Contoh Surat Penting – Penggunaan Kehidupan Sehari-hari dan Bisnis

Contoh Surat Penting

Berikut adalah contoh surat penting yang mungkin Anda dapat gunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam perbisnisan Anda.

Apakah Anda perlu menulis surat untuk tujuan bisnis, profesional, atau pekerjaan? Isi dan format surat yang Anda tulis akan tergantung pada keadaan. Anda mungkin perlu menulis surat atau pesan email untuk melamar pekerjaan atau menghubungi klien. Atau mungkin Anda perlu mengirim surat penghargaan, pengumuman bisnis, atau surat pengunduran diri atau pensiun.

Terlepas dari alasan Anda menulis, penting untuk mengirim atau mengirim email korespondensi yang ditulis dengan baik yang mengoreksi dan mengedit dengan hati-hati.

Tips menulis dan contoh surat penting

Tidak yakin apa yang harus ditulis atau bagaimana memulainya? Lihat daftar jenis huruf, serta contoh masing-masing. Juga tinjau daftar elemen untuk dimasukkan dalam surat bisnis, pribadi atau email apa pun.

  • Singkat, padat, berstruktur dan jelas.
  • Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mempersonalisasikan surat atau pesan email Anda, jadi itu mencerminkan alasan spesifik mengapa Anda menulis.
  • Surat Anda tidak boleh lebih dari satu halaman. Jika ini email, seharusnya lebih pendek.
  • Gunakan sampel atau contoh surat penting ini sebagai titik awal untuk surat Anda sendiri, kemudian sesuaikan surat Anda sehingga sesuai dengan keadaan dan alasan pribadi dan profesional Anda untuk menulis.
  • Selalu baca sekali lagi, agar tidak ada kata-kata yang salah.

Apa yang harus dimasukkan dalam Surat Bisnis, Pribadi atau Email – Contoh Surat Penting

Dalam beberapa kasus, apa yang Anda sertakan, bagaimana Anda menulis korespondensi, dan format surat akan bervariasi. Namun, surat profesional dasar akan mencakup yang berikut:

Baris subjek

Jika Anda mengirim email, sertakan baris subjek yang jelas yang secara ringkas menjelaskan tujuan email Anda. Misalnya, mungkin berbunyi, “Subjek: Selamat atas Promosi Anda.”

Informasi kontak

Sertakan semua informasi kontak Anda – nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Dengan begitu, mudah bagi orang yang Anda hubungi untuk merespons Anda. Dalam sebuah surat, Anda akan memasukkan informasi ini di bagian atas halaman (Anda kemudian akan mengikuti informasi ini dengan tanggal, dan informasi kontak dari orang yang Anda tulis). Dalam sebuah email, Anda akan memasukkan informasi ini dalam tanda tangan email Anda, di bawah nama Anda.

Salam

Sertakan salam di awal surat Anda. Pastikan Anda menggunakan nama dan judul yang sesuai untuk orang tersebut.

Pengantar singkat

Setelah memberi salam, sertakan pengantar singkat. Ini mungkin termasuk singkat, “Saya harap Anda baik-baik saja,” atau ungkapan pengantar ramah lainnya. Kemudian, selami menjelaskan mengapa Anda menulis.

Tujuan utama surat Anda

Bagian utama surat Anda akan fokus pada alasan Anda menulis. Saat menulis surat, singkatlah. Dua atau tiga paragraf banyak.

Jika Anda memiliki informasi tambahan untuk dibagikan dengan pembaca, tawarkan untuk membahasnya saat panggilan berlangsung atau berikan lampiran dengan detailnya.

Penutup

Akhiri surat Anda dengan penutupan profesional yang menyampaikan terima kasih dan rasa hormat Anda. Penutupan seperti “Hormat,” “Terbaik,” dan “Salam” berfungsi dengan baik.

Tanda tangan

Jika Anda mengirimkan salinan surat itu, sertakan tanda tangan Anda di atas nama yang Anda ketikkan. Jika Anda mengirim email surat, cukup masukkan nama yang Anda ketik.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah untuk menjual barang dan jasa Anda secara gratis 100% di tokoPINTER.com: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Fluentu, Daily Writing TipsThe Balance Careers

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-03-07T12:55:50+07:00 November 10th, 2019|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment