fbpx

Cara Menulis Cepat & Efektif Dengan Tangan Atau Komputer – Pasti Berhasil

10 Cara Menulis Cepat & Efektif – Dengan Tangan Atau Komputer – Pasti Berhasil

Dengan menulis cepat, banyak hal yang bisa Anda tuliskan. Meskipun demikian, harus ada tujuan dalam hati yang ditujukan untuk diri sendiri kenapa Anda mau menulis?

Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari menulis dengan cepat, seperti:

  • Menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan atau sekolah, tesis, makalah dengan cepat & efektif.
  • Mengikat ilmu agar tidak mudah terlupakan.
  • Mendidik menjadi lebih kreatif.
  • Menulis adalah sebagai media belajar juga.

 

1. Latihan Pemanasan & Tahu Apa Yang Anda Ingin Katakan

Menulis setiap hari tidak hanya membuat Anda pada jalur cepat untuk benar-benar menulis sesuatu yang baik, ini membantu Anda untuk melatih jenis tulisan-tulisan lainnya. Anggap saja sebagai cara untuk mendapatkan tulisan “bermutu standard” sebelum Anda sampai pada hal-hal yang baik.

Kunci dari cara menulis lebih cepat adalah mengetahui apa ide utama Anda. Ide utama harus menjadi sesuatu yang bisa Anda jelaskan dalam satu kalimat dan tidak membawa ilmuwan roket untuk memahaminya. Artinya, kecuali Anda menulis tentang ilmu tentang roket.

Untuk cara menulis cepat “standar” jenis artikel dan posting blog, karena bisa menjelaskan ide utama Anda dalam satu kalimat akan cukup dan membawa Anda ke langkah berikutnya.

 

2. Tulis Garis Besar Ide Anda / Pemahaman / Kerangka

Buatlah garis besar tulisan Anda. Jika Anda mengetahui cara menghafal yang terbaik untuk Anda, gunakan kata kunci untuk menulis seluruh perkataan dosen atau pewawancara Anda. Pastikan Anda membuat garis besar yang mudah dimengerti oleh Anda. Jika Anda tidak bisa mengerti tulisan Anda di kemudian hari, usaha Anda akan sia-sia.

 

– Jika Anda sedang  menulis esai, pikirkan kalimat tesis Anda dan berikan kata kunci untuk setiap topik atau paragraf yang Anda cakup.

– Untuk penulisan artikel, Anda bisa membuat garis besar per bagian.

– Untuk penulisan novel, Anda bisa membuat garis besar per bagian atau berdasarkan plot, tergantung kedalaman yang Anda perlukan.

 

Kerangka merupakan peta bagi Anda dalam menyusuri setiap ide-ide yang sudah ada di dalam otak sebelum menuangkannya menjadi bentuk tulisan. Tidak perlu menguraikannya secara kompleks, dalam penulisan garis besar cerita anda dapat menulis judul,  karakter tokohnya seperti apa, permulaan konflik, klimaks, hingga akhir cerita secara sederhana dan setelah membuat kerangkanya barulah Anda bisa mengembangkan cerita itu sebaik mungkin. []

 

3. Persiapan & Pelajari Topik Penelitian Anda Sebelumnya

Hal ini sangat penting jika Anda dikejar waktu pengumpulan. Anda tidak bisa menulis jika Anda belum melakukan riset sebelum menulis. Setelah Anda melakukan riset, proses menulis sebenarnya sangat mudah.

Teliti topik Anda. Jika Anda menulis tentang topik yang relatif tidak Anda ketahui, Anda perlu melakukan penelitian. Itulah yang penulis profesional lakukan.

Hanya karena Anda bukan pakar terhadap topik tersebut, bukan berarti Anda tidak dapat menulis tentang hal itu. Gunakan internet atau ke perpustakaan untuk memastikan bahwa hal yang Anda tulis adalah benar dan gunakan sumber-sumber yang terpercaya. Bahkan jika Anda memiliki pengetahuan yang lebih tentang topik Anda, tetap saja tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit riset. Penelitian, akan membantu Anda untuk merangsang gagasan baru yang mungkin Anda lupakan.

 

4. Hindari Gangguan-Gangguan

Anda tidak akan bisa menulis jika Anda selalu diganggu atau merasa terganggu oleh orang yang melihat Anda. Anda mengetahui cara menghindari gangguan yang terbaik untuk Anda. Jika Anda bekerja lebih baik di lingkungan dengan banyak orang, pergilah ke kafe atau perpustakaan. Jika Anda perlu musik untuk menginspirasi, putarlah lagu yang menginspirasi atau tidak mengganggu Anda, seperti musik instrumental.

 

– Gunakan program seperti RescueTime untuk mengurangi waktu yang Anda habiskan di Tumblr, Facebook, Twitter, dll. Jika Anda tidak bisa bermalas-malasan di dunia maya, Anda akan bisa menulis.

– Matikan ponsel Anda. Rasa-rasanya tidak mungkin Anda menerima kabar darurat saat Anda menghabiskan beberapa jam untuk menulis, jadi singkirkan saja sumber gangguan itu!

 

5. Aturlah Penghitung Waktu / Timer

Meskipun penghitung waktu terkadang menyebalkan dan dapat membuat stres, penghitung waktu akan membantu Anda untuk menyelesaikan tulisan Anda dengan cepat. Anda mungkin memiliki perkiraan berapa lama Anda bisa menyelesaikan menulis bagian novel, esai atau artikel tanpa gangguan. []

 

– Anda bahkan tidak perlu menggunakan penghitung waktu sungguhan. Jika Anda membuat kue sebelum menulis, penghitung waktu Anda adalah pembakaran kue Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapat hadiah bagi diri Anda sendiri setelah selesai menulis.

– Jika Anda bisa, menulislah di bis atau kereta. Dengan cara ini, Anda akan menyelesaikan setidaknya sebagian tulisan saat Anda turun.

 

” Anda akan berjuang, merasa frustrasi dan mungkin “jatuh”. Tidak apa-apa. Hal ini adalah bagian dari proses belajar. Tapi jika Anda bertahan, jika Anda terus menulis, sama seperti anak yang akan secara otomatis berdiri lagi setiap kali dia jatuh.

Dengan hal ini, Anda akan belajar menulis lebih baik dan lebih cepat. Dan seperti yang Anda lakukan lebih jika itu, itu akan menjadi lebih mudah. Tak lama kemudian, Anda pasti akan bisa mengumpulkan artikel 1000 kata dalam 30 menit.


6. Rileks & Perhatikan Posisi Tubuh

Dalam keadaan rileks Anda seperti orang jenius, yaitu sebuah kondisi saat Anda merasakan semua hal yang ada di kepala tersalurkan dengan deras dalam kata-kata yang mengalir begitu cepat. Secepat Anda mengetik dengan menggunakan sepuluh jari tangan Anda.

 

Mempertahankan postur tubuh yang baik dapat memastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat dan menekankan pada otot, sendi dan ligamen Anda didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh Anda. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh Anda, menyebabkan otot lelah, kencang atau sakit di leher, punggung, lengan dan kaki, kekakuan dan nyeri sendi.

Postur tubuh yang benar pada saat Anda duduk untuk menulis dengan tangan

  • Telapak kaki datar di lantai.
  • Paha tinggi sejajar dengan lantai dan lutut pada sudut 90 derajat.
  • Badan tegak lurus, condong ke arah meja.
  • Lengan depan beristirahat di meja dengan tingkat siku dengan meja kerja pada posisi 90 derajat.
  • Stabilkan kertas dengan tangan yang tidak dominan (jika Anda kidal gunakan tangan kanan untuk menahan kertas  / buku).
  • Leher dan bahu santai
  • Tubuh berhadapan dengan meja sehingga lengan yang tidak dominan bisa menopang berat tubuh
  • Kertas agak condong ke kanan (jika Anda kidal) atau agak condong ke kiri (jika Anda menulis dengan tangan kanan. []

 

Postur tubuh yang benar pada saat Anda duduk untuk menulis dengan komputer

Posisi duduk

  • Posisi paha horisontal, sejajar dengan lantai. Dan posisi telapak kaki menapak ke tanah. Bila tidak, berarti posisi duduk Anda terlalu tinggi.
  • Bantalan kursi menopang punggung bagian bawah, sehingga punggung tetap tegak & ubah posisi duduk Anda secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Punggung santai tapi tidak membungkuk.
  • Kepala tak membungkuk atau terlalu condong ke depan.

Monitor

  • Pastikan layar monitor dalam kondisi bersih, sehingga tak ada noda yang menghalangi pandangan mata.
  • Atur setelan brighthness dan kontras layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata.
  • Pencahayan layar monitor diatur secara seksama, agar tidak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata.
  • Atur posisi bagian atas layar sejajar atau sedikit di bawah pandangan mata.
  • Jarak antara mata ke layar antara 50-60 cm.

Posisi Meja

  • Letakkan keyboard pada posisi yang membuat lengan terasa rileks.
  • Posisi siku dengan meja membentuk sudut 90 derajat.
  • Pergelangan tangan pada posisi netral, lurus dan nyaman.
  • Saat mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.
  • Tempatkan tetikus / mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu  jauh untuk meraihnya & klik gambar untuk memperbesar tulisan-tulisan. []


7. Gunakan Stenografi Atau Otomasi

Jika Anda menulis dengan tangan

Pelajari sistem stenografi. Cara ini adalah cara paling baik untuk menulis cepat. Jika Anda giat berlatih, dengan menggunakan stenografi Anda bisa menulis hingga 200 kata per menit — setara kecepatan stenografer negara! Stenografi Gregg adalah sistem paling cepat dan populer di Amerika; namun jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mempelajari sistem stenografi non-simbolik, sistem stenografi simbolik seperti Speedwriting bisa meningkatkan kecepatan tulis Anda hingga 60-100 kata per menit. []

