Pangeran Philip, Suami Elizabeth II Telah Meninggal

Pangeran Philip, Suami Elizabeth II Telah Meninggal

Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu Elizabeth II mengumumkan kematian suami tercinta Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, menurut pernyataan dari Buckingham Palace tanggal 9/4/2021.

Pangeran Philip meninggal pada usia 99 tahun.

Pangeran menikah dengan Putri Elizabeth pada tahun 1947, lima tahun sebelum dia menjadi Ratu, dan merupakan permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris.

Pada bulan Maret 2021, Duke of Edinburgh meninggalkan rumah sakit setelah dirawat selama sebulan.

Dia menjalani prosedur untuk penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya di rumah sakit London lainnya – St Bartholomew’s.

Baca juga: Penyakit Jantung | Contoh Semua Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

Siapakah beliau?

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh adalah anggota keluarga kerajaan Inggris sebagai suami dari Ratu Elizabeth II. Philip lahir dalam keluarga kerajaan Yunani dan Denmark. Dia lahir pada tanggal 10 Juni 1921, di Corfu -Yunani, tetapi keluarganya diasingkan dari negara itu ketika dia masih bayi.

Seorang anggota keluarga Denmark-Jerman di Schleswig-Holstein-Sonderbourg-Glücksburg, Pangeran Philip lahir dalam keluarga kerajaan Yunani, tetapi keluarganya pergi ke pengasingan ketika dia masih kecil. Setelah belajar di Jerman, Inggris dan Skotlandia, ia bergabung dengan Royal Navy pada usia 18 tahun 1939. Pada Juli 1939, ia mulai berhubungan dengan Putri Elizabeth, putri tertua dan pewaris Raja George VI.

Baca juga: Ratu Elizabeth I dari Inggris | Ratu Berhati Singa dengan Julukan Ratu Perawan (Monarki Tudor)

Selama Perang Dunia II, ia bertugas di armada Mediterania dan Pasifik. Setelah perang, Philip mendapat izin dari George VI untuk menikahi Elizabeth. Sebelum pengumuman resmi pertunangan, ia melepaskan gelar dan predikat kerajaan Yunani dan Denmark, berpindah dari agama Ortodoks Yunani ke Anglikanisme dan menjadi warga negara Inggris yang dinaturalisasi, mengadopsi nama keluarga Mountbatten dari kakek nenek dari pihak ibu Inggris.

Baca juga: Sejarah Singkat Ratu Elizabeth II Dari Inggris Yang Harus Anda Ketahui

Kematian Pangeran Philip

Pada pagi hari Jumat 9 April 2021, Istana Buckingham mengumumkan kematian Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, permaisuri Ratu Elizabeth II, pada usia 99 tahun di kediaman kerajaan Kastil Windsor. Menikah selama 73 tahun, sejak 1947, setelah istrinya naik takhta Inggris, ia menjadi permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris.

Duke berhak atas pemakaman kenegaraan penuh, tetapi telah menunjukkan keinginan untuk sedikit “keributan”. Keinginannya menyerukan pemakaman militer di Kapel St George dan penguburan di Frogmore Gardens, terlepas dari kenyataan bahwa dia memiliki hak kerajaan, sebagai permaisuri, untuk beristirahat di kapel kerajaan.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, BBC, CNBC

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di balkon Istana Buckingham, 16 Juni 2012.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-09T20:08:38+07:00 April 9th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment