fbpx

Simpati, Empati dan Belas Kasih Perbedaan Emosional Pada Seseorang

Simpati dan Empati Berbeda!

Sepertinya simpati dan empati adalah hal yang sama untuk menjelaskan bagaimana hubungan dan perasaan seseorang terhadap orang lain, tetapi mereka sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Perbedaan simpati dan empati dan bagaimana keduanya digunakan dalam kalimat sehari-hari.

Simpati Empati Belas Kasih
Definisi Mengakui perasaan / kesulitan orang lain. Mengerti perasaan atau pengalaman orang lain, dan merasakannya sesaat seakan – akan anda sendiri yang merasakan. Emosi / perasaan manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain.
Hubungan Mengerti pengalaman orang lain Ikut merasakan secara pribadi perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain
Contoh 1 Hey disana gelap? Kasihan sekali kamu, mau permen? Hey aku tahu disana gelap. Aku akan menemanimu disana. Aduh disana gelap. Aku akan membawa lampu senter dan menemanimu disana.
Contoh 2 Dokter menghibur pasien dan keluarganya. Dokter membantu pasien dengan sangat karena ia pernah merasakan beratnya pengalaman yang sejenis. Dokter membantu pasien dengan sungguh-sungguh karena ia pernah merasakan beratnya pengalaman yang sejenis dan mencoba memberi obat.

 

Perbedaan Arti Kata Simpati, Empati dan Belas Kasih

Simpati

Berarti merasakan bersama orang lain. Jika anda bersimpati pada orang, anda berbagi atau mengerti perasaan orang tersebut.

Empati

Berarti mengerti perasaan atau pengalaman orang lain, dan merasakannya sesaat seakan – akan anda sendiri yang merasakan.  Jika anda berempati pada orang lain, berarti anda ikut merasakan kesedihan orang tersebut.

Belas kasih

Merupakan emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha untuk mengurangi penderitaan orang lain.

 

simpati empati belas kasih

 

Hubungan antara Simpati, Empati dan belas kasih

  • Dasar dari hubungan, baik simpati ataupun empati adalah perasaan, bagaimana mengakui dan mengerti perasaan atau keadaan orang lain yang sedang menderita.

  • Baik simpati ataupun empati berarti peduli terhadap orang lain, namun empati memiliki nilai lebih, karena ikut merasakan “aku” didalam “kamu”, benar – benar ikut merasakan kesedihan yang dialami, bukan sekedar mengerti kemudian menghibur.

  • Empati lebih sulit dicapai karena berbagai alasan. Kita tidak hanya harus secara aktif mendengarkan masalah orang lain tanpa menilai, kita juga harus jujur terhadap diri sendiri dan orang lain tentang perasaan kita sebagai pendengar.

  • Hubungan ini membangun ikatan yang membangun kepercayaan dan pengertian yang positif dan sehat bagi kedua orang. Nantinya, mungkin tepat untuk mencari solusinya. Tidak ada satu pun di dunia ini yang membuat saya merasa lebih baik daripada ketika keluarga atau teman yang dipercaya mengerti situasi saya. Itu membuat saya merasa lebih baik karena mereka mengizinkan saya untuk mengetahui di mana saya berada, dan saya sering merasa tersesat dalam hidup saya.

  • Belas kasih memotivasi orang untuk keluar dari jalan mereka untuk membantu penderitaan fisik, mental atau emosional orang lain dan diri mereka sendiri. Belas kasih sering dianggap memiliki kepekaan, aspek emosional terhadap penderitaan.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:51:05+00:00 Desember 26th, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment