PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Myeloma adalah kanker sumsum tulang

3 min read

Penjelasan Myeloma (kanker sumsum tulang)

Beberapa jenis kanker dapat berkembang di sumsum tulang, tetapi yang utama adalah leukemia, akut atau kronis, dan myeloma. Apa saja gejalanya? Perkembangan apa yang diharapkan? Bagaimana perawatannya?

Jangan bingung sumsum tulang dengan sumsum tulang belakang. Berbeda dengan sumsum tulang, sumsum tulang belakang termasuk dalam sistem saraf dan memiliki fungsi mentransmisikan perintah yang memungkinkan gerakan dan perasaan, dari otak ke saraf. Itu terletak di kanal yang dibentuk oleh penumpukan vertebra kolom. Myeloma, juga disebut multiple myeloma.

Apa itu sumsum tulang?

Sumsum tulang adalah zat di dalam tulang; pada orang dewasa, terutama ditemukan pada tulang pipih, yaitu tulang dada, tulang rusuk, tulang belakang dan tulang panggul. Setiap hari itu membuat miliaran sel yang disebut sel induk hematopoietik yang memunculkan sel darah yang berbeda. Produksi terus-menerus ini, melalui proses yang disebut hematopoiesis, memungkinkan sel-sel darah yang rusak dalam tubuh kita untuk diganti secara permanen dengan sel-sel baru.

Ada tiga keluarga sel darah:

Sumsum tulang memainkan peran penting dalam tubuh. Jika terjadi disfungsi, yaitu dalam kasus penyakit darah yang serius (leukemia misalnya), hanya transplantasi sumsum tulang yang dapat mengembalikan fungsi sumsum.

Jenis kanker sumsum tulang

Sumsum tulang dapat dipengaruhi oleh berbagai jenis kanker. Yang paling umum adalah myeloma dan leukemia, akut atau kronis.

• Mieloma (Myeloma)

Sebagian besar myeloma menyerang orang berusia 45 hingga 70 tahun (3% pasien berusia di bawah 40 tahun), dan lebih sering pada pria. Hal ini ditandai dengan produksi sel imun yang tidak terkontrol yang disebut sel plasma. Sel-sel yang sakit ini menyerang sumsum tulang. Di Prancis, sekitar 5.000 kasus baru myeloma terdeteksi setiap tahun.

• Leukemia akut

Leukemia dikatakan akut bila berkembang pesat. Ini ditandai dengan produksi sel darah putih abnormal yang sangat tinggi, artinya perkembangannya tidak lengkap. Mereka kemudian menyerang sumsum tulang dan kemudian darah. Setelah dalam sirkulasi, mereka dapat mencapai organ lain. Leukemia akut menyebabkan sekitar 4.000 kematian per tahun di Prancis, terutama di kalangan anak-anak dan orang tua.

• Leukemia kronis

Hal ini ditandai dengan invasi oleh sel darah putih matang ke dalam sumsum tulang. Penyakit ini umumnya berevolusi lambat. Setiap tahun, hampir 4.500 kasus baru didiagnosis di Prancis pada tahun 2012. Leukemia ini mewakili lebih dari 1% dari semua kanker dan 30% dari semua leukemia. Pria lebih banyak terkena daripada wanita dan usia rata-rata saat diagnosis adalah 70 tahun. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun lebih dari 80%.

=Alasan

Mereka masih kurang dikenal. Beberapa jalan sedang dipelajari: genetik, lingkungan, khususnya paparan radiasi industri kimia. Mereka juga dapat berturut-turut untuk pengobatan kemoterapi atau radioterapi.

Gejala

Sumsum tulang adalah tempat sel darah, yaitu sel darah putih, sel darah merah dan trombosit, diproduksi. Ketika kanker mencapai bagian tubuh ini, ia menjadi kurang berfungsi. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah (mengakibatkan anemia yang menyebabkan kelelahan dan pucat), penurunan jumlah trombosit (dengan risiko perdarahan) dan jumlah sel darah putih (mengakibatkan kerapuhan pembuluh darah). sistem kekebalan tubuh, dan karena itu peningkatan risiko infeksi). Nyeri tulang yang sangat signifikan, dengan patah tulang spontan, juga dapat terjadi, serta gagal ginjal.

Diagnosa

Untuk menegakkan diagnosis, dokter Anda terlebih dahulu melakukan pemeriksaan klinis, kemudian tes darah. Jika perlu, dia akan menyelesaikan pemeriksaan ini dengan myelogram, yaitu sampel sumsum tulang dan analisis isinya.

Stadium

Selain leukemia akut, yang merupakan ancaman nyata dalam jangka pendek (beberapa minggu atau bahkan beberapa hari), penyakit lain dapat muncul dalam bentuk yang berbeda, dari penyakit yang sangat tidak aktif yang terkadang hanya memerlukan pemantauan sederhana, hingga penyakit yang dinyatakan membutuhkan inisiasi pengobatan tertentu. Perawatan kemudian akan dipersonalisasi sesuai dengan evolusi kanker.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan untuk kanker sumsum tulang biasanya membutuhkan kemoterapi atau imunoterapi. Terapi yang ditargetkan juga dapat diusulkan serta transplantasi sumsum tulang. Sebuah pengobatan baru sedang dikembangkan: ini adalah imunoterapi berdasarkan sel CAR-T. Sel-sel kekebalan pasien sendiri dimodifikasi untuk mendorong mereka membunuh sel-sel jahat. Tim medis multidisiplin bertemu untuk membahas pilihan pengobatan yang sesuai dengan situasi setiap pasien.

  • Pengamatan / observasi
  • Radioterapi
  • Kemoterapi seperti melphalan (Alkeran®), cyclophosphamide (Cytoxan®), doxorubicin (Adriamycin®), liposomal doxorubicin (Doxil®) dan vincristine (Oncovin®)
  • Kemoterapi dosis tinggi dan transplantasi sel induk
  • Kortikosteroid seperti deksametazon atau prednison, sering dikombinasikan dengan kemoterapi
    Agen imunomodulasi (IMiDs) seperti thalidomide (Thalomid®), lenalidomide (Revlimid®) dan pomalidomide (Pomalyst®)
  • Inhibitor proteasome (PI), seperti bortezomib (Velcade®), carfilzomib (Kyprolis®), dan ixazomib (Ninlaro®)
  • Antibodi monoklonal (MoAbs) seperti daratumumab (Darzalex®)

Obat Kemoterapi | Daftar obat yang digunakan dalam kemoterapi

Harapan hidup

Leukemia kronis memiliki prognosis yang baik: kelangsungan hidup 5 tahun adalah 80%. Untuk myeloma, itu adalah 40% pada 5 tahun.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, NHS, Mayo Clinic, CDC

Sumber foto:

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Haircut dalam konteks saham atau keuangan

Strategi Investasi: Memahami Konsep Haircut Dalam Konteks Saham Haircut dalam konteks saham atau keuangan, “haircut” memiliki arti sebagai berikut: – Pengurangan Nilai: Haircut adalah...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *