Site icon PINTERpandai

Pasar Keuangan – Definisi, Pengertian, Jenis dan Contoh

Pasar Keuangan - Definisi, Pengertian, Jenis dan Contoh

Pasar Keuangan adalah

Mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seorang atau koporasi untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi). Dalam pasar keuangan sekuritas komoditas dimungkinkan dapat melakukan pembelian dan penjualan awal atas produk-produk sumber alam seperti produk pertanian dan Pertambangan dan lain sebagainya.

Dalam dunia keuangan, pasar keuangan ini meliputi:

Definisi Pasar Keuangan

  1. Suatu sistem pasar yang memfasilitasi terjadinya perdagangan antar produk dan turunan keuangan seperti misalnya bursa efek yang memfasilitasi perdagangan saham, obligasi dan waran .
  2. Pertemuan antara pembeli dan penjual untuk memperdagangkan produk keuangan dalam berbagai cara termasuk penggunaan bursa efek, secara langsung antara penjual dan pembeli (over-the-counter) .

Dalam dunia akademis, mahasiswa bidang studi keuangan akan menggunakan kedua makna tersebut namun mahasiswa ekonomi hanya menggunakan makna yang kedua.

Jenis Pasar Keuangan

Pasar keuangan dapat dibagi kedalam beberapa sub jenis seperti:

Pasar modal, Pasar komoditi, Pasar derivatif, Pasar berjangka, Pasar asuransi, Pasar valuta asing, dll. Baca disini untuk membaca: Jenis Pasar Keuangan (Financial Market)

Manfaat pasar keuangan

Tanpa adanya pasar keuangan ini maka peminjam uang (kreditur) akan mengalami kesulitan dalam menemukan debitur yang bersedia untuk memberikan pinjaman kepadanya.

Pengantara seperti contohnya bank membantu dalam melakukan proses ini, dimana bank menerima deposito dari nasabahnya yang memiliki uang untuk ditabung dan kemudian bank dapat meminjamkan uang ini kepada orang yang berniat untuk meminjam uang. Bank biasanya memberikan pinjaman uang dalam bentuk kredit dan kredit pemilikan rumah.


Hubungan antara pasar keuangan dan peminjam serta pemberi pinjaman

Ilustrasi pada tabel dibawah ini dapat menjelaskan hubungan antara pasar keuangan dan peminjam serta pemberi pinjaman:

Hubungan antara peminjam dan pemberi pinjaman
Pemberi pinjaman Perantara keuangan Pasar keuangan Peminjam
Individu
Perusahaan
Bank-bank
Perusahaan Asuransi
Dana Pensiun
Reksadana
Antarbank
Bursa efek
Pasar uang
Pasar obligasi
Valuta asing
Individu
Perusahaan
Pemerintah pusat
Pemerinmtah daerah
Perusahaan publik

1. Pemberi pinjaman

Individu tidak pernah menganggap dirinya sebagai pemberi pinjaman namun mereka meminjamkan sejumlah uang kepada pihak lainnya dalam berbagai cara seperti misalnya:

Perusahaan cenderung menjadi peminjam untuk permodalannya. Apabila perusahaan mengalami kelebihan dana tunai yang tidak digunakan dalam jangka waktu pendek maka mereka meminjamkan uang tersebut melalui pasar pinjaman jangka pendek yang disebut pasar uang. Amat sedikit perusahaan yang memilki struktur arus kas yang kuat, dan perusahaan seperti inilah yang cenderung menjadi pemberi pinjaman dibanding meminjam uang.

2. Peminjam

 3. Perantara

Dapat diaktakan sebagai tempat atau orang yang melakukan transaksi jual beli tersebut.

Dalam kasus tertentu perantara tidak dibutuhkan, artinya penjual dapat langsung melakukan transaksi tanpa perantara tertentu. Namun untuk bisnis tertentu peran perantara ini sangat penting untuk suatu transaksi.


Peserta pasar uang dan contoh transaksi pasar uang

Berikut ini akan diuraikan contoh-contoh transaksi yang terjadi di pasar uang.


Bacaan Lainnya

Sumber bacaan: InvestopediaSimplicable

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version