fbpx

10 Cara Menghadapi Seorang Psikopat

Cara Berurusan Dengan Seorang Psikopat

Psikopat melihat diri mereka, orang lain dan dunia secara berbeda. Logika dan emosi mereka sangat cacat, itulah sebabnya perilaku mereka tidak menentu.

Meskipun Anda tidak dapat berbicara dan menyuruh psikopat agar mereka berubah, Anda dapat mengingat interaksi Anda untuk mengurangi dampak perilaku beracun mereka terhadap Anda.

 

Cara Menghadapi Psikopat

Untuk menghadapinya, terkadang kesabaran dan beberapa taktik adalah kunci dari keberhasilan Anda. Berikut adalah cara-cara untuk menghadapi sang psikopat:

 

1. Terima keyataan bahwa Anda berurusan dengan psikopat

Cukup mengenali dan mengakui bahwa Anda sedang berhadapan dengan seorang psikopat, dapat membantu Anda memahami apa yang Anda hadapi. Kebanyakan psikopat menjalani hidup tanpa terdeteksi.

 

2. Putus kontak

Hal pertama: Anda harus berhenti berhubungan dengan psikopat. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tentu saja kompleksitas untuk memotong hubungan dengan psikopat tergantung pada tingkat keparahan keterlibatan Anda dengan dia.

Jika hubungan Anda agak santai, maka ikatan putus mungkin lebih mudah. Jika hubungan Anda adalah hubungan bisnis atau hubungan romantis, maka akan menjadi lebih sulit pergi untuk memecahnya. Memutuskan untuk berhenti berpartisipasi dengan psikopat adalah langkah pertama tapi tidak ada gunanya tanpa mengambil tindakan untuk benar-benar mengurangi komunikasi apapun dan interaksi dengan pemangsa ini.

 

3. Jadilah seorang yang bijaksana dan berhati-hati

Seingin-inginnya Anda memberi tahu banyak orang tentang si psikopat… jangan lakukan hal itu! Karena psikopat adalah seorang yang suka memutar balik kebenaran dan tuduhan.

 

4. Dapatkan back-up atau pertolongan

Selanjutnya, Anda memerlukan sistem pendukung yang kuat. Anda harus mencari seorang profesional, konselor atau terapis, yang berpengalaman untuk menangani seorang psikopat.

Teman Anda mungkin merupakan seorang pendukung yang baik jika dia belum teracuni oleh psikopat tersebut. Jika tidak ada, hubungi pihak yang berwajib (seperti Polisi contohnya), jika jiwa Anda merasa terancam. Jika Anda merasa tertekan secara psikologis, hubungi, dokter, konselor atau terapis.

 

5. Tetap Fokus

Pastikan Anda tetap fokus pada kesehatan psikologis maupun fisiologis. Berolahraga, yoga atau meditasi dapat membantu untuk menurunkan stres Anda. Dengan kesehatan yang Anda miliki, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan apa saja yang anda sukai.

Pola makan sehat memang tidak akan menjamin Anda untuk tidak pernah sakit, namun pola makan sehat akan menurunkan kemungkinan anda untuk bisa terserang dari penyakit.


6. Lindungi Diri Anda Sendiri

Juga lindungi aset Anda. Hampir semua psikopat menguras korban mereka, bukan hanya kesejahteraan emosional mereka, tapi juga semua hal yang mungkin Anda miliki, termasuk uang, kekuatan, status atau reputasi dan barang-barang lainnya. Terkadang mereka tidak membutuhkan semuanya, tetapi untuk kepuasan batin si psikopat yang ingin melihat Anda terpojokkan atau terlantar.


7. Jangan tergoyahkan, jadilah seperti batu

Tetap saja, jika psikopat telah menyerang Anda, jangan menanggapi. Dia harus menyadari bahwa Anda tidak dapat dimanipulasi atau didorong untuk melakukan respons apa pun, tidak peduli apa yang mereka lakukan atau katakan. Jaga postur tubuh yang baik, pandangan positif, senyum dan percaya diri (meski Anda tidak merasakannya) setiap saat. Setiap indikasi kelemahan akan dilihat sebagai peluang baik untuk memasukkan diri atau melancarkan serangan lain.


8. Bersiaplah untuk hal yang terburuk

Psikopat akan menggunakan apapun yang Anda katakan, atau akan katakan, melawan Anda

Harapkan beberapa serangan dari si psikopat seperti: penghinaan, fitnah, penyangkalan, kata-kata seperti “itu adalah masa lalu,” dan “Oh, itu jebakan”. Akhirnya si psikopat mengklaim bahwa mereka telah di set up atau ditipu.

Serangan ini mungkin hadir dengan cara apa pun yang mungkin, dari internet sampai surat ancaman.


9. Dokumentasikan semuanya

Dokumentasikan semuanya, simpanlah salinan dari semua yang Anda bisa untuk mendokumentasikan dari interaksi atau pernyataan yang dibuat oleh psikopat. Simpan di tempat yang aman.

Mungkin suatu hari nanti orang yang pernah percaya Anda akan melihat kebenaran. Dalam kebanyakan kasus efeknya bersifat permanen, meski bisa memudar seiring berjalannya waktu. Mungkin, di akhirat…

 

10. Maafkan Diri Anda Sendiri

Inilah yang terpenting! Anda bukan sebagai pelaku, di sini, Anda adalah korbannya. Dan sebagai korban Anda mungkin telah menemukan diri Anda dalam situasi yang rentan atau kompromi. Siapa pun bisa menjadi korban psikopat mahir dan itu terjadi setiap hari di semua lapisan masyarakat dan tingkat masyarakat.

Anda tidak bisa melihat ini datang… tapi sekarang setelah Anda sadar, Anda cenderung tidak menjadi korban lagi … dan mungkin Anda bisa membantu orang lain melihat tanda-tanda – atau setidaknya sadar – bahwa ada orang jahat di luar sana, serigala dalam pakaian domba, yang berusaha menghancurkan kehidupan orang lain tanpa penyesalan.


5 Cara Mengetahui Bahwa Seseorang Psikopat Atau Tidak

Untuk mencari tahu seseorang pasikopat, mohon klik disini.

 

Psikopati adalah kelainan kondisi psikologi dan dapat didiagnosis hanya dengan menggunakan 20 item Hare Psychopathy Checklist disini

 

Cara Menghadapi Psikopat


Bacaan Lainnya


Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: National Center for Biotechnology Information (U.S. National Library of Medicine)Science Daily

 


By | 2019-01-11T22:58:16+07:00 Agustus 7th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment