Manipulasi Psikologi | Bagaimana Mengetahui Jika Seseorang Memanipulasimu?

Manipulasi Psikologi

Manipulasi mental atau manipulasi psikologis – dalam psikologi – metode yang sengaja diterapkan dengan tujuan mengendalikan atau mempengaruhi pemikiran, pilihan, tindakan seseorang, melalui hubungan kekuasaan atau pengaruh. Metode yang digunakan mendistorsi atau mengarahkan persepsi tentang realitas lawan bicara dengan menggunakan khususnya hubungan rayuan, sugesti, bujukan, penyerahan yang tidak disengaja atau disetujui.

Meskipun manipulasi pikiran mengingatkan pada pemujaan atau pencucian otak, hal itu berperan dalam hubungan sehari-hari dan memengaruhi individu dan orang banyak. Dia bahkan dapat memiliki persepsi positif dalam kasus rayuan romantis.

Namun, itu tetap kurang diketahui meskipun banyak eksperimen dilakukan dan konsep dikembangkan (pengaruh sosial, rekayasa sosial, penyerahan sukarela, dominasi, propaganda, pelecehan moral, dll.).

Bagaimana Mengetahui Jika Seseorang Memanipulasi Anda

Manipulator ada di mana-mana, dan internet meningkatkan risiko untuk menemukannya. Anda mungkin pernah melihat satu, satu atau lebih, dan Anda bertanya-tanya apakah Anda sedang dimanipulasi. Anda mungkin akan menemukan beberapa dalam hidup Anda, mereka paling sering menginginkan uang Anda atau ingin Anda membantu mereka. Berikut cara membukanya!

Ketahui perbedaan antara pengaruh, manipulasi, dan persuasi

Menjadi berpengaruh berarti mengarahkan perilaku dan pilihan seseorang ke arah yang Anda pilih. Ini bisa berupa persuasi, seperti membujuk seorang teman bahwa mereka sedang dimanipulasi dan bahwa Anda perlu mengajukan keluhan, misalnya (Anda berdua menang).
Ini juga bisa menjadi manipulasi ketika seorang “teman” memanipulasi Anda untuk mendapatkan uang atau layanan dari Anda (dia menang, Anda kalah).

Belajar mengenali manipulator

Ada tiga jenis manipulator:
“Sesekali” adalah Anda dan saya, itu terjadi pada kita semua, dari waktu ke waktu, paling sering secara tidak sadar memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Ini bisa berupa diskon di sofa atau bantuan dari tetangga.
“Profesional” adalah orang yang akan memanipulasi pekerjaannya dan menggunakan semua jenis teknik pada Anda (ada ratusan di antaranya).
“Manipulasi tidak sehat”, kategori terakhir, bahkan bisa menjadi patologis dan dalam hal ini Anda perlu mengelilingi diri Anda dengan seorang profesional. Dia mungkin mengejar Anda untuk kesenangan (ini sesat) atau karena segala sesuatu harus berputar di sekelilingnya untuk merugikan orang lain (ini narsistik). Pastikan untuk menjauh secara fisik dari dua kategori terakhir.

Tanyakan pada diri Anda sendiri siapa yang diuntungkan dari manipulasi tersebut

Pertanyaan yang tidak berbahaya ini sangat efektif. Jika Anda ragu tentang sifat hubungan yang Anda miliki dengan seseorang yang Anda kenal, tanyakan pada diri sendiri siapa yang diuntungkan dari hubungan tersebut? Apakah Anda melihat pertukaran uang yang tidak normal? Layanan selalu diberikan ke arah yang sama? Jika kedua belah pihak menikmati hubungan tersebut, maka semuanya akan baik-baik saja. Di sisi lain, jika Anda kalah dan yang lain menang, itu adalah manipulasi.

Waspadai bias konfirmasi

Bias konfirmasi adalah kecenderungan alami yang kita semua miliki. Saat pertama kali bertemu seseorang, sebagian dari diri Anda memutuskan untuk menyukainya atau tidak. Dari pilihan ini, Anda melihat semua tindakannya melalui filter pertama ini “Saya suka / saya tidak suka”. Jika Anda suka, Anda cenderung menonjolkan sisi baiknya dan mengabaikan bagian buruknya. Sebaliknya, jika Anda tidak menyukai orang tersebut, Anda cenderung lebih memperhatikan sisi buruknya dan menyangkal sisi baiknya.
Dalam kasus manipulasi, si manipulator sangat berhati-hati karena Anda menyukainya sejak saat pertama sampai “ada di koran kecil Anda” dan bahwa Anda melupakan tingkah lakunya yang curang.

Minta pendapat beberapa orang terdekat

Salah satu tantangannya adalah mundur selangkah. Jika Anda ragu, diskusikan situasinya dengan teman atau kerabat dan tanyakan pendapat mereka. Mereka tidak, atau kurang, tunduk pada bias konfirmasi daripada Anda, dan akan lebih berpegang pada fakta daripada Anda. Karena jarak fisik yang mereka miliki, mereka memiliki lebih banyak perspektif daripada Anda.

Catatan: Jika Anda memiliki keraguan untuk diri sendiri atau seseorang yang Anda kenal, saya mengundang Anda untuk menghubungi profesional kesehatan atau layanan negara (gendarmerie, situs pemerintah).

Hubungan dengan manipulator adalah hubungan yang merugikan kita

Seorang manipulator membuat kita menderita karena dia membuat kabel sensitif kita bergetar.

Seorang manipulator menggunakan kita, menggunakan 4 hukum sosial.

1. Manipulasi adalah seseorang yang mengambil banyak dari kita dan memberi kita sedikit.
2. Hubungan kita dengannya menghabiskan banyak biaya: uang, waktu, energi, emosi yang tidak menyenangkan.
3. Sebaliknya, hubungan kita menguntungkannya: kesuksesan profesional atau finansial, misalnya.
4. Jadi perhatikan hubungan Anda : Lihat manfaatnya untuk Anda, dan berapa biayanya bagi Anda. Kemudian lihat apa yang dibawanya, dan berapa biayanya.

Apakah hubungannya adil? Apakah itu membawa begitu banyak bagi semua orang? Dalam uang, waktu, energi atau kebahagiaan?

Ini adalah cara yang baik untuk mengenali seorang manipulator.

Berikut adalah 4 hukum sosial yang “terukir” dalam diri kita:

Kepercayaan: Saya harus bisa mempercayai orang lain, dan orang lain harus bisa mempercayai saya.
Timbal balik: Saya harus memberi sebanyak yang saya dapat.
Kolaborasi: Saya harus membantu orang lain, dan saya harus bisa mengandalkan orang lain. Kita harus bertindak bersama untuk mencapai tujuan kita.
Empati: Saya harus bisa memahami perasaan orang lain. Untuk itu saya harus menempatkan diri pada posisi mereka.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, American Psychological AssociationNational Library of Medicine

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-27T03:34:59+07:00 Maret 11th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment