Erotomania | Delusi cinta bertepuk sebelah tangan (penyakit kejiwaan)

Erotomania Penyakit Kejiwaan

Erotomania, atau sindrom Clérambault, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kekasih imajiner. Untungnya sangat jarang, itu terutama mempengaruhi wanita. Bagaimana menjelaskan gairah patologis ini? Bisakah kita keluar darinya?

Ini adalah gairah patologis yang terutama mempengaruhi wanita, bahkan jika kasus erotomania juga ada pada pria. Bukan hanya keinginan untuk dicintai atau nymphomania, itu adalah keyakinan delusi yang terkait dengan salah menafsirkan tanda-tanda cinta.

Erotomania adalah bentuk gangguan delusi mental. Dalam penyakit mental ini, seseorang membayangkan bahwa orang lain jatuh cinta padanya, memendam perasaan romantis, atau terbuka untuk pemulihan hubungan romantis, padahal kenyataannya tidak demikian.

Dalam kebanyakan kasus, ini menyangkut seseorang dengan status sosial (er) tinggi (bos, bintang film, politisi, dokter, dll.). Baca juga: Penyakit Mental (Gangguan Jiwa) | Daftar Penyakit Gangguan Psikologis | Macam-Macam Jenis Penyakit Mental dan Contohnya

Kondisi ini secara tradisional disebut sebagai sindrom Clérambault, setelah psikiater Prancis Gaëtan Gatian de Clérambault (1872-1934).


Definisi Erotomania

Erotomania adalah gangguan psikologis delusi yang ditandai dengan keyakinan pada individu bahwa ia dicintai oleh orang lain. Dibutuhkan bentuk menghantui yang umumnya berfokus pada individu yang awalnya tidak dikenal, atau bahkan tokoh masyarakat. Keyakinan ini menghasilkan erotomaniak dengan bentuk pelecehan untuk memprovokasi pertemuan dan membuat orang lain mengakui perasaannya. Jika cinta fiktif ini tidak dinyatakan, orang erotomaniak dapat menyerah pada depresi, kemudian pada kebencian dan agresi. Gangguan ini terutama menyerang wanita.

Apa kebalikan dari erotomania?

Kebalikan ekstrim dari erotomania adalah paranoia, gangguan mental yang memanifestasikan dirinya dalam ketidakpercayaan yang berlebihan terhadap orang lain, interpretasi negatif dari kata sekecil apa pun, kecurigaan atau bahkan agresi. Orang paranoid merasa terus-menerus dianiaya, dia memiliki kesan bahwa dia sedang terluka hatinya.

Erotomania, gangguan psikiatri

Erotomania adalah patologi nyata dari tatanan psikiatri. Gangguan seksualitas ini menghasilkan keyakinan yang dalam, salah, tentang dicintai. Erotomaniak sering kali adalah seorang wanita. Adapun objek cinta bertepuk sebelah tangan, umumnya adalah makhluk yang fungsi sosial atau profesionalnya dianggap lebih tinggi oleh pikiran umum: seorang guru, dokter, pengacara atau bahkan tokoh masyarakat – politisi pada khususnya – atau selebriti – penulis terkenal, penyanyi modis …

Lebih dari sekedar kegilaan yang lewat dari seorang remaja untuk bintang favoritnya, yang potretnya dia pajang di dinding kamarnya, erotomania adalah penyakit mental yang nyata, yang konsekuensinya – yang diderita oleh erotomaniak tetapi juga orang yang dicintai. – tidak diabaikan.

Keadaan psikiatri saat ini tidak memungkinkan penyebab erotomania dideteksi dengan pasti. Gangguan seksualitas ini, seperti banyak gangguan lainnya, dapat dijelaskan oleh deprivasi emosional yang dialami selama masa kanak-kanak – setidaknya sebagian.


