Site icon PINTERpandai

Seperti Apa Psikopat Itu Sebenarnya?

Psikopat

Guru Besar Ahli Psikopat

Seorang ahli psikopati dunia yang menjadi guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada bernama Robert D. Hare telah melakukan penelitian psikopat sekitar 25 tahun.

Ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Fisik

Secara fisik, tidak ada perbedaan antara psikopat dan non-psikopat. Ciri-ciri yang paling nyata adalah bagaimana reaksi emosional mereka untuk diatas suatu kejadian. Biasanya mereka kurang atau tidak punya reaksi emosi seperti sedih, takut atau tertekan.

Baca juga: Penyakit Mental (Gangguan Jiwa) | Daftar Penyakit Gangguan Psikologis | Macam-Macam Jenis Penyakit Mental dan Contohnya

Untuk mendiagnosa apakah seseorang benar adalah psikopat atau bukan, butuh evaluasi yang ketat dan menyeluruh. Ada tujuh tahap pemeriksaan termasuk 20 checklist psikopati Hare yang harus dijalankan.

Cara Berpikir Psikopat

Akibat kurangnya emosi, psikopat seringkali merasa tidak bersalah jika perbuatannya merugikan orang lain. Mereka tahu itu merugikan, tapi mereka tidak peduli karena cara pikir mereka berbeda.

Psikopati diklasifikasikan sebagai gangguan kepribadian. Artinya, itu adalah cara menjadi yang dicirikan oleh dominasi melalui ancaman, dengan tidak adanya rasa bersalah dan penyesalan, dan dengan manipulasi untuk mencapai kepentingan sendiri. ; semua ini sambil menjaga penampilan yang benar-benar normal.

Psikopati sering dikacaukan dengan gangguan psikotik. Perbedaan utama di antara mereka adalah bahwa yang pertama tidak menghadirkan halusinasi atau bentuk pemikiran irasional lainnya, dan bahwa individu tidak pernah kehilangan kontak dengan kenyataan.

Kita mungkin menemukan tidak adanya reaksi emosional dasar, ketidakmampuan untuk mencintai, tidak adanya kecemasan, kepribadian yang menawan, kurangnya perasaan bersalah dan malu, penggunaan kebohongan dan kehidupan seks yang impersonal, antara lain.

Pada kenyataannya, dua jenis dibedakan: tipe primer dan tipe sekunder

Studi untuk menilai kapasitas empati psikopat telah menemukan bahwa mereka tidak memiliki masalah merasakan empati untuk kebahagiaan orang luar, tetapi lebih bermasalah dengan rasa takut.

Mereka merasa sulit untuk berempati dengan orang lain. Mereka tidak memiliki reaksi emosional.

Cara Berpikir Psikopat. Sumber foto untuk ilustrasi: Pixabay

Gejala-gejala psikopat

10 Pembunuh Berantai Tersadis di Dunia (Serial Killer)

Kasus Kriminal

Didalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, koruptor dan pemerkosa. Menurut penelitian Hare, ini hanyalah 15-20% dari total psikopat yang melakukan tindakan kriminal. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.

Baca juga: 10 Cara Menghadapi Seorang Psikopat

Menurut catatan FBI, mereka mengatakan, 100 persen pembunuh serial yang mereka tangkap punya sejarah kelam sebagai penyiksa hewan di masa kecil atau remaja. Rata-rata pembunuh serial adalah seorang psikopat, tapi tidak semua psikopat jadi pelaku kekerasan atau pembunuh baik tunggal maupun serial.

Baca juga: Pembunuh Berantai Amerika Ted Bundy | Tindakan Kriminal Pembunuhan dan Pemerkosaan

20 Tes Kriteria Dan Skoring

Cara bekerja test ini dilakukan oleh seorang Dokter ahli sosiopat yang akan mengadakan wawancara dengan seorang pasien. Pada Hare Psikopati Checklist – skor dihitung antara 0 sampai 40, nol menjadi tidak ada gejala psikopati dan 40 menjadi psikopat penuh.

Individu normal biasanya mencetak kurang dari 5 dan banyak penjahat non-psikopat (yang benar-benar memiliki gejala gangguan kepribadian antisosial) mungkin mencetak 20 hingga 22.
Sebuah skor yang lebih dari 30 poin pada Hare Psikopati Checklist – penilaian tersebut digunakan untuk mendiagnostik bahwa adanya “psikopati” dipasien tersebut.

20 Hare Psikopati Kriteria Checklist

  1. Pesona yang hebat dan fasih berbicara / lincir mulut
  2. Kemegahan / kesombongan (berlebihan tinggi) estimasi diri
  3. Kebutuhkan untuk stimulasi (rasa adrenalin)
  4. Penyakit berbohong (patologi)
  5. Licik dan manipulasi
  6. Kurangnya penyesalan atau rasa bersalah
  7. Emosional respon yang tidak sungguh-sungguh
  8. Sifat yang tidak berperasaan dan kurangnya empati
  9. Gaya hidup yang bersifat parasit
  10. Tingkah laku jelek
  11. Hubungan seksual yang sering berganti pasangan
  12. Masalah perilaku awal
  13. Kurangnya tujuan jangka panjang yang realistis
  14. Impulsif
  15. Tidak bertanggung jawab
  16. Kegagalan untuk menerima tanggung jawab atas tindakan sendiri
  17. Banyak hubungan perkawinan jangka pendek
  18. Kenakalan remaja
  19. Pencabutan pembebasan bersyarat (penjara)
  20. Anekaragam pidana

Robert D. Hare Terkenal Dengan Buku Psikopatnya


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Sumber bacaan: Cleverly Smart, University of British Columbia, University of Vermont, Robert D. Hare

Manipulasi Psikologi | Bagaimana Mengetahui Jika Seseorang Memanipulasimu?

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version