fbpx

10 Cara Menjadi Disiplin Untuk Mencapai Sebuah Tujuan Atau Target

Cara Mendisiplinkan Diri Untuk Mencapai Sebuah Tujuan Atau Target / Cara Menjadi Disiplin

Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk yang ingin diberhentikan atau tujuan yang ingin Anda capai, perbedaan antara kegagalan dan kesuksesan sering kali berawal dari disiplin diri. Cara menjadi disipiln bukan hal yang diperoleh secara instan & memiliki faktor keberuntungan saja.Ini adalah soal perencanaan, mengambil tindakan dan meminta bantuan. Cari tahu apa yang sesuai untuk Anda dan Anda akan menjadi lebih disiplin yang pada akhirnya akan meraih goal (tujuan) Anda sendiri.

Jika Anda telah berjanji pada diri Anda untuk berolahraga setiap hari atau Anda akan berhenti mengkonsumsi gula atau Anda akan berlari maraton pada akhir tahun dan Anda akan mengantongi promosi di tempat kerja. Tapi pada hari pertama Anda menemukan diri Anda sudah berjuang & bersusah apayah. Bagaimana Anda bisa meningkatkan tingkat disiplin diri Anda dan mencapai tujuan Anda?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemauan dalam hidup Anda, dari situasi ekonomi Anda sampai pada hal yang mudah seperti apa yang Anda makan untuk sarapan pagi. Sementara beberapa penyebab ada di tangan Anda, ada banyak langkah terbukti yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kedisiplinan Anda.

 

10 Cara Menjadi Disiplin Untuk Mencapai Sebuah Tujuan Atau Target

Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Pastinya dengan disiplin diri, Anda dapat terapkan  di sekolah, tempat kerja di rumah dan dimana saja yang Anda perlukan.

 

1. Tuliskan Alasan Anda Untuk Mendirikan Disiplin Diri Dan Buatlah Komitmen

Mengapa Anda harus menjadi lebih disiplin? apa gunanya?

Afirmasi / pengesahan / tegasan akan memperkuat kontrol diri dengan berfokus pada nilai yang lebih tinggi daripada dorongan langsung yang tidak konstan atau tidak langgeng. Sehingga disiplin yang sudah kita bentuk tidak goyah ataupun lepas begitu saja jikalau ada masalah besar yang menghampiri. Tujuan ini harus spesifik, tidak bisa seperti hanya berkata “saya ingin sukses”atau “saya ingin pintar” atau “saya ingin kaya”.

Buat tujuan yang lebih jelas dan detail, seperti “saya ingin membuat toko online menjual baju yang dapat menghasilkan 20 item per hari dengan profit rata-rata Rp. 350 ribu per hari”. [1]

 

2. Hindari Sikap Perfeksionis Yang Berlebihan

Belajar menghindari kesempurnaan akan membantu Anda dalam membagi waktu.

Bergumul tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan terutama untuk hal-hal sepele / tidak seberapa penting dan tidak penting akan sangat membuang waktu Anda.

Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan. Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.

Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat seharian beraktivitas. Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari kebiasaan yang melelahkan. [2]

Jika perfeksionis dipicu dengan cara terus menerus dapat membuat perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga.

 

3. Lakukan Sekarang Dan Cobalah Untuk Tidak Menunda-Nunda

Action, action and action!

Buatlah daftar apa saja yang ingin anda capai dan cobalah untuk mengambil tindakan segera. Tetapkan tenggat waktu dan buatlah janji pada diri anda sendiri bahwa Anda akan melakukan rencana-rencana Anda itu sampai Anda benar-benar menyelesaikannya. Cobalah untuk tidak menunda-nunda.

Menunda-nunda hanya akan melemahkan Anda dan menghalangi Anda untuk menjadi orang yang berdisiplin. Ketika Anda mencapai tujuan-tujuan kecil, maka hal itu akan memperkuat batin Anda untuk menetapkan tujuan-tujuan lebih banyak lagi dan mencapainya. Efek kumulatifnya adalah bahwa Anda akan meningkatkan kekuatan pikiran Anda yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan yang lebih besar dan mencapainya. [3]

Waktu tidak dapat diputar kembali!

Rumus Motivasi = Sistem + Disiplin + Bertindak

 

4. Bersikap Tegas, Fokus & Buat Rencana Cadangan Yang Jelas

Contohnya, setiap hari Senin  Anda dapat membuat pengaturan pertemuan, tanggal atau acara untuk menandai awal dari rejimen yang baru dapat membuat Anda lebih mungkin untuk menindaklanjuti tujuan Anda.

Para peneliti menemukan bahwa pengaturan pertemuan, tanggal atau acara untuk menandai awal dari rejimen yang baru dapat membuat Anda lebih mungkin untuk menindaklanjuti tujuan Anda.

Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga, contohnya, mengisi ulang baterai handphone, membeli isi pulsa telepon, antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda dan masih banyak lagi.

Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal ini untuk solusi alteratif kedua hal ini. [4]


5. Visualisasikan Bagaimana Anda Akan Mendapatkan Manfaat dari Usaha Anda Sendiri

Studi telah menunjukkan bahwa kemauan Anda akan bertahan lebih lama, jika Anda memotivasi diri Anda dengan efek positif dari pengendalian atau kedisiplinan diri Anda.

Misalnya, catatan post-it di cermin kamar mandi Anda dapat membantu mengingatkan Anda akan tujuan akhir Anda.

Gariskan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda dan ambil tindakan segera. Proses visualisasi akan membantu Anda untuk menjaga momentum bahkan ketika Anda terganggu dengan keinginan-keinginan yang tidak penting.

Tandai kemajuanmu pada kalender di kamar mandi Anda, di spreadsheet di komputer Anda, di atas meja sarapan Anda; periksalah setiap hari apa saja yang harus Anda lakukan untuk sukses dalam mendirikan disiplin diri. Jika Anda lupa atau melanggar rutinitas, mulailah dari awal! [5]

Keuntungan dengan cara visualisasi, Anda dapat mempercepat progres untuk menjadi disiplin. Karena hal yang dapat dilihat dapat lebih cepat dimengerti dan dihafal.


6. Hidup Sehat & Siapkan Rencana Apa Yang Akan Anda Katakan Dan Lakukan Jika Godaan Timbul

Mencoba untuk tidur nyenyak selama 8 jam akan membantu otak, konsumsi makanan sehat dan berolah raga adalah salah satu kunci kesuksesan dalam cara menjadi disiplin. [6]

Ini adalah teknik yang telah terbukti yang diambil dari strategi pengaturan diri. Misalnya, jika seseorang menawari saya makanan penutup, maka saya akan meminta buah. [6]


7. Belajarlah Untuk Menolak Kepuasan Instan

Praktikkan kebiasaan untuk menolak beberapa keinginan Anda yang menyenangkan. Jika Anda suka menonton televisi tanpa henti, batasi berapa jam Anda akan menghabiskan di depan layar TV, hal ini dapat dicapai ebih cepat dengan menetapkan batas waktu.

Hindarkan diri dari kebiasaan yang menurunkan tekad Anda untuk berdisiplin, misalnya seperti banyak minum alkohol. Tolak lah kesenangan sesaat dan paksakan diri anda untuk melakukan apa yang penting saat ini. Sebelum mengambil tindakan, pikirkan terlebih dulu. Pikirkan tentang efek jangka panjang dari tindakan Anda. [7]


8. Dapatkan Seseorang Untuk Melatih Anda & Kelilingi Diri Anda dengan Orang Yang Disiplin Diri

Dapatkan seseorang untuk memantau kemajuan Anda. Hal itu bisa berupa seorang teman dari seorang coach terlatih. Manfaat memiliki seorang pelatih sangatlah banyak. Seorang pelatih akan menunjukkan di mana titik kesalahan Anda dan akan menempatkan Anda pada jalur yang benar. Artinya, dengan begitu tingkat pertumbuhan Anda menjadi lebih cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak disiplin ingin memperbaiki ketertarikan terhadap orang-orang yang memiliki kontrol diri lebih baik. Jadi Anda dapat membuat kelompok pendukung yang baik dan efektif dengan cara membuat pertemuan seminggu sekali. [8]


9. Perhitungkan Setiap Hari & Timbang Semua Pilihan Anda Sebelum Membuat Keputusan

Upayakan untuk berlatih disiplin-diri dalam hal-hal kecil setiap hari. Contohnya, bangun pagi-pagi pada jam 05:30 untuk belajar selama minimal 15 menit sebelum Anda berolah raga selama 15 menit berikutnya. Jika Anda melewatkan satu hari saja, maka tingkat kedisplinan Anda akan turun dan hal ini pada ahirnya akan melemahkan tekad Anda.

Psikologi menyatakan bahwa membuat keputusan instan dapat menghasilkan pilihan yang lebih buruk. [9] [10]


10. Pastikan Disiplin Diri Untuk Anda Sendiri Bukan Untuk Orang Lain. Siapkan, Rawat, Jaga Dan Ulangi

Studi menunjukkan kemauan Anda akan terkuras saat Anda mencoba untuk menyenangkan orang lain daripada memfokuskan tujuan Anda sendiri.

Dengan bertindak, kita bisa mengukur seberapa jauh perjalanan yang telah ditempuh. Dengan tindakan semua akan terlihat lebih jelas dan dengan mudah bagi kita bisa menyusun rencana untuk melakukan tindakan dengan lebih baik. Yang perlu Anda ingat adalah terus melakukan kebiasaan ini secara konsisiten, rawat dan ulangi secara terus menerus.

Anda akan sampai pada satu titik, di mana Anda tidak membutuhkan perhatian, fokus, dan energi yang besar untuk melakukan kebiasaan baru tersebut. disiplin diri terbentuk melalui serangkaian proses, membutuhkan waktu dan upaya. Ia tidak bisa dibangun dalam sekejap mata. [11]

Selamat mencoba. Jangan pernah menyerah, jika gagal, ulangi kembali!

 

Cara menjadi disiplin

 

Definisi Disiplin

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.


Bacaan Lainnya Yang Penting

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Psychology TodayMichigan Psychological Association

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T23:14:18+07:00 Mei 17th, 2017|Top 10|0 Comments

Leave A Comment