Cara Kerja Mata Manusia

48 sec read

Cara Kerja Mata Manusia

Semua bagian mata berbeda cara kerjanya, tetapi mereka bekerja sama untuk membantu Anda melihat. Berikut cara kerja mata:

Pertama, cahaya melewati kornea (lapisan depan mata yang bening). Kornea berbentuk seperti kubah dan membelokkan cahaya untuk membantu fokus mata.

Sebagian cahaya ini masuk ke mata melalui lubang yang disebut pupil. Iris (bagian mata yang berwarna) mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke pupil.

Setiap mata menerima informasi dari setengah bidang visual. Dengan demikian, bagian tengah dari kedua bidang tumpang tindih, dan ini mengarah ke penglihatan binokular. Namun, perbedaan bagian periferal bidang penglihatan kiri dan kanan menimbulkan persepsi kedalaman atau penglihatan tiga dimensi. Ini membantu dalam mengukur jarak secara akurat dan memperkirakan kedalaman dan dimensi objek.

Selanjutnya, cahaya melewati lensa (bagian dalam mata yang jernih). Lensa bekerja sama dengan kornea untuk memfokuskan cahaya dengan benar pada retina.

Ketika cahaya mengenai retina (lapisan jaringan peka cahaya di bagian belakang mata), sel-sel khusus yang disebut fotoreseptor mengubah cahaya menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik ini berjalan dari retina melalui saraf optik ke otak. Kemudian otak mengubah sinyal menjadi gambar yang Anda lihat.

Mata Anda juga membutuhkan air mata untuk bekerja dengan benar.

Sumber bacaan: Look After Your Eyes

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *