Site icon PINTERpandai

Sakit Nyeri Punggung – Penyebab, gejala, pencegahan dan perawatan

Sakit nyeri punggung

Sakit Punggung - Penyebab, gejala, pencegahan dan perawatan

Sakit Nyeri Punggung

Terjadi secara spontan dan memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh. Beberapa penyebab sakit punggung adalah postur yang tidak ideal (terlalu gemuk/buncit), trauma yang terjadi di daerah punggung atau bokong dan gerak tubuh yang salah, kurang peregangan (senam). Sakit nyeri punggung jangan disepelekan, karena dapat berdampak fatal!

Meskipun mungkin lebih umum terjadi pada orang dewasa berusia antara 35 dan 55 tahun. Para ahli mengatakan bahwa sakit punggung dikaitkan dengan cara tulang, otot dan ligamen kita di punggung bekerja dan terhubung secara bersama.

Di sumsum tulang belakang, sumsum tulang belakang dan saraf, otot punggung bawah, perut dan organ dalam panggul, dan kulit di sekitar daerah lumbar. Rasa sakit di punggung bagian atas mungkin disebabkan oleh gangguan pada aorta, tumor di dada dan peradangan tulang belakang.

Bagian sakit nyeri punggung

Nyeri punggung dibagi menjadi nyeri leher (serviks), nyeri punggung tengah (toraks), nyeri punggung bawah (lumbal) atau coccydynia (nyeri tulang ekor atau sakral) berdasarkan segmen yang terkena. Area pinggang adalah area yang paling sering terkena. Episode nyeri punggung bisa akut, sub-akut, atau kronis tergantung pada durasinya. Nyeri dapat ditandai sebagai nyeri tumpul, nyeri menusuk atau menusuk, atau sensasi terbakar. Ketidaknyamanan bisa menyebar ke lengan dan tangan serta tungkai atau kaki, dan mungkin termasuk mati rasa, atau kelemahan pada tungkai dan lengan.

Nyeri punggung bagian bawah. Sumber foto: Flickr

Cara meringankan sakit punggung

Tips berikut dapat membantu mengurangi sakit nyeri punggung dan mempercepat pemulihan Anda:


Perawatan sakit nyeri punggung dari dokter spesialis

Dokter umum, dokter spesialis atau fisioterapis Anda mungkin merekomendasikan perawatan ekstra jika mereka merasa sakit Anda tidak akan membaik dengan tindakan self-help saja.

Ini mungkin termasuk:


Obat Sakit Nyeri Punggung

Obat penghilang rasa sakit

Tablet obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, dapat membantu meredakan nyeri punggung. Banyak jenis tersedia untuk dibeli dari apotek atau supermarket tanpa resep dokter.

Tetapi setiap orang mungkin tidak cocok dengan semua obat penghilang rasa sakit. Jadi baca brosurnya terlebih dahulu sebelum meminumnya. Bicaralah dengan apoteker jika Anda tidak yakin.

Jika Anda tidak dapat menggunakan pereda rasa sakit biasa, pengobatan alternatif seperti kodein dapat membantu. Ini adalah obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat yang idealnya hanya digunakan selama beberapa hari, karena dapat menyebabkan kecanduan jika digunakan lebih lama.

Parasetamol sendiri tidak dianjurkan untuk sakit punggung, tetapi dapat digunakan bersama obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat seperti kodein.

Relaksan otot mungkin diresepkan oleh dokter umum jika Anda mengalami kejang otot yang menyakitkan di punggung.

Beberapa pelemas otot seperti diazepam bisa membuat Anda merasa mengantuk, pusing atau menyebabkan penglihatan kabur. Jangan mengemudi, bersepeda, atau mengoperasikan mesin jika Anda mengalami jenis efek samping ini.

Penyebab Sakit Nyeri Punggung


Masalah struktural – masalah struktural berikut juga bisa menyebabkan sakit punggung


Berikut adalah beberapa penyebab sakit punggung lainnya


Pencegahan untuk sakit nyeri punggung

1. Jangan mengangkat, mendorong atau menarik sesuatu. Jangan membungkuk atau berjongkok.
2. Usahakan supaya tidak bersin, batuk ataupun mengejan.
3. Hindari naik turun tangga ataupun pekerjaan fisik yang mengeluarkan tenaga.
4. Jangan menggunakan sepatu bertumit tinggi.
5. Dianjurkan agar menggunakan korset pinggang jika rasa sakit bertambah pada sikap duduk, berdiri dan berjalan untuk mempercepat kesembuhan.


Pencegahan kambuhnya nyeri punggung

1. Berusaha duduk dengan sikap yang benar.
2. Berusaha berdiri dengan sikap yang baik.
3. Berusaha melakukan latihan secara teratur.
4. Tidur yang cukup.
5. Hidup dalam batas ketegangan yang normal.
6. Berusaha mengurangi berat badan jika kegemukan.
7. Jangan mengambil resiko jika aktifitas itu mengganggu punggung Anda.


Kegiatan sehari-hari atau postur tubuh yang buruk

Nyeri punggung juga bisa diakibatkan oleh beberapa aktivitas sehari-hari atau postur tubuh yang buruk. Contohnya meliputi:


Kapan Anda harus mendapatkan saran medis segera?

Anda harus menghubungi dokter umum segera jika Anda sakit punggung dan:

Masalah-masalah tersebut bisa jadi pertanda adanya sesuatu yang lebih serius dan perlu segera diperiksa.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: WikipediaMedical News TodayNHS

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Exit mobile version