– Stenografi Gregg terkadang berbasis fonetik atau ejaan dan menggunakan garis berlekuk untuk memisahkan kata. Sistem ini dinilai lebih baik dari sistem Pitman untuk menulis catatan. []

– Stenografi Pitman adalah teknik stenografi terbaik yang menggunakan bunyi ucapan, alih-alih ejaan. Misalnya, “f” akan ditulis seperti bunyi “elephant,” “find,” atau “tough.” Stenografi ini menggunakan garis miring, kurva, dan titik untuk menggantikan bunyi pada bahasa. []

Speedwriting juga merupakan sistem fonetik yang menyingkat kata, sehingga Anda tidak perlu menulis bunyi yang tidak disuarakan. Speedwriting menggunakan simbol dan huruf tertentu untuk menggantikan bunyi (seperti “.” untuk “the“, atau “+” untuk “and“. Teknik speedwriting dianggap 2 kali lebih cepat dari tulisan tangan biasa.

– Stenografi Keyscript juga berbasis fonetik. Sistem ini hanya menggunakan huruf kecil pada alfabet dan memungkinkan Anda menulis 2.5 kali lebih cepat.

Stenografi hanya berguna jika Anda menghafalnya. Jika Anda tidak menghafalnya, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengingat simbol daripada menulis biasa.


Jika Anda menulis dengan komputer

Menggunakan sebuah aplikasi bernama “TextExpander” – yang memperluas jalan pintas keyboard menjadi teks yang sering digunakan – untuk salinan umum seperti email saya, alamat email, judul buku, kode HTML dan kata-kata dan ungkapan yang sering saya gunakan dalam tulisan saya. Anda bahkan dapat menggunakan singkatan TextExpander untuk menyisipkan gambar, tanggal sekarang, dan banyak lagi. (Aplikasi serupa termasuk TypeIt4Me untuk Mac dan Breevy untuk Windows).

Cara menulis cepat efektif


8. Stop Perfeksionisme & Berhenti Berpikir Seperti Jenius

Ini adalah merupakan jalan yang pasti untuk kegagalan dan frustrasi dan ini adalah perangkap mudah untuk jatuh ke dalamnya. Perfeksionisme adalah musuh bebuyutan dari usaha kreatif apa pun.

 

Paradoksnya adalah begitu Anda melepaskan kebutuhan untuk menjadi seorang yang jenius, Anda mungkin benar-benar mulai terlihat seperti orang jenius bagi pembaca Anda. Mengapa? Karena ketika Anda melepaskan diri Anda dari tekanan untuk menjadi jenius atau menjadi sempurna, Anda akan menyelesaikan tulisan esai, artikel atau novel.


9. Edit Dan Restrukturisasi

Sekarang Anda memiliki banyak tulisan di layar atau kertas Anda. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa ejaan, menemukan tata bahasa dan kesalahan logika yang aneh dan mungkin bahkan mengulang kata-kata dengan pilihan kata-kata yang lebih baik.

 

Ketika 20 halaman sudah terisi, hati Anda tergelitik untuk membacanya dari awal dan membuat Anda ingin memperbaikan kesalahan-kesalahan yang ada. Kurang koma, titik, terlalu banyak spasi dan sebagainya. Hal ini sangat tidak disarankan dan menghabiskan banyak waktu. Jangan membuat kegiatan menulis lebih sulit. Ketika Anda menulis berarti Anda sedang menciptakan sesuatu, merangkai kata-kata menjadi sebuah cerita dan karya seni. Cerita atau karya seni yang baik tidak dapat di peroleh dengan cara instan.


10. Kabiasaan Positif

Jadilah seorang yang lebih produktif dari apa yang pernah Anda mungkin pikirkan. Tanamlah kebiasan positif untuk menyelesaikan dari segala sesuatu. Berita, cerita, tulisan keren membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Untuk mengembangkan dan mempelajari taktik efektif ini, untuk menulis seperti seorang penulis profesional, Anda bisa mencobanya dari sekarang juga.

Jangan ragu untuk menggabungkan taktik: matikan pemeriksa tata bahasa, turunkan beberapa gelas air, nyalakan Ommwriter dan gunakan aplikasi expander teks untuk menghasilkan karya-karya Anda.

Kemungkinan Anda akan meningkatkan kecepatan Anda berkali-kali, sehingga Anda bisa melakukan lebih dari apa yang Anda cintai (petunjuk: menulis) setiap hari.

Siap untuk menulis? Atur timer / stop watch Anda dan mulailah!


 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Study Guides & Strategies

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:14:37+00:00 Mei 30th, 2017|Top 10|0 Comments

Leave A Comment