Apa Saja Macam Gaya Renang Yang Ada?

Apa Saja Macam Gaya Renang Yang Ada?

Secara keseluruhan gaya renang merupakan kombinasi dari posisi badan, gerakan lengan, gerakan tungkai, tempo, dan pernapasan. Apa saja gaya renang yang ada?

Mengetahui cara berenang di dalam air adalah hal yang baik, tetapi mengetahui dan menguasai berbagai macam gaya renang adalah hal lain! Panduan ini menawarkan gambaran singkat tentang macam-macam gaya renang yang utama.

Sebelum memulai pembelajaran teknis dari berbagai gaya, mungkin perlu untuk meninjau dasar-dasar… dan dasar umum untuk semua renang adalah penguasaan pernapasan “akuatik”.

Apa saja macam gaya renang yang ada? contohnya: gaya dada (katak), gaya punggung, kupu-kupu, bebas… dan variannya.

Gaya dada (katak)

Gaya dada atau gaya katak adalah jenis gaya renang yang paling banyak dipraktikkan, dan bisa dibilang yang paling sederhana karena tidak memerlukan kepala di bawah air (kecuali dalam kasus gaya dada yang variasinya melibatkan untuk menempatkan kepala di bawah air setiap gerakan lain untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik).

Gaya bebas (freestyle swimming)

Posisi para perenang memberikan resistensi yang lebih kecil terhadap air pada saat berenang, daripada gaya lainnya, karena sebagian besar tubuh, termasuk kepala yang terendam di air.

Jenis renang ini merupakan yang tercepat, karena tarikan lengan bergantian dan tendangan kaki yang terus menerus menghasilkan dorongan secara terus menerus. Wajah para perenang menunjuk ke dasar air. Untuk bernapas, kepala tidak diangkat sepenuhnya dari air seperti pada gaya dada, tetapi diputar ke samping. Ini membuat tubuh tetap dalam orientasi horizontal.

Gaya kupu-kupu

Gaya renang ini adalah gerakan yang paling teknis, baik untuk koordinasi gerakan atau untuk pernapasan. Pada umumnya, gaya ini diperuntukkan bagi perenang lebih atletis; sangat melelahkan secara fisik! karena intensitas dan gaya yang dibutuhkan.

Jika berenang dengan benar, gaya kupu-kupu adalah gaya berenang tercepat kedua di permukaan, setelah gaya bebas. Gaya renang kupu-kupu umumnya dianggap gaya berenang yang paling spektakuler.

Gaya punggung (backstroke)

Setelah dikuasai, gaya ini memungkinkan relaksasi yang nyata. Ini membantu untuk melatih punggung dan sering direkomendasikan oleh fisioterapis (praktisi medis yang memiliki keahlian khusus dalam melakukan penanganan yang berhubungan dengan gangguan gerak dan fungsi tubuh).

Saat berenang dengan gaya punggung, tarikan lengan dilakukan secara bergantian, dimana lengan dicelupkan ke dalam air di atas kepala, dipandu di bawah air menuju tubuh searah kaki dan punggung di atas permukaan air. Untuk mencapai efisiensi setinggi mungkin, lengan tidak lurus, tetapi ditekuk di bawah air, karena Anda memiliki lebih banyak kekuatan di lengan yang ditekuk (disebut posisi siku ke depan).

Sebagai alternatif, tarikan lengan secara bergantian juga dapat diganti dengan menggerakkan tangan dan lengan bawah secara perlahan ke atas dan ke bawah. Lengan atas yang terentang di sisi tubuh. Pada kedua varian terdapat tendangan kaki, seperti pada renang gaya bebas, dari gerakan kaki naik turun secara bergantian dari pinggul. Tendangan yang kuat pada gaya punggung menstabilkan posisi di dalam air.

Apa Keterampilan Dasar Berenang?

Ada lima keterampilan yang penting untuk diketahui setiap perenang:

  • Teknik pernapasan
  • Berenang dengan wajah di dalam air
  • Bagaimana mengoordinasikan berbagai bagian tubuh selama gerakan
  • Gaya berenang/teknik renang
  • Menyelam

Bagaimana Cara Menjadi Perenang yang Baik?

Seperti halnya olahraga apa pun, cara terbaik untuk meningkatkan atau menjadi benar-benar hebat adalah dengan kerja keras dan banyak latihan. Les renang adalah tempat yang bagus untuk memulai, tanpa memandang usia atau tingkat keahlian. Dan yang paling penting, habiskan waktu sebanyak mungkin di dalam air!

Daftarlah ditempat berenang untuk mengikuti, mempelajari dan menguasai apa saja gaya renang yang ada. Tidak yakin harus mulai dari level mana? Berbicaralah kepada orang yang ahli atau guru les berenang, mereka dapat membantu Anda untuk mengetahuinya.


Sumber bacaan: Cleverly SmartStackSports PublicationsAll American SwimEnjoy Swimming

Sumber foto: Pixabay

By | 2021-09-04T13:59:18+07:00 September 3rd, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment