 Desember

Korban di kota Pompei yang terselubung abu dan debu pada tahun 79. Sumber foto: Wikimedia Commons

Tempat yang Wajib dikunjungi di Pompei

Banyak objek wisata yang wajib dikunjungi, tetapi berikut adalah top-listnya:

1. Amphitheatre (Anfiteatro)

Ini berada di sudut paling timur dari area yang digali, dekat pintu masuk Sarno Gate. Itu selesai pada 80SM, berukuran 135 x 104 meter dan dapat menampung sekitar 20.000 orang.

Ini adalah amfiteater permanen paling awal yang masih ada di Italia dan salah satu yang terawetkan terbaik di mana pun. Itu digunakan untuk pertempuran gladiator, olahraga dan tontonan lain yang melibatkan hewan liar.

2. Great Palaestra (Gimnasium)

Ini menempati area yang luas di seberang Amphitheatre. Area tengah digunakan untuk kegiatan olah raga dan terdapat kolam di tengahnya. Di tiga sisi ada portico atau barisan tiang internal yang panjang.

3. Rumah Vettii (Casa dei Vettii)

Ini diyakini sebagai rumah dari dua bersaudara yang dibebaskan sebagai budak dan menjadi sangat makmur. Ini berisi banyak lukisan dinding.

Di ruang depan terdapat lukisan dinding Priapus yang diberkahi dengan baik, Dewa Kesuburan dan di antara lukisan dinding di bagian lain bangunan tersebut terdapat ilustrasi pasangan yang sedang bercinta, tentang dewa asmara, dan karakter mitologis.

4. Rumah Faun (Casa del Fauno)

Ini dinamai patung faun menari yang ditemukan di situs. Ini dianggap sebagai contoh yang sangat baik dari perpaduan gaya arsitektur Italia dan Yunani, dan menempati seluruh blok.

5. Forum

Ini adalah pusat kehidupan pada umumnya, meskipun sekarang berada di bagian barat daya dari area yang digali. Itu dikelilingi oleh banyak gedung pemerintahan, agama dan bisnis yang penting.

6. Kuil Apollo

Ini di sebelah utara Basilika di sisi barat Forum. Ini memiliki sisa-sisa tertua yang ditemukan, dengan beberapa, termasuk barang-barang Etruria, berasal dari 575BC, meskipun tata letak yang kita lihat sekarang lebih lambat dari itu.

7. Teater

Teater dibangun di cekungan bukit dengan keuntungan untuk akustiknya; dapat menampung 5.000 kursi.

8. Lupanar

Rumah bordil kuno dengan lukisan dinding porno di pintu masuk ke setiap kamar, mungkin menunjukkan layanan yang ditawarkan. Bahkan memungkinkan untuk ukuran yang lebih kecil dari orang Romawi kuno tempat tidurnya tampak agak kecil.

Lukisan fresko adegan erotis Lupanar di Pompei, wanita tersebut memakai bra (atau beha) pada zaman kuno tersebut. Sumber foto: Wikimedia Commons

9. Basilika

Ini di sebelah barat Forum. Itu adalah bangunan umum terpenting di kota tempat keadilan dijalankan dan perdagangan dijalankan.

Forum Lumbung. Artefak seperti amphorae (toples penyimpanan) dan gips orang yang tidak luput dari letusan disimpan di gedung ini, yang dirancang untuk pasar umum tetapi mungkin belum selesai sebelum letusan.

10. Forum Baths atau Pemandian

Ada beberapa pemandian yang harus diperiksa. Forum Baths berada tepat di utara forum dan dekat dengan restoran. Mereka terawat dan beratap. Berhati-hatilah untuk tidak melewatkannya karena pintu masuknya adalah jalan yang panjang tanpa indikasi kesenangan di dalamnya.

Central Baths menempati area yang jauh lebih besar tetapi kurang terawat. Dekat dengan ini adalah pemandian Stabia yang memiliki beberapa dekorasi menarik dan memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana bak mandi dulu berfungsi di zaman Romawi.

11. Rumah Penyair Tragis (Casa del Poeta Tragico)

Rumah atrium kecil ini terkenal dengan mozaik di pintu masuk yang menggambarkan seekor anjing yang dirantai, dengan kata-kata Cave Canem atau “Waspadalah terhadap Anjing”.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Jakarta, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version