PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Dewa dan Dewi Yunani Kuno (Tokoh Mitologi)

7 min read

Dewa dan Dewi Yunani Kuno (Tokoh Mitologi)

Mitologi Yunani, Tentang Dewa dan Dewi Yunani Kuno

Anda pasti sudah pernah mendengar mitologi Yunani tentang Zeus, Aphrodite, Apollo, Poseidon, dan Dewa dan Dewi Yunani mitologi lainnya. Tapi apa legenda mereka dan apa kekuatan mereka? Intinya pada Dewa Yunani utama.

Tipologi mitos dan legenda Yunani utama

1. Kosmogoni: penciptaan dunia

Orang Yunani mengenal beberapa kosmogoni, yaitu kisah-kisah yang berkaitan dengan kelahiran dan tatanan kosmos yang progresif, dunia yang terorganisir. Yang paling kita ketahui, karena telah sampai kepada kita secara keseluruhan, adalah yang disusun oleh Hesiod dalam Teogoni dan yang menurutnya Kekacauan ada (atau muncul) terlebih dahulu, kemudian Eros dan Gaia (Bumi), yang melahirkan Ouranos (Surga), Pontos (Aliran Laut) dan dewa lainnya, sementara Kekacauan melahirkan yang lain, garis keturunan berbeda melahirkan sedikit demi sedikit, dari generasi ke generasi, semua dewa yang mewujudkan aspek fundamental alam (Helios, Selene ), dewa yang berdaulat (Cronos kemudian Zeus), tetapi juga untuk makhluk mengerikan yang kemudian dilenyapkan atau dikurung oleh para dewa atau para pahlawan (sebagian besar anak Nyx, tetapi juga Typheus dan keturunannya).

2. Antropogoni: penciptaan manusia

Sebuah antropogoni (dari anthrôpos, “manusia”, dan gonos, “penciptaan”) adalah penjelasan tentang penampakan manusia. Sama seperti orang Yunani memiliki beberapa kosmogoni, mereka juga mengenal beberapa antropogoni. Puisi mitologis yang paling terpelihara relatif tidak jelas tentang hal ini. Dalam epos Homer, tidak ada indikasi yang diberikan tentang asal usul umat manusia, dan para dewa tidak merasa bertanggung jawab atas keberadaan manusia: mereka puas untuk menanggapi manifestasi kesalehan mereka, sementara Zeus menjalankan fungsi hakim manusia dan mediator. antara dewa dan manusia. Hesiod, dalam Theogony, tidak menjelaskan penciptaan manusia: mereka muncul dalam puisinya pada saat pembagian Mekone dan tipu muslihat Prometheus, sebuah cerita yang menjelaskan di atas semua metode pengorbanan, salah satu praktik ibadah mendasar. dari agama Yunani. Dalam Works and Days, Hesiod menceritakan mitos ras, menggambarkan beberapa humaniora (beberapa genos) yang masing-masing terdiri dari logam yang berbeda, yang pertama, ras emas, yang berasal dari masa pemerintahan Cronus; tetapi ceritanya lebih sedikit tentang penciptaan manusia ini daripada tentang kebajikan mereka dan kemerosotan kondisi kehidupan mereka secara bertahap, yang justru membuat cerita ini tampak seperti asal mula mitos zaman keemasan. Ada juga tradisi asal usul manusia yang disebut mitos autochthony, yang menurutnya manusia pertama datang langsung dari bumi. Mitos ini digunakan oleh orang Athena, yang menggunakannya di zaman klasik untuk membenarkan keunggulan mereka atas negara-kota lain, tetapi tidak ada sumber yang dengan jelas menyajikan cerita bahwa seluruh umat manusia diciptakan dengan cara ini.

Oleh karena itu, sumber-sumber mitologi tetap tidak jelas tentang penciptaan manusia pertama, tetapi sebagian besar setuju dengan nama nenek moyang umat manusia saat ini: Deucalion dan Pyrrha, yang selamat dari banjir dan terlahir kembali manusia dari bebatuan. , seperti yang dilaporkan oleh Pindar di Olimpiade kesembilan. Tapi ini adalah kelahiran kembali umat manusia daripada asal mulanya yang paling awal, dan bagaimana manusia muncul sebelum Air Bah Deucalion jauh lebih tidak jelas.

3. Dewa primordial (generasi pertama para Dewa dan Dewi Yunani)

Dewa primordial atau Protogonos (Πρωτογόνος / Prōtogónos):

1. Ananké (Ἀνάγκη / Anánkē): Dewi takdir dan nasib. Dewi yang tak terhindarkan, paksaan dan kebutuhan. Dia lahir dari Gaia dan Ouranos dan merupakan istri kedua dari dewa cuaca Chronos. Dia ditugaskan oleh Rhea untuk melindungi Zeus dari ayahnya, Cronos.
2. Chaos (Χάος / Kháos): entitas primordial, yang pertama kali muncul. Kekosongan di mana segala sesuatu berasal. Dalam arti modern, khaos berarti sebuah kekacauan, tidak adanya aturan atau tata tertib.
3. Chronos (Χρόνος / Khrónos): dewa waktu dari tradisi Orphic. Lahir dari Gaia dan Ouranos, dia adalah suami dari dewi kebutuhan Ananké dan titanida keibuan Rhea.
4. Erebus (Ἔρεβος / Erebos): dewa kegelapan, muncul dari Kekacauan. Suami dari Nyx dan ayah dari Hemera dan Ether.
5. Eros (Ἔρως / Érōs; sesuai dengan bahasa Latin Cupid): dewa cinta dan tindakan seksual muncul dari Chaos atau putra Aphrodite dan Ares (asal bervariasi dari satu teks ke teks lainnya).
6. Eter (Αἰθήρ / Aithḗr): dewa cahaya langit, putra Nyx dan Erebus dan saudara laki-laki Hemera.
7. Gaïa (Γαῖα / Gaîa): muncul dari Chaos asli, dia adalah personifikasi bumi, ibu dari para Titan dan Raksasa, serta Hecatonchires dan Cyclops pertama.
8. Hemera (Ἡμέρα / Hēmera): dewi cahaya terestrial, putri Nyx dan Erebus, saudara perempuan Eter.
9. Hypnos (Ὕπνος / Hýpnos): dewa tidur, putra Nyx, saudara Thanatos dan Moros.
10. Moros (Μόρος / Móros): dewa nasib fatal atau kematian brutal; saudara Hypnos dan Thanatos. Putra Nyx.
11. Nèsoi (Νῆσοι / Nêsoi): dewi pulau dan laut.
12. Nyx (Νύξ / Nýx): dewi malam, pertama kali muncul dari Khaos dewa purba.
13. Olethros (Ὄλεθρος / Ólethros): nama lain Moro.
14. Ouranos (Οὐρανός / Ouranós): dewa langit, ayah para Titan. Putra dan suami Gaia.
15. Ourea (Οὔρεα / Oúrea): dewa pegunungan.
16. Phanes (Φάνης / Phánēs): dewa prokreasi dalam tradisi Orphic.
17. Pontos (Πόντος / Póntos): dewa laut, bapak ikan dan makhluk laut. Putra Gaia.
18. Tartarus (Τάρταρος / Tártaros): dewa bagian dunia bawah yang paling gelap dan terdalam, Tartarus. Ayah dari Raksasa.
19. Thalassa (Θάλασσα / Thálassa): roh laut dan permaisuri Pontos.
20. Thanatos (Θάνατος / Thánatos): dewa kematian alami; saudara Hypnos dan Moros. Putra Nyx.

4. Titan

Dua belas Titan, anak Ouranos dan Gaia:

1. Ceos (Κοῖος / Koîos): Titan intelek dan konstelasi; saudara laki-laki dan suami Phébé, ayah dari Léto dan Astéria.
2. Crios (Κρεῖος / Kreîos): Titan astronomi, suami dari Euribia, ayah dari Astreos, Pallas dan Perses.
3. Cronos (Κρόνος / Krónos): Raja para Titan, saudara laki-laki dan suami Rhea, ayah Zeus, Poseidon, Hades, Hera, Demeter dan Hestia.
4. Hyperion (Ὑπερίων / Hyperíōn): Titan Cahaya; saudara laki-laki dan suami Theia, ayah dari Helios (Matahari), Selene (Bulan) dan Eos (Fajar).
5. Lapetus (Ἰαπετός / Iapetós): Titan Kematian dan Barat; suami dari Clymene, ayah dari Prometheus, Epimetheus, Menetios dan Atlas.
6. Mnemosyne (Μνημοσύνη / Mnēmosýnē): Titanida ingatan dan ingatan; kekasih Zeus, ibu dari Muses.
7. Samudera (Ὠκεανός / Ōkeanós): Raksasa sungai, laut, dan samudra. Kakak dan suami Tethys, ayah dari 3.000 Sungai dan 3.000 Oceanid.
8. Phébé (Φοίβη / Phoíbē): Titanide kecerdasan dan ramalan, saudara perempuan dan istri Ceos; ibu dari Leto dan Asteria.
9. Rhea (Ῥέα / Rhea): Titanida kesuburan, ibu dan hewan; saudara perempuan dan istri pertama Cronos dan ibu dari Zeus, Hades, Poseidon, Hera, Demeter dan Hestia.
10. Tethys (Τηθύς / Tēthýs): Titanida air, sungai dan mata air, saudara perempuan dan istri Samudra; ibu dari 3000 Sungai dan 3000 Oceanids.
11. Theia (Θεία / Theía): Titanida penglihatan dan cahaya cemerlang langit biru; saudara perempuan dan istri Hyperion, ibu dari Helios, Selene dan Eos.
12. Themis (Θέμις / Themis): Titanide ketertiban, hukum dan keadilan, istri kedua Zeus, ibu dari Moirai, Jam dan Astrea.

5. Dua Belas Dewa Olimpus atau Olympian

Dua belas Dewa Olympian adalah Dewa utama yang dipuja oleh orang Yunani kuno. Mereka mengambil nama mereka dari rumah mereka, yaitu Gunung Olympus – gunung tertinggi di Yunani – di perbatasan antara Thessaly dan Makedonia. Dalam mitologi Yunani, ada dewa kecil, dewa besar serta banyak dewa yang berbeda, tetapi di zaman kuno Yunani kami tidak terlalu peduli untuk menghitungnya. Sumber pertama datang kepada kita dari Homer dan Hesiod (abad ke-8 SM)

Himpunan dewa Yunani disebut sebagai “pantheon”, sedangkan daftar dua belas sering disebut sebagai “dodecatheon”. Oleh karena itu komposisi daftar dodecatheon bervariasi menurut waktu, sehingga ada empat belas dewa yang muncul kurang lebih secara teratur dalam daftar yang berbeda. Secara umum, dewa-dewa mitologi Yunani didistribusikan dalam daftar dengan jumlah yang sama, enam dewa dan enam dewi.

12 dewa Olympus dalam urutan kepentingannya:

1. Zeus

Zeus (Ζεύς) atau Dias (Δίας) adalah raja dan ayah dari semua dewa. Dia adalah penguasa cuaca, melempar petir saat dia marah, tetapi melindungi orang asing dan keluarga dan dia adalah penjamin tatanan moral. Setelah tidur dengan banyak wanita selain istri resminya Hera dan karenanya memiliki banyak keturunan, dia dipanggil jika ada masalah kesuburan.

2. Hera

Hera (Ήρα) adalah istri Zeus (dia juga saudara perempuannya, karena mereka berdua memiliki orang tua Cronos dan Rhea). Hera melambangkan kesetiaan dan melindungi wanita dan pernikahan.

3. Athena

Athena (Αθηνά), adalah putri kesayangan Zeus yang dia miliki bersama Metis. Takut dicopot oleh salah satu putranya untuk ikut bersama Metis, Zeus menelan Metis saat dia masih hamil. Tapi Zeus terserang sakit kepala yang parah, Athena keluar dari tengkoraknya. Athena adalah dewi kebijaksanaan, yang dilambangkannya dengan burung hantu, tetapi juga perang.

4. Demeter

Demeter (Δήμητρα) juga putri Cronus dan Rhea. Dia adalah dewi kesuburan dan panen. Dia sering membawa sebatang gandum.

5. Afrodit

Aphrodite (Αφροδίτη) adalah dewi cinta dan kecantikan. Dia lahir dari benih Ouranos yang alat kelaminnya dibuang Cronus ke laut.

6. Hermes

Hermes (Ερμής), utusan para dewa, pembawa keberuntungan, penjaga jalan dan persimpangan jalan, pendamping jiwa di dunia lain, dia adalah pelindung perdagangan dan pelancong, tetapi juga para bandit dan pembohong.

7. Apollo

Apollo (Απόλλων), putra Zeus lahir di pulau Delos, dewa cahaya dan musik. Ia juga dianggap sebagai dewa seni ramalan.

Baca juga: 12 Dewa Olimpus Dari Yunani Yang Menguasai Alam Semesta

8. Hesti

Hestia (Εστία), pelindung rumah keluarga, putri Cronos dan Rea.

9. Hephaestus

Hephaestus (Ήφαιστος), sering digambarkan jelek dan lumpuh, putra Zeus dan Hera, dia adalah penguasa gunung berapi, dewa api dan pandai besi.

10. Poseidon

Poseidon (Ποσειδών), saudara Zeus, dia adalah dewa laut, sungai, dan semua perairan yang dia perintah dengan trisula.

11. Ares

Ares (Άρης), putra Zeus dan Hera, dia adalah dewa perang, sering berselisih dengan Athena, dewi perang lainnya.

12. Artemis

Artemis (Άρτεμις), dewi perburuan dan alam liar, dia adalah saudara kembar Apollo.

Menurut penulisnya, Hestia dan Demeter digantikan oleh Dionysus dan Hades, masing-masing dewa anggur dan dewa dunia bawah.

6. Demigod (Penjelmaan Tuhan Dewa dan Dewi Yunani)

Penjelmaan Tuhan, disebut juga setengah dewa (bahasa Inggris: Demigod), adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan tokoh dalam mitologi yang salah satu orang tuanya adalah dewa.

1. Achilles (Ἀχιλλεύς / Akhilleús): pahlawan yang hampir tak terkalahkan. Dia bertarung selama Perang Troya dan dianggap sebagai pejuang terhebat di Iliad.
2. Amphiaraos (Ἀμφιάραος / Amphiáraos): pahlawan perang Tujuh melawan Thebes, roh peramal setelah kematiannya.
3. Aristaeus (Ἀρισταῖος / Aristaîos): pahlawan Thessaly, penemuannya mengabadikannya sebagai dewa peternakan lebah, pembuat keju, ternak, penanaman zaitun, dan berburu.
4. Asclepios (Ἀσκληπιός / Asklēpiós): tabib dari Thessaly yang disambar petir oleh Zeus, kemudian dipulihkan olehnya dengan menempatkannya di langit (konstelasi Serpentarius atau Ophiuchus, dilalui oleh Matahari dari 29 November hingga 18 Desember).
5. Attis (Ἄττις / Áttis): permaisuri Cybèle.
6. Bolina (Βολίνα / Bolína): wanita fana yang diubah menjadi bidadari abadi oleh Apollo.
7. Dioscuri (Διόσκουροι / Dióskouroi):
7.A. Castor (Κάστωρ / Kástōr): putra Leda dan Tyndareus
7.B. Pollux (Πολυδεύκης / Polydeúkēs): putra Leda dan Zeus
8. Eacus (Αἰακός / Aiakós): raja Aegina, menjadi hakim Dunia Bawah setelah kematiannya.
9. Endymion (Ἐνδυμίων / Endymíōn): kekasih Selene, menerima tidur abadi agar tidak menjadi tua atau mati.
10. Aeolus (Αἴολος / Aíolos): ditunjuk oleh Zeus untuk menjadi penguasa angin.
11. Ganymede (Γανυμήδης / Ganymḗdēs): Pangeran Trojan, diculik oleh Zeus dan menjadi juru minuman para dewa.
12. Glaucos (Γλαῦκος / Glaûkos): pendosa, dibuat abadi setelah menelan ramuan ajaib.
13. Hemithea (Ἡμιθέα / Hēmithéa) dan Parthenos (Παρθένος / Parthénos): putri Naxos yang menceburkan diri ke laut untuk melarikan diri dari murka ayah mereka, diubah menjadi dewa oleh Apollo.
14. Herakles (Ἡρακλῆς / Hēraklês): pahlawan yang terkenal dengan dua belas pekerjaannya.
15. Ino (Ἰνώ / Inṓ): putri Thebes, yang menjadi dewi laut Leucothea.
16. Lampsaque (Λαμψάκη / Lampsákē): putri Bebryce semi-sejarah, dihormati sebagai dewi atas bantuannya kepada orang-orang Yunani
17. Leucippides (Λευκιππίδες / Leukippides): istri Dioscuri:
Hilaire (Ἱλάειρα / Hiláeira): istri Castor.
Phoebe (Φοίβη / Phoíbē): istri Pollux.
18. Melicertes (Μελικέρτης / Melikértēs) atau Palaemon (Παλαίμων / Palaímōn): pangeran Thebes, yang menjadi dewa laut bersama ibunya, Ino.
19. Minos (Μίνως / Mínōs): raja Kreta, menjadi hakim Dunia Bawah setelah kematiannya.
20. Orithye (Ὠρείθυια / Ōreíthyia): putri Athena yang diculik oleh Boreus, yang menjadi dewi hembusan dingin pegunungan.
21. Philonoe (Φυλονόη / Phylonóē): putri Tyndareus dan Leda, dijadikan abadi oleh Artemis
22. Psyche (Ψυχή / Psykhḗ): dewi Jiwa.

Herakles Statue in Athens
Heracles adalah pelindung ilahi umat manusia, pelindung gimnasium
Heracles, pahlawan Yunani yang paling terkenal, terkenal karena keberaniannya, kekuatannya, belas kasihnya, dan karakternya yang dermawan, sama besarnya dengan kelebihannya. Sering dipanggil dengan nama alexikakos, yang mengalihkan kejahatan, dia mewujudkan makhluk yang bertindak demi kebaikan manusia.
Foto diambil oleh www.PinterPandai.com di Museum Arkeologi Nasional, Athena, Yunani. Pinterpandai.com, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Dewa penting

  • Pluto (penguasa dunia bawah, kesuburan pertanian, dan kekayaan bawah tanah).
  • Dionysus (panen anggur, pembuatan anggur, kebun dan buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, kesuburan, pesta, kegilaan, kegilaan ritual, ekstasi religius, dan teater).
  • Asclepius:
    • Pan: Dewa alam liar, gembala dan kawanan domba, musik pedesaan dan dadakan, dan pendamping bidadari.
    • Eros: Dewa cinta, nafsu, keinginan dan seks.

Dewa kecil

  • Helios: Dewa matahari, terkadang disebut Titan.
  • Muses: Dewi sastra, sains, dan seni.
  • Nereids: Dewi kekayaan laut dan pelindung para pelaut dan nelayan, datang membantu mereka yang dalam kesulitan.
  • Hecate: Dewi sihir, sihir, malam, cahaya, hantu, necromancy, dan bulan.
  • Eris: Dewi perselisihan dan perselisihan. Kondisi ini ditandai dengan tidak adanya kesepakatan atau keharmonisan. Perselisihan menyiratkan kurangnya harmoni intrinsik atau esensial yang menghasilkan pertengkaran, perpecahan, atau antagonisme. STRIFE menekankan perjuangan untuk keunggulan daripada keganjilan atau ketidakcocokan orang atau hal-hal yang terlibat.
  • Orpheus: Dewa musik.

Pahlawan

  • Heracles: Dewa kekuatan dan pahlawan.
  • Theseus: Dewa kecerdasan dan kebijaksanaan ilahi.
  • Jason: paling dikenal sebagai pemimpin Argonauts. Argonaut adalah kumpulan orang-orang dalam mitologi Yunani yang ikut menemani Iason dalam perjalanannya mencari bulu domba emas ke Kolkhis (sebelah barat Georgia modern). Nama Argonaut berasal dari nama kapal yang mereka gunakan untuk berlayar, yakni kapal Argo, sehingga Argonaut bermakna “pelaut Argo”. Kapal Argo sendiri dinamai dari nama pembuatnya, yaitu Argus. Para Argonaut kadang disebut sebagai Bangsa Minya, yang merupakan suku di daerah tersebut.
  • Perseus: Dewa perang.
  • Bellerophon: Dewa laut.
  • Meleager: pemburu dan pejuang yang hebat.

Keramik Yunani Kuno | Jenis dan Berbagai Macam Contohnya (tembikar, vas)


Sumber bacaan: CleverlySmart, Greek TravelTellers, Wikipedia, Behind the Name

Sumber foto: Artist: Louis-Marie Baader. Judul: Tokoh mitologi Yunani di atas perahu dekat dermaga. Source: https://www.lempertz.com/en/catalogues/lot/1037-1/104-after-charles-gleyre.html (Public Domain) via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *