Meteorit Fukang – Gurun Gobi

Ditemukan Meteorit Di Cina, Pada Tahun 2000

Ditemukan meteorit seberat 1.003 kg di dekat Fukang, sebuah kota yang terletak di wilayah barat laut Xinjiang, Cina. Meteorit yang dinamakan Fukang ini diidentifikasi sebagai Pallasite, jenis meteorit batuan-besi dengan kandungan kristal olivin diseluruh bagiannya.
Pallasites sangat langka (hanya sekitar 1% dari semua meteorit jenis ini) dan Fukang telah disebut sebagai salah satu penemuan meteorit terbesar abad ke-21.
Meteorit Fukang Pallasite diyakini berasal dari dalam meteor utuh yang terbentuk selama pembentukan tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu dan sangat sedikit dari meteorit ini yang melalui atmosfer bumi.
meteorit fukang

Meteorit Fukang ditemukan pada tahun 2000 di gurun Gobi. Ilmuwan mengira meteorite itu berasal dari penciptaan tata surya kita.

 

Meteorit Pallasite Fukang, mengandung pallasites yang memiliki jenis stony-iron, meteorit dengan kristal olivin yang sangat indah. Terkenal di Dunia sebagai kekayaan kosmik alam yang fenomenal, pallasite Fukang jelas menjadi salah satu penemuan meteorit terbesar di abad ke-21 ini.


Klasifikasi dan komposisi

Meteorit merupakan batu meteor yang berhasil mencapai permukaan planet Bumi. Ketika memasuki atmosfer bumi, terjadi gesekan udara di lapisan ionosfer yang menyebabkan meteor menjadi panas dan terbakar, dan menimbulkan cahaya terang sehingga kadang kala disebut sebagai bintang jatuh.
Pallasites Fukang mengandung sebagian besar, permata olivin atau peridot, dalam matriks besi nikel.

Olivines bervariasi dalam bentuk dari bulat ke sudut, banyak yang retak dan ukurannya berkisar kurang dari 5 milimeter sampai beberapa sentimeter. Massa utama berisi beberapa daerah dari kelompok olivin besar sampai diameter sebelas sentimeter (4,3 inci) dengan pembuluh darah logam tipis. Fo86.4 dengan molar Fe / Mg = 0.1367, Fe / Mn = 40,37, dan Ni = 0,03 wt%. Matriks logam kebanyakan kamacite dengan kandungan Nikel rata-rata 6,98% berat. Vermicular sulfide (troilite) hadir dalam beberapa olivin.
Isotop oksigen: δ18O 2.569 ‰, δ17O 1.179 ‰, Δ1 7O = -0.157 ‰.

 

meteorit fukang

Bagian dari meteorit Fukang, Museum Sejarah Alam, Vienna.


Meteorit Fukang

Marvin Killgore memegang satu potongan tipis dari meteorit Fukang dengan menghadap ke Matahari. Marvin Kilgore, seorang pemilik meteorit Fukang, berpose di rumah lelang di Bonham, New York pada 30 April 2008. Pecahan meteor milik Marvin diakui sebagai unggulan meteorit pallasitic di dunia yang ditemukan di Gurun Gobi dan akan dijual sebesar USD 2.700.000 atau sekitar Rp 25 miliar (harga kira-kira pada tahun 2008).


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Lunar and Planetary InstituteDaily MailMeteoriteFarlang

       
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-10-30T22:19:24+00:00 Oktober 21st, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment