PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Zakat | Sifat, Bentuk dan Fungsi (Hukum Sedekah)

5 min read

Zakat

Zakat atau zaakat (زَكَاة zakāt); Kata Arab yang diterjemahkan dengan “hukum sedekah” adalah yang ketiga dari rukun Islam setelah pembuktian iman dan doa.

Dalam tradisi Muslim, Zakat Al Maal diberikan kepada penerima manfaat yang paling rentan. Panggilannya adalah untuk mempromosikan berbagi dan solidaritas dengan yang paling genting. Untuk penerima manfaat kami, itu adalah hak yang berkontribusi untuk mengurangi ketidaksetaraan.

Muslim diharuskan untuk menghitung setiap tahun lunar (hijrah) jumlah ini dan memberikannya “kepada orang miskin, kepada orang miskin, kepada mereka yang bekerja dalam pelayanan zakat, kepada mualaf baru yang hatinya perlu dikuatkan, kepada budak [yang membutuhkannya untuk memenuhi kontrak perangko mereka], kepada yang berhutang [yang tidak dapat melunasi hutangnya] kepada para pejuang sukarela dan kepada musafir [yang tidak memiliki apa yang memungkinkan dia untuk mencapai tujuannya” [surat At-Taubah / 60 ]. Zakat biasanya dibayarkan pada bulan suci Ramadhan untuk melipatgandakan dampaknya dan orang dapat dengan mudah menghitung zakat harta.

Secara historis, di negara-negara Islam, negaralah yang mengumpulkan zakat dan mendistribusikannya kembali.

Sejarah Zakat

Ulama umumnya sepakat dalam menetapkan sebagai titik awal penetapan Zakat tahun II Hijriyah sesuai dengan pendirian masyarakat Muslim setelah hijrahnya Nabi Muhammad (saw) ke Madinah, namun dijelaskan bahwa sedekah ini sudah ada. dilembagakan di Mekkah tanpa tarif tetap, atau jumlah wajib dikenakan.

Dalam Sura An-Naml, terungkap di Makkah, Allah berfirman:

“Ta, Sin. Ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an, sebuah Kitab dengan kejelasan yang jelas, yang merupakan petunjuk yang baik dan kabar gembira bagi orang-orang beriman yang menjalankan shalat, membayar zakat dan beriman pada kehidupan yang akan datang. » Quran 27/1.
Takaran, kondisi, dan ketentuannya secara bertahap ditentukan oleh resep yang diwahyukan di Madinah.
Al-Jama’a meriwayatkan dari Ibn ‘Abbas bahwa ketika Nabi (saw) mengirim Mu’adh Ibn Jabal ke Yaman, dia berkata kepadanya:

“Kamu pergi ke Ahli Kitab. Di atas segalanya, Anda akan mengundang mereka untuk bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa saya adalah Utusan Allah; jika mereka menerimanya, beri tahu mereka bahwa Allah Yang Maha Tinggi telah menetapkan bagi mereka shalat lima waktu sehari; jika mereka mematuhi Anda, beri tahu mereka bahwa mereka harus membayar sedekah yang diambil dari harta orang kaya mereka untuk dibagikan kepada orang miskin; jika mereka mematuhi Anda, berhati-hatilah untuk tidak mengambil yang terbaik dari milik mereka. Waspadalah terhadap kutukan orang yang tertindas, karena antara dia dan Allah tidak ada tabir”.

Definisi Zakat

Kata “Zakat” berarti penyucian dalam bahasa Arab. Ada juga penjelasan lain seperti pertumbuhan, berkah dan perkembangan.
Zakat, rukun Islam ke-3, disebutkan 28 kali dalam Al-Qur’an bersama dengan shalat, rukun Islam ke-2, dengan demikian menunjukkan pentingnya yang besar.
Zakat adalah kewajiban ilahi yang memerintahkan seorang Muslim yang memiliki kekayaan mencapai tingkat tertentu (disebut nissab) untuk menyumbangkan sebagian dari hartanya (umumnya 2,5%) kepada penerima manfaat yang telah ditentukan dengan tepat oleh Allah (swt) dalam Alquran. Ini adalah hak karena orang miskin atas milik orang kaya.
Membayar zakat adalah ibadah penambah iman. Ini adalah sarana untuk memurnikan harta milik seseorang dari kemungkinan keuntungan haram dan pemberi keegoisan, keserakahan, dan cinta uang yang berlebihan.

Allah berfirman: “Katakanlah: Tuanku dengan bebas melimpahkan atau membatasi hadiah-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan setiap biaya yang kamu keluarkan (dalam kebaikan), Dia menggantinya, dan Dia adalah Pemberi yang Terbaik. » Alquran 34/39.

Siapa yang wajib membayar zakat?

Anda diwajibkan membayar zakat jika Anda:
– Muslim, pria atau wanita,
– Memiliki kekayaan yang mencapai nissab (penyebab atau sabab),
– Memiliki barang-barang ini selama tahun lunar – hawl (kondisi atau shart).
Pendapat mayoritas adalah bahwa anak dan orang yang tidak mampu membedakan juga diharuskan membayar zakat jika harta mereka mencapai nissab. Itu adalah wali atau orang tua mereka yang harus membayarnya untuk mereka.
“Jadikan harta anak yatim berbuah, agar tidak termakan Zakat” (HR. Mâlik, Syafi’î, Bayhaqî, Ibnu Hajar menyatakan sahîh).

Nisab

Nissab adalah harta minimal yang wajib dikeluarkan zakatnya. Nissab setara dengan 85 g emas (sekitar €3.200 pada 1 September 2016), atau 595 g perak.

Sejarah nisab

Pada zaman Nabi (saw), ada dua koin yang berbeda untuk dibeli dan dijual. Koin Emas disebut Dinar dan koin Perak disebut Dirham. Satu koin Emas (Dinar) bernilai 10 koin Perak (Dirham).
Nabi (saw) sendiri yang menetapkan nilai nissab. Misalnya, jika Anda memiliki 20 dinar dalam koin emas atau 200 Dirham dalam koin perak, selain kebutuhan dasar Anda, maka Anda wajib membayar zakat.
Ulama kontemporer dan khususnya Syekh Al Qardawi menimbang 20 Dinar untuk memperkirakan nilai nissab hari ini. 20 Dinar setara dengan 85 g Emas dan 200 Dirham setara dengan 595 g Perak. Namun nilai Perak telah turun dan hari ini 595g Perak hanya bernilai sekitar €320 sementara 85g Emas bernilai sekitar €3200. Jadi hari ini, nissab apa yang harus kita pertimbangkan?
Mengenai hal ini terdapat perbedaan, namun mayoritas ulama berpendapat bahwa nishab emas harus dipertimbangkan karena lebih stabil.

Barang-barang yang wajib zakat

Zakat dihitung dari uang yang Anda miliki, tetapi juga dari beberapa kategori barang:
– Aset, properti, dan kekayaan (uang tunai, logam mulia, buku tabungan, deposito bank),
– Surat berharga bank (saham, obligasi, treasury bills, dana investasi),
– Tanaman dan ternak,
– Gaji dan biaya,
– Premi, gratifikasi dan bonus,
– Warisan.

Di sisi lain, rumah pribadi atau mobil Anda tidak dikenakan zakat.

Kapan membayar zakat?

Hari kekayaan Anda mencapai atau melebihi nissab menandai dimulainya tahun lunar di mana Anda harus membayar Zakat pertama Anda. Zakat kemudian harus dibayar setiap tahun pada tanggal peringatan ini.
Jika Anda tidak dapat mengingat tanggal ini dengan tepat, Anda harus mencoba memperkirakannya.
Berkenaan dengan aspek temporal penentuan nissab, Chafiites dan Hanbalites percaya bahwa syarat pembayaran Zakat terletak pada keberadaan nissab selama satu tahun lunar penuh (hawl) dari awal sampai akhir. . Jadi, jika pemilik empat puluh ekor betina berhasil kehilangan seekor selama hawl dan memperoleh yang baru setelah itu, hawl dianggap rusak.
Di sisi lain, Hanafi mempertimbangkan kedua ujung tombak. Oleh karena itu, menurut mereka, jika nissab tercapai pada awal dan akhir tahun lunar yang sedang berjalan, maka wajib zakat meskipun harta berkurang sepanjang tahun tanpa harus padam sama sekali.

Keutamaan Membayar Zakat
Menghormati pilar ini memiliki beberapa manfaat penting untuk melestarikan pribadi kita dan komunitas kita.
Pada tingkat spiritual: memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan Tuhan melalui ketaatan dan memperoleh pemurnian kekayaan dan jiwa Anda. Tuhan mengingatkan kita masing-masing bahwa hanya Dia yang memiliki semua kekayaan yang Dia berikan kepada kita dan bahwa kita hanyalah penyimpannya; itu adalah persembahan Tuhan, yang sewaktu-waktu dapat menambah, mengurangi, atau bahkan menghilangkannya.

Ini adalah cara untuk melawan tabungan dan kecintaan berlebihan pada barang-barang dunia ini, dengan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan tetapi di atas segalanya adalah hak. Sistem sosial yang dianjurkan oleh Islam menjadikan kasih sayang sebagai dasar dari semua hubungan sosial.
Pada tingkat sosial-ekonomi: menjamin pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan memerangi kemiskinan dan pengangguran secara efektif dan permanen.

Di tingkat sosial: memungkinkan untuk mendistribusikan manfaat Allah pada komunitas dengan memastikan terciptanya solidaritas antara yang kaya dan yang miskin. Oleh karena itu berkontribusi pada keadilan sosial.

Pajak sosial yang memurnikan ini sangat penting karena memungkinkan redistribusi kekayaan dalam masyarakat dan memungkinkan untuk memastikan kehidupan yang bermartabat dan layak bagi setiap orang, untuk menjamin stabilitas sosial melalui distribusi kekayaan yang lebih merata di antara warga negara.

Siapa yang dapat menerima zakat?

Allah telah menetapkan dalam Al-Qur’an delapan kategori untuk distribusi Zakat.

• Orang miskin,
• Yang membutuhkan,
• Mereka yang bekerja mengelola zakat,
• Mereka yang hatinya ingin dimenangkan (kepada Islam),
• Emansipasi budak,
• Mereka yang banyak utang,
• Di jalan Allah,
• Pelancong dalam kesusahan.
“Sadaquat hanya diperuntukkan bagi orang miskin, melarat, orang yang bekerja di sana, orang yang ingin ditaklukkan hatinya (kepada Islam), kebebasan dari belenggu, orang yang terlilit hutang, di jalan Allah, dan bagi para musafir. (dalam kesusahan). Itu adalah ketetapan Allah! Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. » Quran 9/60
Berikut penjelasan dari delapan kategori tersebut.

Siapa yang tidak bisa menerima zakat?

Orang-orang yang tidak dapat mengambil manfaat dari Zakat adalah:
• Orang kaya,
• Seseorang yang sehat dan bekerja,
• Seseorang yang dalam keadaan sehat dan menolak bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri,
• Non-Muslim (kecuali mereka yang hatinya diperebutkan),
• Beberapa kerabat dekat.
(Para ulama sepakat bahwa haram memberikan zakat kepada ayah, kakek, ibu, nenek, anak dan cucu. Haram juga suami memberikan zakat kepada istrinya.)
• Anggota keluarga Nabi (Banu Hasyim dan Banu Abdou al Moutthalib).

Zakat fitrah

Zakat fitrah atau “sedekah untuk berbuka puasa” juga merupakan kewajiban bagi setiap Muslim dan harus dibayarkan setiap tahun pada akhir bulan Ramadhan.
Zakat fitrah membersihkan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan tidak senonoh dan itu, seperti Zakat al maal, berkah bagi orang miskin. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghabiskan hari raya Idul Fitri dalam kondisi yang lebih baik, karena Nabi (saw) bersabda: “Jangan mengemis pada hari Idul Fitri”.

Menurut Ibnu ‘Omar (ra dengan dia):

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat berbuka puasa dengan memberikan sa’ kurma atau sa’ jelai kepada setiap budak atau orang merdeka, laki-laki atau perempuan, kecil dan tinggi di kalangan umat Islam. Kemudian dia memerintahkannya untuk diserahkan sebelum orang-orang pergi ke shalat (Id)” [HR. Al Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Abu Daoud, Nasai dan Ibnu Madja].
Setiap Muslim harus membayarnya untuk dirinya sendiri dan semua orang yang bergantung padanya, seperti istri, anak, orang tua dll. Seperti yang dijelaskan dalam hadits sebelah, dapat dipersembahkan dalam bentuk saa’ (takaran sekitar 2,7 kg) berupa gandum, kurma, atau makanan lainnya. Hari ini, para sarjana telah menyimpulkan bahwa itu dapat diberikan dalam bentuk uang.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Investopedia, Zamzam, National Zakat Foundation (NZF)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *