LGBTQ Bahasa Gender

LGBTQ

LGBTQ adalah istilah yang lebih umum digunakan di masyarakat; mungkin karena lebih ramah untuk digunakan! Anda juga mungkin mendengar istilah “Komunitas Queer” atau Rainbow Community “Komunitas Pelangi” yang digunakan untuk menggambarkan orang LGBTQ2 +. Inisialisme dan berbagai istilah ini selalu berkembang jadi jangan coba-coba menghafal daftarnya. Hal terpenting adalah bersikap hormat dan menggunakan istilah yang disukai orang.

Menjadi LGBTQ bukanlah preferensi atau pilihan gaya hidup.Ketika kita berbicara tentang jenis kelamin, karakteristik seks atau seksualitas, kita tidak sedang membicarakan tentang preferensi atau pilihan. Kami hanya berbicara tentang bagaimana orang-orang.

LGBTQ + merupakan singkatan yang artinya:

L: lesbi
G: gay
B: biseksual
T: transgender
Q: queer

Orang-orang sering menggunakan LGBTQ + yang berarti semua komunitas yang termasuk dalam “LGBTTTQQIAA”:

Lesbian
Gay
Biseksual
Transgender
Transeksual
2 Spirit
Queer
Questioning
Interseks
Aseksual
Ally

Gender, seks, dan seksualitas adalah konsep yang terpisah

Jenis kelamin (gender) adalah bagian dari cara Anda memahami siapa Anda dan cara Anda berinteraksi dengan orang lain. Banyak orang memahami jenis kelamin mereka sebagai perempuan atau laki-laki. Beberapa orang memahami jenis kelamin mereka sebagai kombinasi dari keduanya. Gender dapat diekspresikan dengan berbagai cara, seperti melalui tingkah laku atau penampilan fisik.

Seks mengacu pada karakteristik seks biologis seseorang. Ini secara historis dipahami sebagai perempuan atau laki-laki. Namun, sekarang kita tahu bahwa beberapa orang terlahir dengan variasi alami terhadap karakteristik seks.

Seksualitas atau orientasi seksual menggambarkan ketertarikan romantis dan / atau seksual seseorang kepada orang lain.

Jenis kelamin seseorang tidak selalu berarti mereka memiliki karakteristik jenis kelamin tertentu atau seksualitas tertentu, atau sebaliknya.

Jangan tanya jika Anda tidak perlu

Kita semua memiliki hak privasi. Kita hanya perlu membawa diri kita sendiri untuk berteman sebanyak yang kita inginkan dan merasa aman melakukannya.

Biarkan diri Anda menjadi dirisendiri, jangan biarkan diri Anda terintimidasi oleh orang lain. Jika mereka tidak suka dengan Anda, cari teman lain. Simpel kan!

Seringkali orang LGBTQ dari budaya atau tradisi kepercayaan yang berbeda memiliki tradisi keluarga atau tempat kerja yang berbeda seputar pengungkapan atau ‘coming out’. Jangan berasumsi bahwa setiap orang yang mungkin merasa nyaman ‘ out atau keluar’ di tempat kerja atau manapun.

Setiap orang memiliki hak untuk mengungkapkan tentang seksualitas atau identitas gender mereka pada waktu yang mereka tentukan sendiri dan dengan cara mereka sendiri. ATAU bahkan, tidak perlu membicarakannya. Itu adalah HAK Anda, dan gunakan jika perlu!

Hindari bertanya kepada orang-orang istilah apa yang mereka ‘sukai’. Memiliki ‘preferensi’ dapat terdengar seolah-olah itu adalah pilihan dan kebanyakan orang tidak merasa memiliki pilihan dalam hal ini. Jika perlu, Anda cukup bertanya kepada orang-orang istilah apa yang mereka gunakan.

Kata dan Definisi

Lesbian

Seorang lesbian adalah seorang wanita homoseksual: seorang wanita yang mengalami cinta romantis atau ketertarikan seksual dengan wanita lain.

Gay

Gay adalah istilah yang terutama mengacu pada orang homoseksual atau sifat homoseksual. Gay sering digunakan untuk mendeskripsikan laki-laki homoseksual tetapi lesbian juga bisa disebut sebagai gay.

Biseksual

Biseksualitas adalah ketertarikan romantis, ketertarikan seksual atau perilaku seksual terhadap laki-laki dan perempuan, atau ketertarikan romantis atau seksual kepada orang-orang dengan jenis kelamin atau identitas gender apa pun; aspek terakhir ini kadang-kadang disebut panseksualitas.

Transgender

Transgender adalah istilah umum untuk orang-orang yang identitas gendernya berbeda dari apa yang biasanya dikaitkan dengan jenis kelamin mereka saat lahir. Terkadang disingkat menjadi trans.

Baca juga 👉 Fetish Seksual | Parafilia (Gangguan Seksual), Nama Klinis dan Contoh

Transeksual

Mengalami identitas gender yang tidak konsisten atau tidak secara budaya dikaitkan dengan jenis kelamin yang mereka tetapkan saat lahir. Contoh,ya, dilahirkan menjadi seorang pria, tetapi dia ingin menjadi wanita.

Two-Spirit

Two-Spirit adalah istilah umum modern yang digunakan oleh beberapa penduduk asli Amerika Utara untuk mendeskripsikan individu dengan varian gender dalam komunitas mereka, khususnya orang-orang dalam komunitas adat yang dipandang memiliki roh pria dan wanita di dalam diri mereka.

Queer

Queer adalah istilah umum untuk minoritas seksual dan gender yang bukan heteroseksual atau cisgender. Queer awalnya digunakan secara merendahkan untuk mereka yang memiliki hasrat sesama jenis, tetapi, mulai akhir 1980-an, para sarjana dan aktivis queer mulai menggunakan kembali kata tersebut.

Questioning (Mempertanyakan)

Mempertanyakan jenis kelamin seseorang, identitas seksual, orientasi seksual, atau ketiganya adalah proses eksplorasi oleh orang-orang yang mungkin tidak yakin, masih mengeksplorasi, dan peduli tentang penerapan label sosial pada diri mereka sendiri karena berbagai alasan.

Interseks

Interseks adalah variasi dalam karakteristik seks termasuk kromosom, gonad, atau alat kelamin yang tidak memungkinkan seseorang diidentifikasi secara jelas sebagai pria atau wanita.

Aseksual

Aseksualitas (atau nonseksualitas) adalah kurangnya ketertarikan seksual kepada siapa pun, atau minat yang rendah atau tidak ada pada aktivitas seksual. Ini mungkin dianggap kurangnya orientasi seksual, atau salah satu variasinya, di samping heteroseksualitas, homoseksualitas, dan biseksualitas.

Baca juga 👉 Orientasi Seksual Aseksual, Biseksual, Heteroseksual, Homoseksual

Ally (Sekutu)

An Ally adalah orang yang menganggap dirinya sebagai teman komunitas LGBTQ +.

Cisgender

Deskripsi jenis kelamin saat jenis kelamin seseorang ditetapkan saat lahir dan identitas jenis kelamin sesuai dengan cara yang diharapkan (misalnya, seseorang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir, dan diidentifikasi sebagai laki-laki). Cara sederhana untuk memikirkannya adalah jika seseorang bukan transgender, mereka cisgender. Kata cisgender juga dapat disingkat menjadi “cis”.

Panseksual

Pansexuality, atau omnisexuality, adalah ketertarikan seksual, cinta romantis, atau ketertarikan emosional terhadap orang-orang dari jenis kelamin atau identitas gender apa pun. Orang panseksual mungkin menyebut diri mereka sebagai orang yang buta gender, menyatakan bahwa gender dan jenis kelamin tidak signifikan atau tidak relevan dalam menentukan apakah mereka akan tertarik secara seksual kepada orang lain.

Agender

Agender people, disebut juga dengan genderless, genderfree, non-gendered, atau ungendered people adalah mereka yang mengidentifikasi dirinya tidak memiliki gender atau tanpa identitas gender. Kategori ini mencakup identitas yang sangat luas yang tidak sesuai dengan norma gender tradisional.

Gender Queer

Gender Queer adalah istilah umum untuk identitas gender yang tidak semata-mata maskulin atau feminin — identitas yang dengan demikian berada di luar biner dan cisnormativitas gender.

Bigender

Bigender adalah identitas gender di mana orang berpindah antara identitas dan perilaku gender feminin dan maskulin, mungkin tergantung pada konteksnya. Beberapa individu bigender mengekspresikan dua persona “perempuan” dan “lelaki” yang berbeda, masing-masing feminin dan maskulin; yang lain menemukan bahwa mereka mengidentifikasi sebagai dua jenis kelamin secara bersamaan.

Gender Variant (Jenis Kelamin Variasi)

Varians gender, atau ketidaksesuaian gender, adalah perilaku atau ekspresi gender seseorang yang tidak sesuai dengan norma gender maskulin dan feminin. Orang yang menunjukkan variasi gender dapat disebut varian gender, gender non-conforming, gender non-conforming, gender atypical, dan mungkin transgender, atau varian dalam ekspresi gender mereka. Beberapa orang interseks mungkin juga menunjukkan keragaman gender.

Pangender (Jenis Kelamin Beragam)

Orang jenis kelamin yang sama adalah mereka yang merasa diidentifikasi sebagai semua jenis kelamin. Istilah ini sering tumpang tindih dengan gender queer. Karena sifatnya yang mencakup semua, penyajian dan penggunaan kata ganti berbeda-beda untuk setiap orang yang mengidentifikasi sebagai pangender.

Heteroseksual

Adalah seseorang yang tertarik pada lawan jenis.

Baca juga 👉 Diskriminasi Pengertian, Definisi, Contoh dan Cara Menghindari Diskriminasi

I respect culture, tradition and religion, but they can never justify the denial of basic rights – Ban Ki Moon

Saya menghargai budaya, tradisi dan agama, namun mereka tidak dapat membenarkan penolakan hak-hak dasar – Ban Ki Moon (Sekretaris Jenderal PBB. Masa jabataan 1 Januari 2007 – 31 Desember 2016).
Diskriminasi tidak bisa dibenarkan. [United Nations – Free & Equal]

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: NY Times

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-24T03:51:56+07:00 Januari 23rd, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment