Marie Thomas (1896-1966) dokter wanita pertama di Indonesia dari Minahasa

Marie Thomas

Halaman pencarian Google menampilkan ilustrasi doodle, Maria Joséphine Catherine Maramis alias Marie Thomas, dokter wanita pertama di Indonesia. Google sudah memberikan peringatan khusus untuk pahlawan nasional Minahasa, Sulawesi Utara.

Dr Marie Thomas adalah dokter spesialis kebidanan dan ginekologi. Ginekologi yang khusus mempelajari penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (rahim, vagina dan ovarium). Pada masa modern ini, hampir semua ginekolog juga merupakan ahli obstetrik. Obstetrik atau kebidanan adalah bidang studi yang difokuskan pada kehamilan, persalinan dan masa nifas. Sebagai spesialisasi medis, kebidanan dikombinasikan dengan ginekologi di bawah disiplin ilmu yang dikenal sebagai kebidanan dan ginekologi.

Lahir 17 Februari 1896 1896 di desa Likupang, Indonesia, Marie Thomas lahir dalam sejarah sebagai dokter kandungan dan bidan wanita pertama. Hal itu juga diperlihatkan oleh Google, melalui ilustrasi Dr Marie yang berpakaian seperti dokter dengan stetoskop yang tampak sedang menggendong bayi kecil.

Mengutip laman Google Doodle, orang tuanya adalah pegawai negeri selama masa kolonial. Semasa hidupnya, Dr Marie sering pindah ke Indonesia sejak kecil sebelum lulus dari sekolah Eropa di Manado.

Menurut ensiklopedia umum (1973: 1324) yang disusun oleh AG Pringgodigdo et al. Marie lulus dari Meisjesschool (sekolah perempuan) di Yogyakarta pada tahun 1912.

Setelah itu, Marie melanjutkan studinya di School of tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter India atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Dokter Jawa di Batavia.

Sepuluh tahun kemudian, Marie Thomas memperoleh gelar doktornya, sebuah prestasi yang berdampak internasional. Bahkan sebuah surat kabar Belanda mengumumkan kelulusannya.

Dikisahkan oleh Anna Pawlona Matuli-Walanda dalam Ibu Walanda-Maramis: Pejuang Wanita Minahasa (1983: 37). Kesuksesan Marie Thomas sebagai dokter diikuti oleh orang Minahasa lainnya, yaitu Anna Karamoy Warouw dari Amurang dan Dee Weydemuller dari Manado.

Dr Marie pernah bertugas di Central Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) atau sekarang dikenal dengan Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo. Selain Batavia, ia juga ditugaskan di Cirebon, Manado, dan Bukittinggi.

Selama bertugas, ia sering mengurusi kesehatan dan persalinan. Pasalnya, masyarakat Indonesia saat itu masih lebih memilih dukun daripada dokter atau bidan.

Dr Marie juga dikenal sebagai dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi, seperti UID untuk wanita dan ibu di seluruh nusantara. Ia dikenal karena kemurahan hatinya dan sering merawat pasien orang miskin secara gratis.

Dedikasinya sebagai bidan ahli telah membantu mendidik bidan di Sumatera. Karyanya telah menjadikan Dr Marie sebagai figur publik yang disegani.

Nama Marie Thomas juga muncul dalam novel Nh. Dini Amir Hamzah, Prince of The Opposite (1981: 156). Nh. Dini, seperti sastrawan lain, menyebut dirinya dokter wanita pertama di Indonesia.

Selamat ulang tahun, Dr Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengajar kedokteran dan pendidikan tinggi.

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Leave A Comment