Panseksualitas | Apakah Anda Panseksual?

Apa itu Panseksualitas?

Seperti yang ditunjukkan oleh awalan “pan” yang berarti “segala sesuatu” dalam bahasa Yunani, panseksualitas adalah ciri orang yang tertarik secara seksual, emosional dan kepada semua individu, baik itu laki-laki, perempuan, transeksual, atau interseks (tidak ada definisi jenis kelamin), tanpa jenis kelamin atau preferensi jenis kelamin.

Kelenturan dalam ketertarikan seksual dan relasional ini karenanya mencakup semua bentuk seksualitas yang ada dalam spesies manusia: homoseksualitas, heteroseksualitas, biseksualitas, dan transeksualitas. Salah satu dari kecenderungan ini dapat muncul secara permanen atau sesekali dan berkembang seiring waktu dalam kehidupan dan pertemuan. Namun, secara umum diterima bahwa memiliki lebih dari dua hubungan romantis atau seksual dengan orang-orang dari jenis kelamin yang berbeda selama masa hidup seseorang mirip dengan panseksualitas.

Ditampilkan di depan panggung oleh selebriti, seperti Miley Cyrus atau Janelle Monae, panseksualitas sering kali cenderung disamakan dengan biseksualitas. Kami akan mencerahkan Anda di bawah ini tentang identitas seksual baru-baru ini, tetapi yang saat ini menjadi tren nyata.

Perbedaan antara jenis kelamin, jenis kelamin, dan transgender

Masih untuk mendefinisikan apa sebenarnya yang dimaksud dengan seks dan gender, dua istilah yang sering membingungkan dalam bahasa populer. Kata seks didasarkan pada karakteristik biologis dan fisiologis yang membedakan pria dan wanita.

Adapun gender mengacu pada perasaan identitas psikologis laki-laki atau perempuan yang terkait dengan peran, perilaku, aktivitas dan atribut yang dianggap masyarakat sesuai untuk laki-laki dan perempuan. Berkenaan dengan transseksualitas, ini menjadi ciri individu yang mengadopsi identitas yang berlawanan dengan jenis kelamin kelahiran mereka, tanpa harus menjalani operasi penggantian kelamin.

Mereka bukan bagian dari komunitas mana pun

Panseksual mendefinisikan diri mereka sebagai tidak heteroseksual, gay atau bi dan mengatakan mereka tidak ingin menjadi bagian dari komunitas mana pun. Namun, hari internasional mereka, yang ditetapkan di Prancis sejak 2009, tetap digabungkan dengan biseksualitas. Setiap tahun, pada tanggal 23 September, mereka berkumpul untuk melawan biphobia – dengan kata lain kebencian terhadap biseksual atau panseksual – dan prasangka yang mereka rasakan sebagai korban.

Baca juga 👉 Fetish Seksual | Parafilia (Gangguan Seksual), Nama Klinis dan Contoh

Seksualitas yang bervariasi

Karena menjadi panseksual tidak berarti memiliki seksualitas yang tidak terkendali di mana Anda membiarkan diri Anda sebagai apa saja, seperti yang diyakini sebagian orang heteroseksual. Ini bukanlah hasutan untuk pesta pora atau nafsu, jauh dari itu: seseorang dapat dengan sempurna menjalani seksualitas tanpa batas dan setia. Ini hanyalah sebuah variabel dan beberapa orientasi yang memungkinkan seseorang untuk mengalami semua kemungkinan yang ada pada spesies manusia, antara menyetujui orang dewasa, tanpa penyimpangan apapun.

Baca juga 👉 LGBTQ Bahasa Gender

Pansexuality: hanya mode baru?

Panseksualitas tidak berhenti menjadi berita utama belakangan ini. Tren baru ini, bagaimanapun, lebih dari sekedar iseng. Bagi mereka yang mengatakan bahwa mereka panseksual, ini adalah cara lain untuk menjalani seksualitas sepenuhnya, mengabaikan standar yang diberlakukan oleh masyarakat.

Orientasi seksual biasanya dimulai pada masa remaja. Namun, banyak dari mereka yang “memutuskan” untuk mengubah orientasi seksual (atau yang berasumsi), setelah dewasa. Situasi ini paling sering disebabkan oleh pemicu yang bisa berupa duka cita, perceraian, atau lainnya.

Ada juga bentuk identitas seksual lainnya, yang sebagian besar tidak diketahui. Beberapa dengan demikian mengklaim sebagai aseksual, aromantik, demiseksual, demiromantik, greysexual, poli-seksual, litromantik, panromantik, skoliosexual atau bahkan queer-platonis. Kami akan membiarkan Anda mencari artinya di kamus atau di Google…

Sumber bacaan: Cleverly Smart

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Bendera panseksual.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-02-16T06:31:30+07:00 Februari 15th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment