Bulan Purnama Wolf Moon (Bulan Serigala)

Bulan Purnama Wolf Moon (Bulan serigala)

Seperti hampir semua julukan bulan purnama, julukan Wolf Moon diyakini berasal dari budaya Penduduk Asli Amerika, Bulan Purnama Wolf Moon yang diduga terinspirasi oleh serigala lapar yang melolong di luar desa dahulu kala, menurut Old Farmer’s Almanac.

Faktanya, ada beberapa nama lain untuk bulan purnama di bulan Januari, termasuk “bulan berburu beruang” dan bahkan “matahari tidak memiliki kekuatan untuk mencair”. Nama julukan tersebut tentu saja menggambarkan iklim serta berbagai aktivitas yang mungkin terjadi pada saat itu.

Adapun kapan harus melihat ke langit untuk kesempatan Anda melihat bulan serigala dengan segala kemuliaan, EarthSky menjelaskan:

Bagi kami di belahan bumi utara – di mana matahari melanjutkan busur rendahnya melintasi langit pada siang hari (meski semakin tinggi dari hari ke hari) – bulan purnama di bulan Januari naik tinggi di langit. Ini meniru jalur matahari musim panas. Jika Anda berada di belahan bumi ini, perhatikan bulan purnama di bulan Januari, terutama sekitar tengah malam (tengah antara matahari terbenam dan matahari terbit setempat). Ini akan menjadi seperti matahari musim panas di tengah hari. Di utara Lingkaran Arktik, bulan purnama ini berhenti 24 jam sehari, seperti matahari tengah malam musim panas.

Jadi, jika Anda tidak punya kegiatan lain malam ini, mungkin ada baiknya untuk tetap terjaga dan melihat bulan purnama pertama tahun 2021. Pemandangan itu pasti indah dan, selama cuacanya baik. , Anda pasti akan senang telah melakukannya. Jika Anda mendengar teriakan, kembali ke dalam.

Gerhana penumbra

Gerhana yang disebut “Wolf Moon” ini akan menjadi yang pertama dari empat yang direncanakan pada tahun 2020. Fenomena ini akan berlangsung selama total 4 jam, dan penduduk Eropa, Afrika, Asia, Alaska, dan Australia dapat berharap untuk menghadiri ini. tontonan langka.

Keunikan gerhana bulan ini adalah merupakan gerhana penumbral. Yang terakhir terjadi ketika Bulan melintasi penumbra Bumi. Ini menghalangi sinar matahari dan menyebabkan bayangan Bumi muncul di permukaan Bulan. Tidak seperti gerhana bulan lainnya, gerhana penumbra merupakan peristiwa yang sangat sulit untuk diamati.

Di mana saya bisa melihat Bulan Purnama Wolf Moon?

Bulan purnama Januari 2021, yang disebut Bulan Serigala, akan terjadi pada Kamis, Januari. 28, pada 14:16 EST (1916 GMT) menurut NASA. Bulan akan berada di konstelasi Cancer, dan terbit hanya beberapa menit sebelum matahari terbenam.

Bulan purnama terjadi ketika bulan berada tepat di seberang Bumi dari matahari, sehingga seluruh sisi yang menghadap Bumi diterangi. Kebetulan periode rotasi bulan sama dengan periode orbitnya, jadi kita selalu melihat sisi yang sama dari satelit kita. (Hal ini menimbulkan kesalahan nama lain, “sisi gelap” bulan. Kedua sisi bulan mendapatkan jumlah cahaya yang sama, sisi jauh bulan adalah sisi yang kebetulan tidak kita lihat dari Bumi).

Kapan saya bisa melihat Bulan Purnama Wolf Moon?

Waktu bulan purnama sama di mana-mana – meskipun jamnya bergantung pada zona waktu Anda. Itu karena bulan ditentukan oleh posisi bulan relatif terhadap Bumi, bukan posisi semu di langit, yang sedikit berbeda bergantung pada lokasi Anda. Jadi, meskipun bulan secara resmi purnama pada pukul 14:16 di New York, itu akan menjadi pukul 6:16 pada Januari. 29 di Melbourne. Untuk menangkap momen sebenarnya dari bulan purnama saat berada di atas cakrawala, orang harus berada di timur Kota New York – di London, misalnya, bulan purnama pada pukul 19:16, setelah matahari terbenam pada pukul 4:43 pm Demikian pula di Paris, bulan purnama akan terjadi nanti, pada jam 8:16 malam.

Sumber bacaan: Space

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-29T15:19:44+07:00 Januari 29th, 2021|IPA|0 Comments

Leave A Comment