Hari Anjing Sedunia (World Dog Day) Kapan? Apa Gunanya?

Hari Anjing Sedunia (International Dog Day)

Hari Anjing Sedunia, yang jatuh pada tanggal 26 Agustus, tercermin dalam banyak hal di seluruh dunia. Perayaan tahunan ini pertama-tama bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada seekor hewan yang – melalui banyak kualitasnya – mengukir tempat khusus bagi dirinya sendiri di antara umat manusia selama ribuan tahun. Tanggal ini juga bertujuan untuk menginformasikan dan bertindak demi satu-satunya anjing yang datang ke rumah kita.

Baca juga: Hari Kucing Sedunia (World Cat Day) Kapan? Apa gunanya?

Hari Anjing Internasional: 26 Agustus

Hari Anjing Internasional diadakan pada tanggal 26 Agustus setiap tahun. Perayaan dimulai oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) dengan tujuan untuk merawat dan melindungi hak-hak sahabat manusia. Hari itu berasal dari Hari Anjing Nasional, yang dirayakan di Amerika Serikat sejak 2004.

Organisasi ini bekerja setiap hari untuk meningkatkan kondisi kehidupan anjing di seluruh dunia dengan memberikan dukungan untuk semua jenis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan kepada anjing kesayangan kita.

Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan: apa itu?

Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) didirikan di Kanada pada tahun 1969 oleh aktivis kelahiran Welsh Brian Davies. Organisasi nirlaba global ini memiliki status konsultatif khusus dengan Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dari anjing laut dan gajah hingga koala dan anjing, organisasi tersebut mengambil tindakan untuk menyelamatkan hewan yang terancam punah di planet ini. IFAW hadir di lebih dari empat puluh negara. Kantor pusat internasionalnya berada di Washington DC di Amerika Serikat dan perwakilan Prancisnya di Reims.

Apa itu Hari Anjing Internasional?

Hari Anjing Internasional diprakarsai oleh IFAW untuk mendorong pemilik dan penggemar anjing untuk merayakan dan memanjakan mereka. Organisasi ini bekerja setiap hari untuk meningkatkan kondisi kehidupan anjing di seluruh dunia dengan mendukung semua proyek yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan kepada mereka. Pada tanggal 26 Agustus, inisiatif yang dilakukan di tingkat internasional bermaksud untuk memberikan semua jenis informasi tentang dunia anjing dan bertindak untuk kesejahteraan anjing sambil juga menyoroti perlakuan buruk terhadap hewan kesayangan.

26 Agustus: hari informasi

Pada Hari Anjing Internasional, penyelenggara menerapkan inisiatif yang menekankan ikatan yang telah dipertahankan manusia dan anjing selama ribuan tahun. Informasi yang disampaikan menggarisbawahi hubungan unik ini melalui berbagai aspek:

Domestikasi

Hari 26 Agustus adalah pengingat bahwa anjing tetap menjadi satu-satunya spesies peliharaan dari keluarga canidae (yang juga termasuk serigala, rubah, coyote, serigala, dll.). Pada Zaman Paleolitikum, permainan yang diburu oleh anjing dan manusia sering kali membuat mereka bersaing. Hominid kemudian akan segera melihat manfaat yang dapat mereka peroleh dari kemampuan hewan (indera penciuman dan pendengaran yang tajam, kecepatan dan daya tahan). Asosiasi pertama bertujuan untuk menggunakan anjing (serigala, pada saat itu) dalam kegiatan berburu dan kebetulan untuk menjaga perkemahan;

Kerja sama

Dalam beberapa abad terakhir, banyak kualitas anjing telah membuatnya sangat diperlukan dalam misi tertentu yang telah ditetapkan manusia untuk dipercayakan kepadanya. Jadi, itu disebut anjing utilitas atau anjing pekerja ketika melakukan tugas yang telah dipilih dan dibesarkan. Contohnya termasuk berburu, penjaga, kereta luncur, kawanan, penelitian (narkotika, penyakit) atau anjing pembantu bagi orang difabel;

Teman

Anjing telah menemukan lingkungan pada manusia di mana ia telah beradaptasi dengan sangat baik. Kemampuan beradaptasi ini memungkinkan spesies ini menyebar ke seluruh dunia dan menunjukkan keragaman morfologi dan perilaku yang mengagumkan. Evolusi unik di dunia hewan ini telah menghasilkan integrasi sempurna dalam masyarakat perkotaan kita dan di dalam rumah kita di mana ia telah menjadi anggota penuh keluarga;

Manfaat kesehatan

Didukung oleh penelitian, anjing adalah tambang kebajikan bagi tuannya. Berkat tamasya yang dibutuhkan dan kelembutan yang diberikannya, doggie adalah obat itu sendiri: peningkatan kesehatan jantung (membelai anjing memiliki efek menguntungkan pada detak jantung dan tekanan darah), bentuk fisik yang lebih baik, mengurangi tingkat stres, mengurangi depresi atau bahkan kehidupan sosial yang lebih aktif.

26 Agustus: hari aksi

Jika struktur perlindungan hewan bekerja setiap hari, tanggal 26 Agustus membantu menyoroti fenomena pelecehan dan penelantaran dan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang penyebab anjing. Dalam konteks ini, asosiasi didorong untuk melakukan tindakan yang mempromosikan adopsi anjing. Pada kesempatan ini, diingat bahwa Prancis memegang rekor Eropa yang menyedihkan dengan lebih dari 100.000 hewan domestik yang ditinggalkan per tahun, termasuk 60.000 selama musim panas. Karena Hari Anjing Internasional berlangsung di musim panas, organisasi memberikan panduan yang mencantumkan situs bola rambut alami dan daftar organisasi perawatan anjing sehingga setiap anggota keluarga memiliki liburan yang damai.

Untuk merayakan Hari Anjing Internasional, setiap orang diundang untuk membuat gerakan sesuai dengan kemungkinan mereka: mengadopsi hewan, memberikan sumbangan ke asosiasi, menyampaikan informasi tentang dunia anjing atau bahkan berbagi kebahagiaan mereka di internet melalui foto atau video terbaiknya.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly SmartThe Vanderpump Dog Foundation, National Today,  OIPA – Organizzazione Internazionale Protezione Animali

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-08-15T14:51:32+07:00 Agustus 12th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment