PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Penyakit Retina | Berbagai Jenis Penyakit Retinopati

9 min read

Macular degeneration penyakit retina

Penyakit Retina

Retina, yang melapisi bagian belakang mata, mengandung sel-sel saraf yang menerima cahaya. Mereka menerjemahkannya menjadi sinyal listrik yang berjalan ke otak melalui saraf optik. Ada banyak jenis penyakit retina.

Ketika sel-sel merosot atau tidak lagi berfungsi, area buta bidang visual muncul.

Banyak patologi dapat mempengaruhi area mata ini: AMD, retinopati diabetik, retinitis pigmentosa…

Degenerasi makula

Pada patologi ini, penurunan ketajaman visual disebabkan oleh kerusakan makula, area pusat retina yang mentransmisikan sebagian besar informasi visual ke otak. Pada stadium lanjut, titik buta muncul di tengah bidang penglihatan. Penglihatan perifer dipertahankan. Penyakit ini datang dalam dua bentuk:

  • yang disebut bentuk “kering” atau atrofi adalah yang paling sering (dua pertiga kasus). Berkembang perlahan, ini adalah konsekuensi dari hilangnya sel-sel makula secara progresif.
  • bentuk “basah” atau eksudatif, yang diamati pada sepertiga kasus, berkembang pesat. Hal ini disebabkan oleh pembentukan pembuluh darah abnormal di bawah retina.

Faktor risiko yang diidentifikasi adalah usia, kecenderungan genetik, merokok dan kemungkinan paparan sinar matahari yang berlebihan selama masa muda.

Retinopati diabetik

Komplikasi diabetes ini terkait dengan konsentrasi gula yang berlebihan di pembuluh darah kecil retina, yang menyebabkan degradasinya. Kurangnya suplai oksigen menginduksi pembentukan pembuluh darah baru yang lebih rapuh. Rupturnya dan perdarahan mikro berikutnya dapat menyebabkan ablasi retina sejati.

Karakteristik lain dari kapal baru ini: mereka lebih permeabel dan cenderung “bocor”. Akumulasi darah dan cairan yang dihasilkan menyebabkan edema yang mengakibatkan penurunan tajam dalam ketajaman visual.

Skrining untuk retinopati diabetik memerlukan pemantauan ketat. Didiagnosis dalam waktu, dikendalikan dalam banyak kasus tanpa berkembang menjadi kehilangan penglihatan.

Penyakit keturunan pada retina

Retinitis pigmentosa, Leber amaurosis bawaan atau penyakit Stargardt adalah penyakit genetik langka yang juga mempengaruhi retina.

Retinitis pigmentosa adalah salah satu yang paling umum, dengan satu dari 3.500 orang terkena. Ini mencakup beberapa patologi yang awalnya mengakibatkan penurunan penglihatan selama penurunan cahaya. Mereka kemudian berkembang menjadi penurunan penglihatan tepi di siang hari dan secara bertahap menyebabkan kebutaan.

Amaurosis kongenital Leber adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak (ditemukan pada 10 sampai 20% anak-anak buta). Untuk saat ini tidak dapat disembuhkan, dan telah menjadi subjek penelitian yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pengamatan yang sama untuk penyakit Stargardt, yang metode pengelolaannya saat ini bersifat paliatif.

Retinitis

Retinitis adalah peradangan pada retina. Perjalanan penyakit dapat berkembang secara berbeda dan berkisar dari hampir tidak ada gangguan pada pasien hingga kebutaan total karena degenerasi retina. Retinitis sering disertai dengan peradangan koroid.

Korioretinitis | Peradangan mata di belakang retina

Chorioretinitis adalah istilah medis untuk peradangan retina (→ retinitis) dan koroid. Jarang istilah yang digunakan terbalik sebagai retinochoroiditis. Perjalanan penyakit dapat berkembang secara berbeda dan berkisar dari hampir tidak ada gangguan pada pasien hingga kebutaan total karena degenerasi retina.

Retinitis sitomegalovirus

Penyakit ini sering dipicu oleh infeksi umum, seperti toksoplasmosis atau tuberkulosis dan sifilis lanjut. Peradangan bakteri-metastatik kurang umum. Pada pasien AIDS atau orang dengan gangguan kekebalan, korioretinitis sering disebabkan oleh human cytomegalovirus.

Mereka jarang disebabkan oleh infeksi bakteri yang meluas. Pasien AIDS atau imunosupresi sering mengalami korioretinitis yang disebabkan oleh cytomegalovirus. Ini juga dapat disebabkan oleh Arenavirus yang menyebabkan koriomeningitis limfositik, yang ditularkan melalui sekresi dari tikus dan mencit.

Retinitis Pigmentosa

Istilah retinopati pigmentosa atau retinitis pigmentosa (RP) menggambarkan degenerasi retina yang disebabkan oleh pewarisan atau mutasi spontan, di mana fotoreseptor dihancurkan. Seseorang berbicara tentang pseudoretinitis pigmentosa (atau fenokopi) ketika penyakit non-keturunan menunjukkan gejala retinopati pigmentosa, misalnya karena toksisitas (misalnya karena tioridazin, klorokuin).

Retinitis pigmentosa merupakan penyakit degeneratif yang diturunkan. Perlahan-lahan mempengaruhi retina dan menyebabkan hilangnya penglihatan malam dan samping.

Kanker Retina

Retina adalah membran transparan dan peka cahaya di bagian belakang mata. Kanker retina biasanya dimulai di koroid, lapisan vaskular padat yang memberi nutrisi pada retina. Koroid terletak di antara retina dan sklera (bagian luar, selubung putih mata). Karena vaskularisasi retina bergantung pada koroid, perubahan koroid oleh proses kanker dapat mempengaruhi penglihatan.

Retinoblastoma kanker retina
Kanker Retina | Melanoma koroid, Metastasis koroid, Retinoblastoma, Gejala, Diagnostik, Pengobatan

Retinoschisis

Retinoschisis adalah pecahnya retina menjadi dua lapisan dengan ruptur lapisan dan sebagian besar defek retina timbal balik (perforasi, formasi membran vaskular). Hal ini ditandai dengan degenerasi terkait dengan mutasi gen retina. Konsekuensi utama dari penyakit ini adalah ablasi retina dan penurunan ketajaman visual.

Robekan retina

Robekan retina terjadi ketika zat bening seperti gel di tengah mata Anda (vitreous) menyusut dan menarik lapisan tipis jaringan yang melapisi bagian belakang mata Anda (retina) dengan traksi yang cukup untuk menyebabkan kerusakan pada jaringan. Ini sering disertai dengan gejala yang tiba-tiba seperti floaters dan lampu berkedip.

Ablasi retina

Ablasi retina didefinisikan oleh adanya cairan di bawah retina. Ini biasanya terjadi ketika cairan melewati robekan retina, menyebabkan retina terangkat dari lapisan jaringan di bawahnya.

Sindrom iskemik okular / Oklusi vena retina sentral

Obstruksi arteri retina sentral adalah penyakit mata serius yang disebabkan oleh penutupan aliran darah arteri ini. Gejala utamanya adalah hilangnya penglihatan secara tiba-tiba pada mata yang terkena

Oklusi arteri retina sentralis

Oklusi arteri retina sentralis adalah penyakit mata yang langka dan parah di mana aliran darah melalui arteri retina sentral terhambat (tersumbat). Ada beberapa penyebab yang berbeda dari oklusi ini; yang paling umum adalah aterosklerosis arteri karotis.

Oklusi vena retina sentralis

Oklusi vena retina sentral, juga CRVO: Central Retinal Vein Occlusion, adalah ketika vena retina sentral tersumbat, biasanya melalui trombosis. Vena retina sentralis adalah vena yang setara dengan arteri retina sentralis dan keduanya dapat tersumbat. Karena arteri dan vena retina sentralis adalah satu-satunya sumber suplai darah dan drainase untuk retina, oklusi tersebut dapat menyebabkan kerusakan parah pada retina dan kebutaan, karena iskemia (pembatasan suplai darah) dan edema (pembengkakan).

