Tingkatan Mobil Otonom atau Mobil Tanpa Sopir dari 0-5

Tingkatan Mobil Otonom atau Mobil Tanpa Sopir

Sebelum melangkah lebih jauh, harus diklarifikasi bahwa level yang dimaksud berlaku untuk sistem mengemudi otonom yang diaktifkan setiap saat selama perjalanan dan tidak hanya disertakan di dalam kendaraan. Berikut tingkatan mobil otonom dari 0 hingga 5:

Level 0 – Tidak ada otonomi

Manusia di belakang kemudi mengontrol arah, rem, dan akselerasi dengan mengatur pergerakannya di jalan dan lalu lintas.

Level 1 – Bantuan mengemudi

Dalam kondisi tertentu, kendaraan mengontrol arah atau kecepatan, tetapi tidak keduanya pada saat yang bersamaan, sementara pengemudi menangani semua tugas mengemudi lainnya. Dia bertanggung jawab penuh untuk melacak apa yang terjadi di jalan dan mengambil alih ketika sistem mencapai batasnya. Contoh yang baik adalah cruise control adaptif.

Level 2 – Otonomi sebagian

Di sini kendaraan dapat berakselerasi, mengerem, dan menyetir dalam keadaan tertentu. Pengemudi harus melakukan manuver taktis, seperti bereaksi terhadap rambu dan lalu lintas, mengubah jalur dan waspada terhadap potensi bahaya. Dia mungkin juga perlu menjaga satu tangan di atas kemudi. Contoh: Traffic Jam Aid Audi, Super Cruise System Cadillac, ProPILOT Assistance Nissan, dan Semi-Autopilot Volvo.

Level 3 – Otonomi bersyarat

Kendaraan dapat, dalam kondisi yang sesuai, menangani sebagian besar tugas yang terkait dengan mengemudi, termasuk memantau lingkungan terdekat. Sistem akan meminta pengemudi untuk campur tangan ketika mereka menghadapi skenario yang tidak praktis, yang berarti bahwa orang di belakang kemudi masih perlu memberikan perhatian dan siap untuk mendapatkan kembali kendali atas kendaraan kapan saja.

Ini adalah tingkat otonomi tertinggi yang tersedia saat ini, misalnya dengan Audi A8 2019 baru (dijual di Eropa, tetapi akhir tahun ini di Kanada).

Level 4 – Otonomi tinggi

Selalu ada roda kemudi dan pedal, tetapi tidak ada tindakan atau pengawasan manusia yang diperlukan, kecuali dalam kasus yang lebih kompleks seperti cuaca buruk atau lingkungan yang tidak biasa. Pengemudi dapat melakukan intervensi di jalan-jalan dan kemudian menjadi bagian sederhana di jalan raya. Hyundai NEXO baru saja berhasil menyelesaikan tes sebagai kendaraan otonom level 4.

Level 5 – Otonomi penuh

Ini adalah mobil tanpa pengemudi nyata yang dapat berjalan sepenuhnya secara otomatis di jalan mana pun dan dalam kondisi apa pun yang mungkin dinegosiasikan oleh manusia. Tidak ada roda kemudi atau pedal. Yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan kendaraan, baik melalui tampilan on-board atau dengan perintah suara.


Mobil Tanpa Sopir (Mobil Otonom) | DAFTAR PERUSAHAAN AKTIF (merek dan pembuat mobil)

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Towards Data ScienceJ.D.Power

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-10-06T21:19:38+07:00 Oktober 4th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment