PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Dewi Malam Yunani | Rahasia Nyx Dalam Mitologi Kuno

2 min read

Nyx dewi malam yunani

Dewi Malam Yunani

Dalam mitologi Yunani, Malam (Nyx) adalah personifikasi kegelapan. Dewi Malam Yunani bernama Nyx (Νύξ / Nyx dalam bahasa Yunani, Nox dalam bahasa Latin) adalah personifikasi dewi malam, artinya orang Yunani percaya bahwa Nyx adalah dewi malam tetapi mereka juga percaya bahwa Nyx adalah malam.

Seperti banyak dewa purba, dia tidak memiliki representasi dan deskripsi yang tepat. Namun, kita tahu bahwa dia tinggal di ujung dunia dan memiliki karunia bernubuat. Dia adalah dewi yang baik hati, terutama terhadap anak-anaknya yang dia sangat protektif. Kekuatannya ditakuti karena, meskipun Zeus melawan para raksasa, dia takut pada Nyx dan tidak pernah mengambil risiko menghadapinya. Misalnya: suatu hari untuk menyerang Heracles, Hypnos menidurkan Zeus dan berlindung dengan ibunya; Zeus menyerah balas dendam karena dia akan dipaksa untuk melawan Nyx yang akan melindungi putranya.

Dalam periode yang lebih baru daripada zaman kuno, dia muncul sebagai wanita bersayap, mengenakan kerudung biru tengah malam di wajahnya. Terkadang dia berada di kereta hitam yang ditarik oleh kuda hitam.

BnF MS Gr139 folio 435 verso - detail - Nyx
Dewi Nyx (“Malam”; Yunani: Νύξ, Núx; Latin: Nox) dalam manuskrip Yunani abad ke-10, Psalter Paris. Menurut penyair Yunani abad ke-8 SM Hesiod, Nyx adalah putri Kekacauan. Di sini Nyx diberi label dan ditampilkan lincah dengan kulit gelap, dengan pakaian gelap dan mantel berbintang, dan memegang obor menyala terbalik. Bibliothèque nationale de France, Public domain, via Wikimedia Commons

Anak-Anak

Dewi ini penting bukan hanya karena senioritas dan perannya, tetapi juga karena dia adalah ibu dari banyak makhluk. Di antara yang utama, dengan Erebus, dia melahirkan Eter, dewa udara purba, dan Hemera sang cahaya dan Epiphron sang kehati-hatian.

Sendirian, dia melahirkan beberapa dewa. Yang paling terkenal adalah saudara kembar Thanatos, dewa kematian dan Hypnos, dewa tidur. Juga lahir Eris, dewi perselisihan dan Nemesis, dewi balas dendam. Keluarga Hesperides dan Moire juga adalah putri-putrinya. Beberapa sumber menyebutnya sebagai ibu dewi Hecate, serta Charon, tukang perahu dari Styx (sungai) yang akan menjadi putranya dalam beberapa versi). Anak-anak lain terkadang dikaitkan dengannya, tetapi penulis tidak setuju dengan itu.

Nyx by Henri Fantin-Latour
Lukisan karya Henri Fantin-Latour, 1897. Salah satu dari lima dewa primordial (dewa awal), Nyx mempersonifikasikan Malam, dia dan saudara laki-lakinya Erebus (Kegelapan) adalah dewa pertama yang dihasilkan dari Khaos primordial. Henri Fantin-Latour, Public domain, via Wikimedia Commons

Anak-anak Nyx

Dia melahirkan pada gilirannya tanpa kehadiran unsur laki-laki abstraksi dan alegori namun Hyginus dan Cicero (De natura rerum 3.17) menunjukkan Erebus sebagai ayah.

Nyx melahirkan Moros (Mantra) yang menjijikkan, Kèr si hitam dan Thanatos (Kematian); Dia melahirkan Hypnos (Tidur) dan, bersamanya, semua ras Mimpi, seribu Oneiroi, namun dewi yang murung ini tidak bersatu dengan dewa lain.

Kemudian dia memperanakkan Momos (Sarkasme), Oizys penuh dengan kesedihan (Distress), Hesperides, yang berada di luar Samudra yang termasyhur, menyimpan apel emas dan pohon-pohon yang sarat dengan buah-buahan yang indah ini, Moires dan Kères yang tidak manusiawi, Clotho , Lachesis dan Atropos yang memberikan kebaikan dan kejahatan kepada manusia yang baru lahir, mengejar kejahatan manusia dan dewa dan hanya meletakkan amarah mereka yang mengerikan setelah melakukan pembalasan dendam yang mengerikan pada pelakunya. Nyx yang fatal mengandung lagi Némésis (Pembalasan), momok manusia ini, lalu Apate (Penipuan), Philotès (Cinta seksual), Geras yang sedih (Usia tua), Eris (Perselisihan) dengan hati yang keras kepala.

Dia juga dikatakan sebagai ibu dari Styx tetapi secara umum orang tuanya adalah Ocean dan Tethys

Zeus ingin mengejar Hypnos dari Olympus dan membuang putranya ke laut karena dia telah menidurkannya sementara Hera membunuh Heracles. Ibunya telah berhasil melakukan intervensi atas nama putranya.

Dalam seni, Nyx digambarkan sebagai dewi bersayap atau pengendara kereta di antara bintang-bintang, kepalanya dimahkotai lingkaran kabut.


Dewa dan Dewi Yunani Kuno (Tokoh Mitologi)


Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, Theoi, GreekGodsAndGoddesses

Sumber foto: Bibliothèque Nationale de France (Public Domain) via Wikimedia Commons

Penjalasan foto utama:

Dewi Nyx (“Malam”; Yunani: Νυξ, Núx; Latin: Nox) dalam manuskrip Yunani abad ke-10, Psalter Paris. Di sini Nyx diberi label dan ditampilkan lincah dengan corak gelap, dengan pakaian gelap dan mantel berbintang. Gambar lengkap menunjukkan penyeberangan Laut Merah dalam dua register: di atas, nabi Musa dan orang Israel melalui padang pasir dengan personifikasi Malam dan Gurun (berlabel: ἔρημος), mengikuti tiang api; di bawah, Laut Merah menenggelamkan pasukan Firaun sebagai personifikasi Laut Merah (berlabel: ἐριθρὰ θαλαση [sic]) dan “Kedalaman” (berlabel: φόνος) menenggelamkan Firaun sendiri. Adegan bawah mengilustrasikan Kitab Keluaran 15:1–19, khususnya bab. 4–5: Kereta perang Firaun dan pasukannya dilempar ke laut, pengendara tiga negara bagian yang terpilih terjun ke Laut Merah.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *