Piala Dunia FIFA 1938 – Indonesia sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia FIFA 1938

Tonggak Sejarah Keikutsertaan Indonesia dalam FIFA 1938

Piala Dunia 1938 menjadi tonggak sejarah keikutsertaan Indonesia dalam perhelatan akbar sepakbola itu. Meski memakai nama Hindia Belanda, Indonesia mewakili benua Asia di kualifikasi Grup 12. Indonesia (Hindia Belanda) adalah negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia.

Untuk lolos ke Prancis, Hindia Belanda mengalahkan Jepang di babak kualifikasi. Hindia Belanda menang tanpa harus bertanding dengan Jepang yang saat itu sedang berperang dengan Tiongkok.

Indonesia FIFA 1938

Pemain Dutch East Indies tahun 1938


Indonesia sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia FIFA 1938

FIFA WORLD CUP 1938 adalah Piala Dunia FIFA ke-tiga, yang diselenggarkan di Perancis, dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938. Italia menjadi juara untuk ke-dua kalinya secara berturut, setelah mengalahkan Hongaria pada pertandingan final dengan skor 4 – 2. Pencetak gol terbanyak adalah pemain Brasil, Leônidas dengan 8 gol.

Di tengah lapangan hijau itu, Tan “Bing” Mo Heng berdiri gagah. Matanya menatap lurus ke depan, dan di kirinya berjajar rekannya satu tim. Dia, dan kawan-kawannya, terlihat khidmat. Tampak ada semangat siap meledak. Mo Heng, kiper asal Soerabajasche Voetbal Bond (SVB) itu, adalah salah satu pemain tim “Indonesia” di Piala Dunia 1938, di Prancis.

Sore itu, 5 Juni 1938,  Hindia Belanda akan melawan Hongaria. Sebelum pertandingan dibuka, Mo Heng dan rekan berbaris di tengah lapangan itu, di bawah tatapan 10.000 penonton di Velodrome Municipal, Reims. Kota itu sekitar 129 kilometer dari Paris. Para wartawan dari 27 negara hadir di sana. Ini pertama sekali Asia melaju ke Piala Dunia.

Meskipun begitu, pada edisi 7 Juni 1938, Sin Po tetap menampilkan kepala berita yang heroik: “Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah”.

Tim Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Berikut daftar pemain Dutch East Indies/Indonesia yang bertanding di Piala Dunia tahun 1938 Prancis.

Pelatih:

Johannes Mastenbroek

Pemain utama:

Bing Mo Heng (kiper)
Herman Zommers
Franz Meeng
Isaac Pattiwael
Frans Pede Hukom
Hans Taihattu
Pan Hong Tjien
Jack Sammuels
Suwarte Soedermandji
Anwar Sutan
Achmad Nawir (kapten).

Pemain cadangan:

J. HARTING (GK), Mo Heng BING, DORST, TEILHERBER, G. FAULHABER, R. TELWE, See Han TAN, G. VAN DEN BURGH


Piala Dunia FIFA 1934

Piala Dunia FIFA 1938 adalah Piala Dunia FIFA ketiga, yang diselenggarakan di Perancis, dari 4 Juni sampai 19 Juni 1938. Italia menjadi juara untuk kedua kalinya secara berturut, setelah mengalahkan Hongaria pada pertandingan final dengan skor 4–2. Pencetak gol terbanyak adalah pemain Brasil, Leônidas dengan 7 gol.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: FIFAAndukotRsssf

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:34:55+07:00 September 12th, 2017|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment