fbpx

Ra­dium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88

Radium

Radium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88.

 

Rumus radioaktif

Ra­dium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88. Sumber foto: Pixabay

 

Bentuk Fisik Radium

Radium adalah keperakan, berkilau, lembut, sangat radioaktif. Ini mudah mengoksidasi pada paparan udara, berbalik dari putih hampir murni menjadi hitam.

Radium adalah luminescent, corrodes dalam air untuk membentuk hidroksida radium. Meskipun adalah anggota terberat dari kelompok alkali tanah ini adalah yang paling stabil.

 

Kegunaan Radium

  • Radium digunakan dalam memproduksi cat yang bersinar, juga sebagai sumber netron. Dalam kedokteran, radium digunakan dalam terapi kanker dan penyakit-penyakit lainnya. Radium kehilangan sekitar 1% dari aktifitasnya dalam 25 tahun, karena tertransformasikan menjadi unsur-unsur yang lebih ringan. Timbal merupakan hasil akhir disentegrasi radium. Radium harus disimpan diruangan dengan ventilasi yang baik untuk menghindari pembentukan radon.

  • Timbal merupakan hasil akhir disentegrasi radium. Radium harus disimpan di ruangan dengan ventilasi yang baik untuk menghindari pembentukan radon.

  • Jenis radium yang digunakan untuk mengobati penderita kanker prostat metastatik yang hanya menyebar ke tulang adalah Radium Ra 223.

  • Campuran radium dan berilium akan memancarkan neutron dan digunakan sebagai sumber neutron. Radium digunakan untuk menghasilkan radon, gas yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Satu gram radium-226 akan menghasilkan 0.000l mililiter radon sehari. Radium-226 banyak digunakan dalam pembuatan peralatan medis seperti kalibrator, lightening rod, lightening rods, dll. Dalam kombinasi dengan plutonium, ini adalah komponen generator neutron.

 

Bahaya Radium

Bahaya Radium sangat radioaktif dan produk peluruhan nya, gas radon juga radioaktif. Karena radium secara kimiawi mirip dengan kalsium, ia memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan besar dengan mengganti dalam tulang. Radium adalah lebih dari satu juta kali lebih reaktif daripada massa setara Uranium. Penanganan radium telah disalahkan untuk kematian dini Marie Curie.

 

Penanganan Bahaya Radium

Radium, jika tertelan, terhirup ataupun terekspos pada tubuh menjadi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kanker. Batas maksimum untuk 226Ra adalah 7400 becquerel.

 

Senyawa Radium

Metode elektrolisis radium. Logam radium diperoleh dari elektrolisis lelehan RaCl2 sebagai berikut:
Katode: Ra2+(l) + 2e- –> Ra(l)
Anode: 2Cl(l) –> Cl2(g) + 2e-
Di sini digunakan katode Hg yang memberikan senyawa radium amalgam. Logam radium kemudian dipisahkan dari Hg dengan destilasi.

 

Radium

Radium dilapisi dengan sampel foil tembaga yang sangat kecil dan ditutup dengan poliuretan untuk mencegah reaksi dengan udara. Sumber foto: Wikipedia

 

Isotop Radium

Isotop Radium terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh(t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
223Ra renik 11.43 d α 219Rn
224Ra renik 3.6319 d α 220Rn
225Ra renik 14.9 d β 225Ac
226Ra trace 1600 y α 222Rn
228Ra trace 5.75 y β 228Ac

 

Sejarah Radium

Radium ditemukan pada tahun 1898 oleh Marie Curie dalam pitchblende atau raninit di Bohemia Utara. Ada sekitar 1 gram radium dalam 7 ton pitchblende. Unsur ini diisolasi oleh Marie Curie dan Debierne di tahun 1911, dengan cara elektrolisis solusi radium klorida murni, menggunakan katoda air raksa. Cara lainnya adalah dengan distilasi radium klorida murni di atmosfir hidrogen.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Agency for Toxic Substances and Disease RegistryNew World EncyclopediaLenntech

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-15T15:08:40+07:00 Mei 28th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment