Lukisan Terkenal Las Meninas dari Diego Velázquez

Las Meninas

The Meninas atau Las Meninas, juga dikenal sebagai The Family of Philip IV, adalah lukisan paling terkenal dari Diego Velázquez, dilukis pada tahun 1656. Lukisan itu dipajang di Prado Museum di Madrid.

Sebuah mahakarya dari Zaman Keemasan Spanyol dari adegan interior di aula besar Istana Alacazard di Madrid, di mana terdapat beberapa tokoh dari istana Raja Philip IV dari Spanyol.

Komposisi kanvas yang rumit dan penuh teka-teki mempertanyakan hubungan antara realitas dan ilusi. Ini menciptakan hubungan yang tidak pasti antara penampil kanvas dan karakter. Kompleksitas inilah yang menjadi sumber dari banyak analisis yang menjadikan kanvas ini paling banyak dikomentari dalam sejarah seni lukis Barat.

Baca juga: Lukisan Termahal di Dunia

Karakter yang diwakili di kanvas ini, di latar depan dari kiri ke kanan: Diego Velasquez, berikut dona Maria Augustina de Sarmiento, dan dona Isabel de Velasco yang mengelilingi Infanta Marguerite, para kurcaci Mari-Barbola dan Nicolasito Pertusato; di latar belakang, di belakang mereka, Marcela de Ulloa, pengasuh, dan Diego Ruiz de Azcona; dan terakhir, tokoh di latar belakang adalah Jose Nieto Velasquez, marsekal istana.

MISTERI DI SEKITAR PEKERJAAN

Masih banyak analisa dan opini yang berbeda tentang lukisan ini hingga saat ini.
Apa pesan VELASQUEZ? Apa yang ingin dia katakan pada kita? Apakah hanya sebatas membuat potret keluarga yang sederhana? Apakah dia lebih suka menampilkan klaimnya dengan “mengundang dirinya sendiri” di web? Mengapa ini menekankan pada Infanta? Apakah jawabannya dalam permainan pandang atau cahaya? Apa permintaan raja saat memesan lukisan ini? Lukisan pribadi atau resmi?
Menurut sejarawan Daniel Arasse “Waktu tidak menghabiskan Menina, itu memperkaya mereka”.

Penafsiran lukisan Las Meninas

VELASQUEZ memuji kami untuk penyutradaraannya. Karakter disejajarkan, seperti terekspos. Masing-masing menempati tempat tertentu sesuai pangkatnya.
Sambil tetap mempertahankan fungsinya sebagai pelukis, VELASQUEZ menempatkan dirinya di antara anggota keluarga kerajaan.
Salib yang dibawanya adalah “Salib Ordo Santiago”, sebuah pengingat akan posisinya yang diperoleh di dunia bangsawan dan di mata penguasa.
Semua cahaya menyinari Infanta seolah-olah yang terakhir menariknya padanya. Gadis kecil yang merupakan satu-satunya anak pasangan di Meninas versi pertama ini mewakili suksesi, masa depan keluarga kerajaan.
Setahun kemudian saudaranya Prospero lahir. Karena itu, sebagai anak laki-laki, dia adalah satu-satunya yang mewarisi mahkota.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, My Modern Met, BBC

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-15T05:04:53+07:00 April 13th, 2021|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment