Warna yang lebih mudah dilihat oleh mata manusia | Warna Apa?

Warna yang lebih mudah dilihat oleh mata manusia

Retina memiliki tiga jenis sensor khusus (saluran), yang masing-masing memiliki sensitivitas maksimum terhadap cahaya biru, cahaya hijau dan cahaya merah. Semua warna yang kita lihat berasal dari kombinasi tiga warna dasar ini. Apakah Anda pernah bertanya warna yang lebih mudah dilihat oleh mata manusia?

Mata manusia secara istimewa membedakan hijau terlebih dahulu, lalu merah dan akhirnya biru. Kombinasi linier dari ketiga komponen dasar ini memungkinkan untuk melihat semua warna lain: ini adalah sintesis aditif warna. Maka warna hijau adalah warna yang lebih mudah dilihat oleh mata manusia terlebih dahulu.

Tetapi mata tidak menunjukkan kepekaan yang sama terhadap semua warna ini.

Dalam kondisi pencahayaan normal, dalam cahaya kuning-hijau mata paling sensitif. Untuk diterima dengan intensitas yang sama, sumber cahaya merah jingga harus hampir 10 kali lebih kuat daripada sumber cahaya kuning-hijau.

Semakin banyak sinar terang yang kita tambahkan, semakin terang cahayanya. Dengan menambahkan tiga warna primer dalam proporsi yang sama, cahaya yang diperoleh akan menjadi putih. Namun, jika ada warna dasar yang ada, warna yang dilihat oleh mata akan menjadi hitam.


Mengapa kita melihat warna hijau lebih baik daripada warna lain?

Di antara tiga warna primer, merah, hijau dan biru, yang memungkinkan untuk menyusun dan melihat berbagai warna dan corak lainnya, mata manusia membedakan dirinya lebih baik dari hijau.

Telah lama diketahui bahwa perkembangan, terutama dari sudut pandang manusia, menjelaskan sebagian perkembangan tunggalnya dalam sejarah evolusi. Dan sejak saat itu pria itu bisa melihat dengan sangat baik hijaunya. Memang organisme klorofil selalu mewakili bagian penting dari makanan, untuk hewan maupun untuk pria.

Di dasar rantai makanan, pentingnya organisme berwarna hijau telah mengarahkan visi manusia untuk berspesialisasi, dengan tujuan membedakan keseluruhan coraknya untuk memaksimalkan peluang bertahan hidup.

Dengan demikian, dalam warna kuning-hijau mata memiliki kepekaan terbesar. Pengujian menunjukkan bahwa untuk melihat lebih akurat, lampu merah oranye harus 10 kali lebih kuat.

Sensitivitas mata manusia terhadap warna hijau menjelaskan mengapa kamera foto digital memiliki dua piksel hijau untuk piksel merah dan satu piksel biru. Hal yang sama untuk layar yang berbeda. Dua piksel hijau memungkinkan untuk membuat semua warna menjadi hijau.

Perhatikan bahwa warna dibentuk kembali di otak kita dengan mencampur persepsi cahaya biru, hijau dan merah. Dengan melakukan campuran tiga warna primer ini, otak manusia memiliki kapasitas teoretis untuk melihat hingga 8 juta warna. Tapi kebanyakan dari kita hanya melihat satu sampai dua juta.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Sciencing, Aiken Standard, Mental Floss

Deskripsi foto: Pencampuran warna aditif dengan warna RGB. Warna aditif atau pencampuran aditif adalah properti dari model warna yang memprediksi penampilan warna yang dibuat oleh lampu komponen yang bertepatan, yaitu warna yang dirasakan dapat diprediksi dengan menjumlahkan representasi numerik dari warna komponen.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-10-09T18:36:28+07:00 Oktober 9th, 2021|IPA|0 Comments

Leave A Comment