Simpati, Empati dan Belas Kasih Perbedaan Emosional Pada Seseorang | Penjelasan, Definisi dan Contoh

5 min read

simpati empati belas kasih

Simpati dan Empati Berbeda!

Sepertinya simpati dan empati adalah hal yang sama untuk menjelaskan bagaimana hubungan dan perasaan seseorang terhadap orang lain, tetapi mereka sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Tiga perasaan yang berbeda, tetapi terkait erat: ini adalah empati, simpati, dan belas kasih. Penjelasan sederhana tentang perbedaan mereka.

Perbedaan simpati dan empati dan juga belas kasih dan bagaimana ketiganya digunakan dalam kalimat sehari-hari, berikut contohnya:

SimpatiEmpatiBelas Kasih
DefinisiMengakui perasaan / kesulitan orang lain.Mengerti perasaan atau pengalaman orang lain, dan merasakannya sesaat seakan – akan anda sendiri yang merasakan.Emosi / perasaan manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain.
HubunganMengerti pengalaman orang lainIkut merasakan secara pribadiperasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain
Contoh 1Hey disana gelap? Kasihan sekali kamu, mau permen?Hey aku tahu disana gelap. Aku akan menemanimu disana.Aduh disana gelap. Aku akan membawa lampu senter dan menemanimu disana.
Contoh 2Dokter menghibur pasien dan keluarganya.Dokter membantu pasien dengan sangat karena ia pernah merasakan beratnya pengalaman yang sejenis.Dokter membantu pasien dengan sungguh-sungguh karena ia pernah merasakan beratnya pengalaman yang sejenis dan mencoba memberi obat.

Perbedaan Arti Kata Simpati, Empati dan Belas Kasih

Simpati

Berarti merasakan bersama orang lain. Jika anda bersimpati pada orang, anda berbagi atau mengerti perasaan orang tersebut.

Empati

Berarti mengerti perasaan atau pengalaman orang lain, dan merasakannya sesaat seakan – akan anda sendiri yang merasakan.  Jika anda berempati pada orang lain, berarti anda ikut merasakan kesedihan orang tersebut.

Belas kasih

Merupakan emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha untuk mengurangi penderitaan orang lain.


simpati empati belas kasih


Tiga perasaan yang berbeda, tetapi terkait erat: ini adalah empati, simpati, dan kasih sayang.

Penjelasan sederhana tentang perbedaan mereka.

Empati

Etimologi: “apa yang kita rasakan di dalam”
“Saya melihat bahwa Anda sedih dan saya mengerti mengapa. ”

Ini adalah kemampuan untuk merasakan emosi orang lain dan menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Kami kemudian berbagi perasaannya karena kami datang untuk mengidentifikasi dengan dia dan memahami apa yang mungkin dia rasakan. Pemahaman adalah dasar dari empati. Misalnya, seorang teman kehilangan pekerjaannya dan merasa tidak berdaya. Kita bisa berempati karena kita bisa membayangkan bagaimana rasanya jika situasi seperti itu menimpa kita. Namun, Anda merasakan versi yang lebih lembut dari apa yang sebenarnya dialami orang lain karena Anda memiliki objektivitas tertentu. Jarak tertentu antara kita dan emosi ditentukan oleh fakta bahwa kita tahu bahwa bukan kita yang mengalami tragedi itu, tetapi yang lain. Empati dipelajari dan dikembangkan.

Simpati

Etimologi: “apa yang kita alami dengan orang lain”
“Aku turut berduka atas apa yang terjadi padamu. ”

Dikatakan bahwa simpati adalah partisipasi kita dalam emosi (positif atau negatif) atau rasa sakit orang lain. Kami mengidentifikasi – terkadang merasakan – apa yang memengaruhi orang lain karena kami menyadari apa yang mereka alami. Di sini juga, masih ada jarak emosional yang memungkinkan kita untuk tidak mengambil emosi ini di pundak kita. Kami sensitif terhadapnya, tidak lebih. Tindakan yang diambil terhadap orang ini membantunya menciptakan emosi positif, kelegaan tertentu.

Kasih sayang atau belas kasih

Etimologi: “menderita bersama”
“Aku mengerti rasa sakitmu. Aku akan menghabiskan malam bersamamu agar kau tidak merasa sendirian. ”

Belas kasih adalah perasaan yang menuntun kita untuk peka dan tersentuh oleh apa yang terjadi pada orang lain (rasa sakit mereka, penderitaan mereka, pengalaman mereka, dll). Kami merasakan sakitnya. Kami tenggelam dalam apa yang dialami orang lain sebagai emosi sehingga kami mencari cara untuk meredakan atau menghibur mereka. Belas kasih sebenarnya akan menjadi transformasi empati menjadi tindakan. Kita tidak tinggal diam tanpa melakukan apapun hanya dengan mengamati kemalangan orang lain, kita menjalaninya dan kita mencari solusi. Kasih sayang membutuhkan keterlibatan emosional yang berkelanjutan. Meskipun baik untuk memiliki belas kasih, seseorang tidak dapat berharap itu bertahan lama karena beban emosional yang terlalu kuat.


Hubungan antara Simpati, Empati dan belas kasih

  • Dasar dari hubungan, baik simpati ataupun empati adalah perasaan, bagaimana mengakui dan mengerti perasaan atau keadaan orang lain yang sedang menderita.

  • Baik simpati ataupun empati berarti peduli terhadap orang lain, namun empati memiliki nilai lebih, karena ikut merasakan “aku” didalam “kamu”, benar – benar ikut merasakan kesedihan yang dialami, bukan sekedar mengerti kemudian menghibur.

  • Empati lebih sulit dicapai karena berbagai alasan. Kita tidak hanya harus secara aktif mendengarkan masalah orang lain tanpa menilai, kita juga harus jujur terhadap diri sendiri dan orang lain tentang perasaan kita sebagai pendengar.

  • Hubungan ini membangun ikatan yang membangun kepercayaan dan pengertian yang positif dan sehat bagi kedua orang. Nantinya, mungkin tepat untuk mencari solusinya. Tidak ada satu pun di dunia ini yang membuat saya merasa lebih baik daripada ketika keluarga atau teman yang dipercaya mengerti situasi saya. Itu membuat saya merasa lebih baik karena mereka mengizinkan saya untuk mengetahui di mana saya berada, dan saya sering merasa tersesat dalam hidup saya.

  • Belas kasih memotivasi orang untuk keluar dari jalan mereka untuk membantu penderitaan fisik, mental atau emosional orang lain dan diri mereka sendiri. Belas kasih sering dianggap memiliki kepekaan, aspek emosional terhadap penderitaan.


Simpati, Empati dan Belas Kasih Perbedaan Emosional Pada Seseorang | Penjelasan, Definisi dan Contoh
Simpati, Empati dan Belas Kasih Perbedaan Emosional Pada Seseorang | Penjelasan, Definisi dan Contoh. Sumber foto: Wikimedia Commons

Apa definisi dari empati?

Empati adalah kemampuan manusia yang memungkinkan kita untuk memahami orang lain dengan mengidentifikasi masalah atau rasa sakit mereka.

Empati dapat dibagi menjadi dua subkategori atau lebih tepatnya dua sub-keterampilan bagi manusia yang mengungkapkannya:

Empati dapat berupa pemikiran atau kemampuan intelektual: jika ketika Anda melihat seseorang yang tersipu, Anda menyimpulkan bahwa dia malu atau jika orang ini menangis dan Anda menyimpulkan bahwa dia sedih, ketika orang itu tidak memberi tahu Anda, Anda berempati. Empati kemudian menjadi properti yang memungkinkan Anda untuk memahami orang lain tanpa mereka mengungkapkan diri mereka sendiri.
Empati dapat menjadi bagian dari pikiran dan emosi: jika pada saat yang sama Anda memahami penderitaan orang lain, Anda dapat merasakan versi yang sangat dilemahkan dari rasa sakit mereka. Ini adalah fakultas yang akan membuat misalnya kadang-kadang jika Anda melihat seseorang memotong jari, Anda merasakan sakit yang sangat cepat dan Anda menyentuh jari Anda! Secara umum, untuk merasakan empati ini Anda harus mengalami jenis rasa sakit yang sama dengan orang lain.
Oleh karena itu, empati adalah salah satu karakteristik mendasar manusia dan kemampuannya untuk hidup bersama.

Tidak memiliki empati sangat merugikan karena mencegah orang tanpa empati untuk mengidentifikasi emosi orang-orang di sekitarnya dan oleh karena itu berinteraksi dengan cara yang tepat. Memiliki terlalu banyak empati juga merugikan karena menyebabkan kesediaan untuk memecahkan masalah orang-orang di sekitar Anda dengan menghilangkan emosi mereka. Berikut ini adalah perasaan tidak tahu berterima kasih yang tidak beralasan.

Empati adalah bagian dari pengalaman.

Baca juga: Cara Mengenal Kepribadian Anda Yang Sebenarnya Dengan Tes Psikologi Enneagram


Apa definisi simpati?

Pengertian simpati adalah pengertian yang sangat berbeda dari pengertian empati yang memungkinkan kita untuk menjaga jarak emosional tertentu dari orang lain. Simpati menuntun kita untuk menaruh minat pada kehidupan, emosi, dan kemungkinan masalah orang lain selain kita, karena orang itu dianggap menarik.

Jika dewasa ini dalam bahasa umum, simpati tidak lagi menunjukkan kecenderungan alami seseorang terhadap orang lain, dalam pengertian psikologis, simpati menunjuk pada kapasitas seseorang untuk menempatkan dirinya di tempat orang lain untuk memilih secara efektif bagaimana berperilaku dengan orang yang terpengaruh. orang.

Perbedaan dengan empati kemudian terletak pada kehalusan yang membuat Anda dapat memahami orang lain tetapi Anda tidak merasakannya. Inilah sebabnya mengapa Anda menikmati posisi ini dari jarak yang lebih jauh.

Ini adalah simpati yang Anda miliki untuk seseorang yang dapat mendorong Anda untuk menawarkan bantuan.

Simpati adalah bagian dari seleksi.


Apa definisi dari belas kasihan?

Kata welas asih secara harfiah berarti dalam bahasa Latin “menderita bersama”. Oleh karena itu, welas asih adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan dirinya sepenuhnya dan sepenuhnya di tempat orang lain sampai dia merasakan penderitaannya. Kasih sayang dapat dirasakan oleh siapa saja, baik yang dekat dengan Anda atau orang asing, tidak perlu melibatkan minat saya seperti dalam kasus simpati.

Belas kasih dalam pengertian ini merupakan bentuk empati yang diperburuk dengan perbedaan yang menimbulkan tindakan. Belas kasih menuntun mereka yang merasakannya untuk mencari dan menemukan solusi konkrit bagi mereka yang berada dalam kesusahan.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.