Penyebab

“Penyebab erotomania adalah narsistik tidak diakui oleh orang tua. Ini sangat rumit karena juga datang pertama dan terutama dari kepribadian orang tua. Ketika kita memiliki hubungan normal dengan mereka, mereka memeluk kita, ciuman, mereka tunjukkan minat kepada kami. Tetapi jika seorang wanita tidak pernah mendapat perhatian fisik atau emosional dari orang tuanya, dia akan menafsirkan perhatian sekecil apa pun sebagai hasrat seksual.

Hubungan platonis kemudian dibuat dan itu sangat menguntungkannya. Sangat sering, mereka adalah anak-anak dari keluarga beracun di mana mereka baru saja menerima minimal untuk bertahan hidup. Misalnya, orang tua adalah pecandu alkohol, tidak memenuhi tugas “. Bca juga: Cinta Platonis | Definisi Hubungan Platonis dan Apa Lawannya?


Gejala

Erotomaniak memiliki keyakinan delusi untuk dicintai oleh seseorang. Dia akan membayangkan bahwa semua gerak tubuh, kata-kata, suka di jejaring sosial, adalah bukti cinta yang dikirimkan orang lain kepadanya.

Dengan adanya banyak argumen, dia akan mencoba menunjukkan kepada orang-orang di sekitarnya bahwa dia menjalani kisah cinta yang indah.

Harapan, dendam, dendam: fase-fase episode erotomaniak

Sebuah ilusi delusi dicintai, erotomania mengikuti perkembangan dalam beberapa fase: harapan, dendam kemudian kebencian. Bagaimanapun, episode erotomaniak harus dipicu.

Pemicu delirium yang penuh gairah

Delirium yang penuh gairah dari erotomaniac harus berasal dari kata atau perilaku atas inisiatif orang yang menjadi objek cinta tak berbalas. Orang ini, tanpa sadar, menyapa erotomaniak sedemikian rupa sehingga yang terakhir menafsirkan kata-kata atau tindakan lawan bicaranya sebagai bukti cinta yang sangat kuat. Oleh karena itu, korbanlah yang, dalam pikiran erotomaniak, adalah asal mula kisah cinta ilusi. Dengan demikian terbujuk untuk dicintai, erotomaniac menerapkan sarana untuk mengabadikan tautan dan mengefektifkan kisah cinta fantasi, abadi dan sepihak, yang tentu saja berakhir dengan kegagalan dengan konsekuensi yang kurang lebih penting. .

Fase harapan dari episode erotomania

Untuk waktu yang lama, erotomania mendorong orang yang menderitanya untuk melipatgandakan upaya pertukaran asmara dengan orang yang dicintai. Mengirim surat, kehadiran yang mendesak di sisinya dalam kehidupan sehari-hari, tindakan cinta, erotomaniak melipatgandakan koneksi melalui perilaku yang dapat dengan cepat berasimilasi dengan pelecehan. Dengan tidak adanya kembali, erotomaniac menyimpan harapan dan menemukan penjelasan: korban lebih memilih untuk tetap berhati-hati tentang cintanya, itu adalah permainan erotis yang dia buat … Tapi setelah beberapa saat, waktu atau manifestasi kategoris dari yang dicintai satu mengarah ke dendam, tahap kedua dari siklus erotomania.

Dendam, perasaan yang merusak

Setelah fase dendam telah berlalu, di mana erotomaniac menyadari bahwa cinta tidak dibagi, dia merasakan kekecewaan mendalam yang membawanya ke kebencian. Dia marah dengan yang lain karena membuatnya percaya bahwa dia sedang jatuh cinta dan merasa perlu untuk membalas dendam. Perilakunya kemudian bisa berubah menjadi kekerasan: serangan fisik, ancaman atau bahkan kehancuran materi.


Uji test

“Tidak ada tes khusus untuk dilakukan tetapi diagnosisnya tidak sulit dibuat. Kami menyadari hal ini ketika pasien datang untuk berkonsultasi dan berbicara dengan kami. Dia menciptakan dunia untuk dirinya sendiri dan sebagian besar waktu, orang yang dia cintai melakukannya bahkan tidak mengetahuinya”!


Perawatan

“Perawatan terdiri dari mengajari pasien erotomaniak apa yang diwakili oleh harga diri, apa artinya dicintai, didengarkan, dan dipahami oleh orang tuanya”.

Solusi pengobatan erotomania

Erotomania merugikan orang yang terpengaruh olehnya, pada tingkat pribadi – depresi setelah fase dendam – dan dalam hal keadilan – tindakan penghapusan terhadapnya atau bahkan pemenjaraan jika terjadi serangan serius terhadapnya. .

Dalam kondisi ini, sangat mendesak untuk melakukan perawatan medis: solusi berdasarkan psikoterapi atau perawatan obat ada untuk membantu erotomania.


Bagaimana cara bereaksi terhadap erotomaniak?

Erotomania adalah gangguan seksual berisiko bagi orang yang menjadi objek cinta obsesif. Karena erotomania bersifat patologis, tidak ada gunanya mencoba mengatasinya sendiri. Korban, sebaliknya, harus berbicara dengan orang yang tepat dan mengelilingi dirinya dengan orang yang tepat.

Pada awalnya, dia dapat menggunakan keadilan, untuk melindungi dirinya dari ledakan kekerasan erotomaniak. Pada langkah kedua, adalah mungkin untuk mempertimbangkan untuk merujuk erotomaniak ke layanan kesehatan psikiatri yang kompeten.

Baca juga: Seperti Apa Psikopat Itu Sebenarnya?


Sejarah Erotomania

Referensi awal untuk kondisi ini dapat ditemukan dalam karya Hippocrates, Freud (1911), G.G. de Clérambault (1942), Erasistratus, Plutarch dan Galen. Dokter Paris, Bartholomy Pardoux (1545-1611) membahas topik nymphomania dan erotomania. Pada tahun 1623, erotomania dirujuk dalam sebuah risalah oleh Jacques Ferrand (Maladie d’amour ou Mélancolie érotique) dan telah disebut “erotic paranoia” dan “erotic self-referent delusion” sampai penggunaan umum istilah erotomania dan sindrom de Clérambault.

Pada tahun 1971 dan 1977, M.V. Seeman menyebut gangguan tersebut sebagai “sindrom kekasih hantu” dan “reaksi transferensi erotis psikotik dan cinta delusi”. Emil Kraepelin dan Bernard juga menulis tentang erotomania dan baru-baru ini, Winokur, Kendler, dan Munro telah berkontribusi pada pengetahuan tentang gangguan tersebut.

Baca juga: 10 Cara Menghadapi Seorang Psikopat

G. E. Berrios dan N. Kennedy menguraikan dalam ‘Erotomania: sejarah konseptual’ (2002) beberapa periode sejarah di mana definisi erotomania telah banyak berubah:

Zaman klasik – awal abad kedelapan belas: Penyakit umum yang disebabkan oleh cinta tak berbalas
Awal kedelapan belas-awal abad kesembilan belas: Praktek cinta fisik yang berlebihan (mirip dengan nymphomania atau satyriasis)
Awal abad kesembilan belas – awal abad kedua puluh: Cinta tak berbalas sebagai bentuk penyakit mental
Awal abad kedua puluh – sekarang: Keyakinan delusi “dicintai oleh orang lain”
Dalam satu kasus, erotomania dilaporkan pada pasien yang telah menjalani operasi untuk aneurisma serebral yang pecah (pembesaran permanen secara patologis dari penampang atau penonjolan arteri serebral berbentuk balon).


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Medical News TodayHealthlineScience DirectPrivate Therapy Clinic London

Sumber foto: Pixabay

By | 2021-09-19T16:30:25+07:00 September 4th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment