Cara Daftar Prakerja | Bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya

Cara Daftar Prakerja

Berikut cara daftar Prakerja; sebelum daftar, pastikan Anda seorang: WNI,
minimal berusia 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Belajar gratis, dapatkan juga insentif. Dengan Kartu Pra-Kerja, raih masa depan yang lebih baik! Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat coretan seperti kertas, pensil / pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan masalah dalam cara daftar Prakerja.

Pilih formasi yang Anda inginkan! Pastikan Anda mengikuti dan menyelesaikan kursus pelatihan yang Anda pilih.

1. Daftar dan buat akun di: https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
Anda akan menerima notifikasi via email dan verifikasi email Anda (check spam jika perlu).

2. Pendaftaran berhasil. Selamat, Anda telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja!

  • Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, akan masuk ke dashboard akun.
  • Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda, lalu klik Berikutnya.
  • Lakukan verifikasi nomor handphone dan Klik Kirim. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. Klik Verifikasi.

3. Isi Pernyataan Pendaftar, wajib isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

4. Wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar.

  • Klik Mulai Tes Sekarang.
  • Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi.
  • Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berlangsung selama maksimal 25 menit dengan 18 soal. Anda bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Pendaftaran Anda sedikit lagi selesai dan Anda tinggal ikut seleksi Gelombang.

  • Pilih Gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili Anda, lalu klik Gabung.
  • Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung
  • Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap pendaftaran Anda selesai!

Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang. Jika Anda belum lolos, Anda bisa ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun Anda.

Alamat Situs Prakerja Resmi – Hati-Hati Penipuan

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id

Situs ini sering dan sangat banyak sekali dikunjungi oleh orang, jika situs sedang “down” atau tidak bekerja, mohon tunggu sebentar dan kunjungi lagi.

🌐 Live chat juga ada di: www.prakerja.go.id

Akun resmi Instagram: https://www.instagram.com/prakerja.go.id/

Syarat Cara Daftar Prakerja

Insentif akan disalurkan secara bertahap, yang akan diberitahukan pada akun atau notifikasi via email resmi kartu prakerja. Insentif dapat digunakan untuk meringankan biaya yang sudah dihabiskan ketika pelatihan seperti makan, pulsa dan transport; atau meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

  • Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  • Pekerja formal atau informal
  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Korban PHK
  • Pelaku usaha mikro dan kecil

Umumnya, tunjangan penerima Kartu Prakerja, selama COVID-19 peserta mendapat manfaat Rp 3 550 000, bantuan pelatihan Rp1 juta, penuntasan pelatihan Rp 3 550 000 per bulan selama 4 bulan, serta insentif survei keberkerjaan Rp 150 ribu.

Status lolos atau tidak lolos – Cara Daftar Kartu Prakerja

Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Anda! Pastikan nomor HP tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP.

1. Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun Anda.

2. Kemudian cek dashboard Anda. Jika lolos seleksi gelombang, Anda juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Anda juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun Anda.

3. jika tidak lolos, Anda akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja Anda.

4. Jika gagal seleksi Gelombang karena kuota habis, Anda dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Apakah Kartu Prakerja itu?

Ini adalah program pemerintah yang dirancang untuk membantu Anda mengembangkan dan meningkatkan keterampilan penting untuk kehidupan kerja Anda. Semua yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan karier dapat ditemukan di Prakerja.

Ambil contoh bahasa Inggris; kepercayaan yang baik dalam penggunaan bahasa internasional ini akan melihat peluang karir Anda meningkat secara dramatis.

Pemerintah resmi meluncurkan situs kartu prakerja melalui program pelatihan berbasis online maupun offline. Kartu prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi (skill), meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja dalam negeri kita.

Baca juga 👉 Tenses Bahasa Inggris | Rumus, Penjelasan, Contoh Soal dan Jawaban

Apa yang ditawarkan Kartu Prakerja?

  • Pemerintah akan membiayai pelatihan Anda.
  • Pelatihan ini akan melengkapi pendidikan formal Anda.
  • Pelatihan ini akan mendukung peluang kerja Anda.

Tampak luar biasa bukan? Bisakah itu menjadi lebih baik? Ya itu bisa!
Peserta program akan menerima Rp 600.000 per bulan selama 3 sampai 4 bulan ditambah pelatihan gratis.

Setelah Anda menyelesaikan pelatihan, pemerintah akan benar-benar memberi Anda bonus dan itu hanya untuk menyelesaikan pelatihan dan menyelesaikan survei. YA TUHAN!!!

Selain itu, untuk semua siswa dari sekolah dasar hingga atas – Bahasa Inggris Menengah Hari Ini akan memperpanjang penggunaan Platform Online Bahasa Inggris kami dari 3 bulan, benar-benar gratis!

Kombinasi yang luar biasa! Anda menerima pelatihan, meningkatkan keterampilan, menjadikan diri Anda lebih menarik bagi pemberi kerja sambil menghasilkan uang nyata dan Anda dapat logon selama 12 bulan ke platform pembelajaran bahasa Inggris online terbaik di Indonesia dan semua ini tidak membebani Anda! Masa depanmu sedang menunggu, ayo!

Baca juga 👉 Penyebab Kemiskinan | 10 Faktor Kemiskinan Global

Pelopor pembuat kartu Prakerja

Presiden Joko Widodo (atau Jokowi) telah mengidentifikasi sumber daya manusia dan pengembangan keterampilan sebagai prioritas utama dalam masa jabatan kedua kepresidenannya. Dalam kampanyenya, Presiden Jokowi memperkenalkan konsep Kartu Pra-Kerja / Kartu Pra-Kerja sebagai salah satu kebijakan inovatif untuk mendukung pengembangan keterampilan dan peningkatan kompetensi pekerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka di pasar tenaga kerja.

Kartu Pra-Kerja adalah bagian dari komitmen yang lebih luas dari pemerintah saat ini untuk mendukung pembelajaran seumur hidup dan menanggapi pasar kerja yang dinamis yang menuntut pekerja untuk dapat memperolehnya.

Keterampilan tertentu dan melakukan reskilling dan upskilling. Namun, prioritas akan diberikan kepada lulusan sekolah menengah atas (SMA / SMK / MA) pengangguran muda yang kurang keterampilan. Di Indonesia, 20% orang berusia antara 18 hingga 24 tahun menganggur. Dari jumlah tersebut, 78% adalah lulusan SMA atau lebih tinggi, dan 90 persen di antaranya tidak pernah mendapatkan pelatihan untuk mempersiapkan mereka secara memadai keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.

Ide Kartu Pra-Kerja adalah untuk memberikan bantuan pelatihan kejuruan kepada pekerja yang sedang mencari pekerjaan, serta pekerja yang menganggur dan pekerja aktif yang ingin meningkatkan keterampilan / kompetensinya. Bentuknya berupa voucher non tunai untuk mendukung biaya pelatihan, berkisar antara 3 hingga 7 juta rupiah per orang yang dapat digunakan dalam setahun.

KSP dan CMEA telah mengoordinasikan pengembangan kebijakan dan proses Kartu Pra-Kerja, yang akan dilaksanakan dengan dukungan Kantor Manajemen Proyek (PMO) di CMEA.

Pemerintah Indonesia berencana untuk melakukan uji coba implementasi Kartu Pra-Kerja di Jakarta dan Bandung sekitar akhir Maret 2020. KSP, CMEA dan kementerian terkait telah terlibat dengan perusahaan digital dan teknologi, penyedia pelatihan dan sektor swasta untuk mengembangkan platform dan mendukung implementasi Kartu Pra-kerja. Untuk mewujudkan reformasi ini, pemerintah juga melakukannya mengalokasikan Rp 10 triliun dari APBN (penjabaran) tahun depan yang dikelola Kementerian Keuangan, termasuk Rp50 miliar untuk mendukung PMO tahun pertama.

Prospera telah diminta oleh KSP dan CMEA untuk mendukung reformasi yang kompleks ini, sejalan dengan hasil Prospera dalam mengembangkan pasar yang berfungsi dengan baik dan menciptakan lapangan kerja. Pasar Prospera dan tim CMEA Hub akan berkoordinasi dengan CMEA dan KSP untuk memastikan efektivitas dukungan, menyatukan sumber daya internal Prospera dan penasihat eksternal sesuai kebutuhan.

Sumber bacaan dan foto: Prakerja

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-02-27T16:12:08+07:00 Februari 27th, 2021|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment