Site icon PINTERpandai

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih – Untuk Memperingati Yesus Kristus Naik ke Surga

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus)

Untuk memperingati kenaikan Yesus ke surga. Hari tersebut merupakan salah satu perayaan ekumenis (dirayakan secara universal) dari gereja-gereja Kristen. Hari Raya Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus) dirayakan pada hari Kamis, hari ke-40 setelah Paskah, meskipun beberapa denominasi Kristen memindahkan perayaan tersebut pada hari Minggu berikutnya.

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, di mana disaksikan oleh murid-murid-Nya, Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.

Bagi orang Kristen, Hari Raya Kenaikan Isa Almasih tersebut mengacu pada pengangkatan Yesus Kristus ke surga, yang melambangkan kehidupan kekal. Menurut Alkitab, Yesus yang mati dan bangkit kembali, empat puluh hari setelah hari Paskah, dan menghilang di depan mata para Rasul-Rasul Yesus.

Kenaikan Yesus ke Surga ini dijelaskan di akhir Injil menurut Lukas (XXIV, 51): Yesus membawa rasul-rasul-Nya ke Betania, sebuah desa di Yudea di mana Ia suka pensiun untuk melarikan diri dari penganiayaan Yerusalem. Di sana dia memberkati mereka. “Dan terjadilah, ketika dia memberkati mereka, bahwa dia berpisah dari mereka, dan diangkat ke surga. Bagi mereka, setelah menyembah dia, mereka kembali ke Yerusalem dengan sukacita yang besar, dan mereka terus-menerus berada di Bait Suci untuk memuji Tuhan”.

Baca juga: Jumat Agung (Good Friday) – Pekan Suci Pra Paskah – Wafat Yesus Kristus

Yesus naik ke surga. Karya pelukis (1775): John Singleton Copley. Sumber foto: Wikimedia (Public Domain). Source/Photographer: abcgallery.com

Apa yang orang-orang lakukan pada Hari Raya Kenaikan Isa Almasih?

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih secara resmi dirayakan pada hari Kamis pada hari ke-40 Paskah (atau 39 hari setelah Minggu Paskah). Di negara-negara di mana hari libur umum, Hari libur ini adalah salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja.

Banyak orang libur akhir pekan karena hari jatuh pada hari Kamis. Jumat di antaranya biasanya sepi, terutama di toko-toko dan kantor.

Meskipun agama Kristen menjadi agama minoritas di Indonesia, Hari Raya Kenaikan Isa Almasih adalah hari libur umum dan layanan khusus berlangsung di gereja-gereja di seluruh dunia.

Percakapan terakhir sebelum Hari Raya Kenaikan Isa Almasih

Kelanjutan bagi murid-murid Yesus

Dimana lokasi Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus)?

Di negara mana yang merupakan hari libur umum untuk Hari Raya Kenaikan Isa Almasih?

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih bukanlah hari libur umum federal di Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat. Ini adalah hari libur umum di beberapa negara, termasuk:

Kantor pemerintah, sekolah, bank dan banyak bisnis biasanya ditutup di negara-negara tempat Ascension Day adalah hari libur umum. Layanan transportasi umum dapat berjalan pada jadwal akhir pekan di beberapa negara yang mengamati Hari Raya Kenaikan Isa Almasih sebagai hari libur umum.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version