Contoh Surat Klaim Asuransi | Asuransi mobil, rumah, pro multi-risiko, kesehatan dll.

Surat Klaim Asuransi: bagaimana cara kerjanya?

Seringkali perusahaan asuransi Anda menolak kompensasi atau penundaan dalam memberikannya kepada Anda. Ini belum tentu pertanyaan tentang niat buruk di pihaknya, itu mungkin hanya pertanyaan, misalnya, kesalahpahaman tentang kejadian atau kesalahan. Baca juga contoh surat klaim asuransi mobil, rumah, pro multi-risiko, kesehatan, dll

Surat pengaduan campur dalam situasi ini untuk meminta firma asuransi meninjau posisinya dengan mempertimbangkan elemen-elemen yang Anda bawa melalui surat. Ini juga membantu memformalkan ketidaksepakatan Anda.

Sebelum menulis surat Anda, periksa kontrak Anda (kondisi umum dan kondisi khusus) dengan hati-hati untuk memastikan bahwa penolakan tertanggung tidak berdasar dan bahwa Anda bukan kasus pengecualian.

Dalam surat tersebut, Anda harus membuktikan bahwa Anda telah mengikuti prosedur, tenggat waktu untuk menyatakan klaim dan khususnya bahwa kerusakan tersebut tidak disengaja (kasus pengecualian).

Kirim email Anda dan juga melalui melalui kirim surat tercatat dan terdaftar, dengan tanda terima. Ini akan menjadi bukti jika terjadi perselisihan dengan perusahaan asuransi dan jangan menunda terlalu lama.

Apa yang harus Anda lakukan jika pihak asuransi tidak mau membayar klaim Anda?

Jika setelah Anda mengirim email dan surat resmi tercatat (dengan tanda terima), akan tetapi tidak ada balasan dari pihak perusahaan asuransi, maka Anda dapat melakukan lewat:

Gunakan jalur hukum

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu yang dapat anda lakukan adalah mengajukan gugatan perdata kepada pihak Perusahaan Asuransi.

Namun, sebelum mengajukan gugatan perdata, anda harus mengajukan somasi terlebih dahulu. Bila somasi tidak dihiraukan oleh pihak asuransi, maka barulah anda dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri.

Namun, beberapa dari anda mungkin malas untuk mengirimkan somasi, terlibat dalam gugat menggugat, apalagi sampai harus bolak-balik ke Pengadilan Negeri, maka Anda dapat hubungi lawyer (pengacara) Anda.

Gunakan arbitrase atau mediator asuransi Indonesia

Terdapat juga lembaga yang dapat bertindak untuk menyelesaikan sengketa antara Pemegang Polis (Anda) dan Perusahaan Asuransi. Lembaga ini dikenal dengan nama Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI).

BMAI adalah sebuah badan hukum berbentuk Perhimpunan yang melakukan kegiatan dibidang sosial didirikan oleh Asosiasi-asosiasi Usaha Perasuransian di Indonesia yaitu : Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), dan Asosiasi Asuransi Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI).

Website resmi BMAI: www.bmai.or.id


Contoh Surat Klaim Asuransi

Surat ini dapat disesuaikan untuk semua jenis kontrak: asuransi mobil, asuransi rumah, pro multi-risiko dll.

Contoh surat klaim asuransi – penolakan kompensasi dari perusahaan asuransi

Nama lengkap Anda
Alamat:
Kode Pos / Kota:

Nama asuransi
Alamat asuransi
Kode pos / Kota asuransi

(Kota) pada (Tanggal).

Perihal: Keluhan (sebutkan subjek keluhan ini)

Kepada Yang Terhormat,

Setelah klaim n ° (sebutkan nomor klaim), saya telah menerima keputusan Anda yang memberi tahu saya tentang penolakan kompensasi Anda.

Diasuransikan berdasarkan kontrak n ° (sebutkan nomor pertanggungan Anda), dan sesuai dengan ketentuan kontrak, saya tetap harus mendapatkan penggantian rugi dari pertanggungan layanan Anda atas kerusakan yang saya diderita.

Oleh karena itu, saya meminta Anda untuk mengoreksi keputusan Anda, untuk melanjutkan ke kompensasi yang menjadi hak saya, dan ini secepat mungkin.

Hormat saya,

Nama lengkap Anda
Tanda tangan

Contoh Surat Klaim perusahaan Asuransi yang tidak mau membayar klaim

Nama lengkap (Anda):
Alamat:
Kota, Kode Pos:
No. Telp.:

Nama perusahaan asuransi atau manajer
Alamat lengkap.

Jakarta, Tanggal 10/4/2021

Surat terdaftar dengan tanda terima

Perihal: Keluhan (sebutkan di sini subjek keluhan Anda dan sifat kontrak yang bersangkutan)

Kepada Yang Terhormat,

Mengikuti nomor klaim (sebutkan nomor klaim), saya telah mencatat keputusan Anda yang memberi tahu saya tentang penolakan Anda untuk memberi saya kompensasi.

Diasuransikan di bawah kontrak no. (Sebutkan nomor kontrak Anda), dan sesuai dengan ketentuan khusus kontrak saya, saya harus mendapatkan penggantian dari kerusakan…

Karenanya, saya meminta Anda untuk mengubah keputusan Anda, dan melanjutkan ke kompensasi yang menjadi hak saya, dan ini dalam waktu yang wajar.

Saya tetap siap membantu Anda untuk menyediakan elemen apa pun yang Anda anggap perlu.

Hormat saya,

Nama lengkap Anda
Tanda tangan

Baca juga: Contoh Surat Penting | Penggunaan Kehidupan Sehari-hari dan Bisnis

Contoh surat klaim asuransi (penolakan jaminan klaim)

Perihal: Kontestasi penolakan jaminan klaim

Kepada Yang Terhormat,

Dengan surat tercatat tertanggal [tanggal], saya mengirimkan pernyataan klaim kepada Anda tentang [sebutkan jenis klaim: kebakaran, kerusakan air, pencurian, dll.].

Meskipun kerugian ini ditanggung oleh nomor kontrak asuransi rumah / mobil multi-risiko saya [nomor], Anda menolak untuk menutupinya dengan alasan bahwa pernyataan tersebut tiba di luar tenggat waktu kontrak.

Kasus 1: Penolakan yang tidak berdasar

Saya mengingatkan Anda bahwa, pihak tertanggung dapat melakukan pengaduan atas penolakan klaim yang terjadi kepada OJK dan dibantu oleh OJK. OJK telah mengeluarkan POJK No: 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan yang secara khusus dibuat untuk melindungi konsumen yang merasa dirugikan oleh perusahaan asuransi. Apabila penolakan asuransi atas kelalaian pihak asuransi maka sanksi hukumnya berupa peringatan tertulis, pembatasan kegiatan usaha, dan pencabutan izin usaha sebagaimana yang terdapat dalam pasal 77 ayat (1) POJK No 69/Pojk.05/2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah, sedangkan apabila penolakan asuransi atas kelalaian pihak tertanggung maka akibat hukumnya perusahaan asuransi dapat melakukan penuntutan pihak tertanggung tersebut.

Karena Anda belum memberikan alasan penolakan Anda, saya akan berterima kasih jika Anda dapat mengambil alih klaim saya.

Kasus 2: Deklarasi tepat waktu

Namun, seperti yang akan Anda lihat pada tanda terima terlampir, saya telah menyatakan klaim pada hari kerja ke-2 setelah ditemukannya klaim sebagaimana. Oleh karena itu, saya meminta Anda untuk melanjutkan ke kompensasi yang menjadi hak saya.

Kasus 3: Keadaan Kahar (force majeure)

Ketentuan mengenai force majeure diatur dalam pasal 1244 KUHPerdata dan pasal 1245 KUHPerdata. Berikut adalah kutipannya:

Pasal 1244
“Jika ada alasan untuk itu, si berutang harus dihukum mengganti biaya, rugi, dan bunga apabila ia tak dapat membuktikan, bahwa hal tidak atau tidak pada waktu yang tepat dilaksanakannya perikatan itu, disebabkan suatu hal yang tak terduga, pun tak dapat dipertanggungjawabkan padanya, kesemuanya itu pun jika itikad buruk tidaklah ada pada pihaknya.”

Pasal 1245
“Tidak ada penggantian biaya, kerugian, dan bunga, bila karena keadaan memaksa atau karena hal yang terjadi secara kebetulan, debitur terhalang untuk memberikan atau berbuat sesuatu yang diwajibkan, atau melakukan suatu perbuatan yang terlarang baginya“.

Dalam ketentuan ini, ada 5 hal yang menyebabkan debitur tidak dapat melakukan penggantian biaya, kerugian, dan bunga, yakni:

Terjadi suatu peristiwa yang tidak terduga (tidak termasuk dalam asumsi dasar dalam pembuatan kontrak)
Peristiwa yang terjadi tidak dapat dipertanggungjawabkan pada pihak debitur
Peristiwa yang terjadi di luar kesalahan pihak debitur
Peristiwa yang terjadi di luar kesalahan para pihak yang terkait
Tidak ada itikad yang buruk dari pihak debitur

Terima kasih atas perhatiannya dan saya tunggu jawaban dari Anda.

Hormat saya,

Nama

Salinan: Mediator asuransi

Contoh surat keluhan kepada perusahaan asuransi jika terjadi perselisihan yang berkepanjangan

Alamat Anda
Nomor telepon Anda
Alamat email anda

Nama perusahaan asuransi
Layanan konsumen
Alamatnya

Kota, Tanggal

Referensi: Kontrak asuransi n°….

Perihal: Keluhan

Kepada Yang Terhormat,

Saya memiliki perselisihan dengan perusahaan asuransi Anda tentang …… (jelaskan perselisihan tersebut dengan tepat).

Memang, perusahaan Anda menentang argumen berikut kepada saya …… ​​(jelaskan secara singkat). Namun, bagi saya, saya menganggap itu …… (sebutkan secara singkat sudut pandang Anda).

Oleh karena itu saya meminta Anda untuk campur tangan dengan departemen terkait, sehingga kita dapat menemukan titik temu dan menyelesaikan perselisihan ini secara damai. Jika tidak, saya berkewajiban untuk merujuk masalah tersebut ke mediator asuransi atau pengadilan.

Hormat saya,

Nama lengkap Anda
Tanda tangan

Surat kontestasi jumlah kompensasi untuk asuransi rumah

Perihal: kontestasi kompensasi yang diusulkan

Kepada Yang Terhormat,

Saya menghubungi Anda, setelah surat [tanggal] Anda memberi tahu saya tentang keinginan Anda untuk memberi saya kompensasi hingga [jumlah] untuk insiden [tanggal atau nomor file insiden].

Saya tidak setuju dengan jumlah ini, yang menurut saya tidak sesuai dengan jaminan yang telah saya ambil.

[ditambahkan jika perlu] Memang, menurut artikel [nomor artikel] kondisi umum Anda, saya dapat mengklaim kompensasi yang lebih tinggi.

Saya memperkirakan kerusakan yang diderita pada [jumlah] dan meminta Anda dengan hormat untuk melanjutkan ke kompensasi yang dapat saya klaim.

Saya tetap siap membantu Anda untuk menyediakan elemen apa pun yang Anda anggap perlu.

Hormat saya,

Nama lengkap Anda
Tanda tangan


Statuta Dasar Keterbatasan Hukum

Hukum negara menetapkan undang-undang pembatasan, atau SOL, pada pengajuan tuntutan hukum yang timbul dari kecelakaan mobil, pelanggaran kontrak, malpraktek medis, cedera pribadi dan penyebab tindakan lainnya. SOL bervariasi sesuai dengan jenis klaim; di California, misalnya, Anda memiliki dua tahun untuk kasus cedera pribadi dan tiga tahun untuk kerusakan properti. Tujuan dari undang-undang ini adalah untuk melindungi terdakwa yang mungkin mengalami kesulitan dalam mengumpulkan bukti dan saksi untuk membantah klaim asuransi yang sudah “basi”.

Mulai dan Akhiri Tanggal
Jam undang-undang pembatasan mulai berjalan pada tanggal penyebab tindakan. Ini adalah tanggal yang mudah untuk dihitung dalam kasus cedera pribadi dan kecelakaan mobil tetapi tidak semudah dalam klaim malpraktek medis. Untuk klaim dengan itikad buruk terhadap perusahaan asuransi, undang-undang ini diperpanjang. SOL dicentang sejak tanggal perusahaan asuransi memberi tahu Anda secara salah bahwa pertanggungan tidak ada atau bertindak dengan itikad buruk untuk menghindari pembayaran yang sah.

Batas Kontrak
Kontrak asuransi juga dapat menetapkan batasnya sendiri pada jumlah waktu Anda harus mengajukan klaim. Misalnya, kontrak asuransi kebakaran bisnis mungkin mengharuskan Anda untuk mengajukan klaim kerusakan dalam waktu satu tahun sejak tanggal kerusakan terjadi. Klausa seperti itu mungkin tidak dapat ditegakkan jika lebih pendek dari SOL yang ditetapkan oleh hukum negara untuk penyebab tindakan yang sama. Di Texas, misalnya, perjanjian apa pun yang menetapkan batas waktu lebih pendek dari dua tahun untuk pelanggaran gugatan kontrak – batas hukum negara bagian – tidak dapat ditegakkan.

Periksa Dua Kali
Jika ada keraguan tentang undang-undang pembatasan yang berlaku untuk klaim Anda, konsultasikan dengan perusahaan asuransi Anda atau pengacara Anda. Jika ada batas kontrak, itu harus dijabarkan secara eksplisit dalam kontrak asuransi yang Anda tandatangani. Dalam kasus klaim pertanggungjawaban terhadap orang lain, seperti untuk kecelakaan mobil, hukum negara akan berlaku. Karena Anda bukan pihak dalam kontrak, asuransi pengemudi lain tidak akan dapat mempersingkat waktu Anda untuk mengajukan klaim.


Contoh Surat Penting Lainnya: Penggunaan Kehidupan Sehari-hari dan Bisnis, Perusahaan, Organisasi, Pribadi, Umum, dll

Klik disini untuk membaca contoh surat penting seperti: Contoh Surat Pernyataan Bersalah – Surat Pernyataan Siap Menerima Sanksi, Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Contoh Surat Pendirian Yayasan – Contoh Perjanjian dan Akta Notaris, Contoh Surat Lamaran Kerja – Penjelasan dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan, dll.


Sumber bacaan: Cleverly Smart, OJK (pdf), Free Advice

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-11T04:41:59+07:00 April 10th, 2021|Business Marketing, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment