Hari Kucing Sedunia (World Cat Day) Kapan? Apa Gunanya?

Hari Kucing Sedunia (World Cat Day)

Setiap tahun, hari kucing sedunia untuk menghormati para kucing. Acara ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat yang diberikan oleh hewan dan langkah-langkah yang harus diambil untuk merawat dan melindunginya.

Hari Kucing Internasional: 8 Agustus

Hari Kucing Sedunia diadakan pada tanggal 8 Agustus setiap tahun. Perayaan ini dimulai pada tahun 2002 oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) dengan tujuan untuk merawat dan melindungi hak-hak kucing. Banyak negara telah mengembangkan ide ini di tingkat mereka sendiri dan menambahkan hari kucing nasional ke acara global ini.

Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan: apa itu?

Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) didirikan di Kanada pada tahun 1969 oleh aktivis kelahiran Welsh Brian Davies. Pada tahun yang sama menandai tindakan besar pertama organisasi tersebut: mengakhiri perburuan komersial untuk bayi anjing laut (jas putih) di pantai Kanada.

Hadir di lebih dari empat puluh negara, IFAW adalah organisasi nirlaba global yang misinya adalah untuk menyelamatkan, menyembuhkan dan melepaskan hewan tetapi juga untuk memulihkan dan melindungi habitat alami mereka.

Baca juga: Hari Anjing Sedunia (World Dog Day) Kapan? Apa Gunanya? 

Apakah Hari Kucing Internasional?

Awalnya, Hari Kucing Internasional diprakarsai oleh IFAW dengan tujuan untuk mendorong pemilik dan penggemar kucing untuk merayakan dan merawatnya. Pada kesempatan ini, organisasi untuk perlindungan dan penerimaan kucing didorong untuk melakukan tindakan yang mempromosikan adopsi kucing. Sejak booming Internet, penggemar kucing memanfaatkan hari istimewa ini untuk memposting video atau foto di media sosial.

8 Agustus: pertama hari informasi

Pada Hari Kucing Internasional, penyelenggara menerapkan inisiatif untuk menginformasikan masyarakat umum tentang manfaat harian dari kucing. Pada kesempatan ini secara umum diingatkan bahwa:

Kucing telah menjadi hewan yang dihormati sejak zaman kuno. Tempat utama yang ditempati oleh kucing pada manusia telah berlangsung selama ribuan tahun! Sekutu orang Mesir karena kemampuannya untuk berburu tikus, tikus, tikus lapangan, burung dan ular, kucing dengan cepat menjadi hewan peliharaan favorit mereka karena meskipun temperamennya liar, ia lembut dan pendiam. Dengan membersihkan tanaman dari hama tertentu, kucing melambangkan perlindungan dan karena itu dianggap sebagai dewa;
Kucing adalah pelemas alami 100%. Pelindung pertanian di Mesir kuno dan tidak hanya… Kucing akan bermanfaat bagi otak dan hati kita. Beberapa penelitian memang melihat dampak positif, baik fisik maupun emosional, yang dimiliki kucing terhadap manusia. Telah diamati bahwa setelah hanya sepuluh menit membelai hewan peliharaan, tingkat kortisol (hormon yang terkait dengan stres) turun drastis. Menurut beberapa ahli, frekuensi rendah yang dipancarkan oleh dengkuran kucing bertindak seperti obat, membantu mengurangi tingkat kecemasan dan tekanan darah.

Baca juga: Kucing merah (Pardofelis badia), juga dikenal sebagai kucing Kalimantan, kucing merah Kalimantan, atau kucing batu Kalimantan

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk merayakan hari itu:

  • Kunjungi tempat penampungan kucing dan relawan terdekat
  • Mengadopsi kucing liar dari tempat penampungan atau penyelamatan lokal
  • Habiskan waktu berkualitas bersama kucing Anda dengan menikmati sesi pemotretan atau permainan yang menyenangkan
  • Ajak kucing Anda untuk sesi perawatan
  • Manjakan kucing Anda dengan camilan favoritnya

Baca juga: Jenis Kucing | Ras dan Asalnya

8 Agustus: hari aksi internasional

Selain menyoroti manfaat memiliki kucing di sisi Anda, acara tahunan ini juga menjadi momen spesial untuk:

Dorong adopsi mereka di banyak tempat penampungan dan asosiasi lainnya. Musim panas adalah periode yang selalu sesuai dengan peningkatan pengabaian kucing dan terutama anak kucing. Jika struktur perlindungan hewan bertindak setiap hari, 8 Agustus menjelaskan fenomena tersebut dan meningkatkan kesadaran publik tentang penyebabnya. Sebagai pengingat, meninggalkan hewan peliharaan adalah pelanggaran yang dapat dihukum hingga dua tahun penjara dan denda 30.000 euro;
Ingatkan orang akan pentingnya sterilisasi. Yaitu bahwa beberapa kucing dapat menyebabkan kelahiran 20.000 anak kucing dalam empat tahun, perkembangbiakan kucing kecil yang dapat tumbuh dalam kondisi yang buruk, atau bahkan mati karena kurangnya perawatan dan makanan. Pada Hari Internasional, organisasi kesejahteraan hewan bersikeras bahwa mensterilkan kucing Anda membantu memutus siklus pengabaian hewan;
Bagikan informasi tentang perlindungan dan kesejahteraan mereka.

Karena Hari Kucing Internasional berlangsung di musim panas, itu bisa bertepatan dengan gelombang panas yang sangat sensitif bagi hewan. Dengan demikian, situs web dan blog dapat menawarkan saran tentang cara membantu kucing melawan panas, tetapi juga bertukar kiat dan pengetahuan tentang kesehatan, kebersihan, makanan, atau hiburan kucing.

Hari kelembutan dan humor internasional

Bagi mereka yang tidak memiliki kemungkinan memiliki kucing di rumah, internet menawarkan kebahagiaan ini dengan menyiarkan banyak gambar dan adegan yang menunjukkan wajah cantik mereka dan beberapa kekonyolan yang lucu. Hari Kucing Internasional menawarkan kesempatan bagi pemilik kucing untuk memposting foto mereka di jejaring sosial, sementara Lolcats (video atau animasi) telah banyak menyerbu web dalam beberapa tahun terakhir. Menurut penelitian Universitas Indiana terhadap 7.000 orang, video populer ini cenderung mengurangi kecemasan dan membuat penonton merasa senang dengan membuat mereka dalam suasana hati yang lebih baik!

Kucing hitam juga memiliki hari internasionalnya

Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA: organisasi kesejahteraan hewan pertama yang didirikan di dunia) menetapkan Hari Kucing Hitam Internasional pada 17 Agustus. Anda harus tahu bahwa sejak jaman dahulu, kucing hitam mewujudkan iblis dan kepercayaan ini bertahan di Abad Pertengahan, ketika kucing dengan mantel ebony dikaitkan dengan ilmu sihir.

Ketakutan akan penyihir telah hilang, tetapi ide yang diterima sangat sulit. Dengan demikian, kucing hitam lebih sering ditinggalkan dan tinggal lebih lama di tempat penampungan daripada rekan-rekannya dengan bulu tipis. Hari internasional yang ditetapkan pada 17 Agustus oleh RSPCA bertujuan untuk membawa pesan penting: tidak ada alasan rasional untuk tidak mengadopsi kucing hitam.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Sources: Cleverly Smart, International Cat Care, NDTV

Sumber foto: Alvesgaspar / Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-10-17T15:00:16+07:00 Agustus 8th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment