fbpx

Saya Disebut Sebagai Kota Pahlawan? Apa Nama Kota Ini?

Nama Saya Disebut Sebagai Kota Pahlawan? Apa Nama Kota Ini?

Saya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarah 10 November yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-Pemuda) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

 

Tugu Pahlawan

Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik.

 

Tugu Pahlawan Surabaya

 


Museum Tugu Pahlawan

Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.


Sejarah 10 November

Perang ini antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

 

Kenapa Surabaya Mendapat Julukan Sebagai Kota Pahlawan?

Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan, karena terjadinya pertempuran di kota ini pada tanggal 10 November 1945. Yang dimana para pejuang menurunkan bendera Belanda dan membunuh pemimpin Belanda yang bernama Jenderal Mallaby. Pertempuran ini menjadi bagian sejarah dari berdirinya bangsa Indonesia.


Prasasti Trowulan

Sejarah mencatat, Surabaya tercantum pada prasasti Trowulan tahun 1358 Masehi dan pada kitab Negara Kertagama tahun 1365 M. Para ahli sejarah menduga bahwa Surabaya sudah ada sebelum tahun-tahun tersebut. Nama Surabaya sendiri berasal dari kata “Sura ing Bhaya” yang berarti “Keberanian menghadapi bahaya“ diambil dari momen dikalahkannya pasukan Mongol oleh pasukan Jawa pimpinan Raden Wijaya (raja pertama Mojopahit) pada tanggal 31 Mei 1293, momen tersebut pun diabadikan sebagai tanggal lahir kota Surabaya.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: Dinas Komunikasi Dan Informatika

       
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-02T10:12:07+00:00 Februari 9th, 2017|Tak Berkategori|1 Comment

One Comment

  1. […] aneka ragam makanan khas daerah yang menjadi andalannya. Salah satunya ada di Kota Surabaya. Kota Pahlawan ini tidak hanya menyimpan wisata sejarah di masa lampau, tetapi ada begitu banyak makanan khas di […]

Leave A Comment