fbpx

Arti Mimpi – Tafsir, Definisi, Penjelasan Mimpi Secara Psikologi

Arti Mimpi – Tafsir, Definisi, Penjelasan Mimpi Secara Psikologi

Selama berabad-abad orang merenungkan makna mimpi atau arti mimpi. Peradaban awal menganggap mimpi sebagai media antara dunia kita dan dewa-dewa atau Tuhan. Sebenarnya, orang-orang Yunani dan Romawi yakin bahwa mimpi memiliki kekuatan kenabian tertentu. Sepanjang sejarah manusia, mimpi telah menjadi pelajaran sains dan ilmu pengetahuan umum.

Meskipun sains modern masih menganggap mimpi masih tetap misterius. Ilmu pengetahuan dapat menawarkan beberapa penjelasan tentang bagaimana mimpi berhubungan dengan fungsi otak, namun hanya pemahaman psikologis tentang alam bawah sadar yang dapat menjelaskan mengapa sebuah mimpi terjadi pada waktu tertentu dalam hidup Anda dan apa artinya semua itu secara psikologis.

 

Mimpi Adalah Komunikasi Dari Alam Bawah Sadar

Meskipun selalu ada kepentingan dalam menafsirkan arti mimpi manusia, baru pada akhir abad ke-19 Sigmund Freud dan Carl Jung mengemukakan beberapa teori bermimpi modern yang paling banyak dikenal.

Teori Freud berpusat pada gagasan tentang “kerinduan” yang tertekan – gagasan bahwa bermimpi memungkinkan kita untuk memilah-milah keinginan yang tidak terselesaikan dan tertindas.

Carl Jung (yang belajar di bawah awasan Freud) juga percaya bahwa mimpi memiliki kepentingan psikologis, namun mengajukan teori yang berbeda tentang artinya.

Kenapa Kita Bermimpi?

Menurut Science Howstuffworks, kita semua membutuhkan tidur untuk hidup. Mimpi memiliki fungsi penting untuk menyeimbangkan aktivitas psikologis dan fisiologis otak. Mereka memiliki peran yang menenangkan.

Sebanyak 95 % dari semua mimpi cepat terlupakan sesaat setelah bangun tidur. Mengapa mimpi kita begitu sulit diingat? Menurut satu teori, perubahan pada otak yang terjadi saat tidur tidak mendukung pengolahan informasi dan penyimpanan yang dibutuhkan agar pembentukan memori berlangsung. Pemindaian otak individu tidur telah menunjukkan bahwa lobus frontalis, area yang memainkan peran kunci dalam pembentukan memori, tidak aktif selama tidur REM, tahap di mana bermimpi terjadi.

 

Arti Mimpi

Berikut ini adalah mimpi yang paling umum dan sering diimpikan oleh orang:

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Apa Yang Mimpi Ungkapkan?

Beberapa mimpi lebih mudah daripada yang lain untuk ditafsirkan, tetapi berhati-hatilah! Ini bisa menjadi jebakan. Jangan mengandalkan interpretasi secara sistematis “jelas” karena Anda harus menguraikan bahasa impian yang menggunakan saran atau perumpamaan.

Untuk memahami arti dari unsur impian, Anda harus tahu artinya sendiri dan mengasosiasikan arti mimpi lainnya dan hanya dalam konteks keseluruhan ini yang akan membuktikan kepada Anda makna sebenarnya dari mimpi.

Mimpi Adalah Data

Bermimpi mulai benar-benar berada di bawah pengawasan empiris (yang berdasarkan atas pengalaman) di tahun 1950an, dengan penemuan apa yang akan dikenal sebagai fase rapid-eye-movement (REM) pada tidur oleh peneliti University of Chicago Eugene Aserinsky dan Nathaniel Kleitman.

“Mimpi mencerminkan kekhawatiran emosional yang kita miliki dalam hubungan kita,” kata para peneleti. “Bermimpi benar-benar sumber untuk mengeksplorasi kualitas hubungan kita, yang kita sayangi, di mana kita terkadang sedang berjuang.” Ini seperti fungsi kegelisahan – sebuah salah satu cara menilai kerentanan (mungkin dalam bidang kesehatan, keakraban, kemesraan, dll) dan dorongan tindakan dari sebuah gerakan hati atau batin.

Apakah Semua Mimpi Mengandung Arti Mimpi Yang Tersembunyi?

Pertanyaan itu tidak memiliki jawaban yang pasti. Beberapa orang akan mengatakan ya dan kita tidak bisa membuktikannya benar atau salah. Beberapa mimpi mungkin mengandung makna “tersembunyi” dalam bentuk metafora atau simbol, tapi banyak sekali mimpi hanyalah “gambaran acak” biasanya yang diambil dari peristiwa kehidupan kita.

Mimpi Buruk Atau Buruk Mimpi?

Mereka meng-ekspresikan ketakutan sebagian besar dari hal yang baru-baru ini Anda telah alami dan mereka hanya memperingatkan garis urgensi tentang masalah yang harus dipecahkan, dari situlah kecemasan timbul.

Kemajuan Teknologi

Sejak saat itu, kemajuan teknologi telah memungkinkan pengembangan teori-teori lain. Satu teori neurobiologis terkemuka tentang bermimpi adalah “hipotesis sintesis aktivasi”, yang menyatakan bahwa mimpi sebenarnya tidak berarti apa-apa: hanya impuls otak listrik yang menarik pemikiran dan citra acak dari ingatan kita.

Interpretasi (Tafsiran) Arti Mimpi Menawarkan Wawasan

Para ahli mengatakan kepada WebMD itu lebih instruktif untuk memahami mimpi dalam hal pengalaman Anda sendiri daripada mencoba menerapkan makna dalam kamus mimpi. Mark Freeman, PhD, yang mengajar kursus tentang penafsiran mimpi dan menggunakan mimpi dalam konseling pribadi di Rollins College di Winter Park, Fla., Menyarankan melihat buku berjudul, A Dictionary of Symbols, oleh Juan Eduardo Cirlot, atau The Secret Language of Mimpi, oleh David Fontana, hanya setelah Anda memeriksa impian Anda dan membuat asosiasi di antara simbol mimpi dan hidup Anda.

Gayle Delaney, PhD, spesialis impian dalam praktik pribadi di Mill Valley, California, lebih tegas tentang tempat kamus mimpi. “Buang mereka keluar,” katanya. “Mereka adalah kutukan dari semua pekerjaan impian. Mereka menyimpannya di tempat sampah arus utama intelektual. Ya, ada tema mimpi umum, tapi tidak, mereka tidak semua berarti sama.”

 

Tren Arti Mimpi

Kebudayaan kuno sangat penting bagi mimpi sebagai komunikasi dengan Tuhan atau kenabian atau perjalanan di luar tubuh. Banyak teori mimpi abad ke-20 dipengaruhi oleh tiga pendekatan: Freudian, Jungian dan gestalt. Perbedaan mereka diilustrasikan dalam interpretasi yang akan mereka berikan kepada mimpi tentang dikejar. Orang-orang Freud akan mengatakan bahwa mimpi mewakili keinginan yang tertindas untuk ditangkap dan berhubungan seks. Jungians akan mengatakan pengejar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian pemimpi yang mungkin perlu diterima. Para teoretisi Gestalt akan menyarankan bahwa setiap gambar dalam mimpi mewakili beberapa bagian dari si pemimpi.

“Pekerjaan impian modern telah bergerak menuju metafora dan pemecahan masalah, dan orang-orang harus berhenti mencoba menyesuaikan interpretasi mereka dengan teori psikoanalisis,” kata Delaney, penulis tujuh buku tentang mimpi, termasuk All About Dreams: Segala Sesuatu yang Perlu Anda Ketahui Tentang Mengapa Kita Memiliki Mereka, Apa yang Mereka Mean, dan Bagaimana Menempatkan Mereka Bekerja untuk Anda. “Jika mereka menggambarkan impian mereka ke lima ahli teori yang berbeda, mereka akan mendapatkan lima interpretasi yang berbeda.”

Freeman, yang menggunakan penafsiran mimpi terutama untuk menasihati siswa mengenai karir dan hubungan, mengatakan kepada WebMD, kebanyakan mimpi mengimbangi hubungan yang miring ke dunia luar. “Sebagai contoh, jika kita terlalu baik, kemarahan dan permusuhan kita bisa keluar dalam mimpi,” katanya. Dia menggambarkan seorang wanita yang begitu sibuk dengan hamil sehingga mengabaikan aspek-aspek lain kewanitaannya.

Dalam mimpi, dia berada di sebuah pesta yang mengenakan gaun bersalin ketika seorang wanita seksi dalam rok mini mendekat dan menumpahkan minuman kepadanya. “Klien saya sangat kesal dan marah dalam mimpi itu,” kata Freeman. “Mimpi itu adalah kompensasi untuk situasi yang tidak seimbang di mana dia terlalu banyak ke dalam keibuannya dan mengabaikan kewanitaannya. Mimpi bisa mengoreksi diri dengan cara itu, membiarkan kita tahu ketika kita tidak seimbang.”

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Guide to Psychology,  Scientific AmericanNew York Media LLCABC ScienceUniversity of California – Santa CruzSigmund Freud – Life and WorkWeb MD

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-09-30T23:35:48+00:00 Juli 5th, 2016|Geografi & Sejarah, Sehat & Cantik|4 Comments

4 Comments

  1. lia 10/07/2018 at 2:08 am - Reply

    saya ingin tahu arti dari mimpi saya ini, saya bermimpi meletakkan batu didalam pinggang celana lalu terjatuh didalam celana dalam tepat dibawah kemaluan saya, kemudian saya ambil dari dalam celana dalam saya tersebut ternyata batu tersebut berpecah belah menjadi banyak layaknya bertelur

  2. klasiccustom 15/07/2018 at 1:28 pm - Reply

    terimakasih infonya

  3. mr j 19/07/2018 at 6:43 pm - Reply

    bisa konsultasi kah?

  4. adun nurdiana 14/09/2018 at 11:00 am - Reply

    betulkah mimpi ada artinya??

    “saya mimpi mancing dapat ikan gurame besar-besar, akhir mancing mendapat ikan mas yang besar”.

    – satu hari kemudian saya kedatangan saudara minta tolong.
    – besoknya datang lagi saudara dari istri dengan maksud yang sama, minta tolong.

    apakah ini jawaban dari mimpi diatas?

Leave A Comment