Hemianopsia: Definisi, Penyebab, Solusi | Semiologi jalur optik

4 min read

Paris seperti yang terlihat dengan hemianopsia homonim kiri

Hemianopsia

Hemianopsia adalah penurunan, berkurangnya atau hilangnya penglihatan pada separuh lapang pandang atau bidang visual pada satu atau kedua mata.

Di antara cabang-cabang semiologi, adalah semiologi klinis, yang mengacu pada studi tentang tanda dan gejala di mana suatu penyakit memanifestasikan dirinya.

Dalam kasus oftalmologi, sangat berguna untuk mengetahui setidaknya teknik pemeriksaan pasien yang paling umum dan sederhana.

Tergantung pada kasusnya, dapat dianggap unilateral atau bilateral, lateral atau altitudinal, homonim atau heteronim. Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh kerusakan saraf pada saraf optik, yang berarti seseorang tidak dapat melihat jelas pada 1 mata atau keduanya.

Definisi hemianopsia

Hemianopia adalah gangguan penglihatan yang melibatkan hemfield visual, yang hanya setengah dari bidang visual mata. Ini bisa unilateral, mempengaruhi penglihatan di satu mata, atau bilateral, mempengaruhi ketajaman visual di kedua mata.

Dalam beberapa kasus, hemianopsia dapat dibedakan dari quadranopsia. Yang terakhir hanya menyangkut sebagian dari belahan visual. Tergantung pada lokasinya, quadranopsy dapat dikatakan kiri atau kanan, bawah atau atas.


Gejala

  • Kehilangan bagian kata atau bagan mata di samping saat membaca.
  • Kehilangan bagian gambar saat melihat TV.
  • Sensasi masalah dengan hanya satu mata.
  • Kehilangan setengah dari bidang visual.
  • Sering memutar kepala ke sisi di mana hemianopia hadir.
  • Tabrakan dengan benda: orang yang terkena dampak tidak melihat rintangan atau menabrak rambu-rambu jalan di trotoar
  • Ketidakmampuan menemukan barang: pasien tidak segera menemukan barang di rak atau meja dan harus mencarinya
  • kesulitan membaca dan menulis: ketidakmampuan membaca sangat mempengaruhi kualitas hidup.

Oleh karena itu penting untuk melatih pasien dengan hemianopsia dalam membaca dan menulis.


Penyebab Hemianopsia

Bagaimana hemianopsia dimanifestasikan?

Hemianopia disebabkan oleh kerusakan saraf pada saraf optik, saraf kranial sensorik yang menghubungkan setiap bola mata ke otak. Tergantung pada area saraf yang terkena, gangguan penglihatan ini dapat memanifestasikan dirinya secara berbeda di mata. Bidang visual mata dapat dibagi menjadi:

  • sumbu vertikal, dengan belahan visual bawah dan belahan atas;
  • sumbu horizontal, dengan hemfield visual kiri dan hemfield visual kanan, atau dengan hemfield visual eksterior (hemfield visual temporal terletak di dekat pelipis) atau interior (hemisfer visual hidung).

Penjelasan: apa penyebab hemianopsia?

Kerusakan saraf yang menyebabkan hemianopsia dapat memiliki beberapa penyebab. Ini umumnya berasal dari tumor, vaskular atau traumatis.

1. Penyebab asal tumor

Perkembangan tumor di otak dapat menekan saraf optik dan menyebabkan hemianopsia lateral homonim atau heteronim. Kehilangan penglihatan dapat, misalnya, disebabkan oleh perkembangan:

  • adenoma hipofisis, tumor jinak, non-kanker dari kelenjar pituitari, kelenjar endokrin di otak;
  • meningioma, tumor yang biasanya jinak yang berkembang di meningen, selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang;
  • glioma, tumor jinak atau ganas yang muncul di jaringan glial, jaringan yang menopang neuron.

Baca juga: Tumor | Pengertian, Contoh, Inisiasi, Penyebab, Proses Dalam Karsinogenesis

2. Penyebab asal vaskular (sistem pembuluh darah)

Hemianopia lateral dengan nama yang sama juga bisa disebabkan oleh stroke. Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah di otak.

3. Penyebab asal traumatis

Dalam beberapa kasus, kerusakan saraf yang menyebabkan hemianopsia disebabkan oleh trauma kepala.


Apa saja jenis-jenisnya?

Tergantung pada kasusnya, beberapa jenis hemianopsia dapat dibedakan:

  • hemianopia lateral homonim, yang paling umum, ketika hemfield visual yang sama, baik kiri atau kanan, terpengaruh di kedua mata;
  • hemianopia lateral heteronim, lebih sering disebut hemianopia heteronim, ketika penglihatan di kedua mata terganggu baik di hemianopia visual temporal (hemianopia bilateral) atau di hemianopia visual hidung (binasal hemianopia);
  • hemianopia altitudinal, bentuk yang jarang, ketika hemfield visual atas atau bawah terpengaruh.
  • jika terjadi pada kedua mata disebut hemianopsia bilateral.

Subtipe meliputi:

  • hemianopsia altitudinal, ditandai dengan cacat visual di atas atau di bawah meridian horizontal bidang visual;
  • hemianopsia homonim mengacu pada cacat visual yang mempengaruhi kedua mata secara merata, dan terjadi baik di kiri atau kanan garis tengah bidang visual;
  • binasal hemianopsia terdiri dari hilangnya penglihatan di hemifields hidung kedua mata;
  • hemianopsia bitemporal adalah hilangnya penglihatan bilateral bidang temporal;
  • Quadrantanopsia mengacu pada hilangnya penglihatan pada seperempat bidang visual pada satu atau kedua mata.
Pengelihatan normal non hemianopsia
Pengelihatan normal non hemianopsia. Paris seperti yang terlihat dengan bidang visual penuh. Sumber foto: Wikimedia Commons
Paris seperti yang terlihat dengan hemianopsia homonim kiri
Paris seperti yang terlihat dengan hemianopsia homonim kiri. Sumber foto: Wikimedia Commons
Paris seperti yang terlihat dengan binasal hemianopsia
Paris seperti yang terlihat dengan binasal hemianopsia. Sumber foto: Wikimedia Commons
Paris seperti yang terlihat dengan hemianopsia bitemporal
Paris seperti yang terlihat dengan hemianopsia bitemporal. Sumber foto: Wikimedia Commons

Evolusi: apa risiko komplikasi?

Konsekuensi dan perjalanan hemianopsia tergantung pada banyak parameter, termasuk asal kerusakan saraf. Dalam kasus yang lebih parah, gangguan penglihatan dapat memburuk dan menjadi ireversibel. Perawatan medis dini diperlukan untuk membatasi risiko komplikasi.


Hemianopsia: diagnosis

Ketika seseorang memiliki gejala yang menunjukkan mereka menderita hemianopsia, dokter mata akan berusaha untuk memeriksa sejauh mana bidang visual mereka.

Untuk ini, ia dapat menggunakan tes visual yang terdiri dari meminta pasien untuk memperbaiki target yang ditempatkan di depannya, kemudian mengirim sinyal cahaya ke tempat yang berbeda untuk mendeteksi kemungkinan area buta.
Kedua, magnetic resonance imaging (MRI) akan dipertimbangkan untuk mendeteksi adanya lesi otak yang dapat menjelaskan hemianopsia.

PEMERIKSAAN LAPANGAN BIDANG VISUAL

Pemeriksaan lapang pandang dilakukan di ruangan gelap.
Individu yang mengikuti ujian ini pertama-tama diminta untuk melakukan adaptasi gelap selama 20 menit.

Studi bidang visual didasarkan pada:

Campimetry: eksplorasi zona tengah tengah bidang visual.
Ini dilakukan dengan campimeter dan pada dasarnya memungkinkan untuk menyorot skotoma sentral dan parasentral (di sekitar pusat) (celah di bidang visual).

Perimetri: eksplorasi seluruh bidang visual.
Hal ini dilakukan dengan menggunakan perimeter (alat optik yang digunakan dalam oftalmologi untuk mengeksplorasi luasnya bidang visual). Beberapa jenis perimeter tersedia untuk dokter mata (dokter mata):

Aparat mesin Goldmann, yang memiliki kubah kecil dengan subjek menatap tajam di tengah dan di mana titik cahaya bergerak dengan ukuran berbeda dan dengan variasi intensitas cahaya

Skala Ketajaman Visual Landolt: Skala Ketajaman Visual Landolt, digunakan untuk memeriksa ketajaman visual, terdiri dari serangkaian optotipe yang semuanya identik (lingkaran terputus, disebut cincin Landolt) tetapi orientasinya bervariasi. Ini dikembangkan pada tahun 1888 oleh Edmond Landolt (1846-1926), seorang dokter mata Swiss. Ini adalah tes penglihatan yang berguna terutama untuk anak-anak dan buta huruf. Dalam praktiknya, ini adalah pengukuran ketajaman visual yang paling tepat karena menghilangkan efek menghafal dan interpretasi, tidak seperti huruf dan angka.

Batas Perimeter  Magitot: berasal dari ruang lingkup Ferree dan Rand, terdiri dari:

busur perimeter dengan radius 33 cm, dicat dengan warna abu-abu netral, memungkinkan batas perifer bidang visual ditentukan
busur perimeter dengan jari-jari yang sama; itu tidak lain adalah bagian tengah belahan bumi tempat busur itu berada, dicadangkan sebagai layar penuh hingga derajat 30; ini digunakan untuk skotometri


Pengobatan: apa solusi jika terjadi hemianopia?

Pengobatan untuk hemianopsia bervariasi tergantung pada penyakit yang mendasarinya. Jika gangguan ini berkembang, itu harus dianggap sebagai gejala penyakit lain dan bukan penyakit itu sendiri. Disarankan agar Anda menemui spesialis sehingga mereka dapat melakukan pemeriksaan mata.

Penatalaksanaan medis hemianopsia biasanya didasarkan pada pengobatan kerusakan saraf. Tergantung pada asalnya, kadang-kadang mungkin memerlukan pembedahan.

Pengobatan hemianopia biasanya disertai dengan sesi rehabilitasi optik. Dilakukan oleh ahli ortoptis, rehabilitasi ini memungkinkan pasien untuk beradaptasi dengan bidang visualnya.

Mengobati kerusakan otak

Perawatan terapeutik yang terkait dengan cedera otak terkait juga dapat berkontribusi pada perubahan penglihatan dan gejala hemianopia. Misalnya, pengangkatan tumor otak atau perawatan bedah dan medis peradangan otak dapat membantu memperbaiki defisit visual terkait. Baca juga: Cedera Otak (Brain Damage) | Berbagai Jenis Kerusakan Otak


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Cleveland ClinicRadiopaediaUniversity of Utah Health Care

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.