CRVO dapat menyebabkan sindrom iskemik okular. CRVO noniskemik adalah bentuk penyakit yang lebih ringan. Ini dapat berkembang menjadi tipe iskemik yang lebih parah. CRVO juga dapat menyebabkan glaukoma.

Oklusi arteri retina cabang

Adalah kelainan pembuluh darah retina yang langka di mana cabang dari arteri retina sentral menjadi tersumbat. Gejala khasnya adalah hilangnya penglihatan tiba-tiba tanpa rasa sakit di bidang visual yang ditutupi oleh arteri yang tersumbat. Pasien biasanya dapat menentukan waktu yang tepat dan tingkat kehilangan penglihatan.

Hasil medis yang paling menonjol adalah pemutihan retina di daerah yang sesuai dengan daerah yang menderita iskemia. Pemutihan retina menghilang pada tahap kronis.

Membran epiretina

Membran epiretinal adalah jaringan halus seperti bekas luka atau membran yang terlihat seperti selofan berkerut yang terletak di atas retina. Membran ini menarik retina, yang mendistorsi penglihatan Anda. Objek mungkin tampak kabur atau bengkok.

Perdarahan retina

Adalah kelainan pada mata dimana terjadi pendarahan di retina, jaringan peka cahaya yang terletak di dinding belakang mata. Ada sel fotoreseptor di retina yang disebut batang dan kerucut, yang mentransduksi energi cahaya menjadi sinyal saraf yang dapat diproses oleh otak untuk membentuk gambar visual.[2] Pendarahan retina dapat mempengaruhi orang dewasa, dan bayi baru lahir dan bayi juga dapat menderita gangguan ini.

Perdarahan retina dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti hipertensi, oklusi vena retina (penyumbatan vena retina), anemia, leukemia, atau diabetes.

Retinopati serosa sentral

Korioretinopati serosa sentral adalah akumulasi cairan di ruang subretina. Ini adalah penyakit mata yang menyebabkan gangguan penglihatan, biasanya sementara, biasanya pada satu mata. Bila kelainan ini aktif ditandai dengan kebocoran cairan di bawah retina yang cenderung menumpuk di bawah makula sentral. Hal ini menyebabkan penglihatan kabur atau terdistorsi (metamorphopsia). Sebuah tempat kabur atau abu-abu di bidang visual pusat adalah umum ketika retina terlepas. Ketajaman visual yang berkurang dapat bertahan setelah cairan hilang. Baca juga: Penyakit Retina | Berbagai Jenis Penyakit Retinopati

Central serous chorioretinopathy korioretinopati serosa sentral
Korioretinopati Serosa Sentral (Penyakit Retina)

Edema makula

Adalah kumpulan cairan ekstraseluler (edema) di area bintik kuning (makula lutea) mata manusia. Perubahan reversibel diekspresikan dengan mengaburkan bidang penglihatan di zona penglihatan paling tajam. Makula adalah area kecil retina berukuran sekitar 1 mm yang sangat kaya akan sel visual, yang bertanggung jawab untuk penglihatan presisi. Ketika sangat dekat dengan pusat retina dan mengancam fungsi visual, itu disebut edema makula yang signifikan secara klinis. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan ketajaman visual sentral yang parah dan permanen. Baca juga: Edema Makula | Gangguan Mata | Gejala, Penyebab, Perawatan, Pencegahan

Macular edema edema makula
Edema Makula | Gangguan Mata | Gejala, Penyebab, Perawatan, Pencegahan

Membran epiretina (Kerut makula)

adalah patologi mata yang terdiri dari perkembangan membran tipis tembus cahaya di atas makula (area pusat retina yang penting untuk penglihatan). Ketika membran ini berkontraksi dan menggulung, hal itu menyebabkan deformasi dan distorsi progresif dari makula itu sendiri.

Pada awal penyakit ada sedikit distorsi pada gambar dan, di atas segalanya, teks yang ditulis dengan karakter yang lebih kecil (garis akan tampak bergelombang). Ketika daya tarik yang diberikan oleh membran pada makula meningkat, kita menyadari bahwa membaca teks menjadi semakin sulit. Akhirnya, evolusi penyakit mengarah ke penglihatan tempat yang mencegah penglihatan sentral.

Diagnosis dibuat berkat pemeriksaan fundus, yang memungkinkan untuk memvisualisasikan membran. Namun, konfirmasi harus diperoleh melalui OCT (Optical Coherence Tomography), pemeriksaan yang digunakan untuk menilai sejauh mana traksi: pemeriksaan ini membantu mengontrol evolusi patologi dari waktu ke waktu.

Distrofi makula vitelliformis

Distrofi makula vitelliform, adalah kelainan mata dominan autosomal tidak teratur yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan progresif. Gangguan ini memengaruhi retina, khususnya sel-sel di area kecil di dekat pusat retina yang disebut makula.

Makula bertanggung jawab atas penglihatan sentral yang tajam, yang diperlukan untuk tugas-tugas terperinci seperti membaca, mengemudi, dan mengenali wajah. Kondisi ini ditandai dengan struktur bulat berwarna kuning (atau oranye), agak meninggi, mirip dengan kuning telur (Vitellus Latin) telur.

Amaurosis kongenital Leber

Adalah penyakit genetik serius pada retina yang dijelaskan pertama kali pada tahun 1869 oleh Théodor Leber yang disebutnya retinitis pigmentosa in utero.

Mereka yang terkena dampak sudah secara signifikan mengalami gangguan penglihatan atau buta terhadap dunia, dan kemungkinan saudara kandung berikutnya yang terpengaruh adalah sekitar 25%. Lebih dari 10% dari semua kasus kebutaan kongenital dapat dikaitkan dengan amaurosis kongenital Leber.

Birdshot chorioretinopathy

Merupakan bentuk langka dari uveitis posterior bilateral yang mengenai kedua mata. Ini menyebabkan peradangan progresif yang parah pada koroid dan retina.

Gejala gangguan ini termasuk bintik-bintik (mengambang di atas penglihatan), penglihatan kabur, fotopsia (kilatan cahaya di mata), kehilangan penglihatan warna, dan rabun senja (ketidakmampuan untuk melihat dalam kondisi cahaya redup). Titik warna terlihat pada retina dalam tes mata. Kemungkinan hilangnya ketajaman visual sepenuhnya.

Nama penyakit ini diberikan oleh titik-titik berwarna kecil di retina, tersebar dalam pola seperti birdshot, tetapi titik-titik ini mungkin tidak muncul pada tahap awal.

Retinokoroidopati birdshot dapat menunjukkan resistensi terhadap pengobatan. Dengan terapi imunosupresi dengan kortikosteroid oral, entah bagaimana bisa efektif dalam memperlambat proses inflamasi yang terkait dengan penyakit, menjaga integritas visual sebanyak mungkin. Penggunaan jangka panjang obat tersebut harus dipantau secara ketat, namun, karena ketidaknyamanan, dan berpotensi melemahkan dan efek samping yang mengancam jiwa, pasien retinochoroidopathy birdshot berikutnya diobati dengan terapi kortikosteroid sistemik imunomodulator diperlakukan. dengan imunosupresan sistemik.

Obat imunosupresif seperti antibodi monoklonal, daclizumab, siklosporin, dan metotreksat telah diuji sebagai pilihan pengobatan yang efektif untuk retinochoroidopathy shotgun. Pengurangan substansial dan bahkan stabilisasi peradangan vitreous dan vaskulitis retina telah dibuktikan dengan elektroretinografi selama terapi daclizumab (IL-2 receptor blocker). Hal ini juga didukung oleh pengamatan peningkatan kadar IL-2 pada mata pasien.

Retinopati

Retinopati (dari, pathos, “penderitaan” dan bahasa Latin retina retina ) adalah kerusakan pada retina mata.

Sebuah perbedaan dibuat sesuai dengan penyebabnya:

  • Retinopati diabetik (penyakit retina yang disebabkan oleh diabetes mellitus)
  • Retinopathia centralis serosa (ablasi retina terkait pembengkakan)
  • Retinopathia pigmentosa (penyakit retina keturunan)
  • Retinopati hipertensi (penyakit retina yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi)
  • Retinopati eklampsia (penyakit retina yang terjadi pada wanita hamil sebagai bagian dari eklampsia)
  • Retinopati praematurorum (penyakit retina pada bayi prematur)
  • Retinopati solaris (kerusakan retina yang disebabkan oleh sinar matahari atau laser)
  • Retinopati Purtscher adalah penyakit di mana bagian mata (retina) rusak. Biasanya terkait dengan cedera kepala berat, dapat juga terjadi dengan jenis trauma lain, seperti patah tulang panjang, atau dengan beberapa penyakit sistemik non-trauma.
  • Retinopati prematuritas (ROP), juga disebut retrolental fibroplasia dan sindrom Terry, adalah penyakit mata yang mempengaruhi bayi lahir prematur yang umumnya telah menerima perawatan intensif neonatus, di mana terapi oksigen digunakan karena perkembangan prematur paru-paru mereka. Hal ini diduga disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah retina yang tidak teratur yang dapat menyebabkan jaringan parut dan ablasi retina. ROP dapat bersifat ringan dan dapat sembuh secara spontan, tetapi dapat menyebabkan kebutaan pada kasus yang serius. Dengan demikian, semua bayi prematur berisiko mengalami ROP, dan berat lahir sangat rendah merupakan faktor risiko tambahan. Baik toksisitas oksigen maupun hipoksia relatif dapat berkontribusi pada perkembangan ROP.
  • Distrofi kristal Bietti adalah penyakit bawaan yang sangat langka pada retina dengan degenerasi tapetoretinal yang dimulai pada dekade ketiga kehidupan. Gejala utamanya adalah deposit kristal dengan komposisi yang tidak jelas di bagian belakang retina, di area limbus kornea dan di leukosit. Berikutnya adalah sklerosis pada pembuluh darah koroid.
  • Penyakit Coats, adalah kelainan mata bawaan yang langka dan tidak diturunkan, menyebabkan kebutaan penuh atau sebagian, yang ditandai dengan perkembangan abnormal pembuluh darah di belakang retina. Penyakit Coats juga bisa termasuk dalam glaukoma. Ini dapat memiliki presentasi yang mirip dengan retinoblastoma (bentuk kanker langka yang berkembang pesat dari sel-sel retina yang belum matang, jaringan pendeteksi cahaya mata. Ini adalah kanker intraokular ganas primer yang paling umum pada anak-anak, dan itu adalah hampir secara eksklusif ditemukan pada anak kecil).
  • Retinopati sel sabit (Sickle cell retinopathy) dapat didefinisikan sebagai perubahan retina akibat kerusakan pembuluh darah di mata seseorang dengan latar belakang penyakit sel sabit. Ini kemungkinan dapat berkembang menjadi kehilangan penglihatan pada tahap akhir karena perdarahan vitreous atau ablasi retina. Penyakit sel sabit adalah kelainan sel darah merah struktural yang menyebabkan konsekuensi dalam berbagai sistem. Hal ini ditandai dengan kerusakan sel darah merah kronis, cedera pembuluh darah, dan iskemia jaringan yang menyebabkan kerusakan pada otak, mata, jantung, paru-paru, ginjal, limpa, dan sistem muskuloskeletal.

Penyakit Mata dan Masalah Mata Pada Umumnya


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly SmartMayo Clinic, MedlinePlus, The American Society of Retina Specialists, Optometrists

Sumber foto utama: Tmhlee / Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)
Author: Morleyj

Penjelasan foto utama: gambar ini menunjukkan fundus mata (pemeriksaan mata) yang dilihat melalui kamera retina, dengan tanda-tanda degenerasi makula.

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati! === PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *