Site icon PINTERpandai

Batuk biasa dan Batuk Rejan Penularan, Penyebab, Gejala, Perawatan dan Pencegahan

Batuk rejan

Batuk rejan atau pertusis. Disebut juga batuk seratus hari.

Batuk Biasa

Adalah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Yang berarti, batuk bukanlah suatu penyakit. Akan tetapi, batuk rejan adalah suatu penyakit, Anda dapat membacanya dibawah ini.


Terjadinya batuk biasa

Terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.


Jenis batuk

1. Akut

Pada umumnya yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode.

2. Kronis

Merupakan kondisi batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut.

Yang bersifat berulang dan yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis.


Penyebab batuk

Batuk rejan, juga disebut pertusis, adalah infeksi bakteri Bordetella pertussis, yang sangat menular pada paru-paru dan saluran udara.



Penyakit batuk rejan

Disebut juga batuk seratus hari atau pertusis (bahasa Inggris: Whooping Cough), adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis.

Di dunia terjadi sekitar 30 sampai 50 juta kasus per tahun, dan menyebabkan kematian pada 300.000 kasus (data dari WHO).


Penyebab batuk rejan


Gejala batuk Rejan


Penularan batuk rejan


Perawatan batuk Rejan


Bayi perempuan yang menderita batuk rejan / pertusis diakibatkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi. Sumber foto: CDC, via Wikimedia Commons

Pengobatan batuk rejan


Komplikasi batuk rejan

Bayi dan anak kecil di bawah 6 bulan biasanya paling parah terkena batuk rejan.

Mereka berisiko tinggi terhadap:


Siapa yang berisiko terkena batuk rejan?

Batuk rejan dapat mempengaruhi orang dari segala usia, termasuk:


Pencegahan batuk Rejan


Pemulihan batuk rejan

Pemulihan dari batuk rejan / pertusis bisa terjadi secara perlahan. Batuk menjadi lebih ringan dan jarang terjadi. Namun, batuk bisa kembali dengan infeksi pernafasan lainnya selama berbulan-bulan setelah infeksi pertusis dimulai.

Bakteri Bordetella pertussis. Sumber foto: By CDC Public Health Image Library, via Wikimedia Commons

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version