PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Cara Menemukan Ide Bisnis Anda

4 min read

Temukan ide bisnis Anda

Cara Menemukan Ide Bisnis Anda

Anda tidak memiliki ide bisnis tetapi Anda benar-benar ingin memulai? Beberapa informasi ini dapat membantu Anda menemukan ide dan cara menemukan ide bisnis Anda.

Ingat: “Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, seorang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan”. (Winstn Churcil)

Yang paling penting untuk diingat adalah, untuk bertahan, aktivitas yang akan Anda lakukan harus sesuai dengan Anda dan membuat Anda bahagia. Jangan lupa bahwa proyek yang akan Anda tentukan akan menentukan masa depan Anda sendiri.

Oleh karena itu pentingnya memulai dengan bertanya, hitam putih, apa yang memengaruhi Anda secara pribadi, keinginan Anda, nilai-nilai Anda, ambisi Anda, visi kesuksesan Anda… sebelum berbicara tentang apa yang Anda ketahui bagaimana melakukannya secara profesional.

1. Cara menemukan ide bisnis berdasarkan kebutuhan konsumen

Apakah Anda ingin memulai bisnis tetapi tidak tahu? Sumber peluang terpenting adalah kebutuhan pelanggan (atau lebih tepatnya bagaimana konsumen ingin memuaskan kebutuhan mereka).

Prinsip-prinsip Peter DRUCKER (pendekatan manajemen yang bertujuan untuk mengatur pekerjaan berdasarkan tujuan dan bukan lagi berdasarkan tugas) dapat menginspirasi Anda.

Dia menyarankan 7 sumber peluang yang berkontribusi untuk menghasilkan inovasi dan karenanya ide penciptaan bisnis:

  • yang tidak terduga,
  • kontradiksi antara realitas sebagaimana adanya dan sebagaimana “seharusnya” atau seperti yang kita bayangkan,
  • kebutuhan struktural: “kebutuhan adalah ibu dari inovasi”,
  • struktur industri dan komersial (orientasi terhadap outsourcing fungsi bisnis tertentu, contohnya),
  • demografi,
  • perubahan persepsi konsumen seperti kembali ke produk “lokal” misalnya atau “sharing” (car sharing, apartment sharing, dll)
  • pengetahuan baru, khususnya teknologi digital dan dampaknya.

Namun, waspadalah terhadap jebakan peluang:

apa peluang di satu negara belum tentu demikian di Prancis (misalnya, persewaan hewan peliharaan di Jepang),
jika Anda menginginkan bisnis yang tahan lama, waspadalah terhadap mode,
Sehebat apa pun itu, jika Anda menemukan peluang di bidang yang tidak Anda minati, Anda berisiko gagal.

2. Temukan ide dari diri Anda sendiri

Anda bisa fokus pada:

  • sumber daya internal Anda (keterampilan, bakat, dll.)
  • sumber daya eksternal Anda (jaringan, rekanan, uang…)
  • kendala Anda karena, hari ini, “mudah” memiliki proyek yang menyesuaikan dengan Anda.
  • keuangan: hari ini atau besok (Anda harus membayar sekolah anak-anak Anda tahun depan misalnya)
  • geografis: Anda ingin pindah atau terutama tidak pindah dari kota Anda misalnya
  • ketersediaan: Anda harus berada di rumah pada pukul 6 sore untuk anak-anak Anda dan tersedia di akhir pekan, misalnya
  • fisik atau kesehatan: Anda memiliki kecacatan dan Anda tidak dapat melakukan aktivitas tertentu, misalnya
  • perjalanan: Anda tidak memiliki kendaraan untuk berkeliling, misalnya
  • waktu untuk mempersiapkan proyek: Anda masih bekerja misalnya

Setelah kendala ini teridentifikasi, akan lebih mudah menemukan solusi untuk menggambar garis besar ide Anda, tetapi yang terpenting, jangan lupa untuk memeriksa apakah ide yang Anda temukan memang konsisten dengan diri Anda sendiri.

Sebuah proyek disesuaikan dengan ANDA

Adalah mungkin, dengan mengajukan pertanyaan yang tepat sebelumnya, untuk menyesuaikan proyek Anda dengan ANDA (dan bukan sebaliknya). Langkah ini mendasar karena, setidaknya di awal, Anda akan hidup dengan proyek Anda, tertidur dengannya, memimpikan proyek Anda… sebanyak yang paling sesuai untuk Anda!

Beberapa contoh :

Anda ingin membuka toko pakaian dan asesoris anak tetapi tidak memiliki cukup uang untuk membiayai pengambilalihan usaha tersebut. Dengan melakukan latihan di bawah ini, kita dapat membayangkan beberapa solusi. Contohnya :
jika yang Anda sukai adalah masa kanak-kanak, Anda dapat membayangkan aktivitas lain seputar tema ini yang tidak membutuhkan investasi dalam jumlah yang sama.
jika yang Anda suka adalah menemukan pakaian asli, maka Anda bisa menjualnya secara online.
….
Anda ingin bekerja dalam komunikasi tetapi Anda tidak ingin bekerja di malam hari dan akhir pekan. Dalam hal ini, Anda harus menghindari acara, misalnya, tetapi masih ada banyak kemungkinan lain dalam komunikasi…
Anda ingin membuka restoran tetapi tidak bekerja di malam hari. Dalam hal ini, Anda dapat membuka di kawasan bisnis yang kosong di penghujung hari.
…dll
Ini hanya beberapa contoh tetapi, pengalaman membuktikannya, mulai dari ANDA, Anda akan menemukan ide yang cocok untuk Anda!

Pertanyaan untuk bertanya pada diri sendiri untuk menemukan ide ini

Kiat sebelum Anda mulai: saat Anda melakukan latihan ini, tempatkan diri Anda dalam posisi yang tenang dan tipe postur “Saya sedang bermimpi”. Untuk saat ini, jangan membatasi diri Anda sendiri, letakkan semuanya hitam di atas putih, Anda akan menyelesaikannya nanti.

1 – Keinginan Anda, hasrat Anda, minat Anda, impian masa kecil Anda
Jangan berpikir tentang apa yang mungkin atau tidak, tuliskan keinginan Anda, hasrat Anda, pusat minat Anda, impian masa kecil Anda, profesi orang tua atau kakek nenek Anda (yang mereka lakukan atau sukai) yang Anda sukai …

Contohnya :

Saya suka: anggur, anak-anak, alam, jembatan, laut, tenang
Saya ingin: menyenangkan orang lain, membawa kebahagiaan bagi orang lain, menjaga orang lain,
Ketika saya masih kecil, saya ingin menjadi pengacara. Kemudian, sebagai seorang remaja, saya ingin menjadi seorang psikolog

2 – Nilai-nilai Anda, apa yang benar-benar penting bagi Anda
Nilai-nilai Anda adalah siapa Anda, apa yang “menahan Anda”, mungkin ada pekerjaan di mana Anda tidak dapat mengekspresikan nilai-nilai Anda.

Misalnya: kejujuran, kemandirian, kemandirian, kebijaksanaan, timbal balik, kerendahan hati, keadilan sosial, kemajuan, kesuksesan, keamanan…

3 – Apa yang Anda inginkan atau tidak pada tingkat pribadi
Di semua area, catat apa yang Anda inginkan dan/atau apa yang tidak Anda inginkan pada tingkat pribadi (kita akan melihat sisi profesionalnya nanti), kendala dan kewajiban Anda.

Memang, saat ini, alat komputer (bila digunakan dengan baik!) memungkinkan untuk mendamaikan kehidupan pribadi, keluarga, dan profesional dengan lebih baik.

Contohnya :

Saya ingin: pindah ke Aquitaine, tinggal di sebuah rumah di desa dekat laut, menikmati anak-anak saya dan karena itu tersedia antara jam 5 sore dan 8 malam,
Saya tidak mau: bekerja di akhir pekan, mengemudi setiap hari untuk mencapai tempat kerja saya

4 – Apa yang Anda inginkan atau tidak di tingkat profesional
Jangan menahan diri untuk saat ini, Anda akan menyelesaikannya nanti. Tuliskan semua yang Anda inginkan atau tidak pada tingkat profesional. Seringkali lebih mudah untuk memulai dari apa yang tidak Anda inginkan, jangan ragu untuk memulai dengan topik ini.

Contohnya :

Saya ingin: terus belajar, bertemu banyak orang yang berbeda, bertukar pikiran
Saya tidak ingin: bekerja di rumah, memiliki lebih dari 2 karyawan tetap, memiliki investor di luar keluarga, melakukan prospeksi yang berat, mengelola dokumen, bekerja di sektor tempat saya keluar

5 – Keterampilan Anda saat ini

Kompetensi = Kemampuan subjek untuk memobilisasi, secara terpadu, sumber daya internal (pengetahuan, pengetahuan dan sikap) dan eksternal (jaringan, alat, dll.) untuk secara efektif menangani sekumpulan tugas kompleks untuknya .

Tuliskan keterampilan teknis Anda tetapi jangan lupakan yang lain.

Contohnya :

Keterampilan saat ini: kreatif, kemampuan bertanya, tahu cara memutuskan, berpikiran terbuka, reaktif, tahu cara mengelilingi diri sendiri, tahu cara mengelola stres, tahu cara mengatur waktu, objektif, pengetahuan tentang manajemen, akuntansi, keuangan , pemasaran

6 – Tujuan dan ambisi Anda
Mau dibawa kemana bisnisnya? Buat tapi untuk melakukan apa? Mengikuti langkah apa, jika ada

Contohnya :

Tujuan: agar putri saya bergabung dengan perusahaan nanti dan memberikannya kepadanya, agar perusahaan tetap berada di tingkat regional, memiliki gaji minimal €2.000 per bulan,
Langkah-langkahnya: Saya mau mulai dari rumah tapi perusahaan harus bisa bayar kantor dengan cepat.

Cara untuk melangkah lebih maju

Setelah Anda meletakkan semua elemen ini:

  • Bayangkan kemungkinan persimpangan antara jawaban Anda yang berbeda
  • Bicarakan hal itu dengan orang yang Anda cintai
  • Biarkan menetap
  • Mengoreksi
  • dan keluarkan ide yang cocok untuk Anda!

Untuk membantu Anda lebih lanjut, baca juga: Teknik kreativitas untuk menemukan ide bisnis

Sumber bacaan: Consultant4Companies

Sumber foto: ColiN00B via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Manajemen Risiko Keuangan: Mendalami Strategi dan Solusinya

Manajemen risiko keuangan adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis semua keputusan investasi sebelum dibuat. Pendekatan ini juga melibatkan analisis potensi risiko dalam pengelolaan dana dan...
PinterPandai
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *