fbpx

Planet Venus Terpanas Dalam Tata Surya – Terdekat Ke-2 Dari Matahari

Test IPA Planet Venus

Cari jawaban yang benar dan penjelasan ada dibawah foto ini. Suhu permukaan Planet Venus dapat mencapai berapa derajat Celsius?
a) 170
b) 270
c) 370
d) 470

 

Planet Venus Terpanas Dalam Tata Surya

Venus adalah planet yang paling panas dalam tata surya.

Sebagian permukaan adalah dataran luas yang bergunung-gunung.

 

Planet Venus Terpanas Dalam Tata Surya – Kenapa?

Karena atmosfer planet Venus dipenuhi oleh awan-awan yang memantulkan cahaya matahari dengan sempurna.

 

Bentuk Fisik Planet Venus

Venus dalah salah satu dari empat planet kebumian di Tata Surya, yang berarti bahwa Venus merupakan planet yang berbatu layaknya Bumi. Ukuran dan massanya mirip dengan Bumi, sehingga planet ini sering dijuluki sebagai “saudara” atau “kembaran” Bumi.

Diameter Venus tercatat sebesar 12.092 km (hanya lebih kecil 650 km daripada Bumi) dan massanya kurang lebih 81,5% dari massa Bumi. Akan tetapi, keadaan di permukaan Venus sangat berbeda dengan Bumi, dan hal ini disebabkan oleh atmosfer tebal Venus yang terdiri dari 96,5% karbon dioksida dan 3,5% nitrogen.

 

Struktur Dalam Planet Venus

Tanpa data seismik atau data mengenai momen inersia, struktur dalam dan geokimia Venus tidak banyak diketahui. Kemiripan ukuran dan kepadatan Venus dengan Bumi menunjukkan bahwa mungkin keduanya memiliki struktur dalam yang mirip, yaitu terdiri dari inti, mantel, dan kerak. Seperti Bumi, inti Venus cair sebagian karena kedua planet tersebut mendingin pada laju yang sama.

Ukuran Venus yang sedikit lebih kecil menunjukkan bahwa tekanan bagian dalam Venus jauh lebih rendah daripada di Bumi. Namun, perbedaan utama antara kedua planet tersebut adalah ketiadaan tektonika lempeng di Venus, yang kemungkinan disebabkan oleh kerak Venus yang terlalu kuat tanpa keberadaan air yang dapat mengurangi viskositasnya. Akibatnya, jumlah panas yang berkurang di Venus lebih rendah, sehingga menghambat pendinginan planet dan mungkin menjelaskan mengapa Venus tidak memiliki medan magnet internal. Venus mungkin malah kehilangan panas internalnya dalam proses pelapisan kembali secara periodik.

 

Planet Venus panas

Maat Mons (gunung berapi perisai) ditampilkan dalam tampilan perspektif tiga dimensi dari permukaan Venus ini, dengan skala vertikal dikalikan dengan 22,5. Berdasarkan gambar radar probe Magellan. Sumber foto: Nasa

 

Diameter Planet Venus

Diameternya adalah 12 100. Hampir sama besarnya dengan Bumi.
Venus kadang-kadang dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan teleskop. Yang terkadang terlihat sebagai bintang pagi atau malam yang cemerlang di langit, sehingga disebut Bintang Fajar atau Bintang Senja.

 

Orbit dan Rotasi Planet Venus

Venus mengorbit Matahari dari jarak 0,72 AU (108.000.000 km; 67.000.000 mi) dengan periode orbit selama 224,65 hari. Walaupun semua orbit planet berbentuk elips, orbit Venus hampir melingkar, dengan eksentrisitas lebih rendah dari 0,01.
Setiap 584 hari, terjadi konjungsi inferior, yaitu ketika Venus berada di antara Bumi dan Matahari sehingga Venus berada pada jarak rata-rata terdekat dari Bumi, yaitu 41 juta km. Venus dapat mendekati Bumi hingga pada jarak 38,2 juta km. Akibat berkurangnya eksentrisitas orbit Bumi, jarak minimal Venus diperkirakan akan membesar dalam puluhan ribu tahun.

 

Planet Venus

Citra permukaan Venus yang diabadikan oleh wahana Magellan antara tahun 1990 hingga 1994. Sumber foto: Nasa

 

Jawaban Kuis Planet Venus

D. 470 derajat Celcius


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: Universe Today

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-05T10:02:47+07:00 Desember 7th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment