UFO (Unidentified Flying Object) Benda terbang tak dikenal

UFO (Unidentified Flying Object) Benda terbang tak dikenal

Selama beberapa dekade, UFO telah menentang semua upaya penjelasan. Hoax atau salah tafsir fenomena alam bagi sebagian orang, tanda hadirnya kehidupan ekstraterestrial di Bumi bagi sebagian lainnya, UFO masih dicemooh oleh ilmu pengetahuan dan sering dianiaya oleh media saat ini. Namun, setiap hari saksi melaporkan fenomena udara yang aneh dan terkadang bahkan sensasional. Bagaimana cara mengurutkan yang benar dari yang salah? Apa teori baru tentang masalah ini? Misteri benda terbang tak dikenal semakin relevan dari sebelumnya.

Di Amerika Serikat, kerumunan UFO di tengah pandemi

Semakin banyak orang Amerika melaporkan keberadaan benda terbang tak dikenal. Pada tahun 2020, lebih dari 7.200 UFO terlihat di Amerika Serikat. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ini memiliki sesuatu untuk diimpikan para pecinta fiksi ilmiah. 7.200 UFO terlihat di Amerika Serikat pada tahun 2020, menurut data dari National UFO Reporting Center, sebuah organisasi Amerika yang mendaftar fenomena langit yang tidak dapat dijelaskan. Angka ini naik lebih dari 1.000 kejadian dari tahun-tahun sebelumnya, menurut New York Times.

Cahaya, kilauan, jejak cahaya… Di New York saja, jumlah benda terbang tak dikenal menjadi dua kali lipat. Namun menurut para spesialis, “tren ini tidak selalu terkait dengan invasi alien”, lanjut harian Amerika itu. “Anda harus memikirkan penyerang lain: virus korona.”

Sejak dimulainya pandemi Covid-19, orang Amerika memiliki “lebih banyak waktu untuk melihat bintang”. Bukan kebetulan, kata surat kabar itu, jika hampir seperempat penampakan UFO terjadi pada Maret dan April 2020, “pada saat tindakan penahanan paling ketat” di negara itu. Pada kesempatan ini, penduduk kota yang mengasingkan diri di pedesaan dapat memanfaatkan malam berbintang, yang tidak terlalu ditandai dengan polusi cahaya.

Unit Studi UFO Pentagon

Tapi untuk koran, publik juga “lebih menerima” gagasan bahwa UFO telah ada, sejak pembentukan Unit Objek Terbang Tak Dikenal di dalam Pentagon pada Agustus 2020. Yang terakhir dipercayakan kepada Angkatan Laut AS, yang telah mengerjakan masalah ini selama beberapa tahun. Tujuan: “untuk lebih memahami dan lebih memahami sifat dan asal” fenomena udara tak dikenal.

The New York Times mengingat bahwa pada bulan April di tahun yang sama, Pentagon mendeklasifikasi tiga video UFO, yang difilmkan di lepas pantai California oleh Angkatan Laut AS. Gambar-gambar ini pertama kali bocor ke internet, membangkitkan kembali minat masyarakat umum. Sebuah laporan UFO juga akan muncul, dipelopori oleh mantan Presiden Donald Trump. Catatan ini kemudian akan dipublikasikan oleh otoritas Amerika.

Di halaman harian New York, beberapa penggemar bersuka cita atas minat yang diperbarui ini. Mereka melihatnya sebagai tanda bahwa pengamatan mereka sekarang akan ditanggapi dengan serius. Karena UFO tidak selalu memiliki hubungan dengan kehidupan di luar bumi, kata mereka yang diwawancarai oleh New York Times. “Itu hanya fenomena langit yang belum teridentifikasi.”

Ilmu Ufologi

Ilmu Ufologi adalah disiplin ilmu yang terdiri dari mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan fenomena benda terbang tak teridentifikasi (UFO), misalnya kesaksian lisan atau tertulis, foto, atau jejak di lapangan.

Akronim Inggris UFO (untuk “benda terbang tak dikenal), diterjemahkan oleh” ovni “dalam bahasa Prancis, muncul di beberapa dokumen Angkatan Udara Amerika Serikat dari akhir tahun 1947 bahkan jika banyak penulis menghubungkan penemuan istilah tersebut dengan Kapten Edward J. Ruppelt, (direktur pertama Project Blue Book) pada tahun 1952, menggantikan ungkapan populer “piring terbang”.

Istilah “UFO” memberikan ufologi neologisme, diterjemahkan dalam bahasa Prancis oleh lapisan “ufologi”. Oleh karena itu, Ufologi menunjuk secara apriori setiap penelitian yang ditujukan untuk UFO. Faktanya, ungkapan itu sering kali berkaitan dengan disiplin ilmu seperti yang dikembangkan oleh para amatir yang tertarik pada UFO sejak awal 1950-an. Studi yang dilakukan pada tahun 1947 oleh Angkatan Udara Amerika Serikat -Unis dapat digambarkan sebagai ufologis, tetapi nyatanya itu sangat jarang.

Demikian pula, penyelidik militer jarang memiliki kualifikasi sebagai ahli ufologi. Hal yang sama berlaku untuk penyelidik yang mungkin pernah bekerja dalam kerangka kerja komisi Condon atau untuk Pusat Studi Luar Angkasa Nasional di Prancis, misalnya. Oleh karena itu, ahli Ufologi sebagian besar adalah amatir. Dan jika beberapa dari mereka juga merupakan ilmuwan profesional, mereka adalah ahli ufologi swasta. Demikian pula, ada perbedaan antara ufologis dan penulis dan / atau penggemar tertentu yang telah mampu mempertahankan teori yang dianggap marjinal. Terkadang kita berbicara tentang “saucerists”, mengacu pada piring terbang.

Baca juga: Segitiga Bermuda | Penjelasan, Mistis, Mitos dan Misteri di Laut “Bermuda Triangle”

Ufologi dibagi menjadi beberapa “aliran” atau arus. Awalnya, pada tahun 1950-an, kebanyakan orang yang kemudian akan dikualifikasikan sebagai “ahli ufologi” berpendapat bahwa piring terbang (istilah “UFO” mulai menyebar di Amerika Serikat dari tahun 1956 dan seterusnya), dan di Prancis sejak tahun 1970-an) berasal dari luar bumi (kami kemudian menyebutnya “antarplanet”). Pada 1950-an, beberapa penggemar cawan memunculkan teori yang lebih marjinal (bumi berongga, alam semesta paralel, dll.). Sejak tahun 1977, arus skeptis, yang menjelaskan UFO sebagai kesalahpahaman, muncul. Kita berbicara tentang model sosio-psikologis dari fenomena UFO. Sekitar waktu yang sama, penulis lain menawarkan penjelasan parapsikologis.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Centre of Excellence, Britannica, The Guardian, CBS News, The New York Times

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Foto dugaan UFO di New Jersey – diambil pada 31 Juli 1952.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-17T14:46:22+07:00 April 17th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment