Badak (Rhinoceros ) | Jenis Cula 1 dan 2

Badak

Deskripsi Fisik: badak adalah mamalia herbivora dari keluarga Rhinocerotidae. Hewan itu memiliki panjang sekitar 4 meter dan tinggi 2 meter. Bobotnya bisa mencapai 3 ton. Menurut asal muasal kata tersebut, mereka adalah hewan yang memiliki cula (tanduk) di hidungnya. Mamalia besar memiliki, di ujung moncong, satu atau dua tanduk tergantung pada spesiesnya.

Selain itu, ùereka memiliki kaki yang pendek tapi besar. Kakinya memiliki tiga jari yang berujung cakar. Hewan ini diberkahi dengan kekuatan luar biasa karena massa ototnya yang besar: dapat berlari hingga 50 km / jam. Memiliki kulit tebal berwarna abu-abu atau coklat.

Lebih mahal dari emas
Culanyadikatakan dijual di pasar paralel dengan harga beberapa puluh ribu euro per kilo, atau lebih dari satu kilo emas. Tanduk utuh atau bubuk ditujukan untuk konsumen di Asia, khususnya di Vietnam dan China.

Daftar Jenis Spesies Badak

Hingga saat ini, hanya ada 5 jenis spesies yang berbeda.

Badak putih (Ceratotherium simum)

2 cula
Panjang: 4 m
Tinggi: 1,80 m
Berat: 1400 hingga 3500 kg

Badak hitam (Diceros bicornis)

2 cula
Panjang: 3,5 m
Hauteur: 1,60 m
Poids: 800 à 1500 kg

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)

2 cula
Panjang: 3 hingga 3,80 m
Tinggi: 1m hingga 1,50m
Berat: 800 hingga 2700 kg

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)

1 cula
Panjang: 2 hingga 4 m
Tinggi: 1,50 hingga 1,70 m
Berat: 900 hingga 2300 kg

Badak India (Rhinoceros unicornis)

1 tanduk
Panjang: 4 m
Tinggi: 1,75 hingga 2 m
Berat: 1400 hingga 3500 kg

Tempat hidupnya

Mereka terdapat di sebagian besar dunia, yaitu: di Afrika, Sumatera, Kalimantan, India, Vietnam, Nepal, dan juga Jawa. Lingkungan alaminya di atas segalanya adalah sabana. Ini adalah hewan yang umumnya soliter.

Makanan Badak

Badak, sebagai herbivora, merupakan hewan yang memakan daun, rerumputan, tumbuhan dan buah-buahan.

Reproduksi

Terlepas dari jenis kelamin, badak bersifat poligami dan poliandri, artinya mereka dapat hidup dengan banyak pasangan. Untuk kawin, jantan bisa melangkah lebih jauh dengan bertarung. Lalu, sebelum kawin sendiri, para sobat saling kejar dan bertengkar lagi.

Baca juga 👉 Monogami, Poligami, Poligini, Poliandri, Group Marriage – Penjelasan, Perbedaan dan Contoh

Untuk dapat melahirkan seekor badak kecil, badak betina memulai masa kehamilan 15 sampai 18 bulan. Yang muda dan ibunya tidak dapat dipisahkan selama dua tahun atau lebih.

Mereka biasanya hidup di sel isolasi atau sendirian, tetapi di sabana terkadang Anda dapat melihat kawanan kecil. Jika betina berahi, jantan bisa berkelahi. Pemenangnya merayu betina dengan cara yang aneh: ia menandai wilayahnya dengan urin dan kotorannya, memutar ekornya seperti kipas untuk menyebar ke area yang lebih luas. Selain itu, kedua pasangan saling mengejar dan berkelahi sebelum kawin.

Setelah masa kehamilan antara 15 dan 18 bulan, betina melahirkan satu bayi yang akan tinggal bersamanya selama dua tahun. Dia mengikuti ibunya seperti bayangannya. Dia kemudian sangat agresif dan bahkan membelanya dari anggota spesiesnya, tetapi ketika yang berikutnya lahir, dia mengusirnya.

Harapan hidupnya

Mereka bisa hidup 35 sampai 50 tahun tergantung spesiesnya.

Teriakannya

Seperti gajah, mereka membunyikan terompet: disebut terompet atau duri. Hewan itu juga bisa menggeram atau mengendus.

Tanda-tanda khusus badak

Ini adalah mamalia darat terbesar saat ini, setelah gajah. Dia tidak melihat dengan baik, tetapi pendengaran dan penciumannya sangat berkembang. Mereka tidur pada siang hari dan aktif pada malam hari.

Status pelestarian

Jika badak putih tidak terancam punah, badak hitam terancam punah. Sedangkan untuk jenis yang bercula satu di India, dianggap “Rentan”. Mereka saat ini sedang dalam fase reintroduksi di berbagai belahan dunia.

Sumber foto: Bernard Spragg. NZ / Flickr

Penjelasan foto: Badak putih atau yang berbibir persegi adalah spesies terbesar dan paling banyak yang ada. mereka ini memiliki mulut lebar yang digunakan untuk merumput dan merupakan spesies yang paling bisa bersosial.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-02-13T20:46:31+07:00 Februari 13th, 2021|IPA|0 Comments

Leave A Comment